carisinyal web banner retina

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 9 Pro!

Anda mencari HP tiga jutaan terbaik? realme 9 Pro perlu Anda lirik. Ponsel ini dirilis realme secara resmi di Indonesia pada Februari 2022. Ia hadir sebagai ponsel realme untuk bersaing di segmen kelas menengah. Kehadiran realme 9 Pro ini berbarengan dengan hadirnya realme 9 Pro+. Yang menarik, keduanya sudah mendukung konektivitas 5G.

Pada kesempatan kali ini, Carisinyal fokus bahas realme 9 Pro yang cukup menarik perhatian lantaran hadirkan kamera yang oke di kelas harganya. Poin menarik lain dari HP realme terbaru ini adalah bodi belakangnya yang bisa berganti warna layaknya bunglon. Masih ingin tahu apa lagi kelebihan HP ini? Baca ulasannya dalam artikel ini sampai habis.

Spesifikasi realme 9 Pro

realme 9 pro
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme 9 Pro

Banderol harga Rp3 jutaan buat sebuah smartphone kelas menengah memang jauh dari kata mahal. Dengan rentang harga tersebut, realme 9 Pro dirancang sedemikian rupa hingga membuatnya jadi pilihan menarik. Berikut poin-poin yang menjadikan HP ini layak untuk dilirik.

1. Desain

desain realme 9 pro

realme tampaknya mendengar saran konsumen mengenai kritik yang disematkan pada desain realme 8 Series. Pasalnya, Anda tak lagi menjumpai slogan "DARE TO LEAP" pada penutup belakang realme 9 Pro. Buat sebagian orang, label itu terlalu mencolok dan bikin smartphone terlihat agak norak.

Namun, realme tetap mempertahankan corak desain yang membuat pemilik ponsel ini jadi perhatian orang lain. Penutup belakang realme 9 Pro dipoles glossy, tampak berkilauan dengan efek hologram cahaya membelah. Desain ini mirip seperti realme 8i.

Ada juga kerlip-kerlip yang muncul di permukaan penutup belakang tersebut saat dilihat dari sudut tertentu. Penampilannya tambah manis karena modul kameranya punya latar belakang transparan, dengan lensa kamera simetris.

Yang unik lagi dari desain penutup belakang HP ini adalah kemampuan untuk berubah warna usai terkena paparan sinar matahari. Fitur bernama Light Shift ini hanya dimiliki realme 9 Pro varian warna Sunrise Blue. Varian warna lain, Aurora Green, bisa Anda tengok pada keterangan spesifikasi di atas.

Fitur Light Shift membuat penutup belakang mengalami perubahan warna dari biru ke kemerahan. Perubahan ini tidak bersifat permanen. Sekitar 2-3 menit setelah ponsel tak terkena sinar matahari, penutup belakang akan kembali ke warna semula.

Tidak ada perubahan desain yang begitu mencolok dari realme 9 Pro jika dibandingkan dengan realme 8. Hanya saja, tombol pengatur volume kini ditempatkan di sisi kiri bersama slot dua kartu SIM hybrid.

Adapun sisi kanan HP ini hanya ditempati tombol power yang merangkap sensor fingerprint (pemindai sidik jari). Menurut GSM Arena, tombol power realme 9 Pro punya permukaan yang agak cekung, sehingga mudah ditemukan oleh tangan.

Lebih lanjut, sisi atas HP ini terdapat mikrofon sekunder. Sementara itu, sisi bawahnya diisi oleh jack audio 3.5 mm, mikrofon, port USB C, dan speaker tunggal. Kata GSM Arena, build quality realme 9 Pro cukup bagus walaupun seluruh material bodinya terbuat dari plastik polikarbonat.

Adapun dimensi HP ini adalah 164.3 x 75.6 x 8.5 mm dengan bobot 195 gram. Angka-angka tersebut bermakna bahwa HP ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat.

2. Tampilan

layar realme 9 pro

Sebagian dari Anda mungkin akan kecewa dengan keputusan realme yang memasang panel IPS LCD pada realme 9 Pro. Alasannya tak lain karena pendahulunya sudah menggunakan AMOLED. Namun, tunggu dulu, IPS yang dipakai HP ini bagus.

Malahan realme menjejalkan teknologi refresh rate 120 Hz yang belum ada pada realme 8. Refresh rate atau laju penyegaran ini bersifat adaptif. Artinya, refresh rate HP ini tidak terus-terusan terpancang di 120 Hz, jika Anda memilih setelan auto.

Oleh sebab itu, Anda tak perlu khawatir baterai si ponsel bakal terkuras. Dalam setelan auto, sistem akan melakukan penyesuaian tingkat refresh rate secara otomatis.

Ada enam tingkatan yang diberikan: 30 Hz saat ponsel diam, 48 Hz saat menyetel film, 60 Hz ketika streaming video, 60 atau 90 Hz sewaktu main gim, dan 120 Hz kala pengguna membuka menu-menu di dalam HP.

Selain auto, Anda juga bisa memancang setelan refresh rate tinggi 120 Hz di semua tampilan, atau 60 Hz saja untuk berhemat baterai.

Hal selanjutnya yang membuat Anda tak perlu kecewa dengan layar HP ini adalah rentang warnanya yang luas. Dalam mode vivid, layar realme 9 Pro tembus gamut warna 96,3% DCI-P3, berdasarkan pengujian yang dilakukan Jagat Review.

Mode vivid akan membantu Anda mendapatkan tampilan dengan kedalaman warna yang sip, terlebih saat menonton film. Untungnya layar realme 9 Pro juga punya sertifikasi Widevine L1, sehingga Anda bisa menikmati film Netflix dalam resolusi Full HD.

Adapun layar HP ini mempunyai bentang 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel). Layar dengan rasio aspek 20:9 ini punya touch sampling rate 240 Hz yang membuatnya responsif, cocok untuk gamers. Layar ini juga sudah diproteksi kaca Gorilla Glass 5 bikinan Corning.

3. Dapur Pacu

dapur pacu realme 9 pro

realme 9 Pro adalah HP pertama dengan SoC Snapdragon 695 yang dirilis secara resmi di Indonesia. SoC atau chipset ini masuk kategori kelas menengah. SoC ini cukup menarik karena menggunakan basis arsitektur CPU mirip dengan SoC yang cukup fenomenal, Snapdragon 778G.

Ada delapan inti CPU yang dikandung Snapdragon 695. Dua di antaranya adalah inti performa berupa Kryo 660 Gold (2,2 GHz), sedangkan enam sisanya adalah inti efisiensi berupa Kryo 660 Silver (1,7 Ghz). Kryo 660 Gold merupakan kustomisasi dari Cortex A78, sedangkan Cortex 660 Silver adalah modifikasi dari Cortex A55.

Delapan inti CPU tersebut ditemani macam-macam komponen. Di antaranya adalah GPU (prosesor grafis) Adreno 619, DSP (prosesor AI) Hexagon 686, ISP (prosesor pengolah gambar) Spectra 346T, dan modem 5G internal X51 5G. Seluruhnya dirangkai melalui fabrikasi 6 nm.

Snapdragon 695 kemudian dikombinasikan dengan RAM LPDDR4X dan penyimpanan UFS 2.2 di sektor dapur pacu realme 9 Pro. Ada dua varian memori yang tersedia, RAM 6 GB plus penyimpanan 128 GB serta RAM 8 GB dengan storage 128 GB.

Pertanyaannya, seperti apa sih performa realme 9 Pro dengan SoC Snapdragon 695 ini? Berdasarkan tes benchmark sintetis yang dilakukan GSM Arena, performa HP ini sudah cukup baik. Pertanyaannya, seperti apa sih performa realme 9 Pro dengan SoC Snapdragon 695 ini? Berdasarkan tes benchmark sintetis yang dilakukan GSM Arena, performa HP ini sudah cukup baik.

Misalnya, pada aplikasi AnTuTu 9, realme 9 Pro mencatat skor 401.894. Skor ini mengalahkan ponsel-ponsel kelas menengah populer keluaran 2021. Termasuk di antaranya realme 8 5G (361.505) dan Samsung Galaxy A32 5G (222.125).

realme 9 pro antutu 9Sumber: GSM Arena

Beranjak ke GeekBench 5 untuk melihat kemampuan CPU-nya. Skor yang diperoleh realme 9 Pro adalah 694 untuk single-core dan 2020 untuk multi-core. realme 8 Pro, yang memakai SoC Snapdragon 720G, sukses disalip HP ini.

multicore realme 9 proSumber: https://www.gsmarena.com/realme_9_pro-review-2378p4.php

Sementara itu, pada pengujian kemampuan grafis menggunakan GFX Bench, hasilnya lumayan. Mirip dengan HP-HP dengan SoC yang punya GPU Adreno 619.

Misalnya, dalam skenario GFX Manhattan ES 3.1 (offscreen 1080p), ponsel mampu melakukan rendering hingga 35 fps. Sementara itu, dalam uji GFX Manhattan ES 3.1 (onscreen), HP ini mampu meraih skor rendering di 29 fps.

Adapun konsistensi performa yang ditunjukkan realme 9 Pro terbilang baik. Menurut pengujian CPU throttling yang dilakukan Jagat Review selama 30 menit, CPU SoC HP ini hanya mengalami penurunan ke angka 94% dari kemampuan puncaknya.

Hal serupa juga terjadi dalam uji 3D Mark Wild Life Stress Test untuk menguji kestabilan performa GPU. Kestabilan performanya mencapai 99,3%.

Apa yang ditunjukkan aplikasi benchmark sintetis di atas memberi sinyal bahwa performa Snapdragon 695 pada realme 9 Pro cukup tangguh. Lantas seperti apa performanya saat ponsel dipakai main gim?

Gim-gim populer seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Modern Warships, mampu dijalankan dengan lancar pada setelan grafis tertinggi. Demikian berdasarkan pengujian yang dilakukan Jagat Review.

Khusus Genshin Impact, gim ini masih bisa dijalankan pada setelan grafis Lowest-60 fps. Frame rate yang dicapai saat karakter berjalan adalah 33-42 fps. Sementara itu, saat karakter terlibat pertarungan, rentang frame rate yakni 29-38 fps.

Frame drop tak bisa dihindari, tetapi itu wajar. Malah HP ini tergolong cukup stabil dan tidak terlalu panas meski dipakai main Genshin Impact selama satu jam.

4. Kamera

kamera realme 9 pro

realme 9 Pro tidak mengalami perubahan spesifikasi kamera jika dibandingkan dengan realme 8. realme hanya menghilangkan sensor kedalaman yang andilnya memang tidak signifikan.

Barisan kamera belakang HP ini terdiri atas kamera utama 64 MP, bukaan f/1.79, autofokus, dengan ruang pandang 79°. Selanjutnya ada kamera ultra-wide 8 MP dengan aperture f/2.2 dan FoV 119°. Terakhir ada kamera makro 2 MP, f/2.4, yang mampu mengunci fokus pada jarak 4 cm.

Ketiga kamera belakang tersebut ditemani satu lampu flash. Beralih ke area depan, ada kamera selfie 16 MP dengan bukaan f/2.1. Baik kamera depan, kamera utama, dan kamera ultra-wide, mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) pada 30 fps.

Kamera HP ini juga dilengkapi beragam fitur. Misalnya, AI Night Mode, Pro Photo, Movide Mode (Pro Video), Portrait Mode dan Dual View Video.

Hasil jepretan kamera realme 9 Pro masuk kategori cukup untuk kelasnya, khususnya kamera utama. Menurut GSM Arena, rentang dinamis foto yang dihasilkan kamera utama HP ini luas. Ketajamannya baik dengan detail yang lebih dari cukup.

Hasil tersebut berlaku saat kondisi pencahayaan cukup pada siang hari. Untuk kamera ultra-wide-nya, foto yang dihasilkan biasa saja. Akan tetapi, AI di HP ini mampu mengeliminasi munculnya distorsi barel. Distorsi barel adalah keadaan ketika foto mengalami penyimpangan bentuk, dengan pinggiran cembung keluar seperti gentong.

Sementara itu, mengenai foto pada saat malam hari, mode malam sangat membantu. Kualitas tangkapan kamera utama dan kamera ultra-wide meningkat berkat mode ini. Detail, warna, dan kontrasnya cukup oke, dengan noise yang minim.

Soal kamera makro, Anda sebaiknya tidak usah memakainya. Sebab, menurut GSM Arena, hasil fotonya blur. Elemen seperti detail, kontras, dan warnanya juga kurang.

Berikut contoh jepretan kamera realme 9 Pro:

kamera utama realme 9 proSumber: GSM Arena
Kamera utama
kamera ultrawide realme 9 proSumber: GSM Arena
Kamera ultrawide
kamera utama - mode malam realme 9 proSumber: GSM Arena
Kamera utama - mode malam
kamera makroSumber: GSM Arena
Kamera makro

5. Baterai

baterai realme 9 pro

Baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang dimiliki realme 9 Pro termasuk besar. Namun, bisa jadi Anda menganggap ketahanan baterainya biasa saja. Hal itu karena layar yang dipakai HP ini adalah IPS, bukan OLED dan turunannya yang terkenal hemat daya.

Anggapan itu ternyata tidak tepat. Pasalnya, ketahanan baterai HP ini luar biasa berkat SoC Snapdragon 695 yang tidak rakus energi. Dalam uji video playback 1080p yang dilakukan Jagat Review, HP ini bisa bertahan hingga 27 jam!

Skor video playback yang didapat Jagat Review agak berbeda dari GSM Arena yang memperoleh waktu pakai 21 jam 20 menit. Namun, GSM Arena juga mengakui bahwa daya tahan baterai realme 9 Pro masuk kategori luar biasa.

Hal itu dibuktikan dengan skor ketahanan baterainya yang mencapai 134 jam. Skor ini memang belum mengalahkan realme 5 (144 jam) yang punya kapasitas baterai serupa. Akan tetapi, realme 9 Pro masuk dalam jajaran HP berbaterai 5000 mAh dengan efisiensi penggunaan daya terbaik.

Di samping daya tahan baterai yang sip, realme 9 Pro dibekali teknologi pengisian cepat 33W. Adaptor 11 volt 3 ampere pun masuk dalam paket penjualan. Dengan begitu, Anda tak perlu keluar dana lagi untuk membeli charger yang sesuai.

Berbekal charger bawaan, mengecas 30 menit bikin baterai terisi 52% dari keadaan kosong. Mengisi dari kosong sampai penuh cuma butuh waktu 1 jam 14 menit, sebagaimana hasil tes GSM Arena.

6. Konektivitas

nfc realme 9 pro

Salah satu keuntungan yang didapat ponsel dengan SoC Snapdragon 695 adalah dukungan jaringan 5G. Benar, realme 9 Pro sejak keluar dari dalam kardus bisa tersambung ke jaringan 5G.

Jaringan 5G tidak hanya bisa dinikmati via kartu SIM di slot pertama, tapi juga di slot kedua. Bahkan, kedua kartu juga bisa tersambung ke jaringan 5G secara bersamaan.

Selain 5G, realme 9 Pro mendukung WiFi 5 GHz, Bluetooth 5.1, dan NFC multifungsi. NFC merupakan fitur yang cukup spesial karena tak semua negara tempat realme 9 Pro dipasarkan memperolehnya. realme 9 Pro Indonesia punya fitur ini, tapi tidak dengan realme 9 Pro versi India.

Kekurangan realme 9 Pro

realme 9 pro bukan ponsel sempurna. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari ponsel ini, Jika hal-hal tersebut tak bisa Anda maklumi, bisa jadi itu adalah sebuah kekurangan. Simak poin-poin penjelasannya sebagai berikut.

1. Sisi Minor Desain

realme 9 pro sunrise blue

realme tampaknya masih percaya diri dengan desain penutup belakang plastik glossy ala kaca. Bukannya itu tak bagus, tetapi tren HP-HP masa kini sedang mengarah ke polesan doff atau matte yang lebih mampu menangkal noda sidik jari.

Selain rawan noda sidik jari, permukaan penutup belakang glossy realme 9 Pro terasa agak licin menurut GSM Arena. Sisi minor dari desain HP ini berlanjut pada keputusan menggunakan slot SIM hybrid dan ketiadaan IP Rating.

Penggunaan slot SIM hybrid cukup disayangkan buat HP kelas menengah. Sebab Anda harus dipaksa memakai satu kartu SIM jika ingin melakukan ekspansi penyimpanan dengan kartu microSD. Pada generasi sebelumnya, realme 9 dan 9 Pro, laci kartu dengan tiga slot masih digunakan.

Sementara itu, absennya IP Rating membuat HP ini tidak punya jaminan aman saat terkena percikan air seperti saat hujan. Walaupun begitu, realme biasanya sudah menyematkan seal (karet pelindung) guna mencegah air masuk. Seal ini dipasang di sisi dalam jack audio dan port USB C.

2. Sisi Minor Layar

desain realme 9 pro

Panel IPS LCD cenderung punya response time yang sedikit lebih lama ketimbang panel OLED. Itulah mengapa realme menyuntikkan touch sampling rate setinggi 240 Hz pada layar realme 9 Pro. Tujuannya tentu saja agar membuat waktu jeda sesingkat mungkin antara sentuhan dan gerakan layar.

Terutama saat beban kerja sedang serius, yakni ketika setelan refresh rate tinggi dipakai. Hanya, menurut kanal YouTube Nerd Reviews ID, stutter alias sendatan kadang-kadang masih dijumpai sewaktu melakukan scrolling.

Sisi minor selanjutnya yang masih berkaitan dengan hal ini adalah terbatasnya gim yang bisa disetel pada fps tinggi. realme 9 Pro semestinya bisa memainkan sejumlah gim dengan fps tinggi berbekal layar dengan refresh rate 120 Hz-nya.

Namun, gim-gim seperti Subway Surfer dan Temple Run masih mentok berjalan di 60 fps, berdasarkan tes yang dilakukan oleh Jagat Review. Gim-gim populer lain yang diuji GSM Arena, di antaranya Call of Duty Mobile, PUBG Mobile dan Asphalt 9 juga mengalami hal sama.

Fenomena ini terjadi karena realme belum memiliki izin dari para developer agar masing-masing gim bisa dimainkan pada frame rate tinggi.

3. Sisi Minor Kamera

desain realme 9 pro

Satu hal yang cukup disayangkan dari kamera realme 9 Pro adalah ketidakmampuan untuk melakukan perekaman hingga resolusi 4K. HP ini juga tidak bisa merekam video 1080p (Full HD) pada 60 fps.

Masalah ini cukup serius mengingat banyak HP di kelas harga Rp3 jutaan yang mengantongi dua kemampuan tersebut. Sang pendahulu, realme 8, bahkan sudah bisa melakukannya.

Penyebab mengapa realme 9 Pro tidak bisa merekam video dengan resolusi dan frame rate yang lebih tinggi adalah keterbatasan ISP pada SoC Snapdragon 695. Di satu sisi, SoC ini kencang karena punya CPU, GPU dan fabrikasi yang lebih modern ketimbang Snapdragon 720G dan 732G yang cukup populer digunakan pada 2021.

Akan tetapi, ISP Spectra 346T kepunyaan Snapdragon 695 tidak lebih baik ketimbang Spectra 350L dan Spectra 350 milik Snapdragon 720G dan 732G. Selain masalah itu, rekaman video HP ini pada resolusi 1080p 30 fps juga tidak terlalu bagus.

Kata GSM Arena, ketajaman, detail, dan rentang dinamisnya tidak memuaskan. Warna yang dihasilkan pun pudar alias tidak cerah. Keterbatasan ISP kemungkinan besar juga jadi penyebab jepretan kamera selfie realme 9 Pro tidak istimewa.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan GSM Arena, ketajaman dan detailnya kurang, bahkan dalam kondisi pencahayaan cukup. Noise selalu muncul pada semua kondisi pencahayaan. Sementara itu, mode potretnya juga terlalu agresif karena membuat bagian tepi objek utama jadi kabur.

Kamera selfieSumber: GSM Arena
Kamera selfie

4. Speaker Stereo Absen

realme 9 pro

Pada realme 8 series, Anda tidak akan menemukan ponsel dengan speaker stereo. Hal itu sudah direspons oleh realme dengan baik. Namun, sensasi mendengar suara dari speaker stereo hanya bisa Anda rasakan di realme 9 Pro+, bukan realme 9 Pro.

Speaker HP ini hanya satu. Praktis Anda harus memkai headset untuk merasakan pengalaman yang lebih nyata saat menonton film. Di sisi lain, speaker tunggal realme 9 Pro sebetulnya sudah cukup lantang. Kelantangannya masuk kategori sangat bagus (-25,3 LUFS) menurut GSM Arena.

Simpulan

realme 9 Pro tampaknya diciptakan realme dengan segmentasi yang agak berbeda ketimbang realme 8. HP ini mengedepankan faktor performa berkat SoC Snapdragon 695-nya yang cukup kencang. Selain itu, si ponsel juga punya daya tahan baterai yang baik dan konektivitas lengkap.

Oleh sebab itu, sepertinya HP ini lebih layak disebut sebagai upgrade dari realme 8i yang juga mengutamakan performa gaming. Apabila Anda tidak terlalu mempermasalahkan kemampuan kamera dan multimedia yang kurang, realme 9 Pro adalah pilihan menarik.

Lebih-lebih Anda juga berjiwa muda, punya kepercayaan diri yang tinggi, dan ingin menjadi pusat perhatian berbekal desain HP ini mencolok. Jadi bagaimana menurut Anda, apakah realme 9 Pro layak dipinang? Oh iya, baca juga artikel HP di bawah Rp4 jutaan untuk melihat alternatif yang tersedia.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram