Ayo Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 3 Pro Ini

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Realme 3 Pro adalah salah satu ponsel pintar Realme yang dirilis pada tahun 2019, tepatnya pada bulan April. Ponsel tersebut kini sudah tersedia di pasaran dengan harga yang kompetitif. Realme 3 Pro tidak datang dengan tangan kosong, tapi membawa sejumlah fitur yang dalam beberapa kasus mengungguli beberapa pesaingnya yang dijual dengan harga lebih tinggi.

Dijual dengan harga mulai Rp 2,9 jutaan, Realme 3 Pro adalah smartphone yang menarik untuk dibahas. Jika kamu berencana untuk memboyong ponsel ini ke rumah, sebaiknya ketahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari Realme 3 Pro ini. Sebelum masuk ke bahasan utama, yuk cek dulu spesifikasinya di bawah ini!

Spesifikasi Realme 3 Pro

[aps_product_specs id="45302"]

Kelebihan Realme 3 Pro

Inilah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh smartphone Realme 3 Pro yang berhasil kami kumpulkan.

1. Desain Kece

Meskipun terdapat beberapa perbedaan, secara keseluruhan desain Realme 3 Pro masih terlihat sama dengan saudara non-pro-nya. Perbedaan yang paling menonjol terletak pada panel belakang di mana Realme 3 Pro memiliki desain dua pola berlawanan yang membentuk lengkungan di tengahnya, utamanya terlihat pada varian warna Nitro Blue dan Carbon Gray.

Bingkai yang menyatukan semuanya terbuat dari polikarbonat dengan warna yang dibuat sesuai dengan panel belakang, yaitu abu-abu gelap untuk varian carbon, ungu untuk varian Lightning, dan biru untuk varian Neon. Penempatan berbagai tombol dan unit lainnya diseluruh bagian body ponsel dirasa cukup baik dan membuat ponsel nyaman digunakan.

Desain keseluruhan Realme 3 Pro juga cukup kompak jika mengingat ukuran layarnya yang mencapai 6,3 inci. Bezel bawah ponsel ini dibuat lebih tipis dibanding Realme 3. Sedangkan berat ponsel ini yang hanya 172 g sedikit lebih ringan dibanding beberapa kompetitornya.

2. Daya Tahan Baterai Terbaik

Dengan kapasitas 4045 mAh, daya tahan baterai yang dihasilkan sudah sangat baik untuk ponsel sekelas Realme 3 Pro. Jika dibandingkan dengan beberapa saingannya seperti Honor 8X dan vivo V15 Pro, tenaga baterai Realme 3 Pro dapat dibilang yang terbaik di kelasnya.

Dari pengujian yang dilakukan oleh GSM Arena, Realme 3 Pro mampu membukukan angka 15 jam pemutaran video dan hampir 14 jam menjelajah dunia maya melalui Wi-Fi. Selain itu, ponsel ini juga mencatat angka lebih dari 30 jam untuk panggilan suara 3G dan mampu mencetak skor hingga 92 jam untuk daya tahan keseluruhan.

Keunggulan Realme 3 Pro lainnya di sektor ini adalah kemampuan pengisian cepat VOOC-nya. Dengan charger dan kabel 20W yang mendukung teknologi milik Oppo, baterai Realme 3 Pro dapat diisi hingga penuh dalam waktu sekitar 1 jam 15 menit saja, dengan indikator baterai menunjukkan angka 48% pada waktu 30 menit.

3. Layar Tajam

Test Layar Realme

* sumber: www.gsmarena.com

Realme 3 Pro dibekali layar berukuran 6,3 inci dengan sedikit notch. Memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel dan aspek rasio 19.5:9, layar tersebut mampu menghasilkan kerapatan piksel hingga 409 ppi. Angka-angka ini mampu memberikan tampilan yang halus dan nyaman di mata.

Tes layar yang dilakukan oleh GSM Arena menunjukan kalau kecerahan maksimum layar Realme 3 Pro ada di angka 500 nits, lebih terang dibanding beberapa pesaingnya. Karena teknologi layarnya masih menggunakan IPS LCD, dalam beberapa kasus kompetitor Realme 3 Pro masih unggul karena layar OLED-nya.

Untuk harga yang ditawarkannya, layar Realme 3 Pro sudah dirasa cukup bagus. Tampilannya tajam, cukup cerah, dan dengan kontras tinggi berpotensi menghasilkan warna yang akurat.

4. Kinerja Dapat Diandalkan

Realme 3 Pro ditenagai oleh chipset Snapdragon 710. Itu adalah salah satu chipset terbaik di luar seri Qualcomm 800 dan merupakan sebuah nilai plus bagi kisaran harga yang ditawarkan oleh Realme 3 Pro. Sedangkan CPU-nya berjumlah 8 inti atau octa-core yang terdiri dari 2x2.2 GHz Kryo 360 Gold dan 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver. GPU-nya sendiri adalah Adreno 616.

Terdapat 3 varian memori untuk Realme 3 Pro, yaitu 4/6 GB RAM & 64 GB ROM dan 6 GB RAM & 128 GB ROM. Tersedia juga slot memori tambahan hingga 256 GB jika ruang penyimpanan dirasa kurang.

GeekBanch Realme 3 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Walaupun hasil di GeekBench kurang mengesankan (skor di bawah Oppo RX17 Pro dan Mi 8 SE yang berchipset S710), namun performa yang ditawarkan Realme 3 Pro cukup bersaing dengan kompetitornya. Sebut saja misalnya vivo V15 Pro yang memiliki Snapdragon 675 dan banderol harga jauh lebih mahal, Realme 3 Pro dengan Snapdragon 710-nya menawarkan kinerja 3D yang lebih baik.

Secara keseluruhan, kinerja Realme 3 Pro cukup dapat diandalkan untuk tugas-tugas standar setiap harinya. Redmi Note 7 Pro dan vivo V15 Pro memang mengungguli Realme 3 Pro dari sisi power CPU mentah, tetapi Realme 3 Pro memiliki GPU yang jauh lebih kuat dan lebih bisa diandalkan.

5. Kualitas Jepretan Bagus

Untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna akan hasil foto yang berkualitas, maka Realme 3 Pro sudah hadir dengan dukungan kamera ganda dengan lensa masing-masing 16 MP (utama) dan 5 MP (sekunder). Sensor yang digunakan pada kamera utama ponsel ini adalah Sony IMX519 yang dapat ditemukan pada ponsel OnePlus 6T.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram