Carisinyal / Realme 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 yang Perlu Diketahui!

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 yang Perlu Diketahui!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 September 2019

Tidak ada Realme 4, penerus Realme 3 adalah Realme 5. Nomor 4 dilewati karena bisa jadi angka 4 ini angka keramat yang sering diasosiasikan dengan angka sial di daratan Tiongkok sana. Tapi mari tak usah bicarakan nomor seri. Mari fokus apa yang ditawarkan oleh Realme 5 ini.

Realme 5 sendiri bakal ditempatkan sebagai penerus Realme 3 yang kelas harganya ada di angka Rp2 jutaan lebih atau kurang. Tentu hal ini membuat HP ini berada di kelas harga yang terjangkau. Lantas, seperti apa performa HP ini? Simak langsung kelebihan dan kekurangan Realme 5 berikut ini.

Spesifikasi Realme 5

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    164.4 x 75.6 x 9.3 mm
  • Berat
    198 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
    6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3+
  • Resolusi
    720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (~ kepadatan 269 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU
    Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU
    Adreno 610

Memori

  • RAM
    3 GB
  • Memori Internal
    32 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Fitur
    12 MP [f/1.8, (lebar), PDAF]
    8 MP [f/2.2, 13mm (ultra lebar), 1/4", 1.12µm]
    2 MP [f/2.4, 1/5", 1.75µm (kamera makro khusus)]
    2 MP [f/2.4, 1/5", 1.75µm, sensor mendalam]
    Fitur: Dual-LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Crystal Purple, Crystal Blue
  • Lainnya
    - Splash resistant

Harga

    Kelebihan Realme 5

    Ada enam poin kelebihan yang ada di Realme 5. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

    1. Desain dan Build Quality yang Bagus

    Realme 5

    Realme 5 memiliki bobot 198 gram dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. HP ini memiliki desain dan rancang bangun yang bagus. Desainnya malah terbilang oke untuk HP sekelasnya. Hal ini terlihat dari pola desain HP ini yang kini terlihat pola kristal, bukan diamond cut seperti yang ada di Realme 3.

    Bodi HP ini sendiri hadir dengan desain bodi polikarbonat dengan punggung plastik yang dilaminasi. Meskipun berdesain polikarbonat, tetapi rancang bangun desain HP ini tergolong bagus. Situs Indiatoday.in bahkan menyebut jika desain berpola kristal di HP ini sebagai desain yang unik dan membuat Realme 5 terlihat berbeda. 

    2. Anti Cipratan Air

    anti cipratan air realme 5

    Salah satu keunggulan Realme 5 adalah ketahanan terhadap cipratan air. HP ini tidak memiliki sertifikasi IP rating tetapi pihak Realme mengklaim jika HP ini dibangun dengan  fitur perlindungan kelembaban multi-layer untuk slot SIM, celah, penutup baterai, dan lain-lain.

    Dengan fitur tersebut, jelas membuat HP ini bisa tahan cipratan air. Meski tidak memiliki IP rating, jelas ketahanan terhadap cipratan air ini membuat Realme 5 terasa istimewa. Karena di kelas harganya, jarang ada HP yang memiliki ketahanan terhadap cipratan air.

    3. Daya Tahan Baterai yang Lama

    baterai realme 5

    Realme 5 dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini jelas tergolong besar dan membuat HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik. Berdasarkan pengalaman penggunaan AndroidAuthority, baterai pada Realme 5 ini dapat bertahan sampai dua harian.

    Sementara menurut GadgetsNDTV, Realme 5 ini dapat bertahan sampai satu hari lebih dengan penggunaan berat. GadgetsNDTV ini juga menguji HP ini dengan tes loop video HD dan menghasilkan hasil 22 jam 31 menit. Hasil yang tergolong bagus tentunya.

    4. Performa Prosesor yang Efisien

    Performa Realme 5

    Realme 5 dibekali dengan chipset Snapdragon 665, yang merupakan penerus dari Snapdragon 660. Chipset Snapdragon 665 ini memiliki delapan prosesor alias octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad core 1.8 GHz  untuk efisiensi daya. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat GPU Adreno 610.

    Lantas, bagaimana dengan performa dari Snapdragon 665 ini? Nilai Antutu dan benchmark 3D Mark Sling Shot berikut ini jadi bisa jadi patokan.

    benchmark realme 5

    * sumber: www.androidauthority.com

    Menilik hasil Antutu-nya, terlihat kalau performa HP ini ada di kelas menengah. Hanya saja jika dibandingkan Snapdragon 660 pada Redmi Note 7, nilai Antutu Realme 5 ini tergolong rendah. Snapdragon 660 di Redmi Note 7 dapat mencapai angka 140 ribuan sementara Snapdragon di Realme 5 ini mencapai angka 139 ribuan saja. Perbedaannya memang tidak terlalu jauh tetapi jelas peningkatannya tidak signifikan.

    Kalaua menurut situs Indiatoday.in sendiri, HP ini tidak terasa kencang dan mulus layaknya Realme 3 yang didukung Helio P70 atau Realme 2 Pro bertenaga Snapdragon 660 dari tahun lalu. HP ini dapat menangani tugas-tugas dasar sehari-hari seperti mengirim pesan,media sosial dan penjelajahan web, tetapi kadang terasa lamban.

    Lantas mengapa performanya masuk ke kategori kelebihan? Hal ini karena chipset Snapdragon 665 unggul dalam efisiensi daya. Dengan proses fabrikasi 11 nm, chipset ini bekerja optimal dalam efisiensi daya. Tak tanggung-tanggung, kombinasi dengan baterai 5.000 mAh membuat daya tahan baterai HP ini lebih efektif dan efisien.

    Masih menurut Indiatoday.in, performa Snapdragon 665 sendiri tidaklah buruk untuk main gim. HP ini bisa menjalankan PUBG Mobile pengaturan grafis sedang dengan lancar. Hal sama juga diungkapkan oleh AndroidAuthority. Menurut mereka, HP ini memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan game berkat GPU yang ditingkatkan performanya jika dibandingkan Snapdragon 660.

    AndroidAuthority juga sependapat dengan Indiatoday.in. Mereka mengatakan kalau performa core Snapdragon 665 mengalami penurunan performa berdasarkan benchmark jika dibandingkan Snapdragon 660. Hanya saja, performa efisiensi dayanya menjadi lebih baik.

    Karena itu, poin penting dari performa HP ini adalah efisiensi daya. Performa yang sedikit turun mungkin jadi soal tetapi untuk main gim masih tetap kencang berkat dukungan Adreno 610. Satu kelebihan tersendiri tentunya.

    5. Empat Kamera Belakang

    kamera realme 5

    Kamera Realme 5 dibekali empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang sudah mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.2. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk memberikan efek bokeh.

    Lantas, seperti apa performa dari kamera di HP ini? Simak contoh hasil tangkapan kamera dari Realme 5 berikut ini!

    hasil tangkapan kamera realme 5

    * sumber: www.androidauthority.com

    hasil tangkapan kamera realme 5 c

    * sumber: www.androidauthority.com

    hasil tangkapan kamera realme 5 b

    * sumber: www.androidauthority.com

    Realme 5 memiliki kualitas foto yang baik. Hal tersebut ditunjukan dari hasil tangkapan kamera HP ini, baik untuk lensa normal dan ultra-wide. Seperti kata AndroidAuthority, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus dan memiliki penajaman yang terlalu banyak. Hasil tangkapan lensa ultra-wide juga menghasilkan foto yang melebihi eskpektasi.

    Untuk lensa makro masih kurang memuaskan. Seperti kata AndroidAuthority, susah untuk mendapatkan fokus yang baik memakai kamera makro. Menurut mereka, kamera makro hanya tambahan fitur saja.

    Kalau menurut situs Indiatoday.in, kamera utama 12 MP di HP ini mampu menghasilkan gambar yang bagus, terutama dalam mode HDR dan Chroma Boost yang dapat menghasilkan foto dengan rentang dinamis yang baik. Bisa dikatakan secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera belakang HP ini tergolong bagus, terutama untuk kondisi siang hari.

    6. Kamera Depan Cukup Oke

    Realme 5

    Untuk sektor kamera depan, Realme 5 dibekali dengan kamera 13 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera HP ini sudah dibekali fitur HDR dan panorama. Untuk kamera depannya, HP ini memiliki kemampuan kamera depan yang bagus. Seperti kata Indiatoday.in, kamera depan HP ini mampu menangkap beberapa foto selfie yang terlihat bagus dan bisa menghasilkan foto selfie potrait dengan baik. 

    Hal berbeda diungkapkan oleh GadgestNDTV. Menurut mereka, hasil foto portrait tampak sedikit palsu dan terlihat kurang baik. Namun, mereka mengatakan kalau HP ini bisa menangkap foto selfie dengan baik di siang hari, terutama berkat hadirnya HDR yang bisa menghasilkan foto selfie dengan baik di kondisi cahaya terang.

    Kekurangan Realme 5

    Ada empat kekurangan dari Realme 5 ini. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

    1. Kamera Low-Light Kurang Memuaskan

    Realme 5

    Meskipun secara keseluruhan hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus, tetapi ada satu kekurangan dari sektor kamera Realme 5 ini. Kekurangan tersebut adalah kurang maksimalnya hasil tangkapan kamera untuk kondisi low-light. Perhatikan contoh foto yang diambil dalam mode malam di bawah ini!

    hasil tangkapan kamera realme 5 malam

    * sumber: gadgets.ndtv.com

    Terlihat pada gambar di atas, kalau hasil tangkapan kamera HP ini untuk low-light kurang bagus. Seperti kata GadgetsNDTV, mode low-light di HP ini penuh perjuangan. Detailnya lemah dan terlihat banyak noise. Bisa dibilang, hasil tangkapan kamera dari HP ini untuk kondisi low-light kurang bagus.

    2. Tidak Mendukung Fast Charging

    Realme 5

    Meski dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, Realme 5 tidak dibarengi dengan teknologi pengisian cepat alias fast charging. Hal ini berimbas pada lamanya pengisian daya HP ini. Seperti yang diutarakan AndroidAuthority, yang mengatakan kalau untuk mengisi daya HP ini sampai penuh butuh waktu 150 menit atau sekitar 2 jam 30 menit.

    GadgetsNDTV juga mengatakan kecewanya mereka dengan lamanya pengisian daya baterai HP ini. Mereka mengatakan kalau setengah jam pengisian daya HP ini, daya yang terisi hanya sekitar 24%. Jika waktu pengisian sudah mencapai satu jam, daya yang terisi hanya 43% saja.

    3. Layar Masih HD+

    layar realme 5

    * sumber: www.androidauthority.com

    Realme 5 dibekali dengan layar 6,5 inci yang membuat HP ini jadi terasa sangat lebar. Layarnya ini menggunakan panel IPS LCD dengan screen-to-body ratio mencapai 82,7%. Layarnya sendiri hadir dengan rasio 20:9 yang membuat resolusinya menjadi 720 x 1600 piksel alias HD+ saja.

    Tentu penggunaan panel HD+ bukan sesuatu yang buruk tetapi jelas membuat HP ini tidak terasa istimewa. Untungnya, layar HP ini sudah dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3+ yang tentu jadi kelebihan tersendiri di kelas harganya.

    4. Tidak Memakai USB Type-C

    Realme 5

    Satu kekurangan lain dari Realme 5 adalah masih tidak didukungnya USB Type-C. Yap, HP ini masih memakai port microUSB dan bukan USB Type-C. Jika HP ini memakai USB Type-C tentu bakal jadi kelebihan tersendiri yang membuat HP ini jadi punya nilai lebih.

    Simpulan

    Realme 5 bukanlah HP yang jelek. HP ini terasa istimewa meski ada beberapa kekurangan tersendiri. Namun, kekurangan yang ada masih bisa dimaklumi jika menilik keunggulan yang ditawarkan HP ini seperti build quality yang bagus, desain yang cantik, daya tahan baterai yang awet, sampai kamera yang masih oke untuk menangkap di kondisi cahaya terang.

    Realme 5 masih punya kekurangan. Kemampuan kamera untuk kondisi low-light masih mengecewakan tetapi hal ini bisa diperbaiki dengan pembaruan sistem atau penambahan fitur di kameranya. Performa prosesor dari Snapdragon 665 jelas tidak memiliki peningkatan yang signifikan tetapi cukup oke untuk gaming dan pengaruh terhadap efisiensi daya. Tertarik dengan Realme 5?

     

    Topik Terkait:
    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on pinterest
    Pinterest
    Share on linkedin
    LinkedIn
    Share on whatsapp
    WhatsApp

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Tinggalkan komentar