Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Neo3

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Setelah gamer hardcore sedunia dipuaskan dengan kehadiran realme GT Neo2 di tahun 2021, kini telah hadir sang penerus yang dinamakan realme GT Neo3. Ponsel yang dirancang untuk hadirkan performa tinggi tersebut menunjukkan batang hidungnya di pasar China pada 22 Maret 2022.

HP ini diketahui memiliki harga rilis yang cukup beragam, mulai dari 1.999 yuan atau setara dengan Rp4,5 juta hingga 2.799 yuan yang setara dengan Rp6,3 juta. Saat artikel ini ditulis, belum diketahui harga resminya saat nanti masuk ke Indonesia.

Yang jelas, melihat dari kisaran harganya, tampaknya ia merupakan pesaing dari Xiaomi 11T series dan OPPO Reno7 series. Dibandingkan dengan para pesaingnya, sanggupkah realme GT Neo3 dinobatkan sebagai the king of mid-range? Untuk menjawabnya, simak dulu poin-poin kelebihan dan kekurangan realme GT Neo3 di bawah ini.

Spesifikasi realme GT Neo3

realme gt neo3 neo 3_
Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme GT Neo3

Kira-kira, apa saja ya kelebihan yang ditawarkan HP mid range ini selain performanya? Agar lebih dekat dengan realme GT Neo3, sebaiknya perhatikan poin-poin kelebihan di bawah ini.

1. Kinerja Buas dengan Dimensity 8100

Dimensity 8100

realme GT Neo3 dirilis menggunakan chipset MediaTek untuk kelas high-end yakni Dimensity 8100. Chipset tersebut merupakan varian yang sedikit lebih tinggi dari Dimensity 8000, unggul dari sisi prosesor yang telah di-overclock.

Ini merupakan SoC (system on chip) yang cukup gahar untuk di kelas harga menengah ke atas, membawakan dua klaster prosesor berformat 4 + 4 yang terdiri dari inti Cortex A78 (2.85 GHz) dan Cortex A55 (2 GHz).

Demi menunjang aktivitas gaming yang lancar tanpa kendala, chipset ini dikemas dengan kartu pengolah grafis Mali G610 MC6. Menariknya, Dimensity 8100 dibangun atas proses fabrikasi 5 nm sehingga memiliki tingkatan efisiensi daya setara dengan chipset flagship.

Agar dapat membuka aplikasi dengan lebih cepat dan gesit, smartphone bergaya desain mobil balap ini dipadukan dengan RAM berjenis LPDDR5 serta memori internal berstandar UFS 3.1 yang beroperasi pada frekuensi 6400 MHz.

Belum diketahui konfigurasi RAM dan memori internal pada varian yang masuk di Indonesia. Namun jika menilik laman spesifikasi realme India, ponsel ini hadirkan up to RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB. Tersedia juga RAM 8 GB dan internal 128 GB sebagai varian lebih murahnya.

Untuk mempertahankan performa stabil walau sudah bermain gim dalam waktu cukup lama, realme GT Neo3 dilengkapi dengan sistem pendingin internal yang solid. Tersedia cooling area yang sangat besar, berukuran 39606 mm persegi dengan ruang uap (vapor chamber) seluas 4129 mm persegi.

realme mengklaim Stainless Steel Vapor Cooling System Max tersebut menghadirkan ukuran area pendingin yang 7% lebih besar dari realme GT2 Pro, serta sanggup menurunkan suhu di area inti prosesor hingga 19 derajat celsius.

Sementara itu, vapor chamber di HP ini juga disinyalir 26% lebih besar dibandingkan predesornya, dan sanggup memberikan performa memukau sekaligus menjaga suhu dingin optimal.

Solusi pendingin suhu di HP ini terdiri dari 9 lapisan yang meliputi Diaomond Thermal Gel, diklaim 50-60% lebih baik ketimbang thermal gel biasa dalam hal menghilangkan panas. Sistem pendingin ini juga mengandalkan tambahan material copper alloy yang bisa meredakan panas lebih cepat dibanding besi atau aluminium.

Dilansir dari 91mobiles.com, realme GT Neo3 mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 812.535 poin, sementara hasil Geekbench 5 menunjukkan skor 973 (single core) dan 3999 (multi-core).

Disebutkan pula bahwa reviewer di 91mobiles.com jarang mengalami masalah panas sepanjang pengujian ponsel, dan ini berkat proses fabrikasi 5 nm yang dimiliki Dimensity 8100 serta sistem pendingin yang bekerja dengan baik.

Yang kerennya lagi, realme GT Neo3 benar-benar memiliki skor memukau pada pengujian CPU Throttling dan juga 3D Mark's Extreme. Diketahui, perangkat hanya alami penurunan performa CPU ke 91% dari performa puncaknya, dan memberikan skor 91,7 persen skor stabilitas pada pengujian 3D Mark's Extreme.

realme GT Neo3 dapat memainkan gim Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan grafis High, dan permainan dilaporkan stabil di frame rate 60 FPS. Ini tentu sebuah pencapaian luar biasa untuk sekelas HP segmen menengah.

Meski performa chipset ini setara dengan Snapdragon 888, namun gim yang tersedia kurang teroptimasi dengan baik pada Dimensity 8100. Rasanya cukup wajar, mengingat Dimensity 8100 sendiri baru diumumkan pada Maret 2022.

2. Punya Kamera Handal

realme gt neo 3 kamera_

realme GT Neo3 memang dikhususkan untuk berikan performa kencang saat bermain gim. Meski begitu, bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kualitas kamera yang bagus.

Sebaliknya, HP ini bahkan hadirkan sensor Sony IMX 766 beresolusikan 50 MP sebagai kamera utamanya. Ini merupakan sensor yang juga dimiliki OPPO Find X5 Pro. Jadi, Anda bisa ekspektasikan kualitas hasil foto yang kurang lebih setara dengan HP flagship.

Konfigurasi Triple Camera di HP ini terdiri atas sensor utama 50 MP (f/1.9) dengan ukuran sensor 1/1.56 inci yang dilengkapi PDAF dan OIS.

Lalu, terdapat sensor 8 MP (f/2.3) sebagai kamera ultrawide yang mendukung bidang keluasan 120 derajat. Adapun sebagai kamera ketiga, hadirkan sensor 2 MP (f/2.4) pada fungsi makro yang dapat memotret benda kecil dengan detil memukau.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram