Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO X4 GT Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

POCO meluncurkan penerus bagi POCO X3 GT pada Juli 2022, yakni POCO X4 GT. Ini merupakan smartphone dengan kemampuan kinerja yang dahsyat di kelas harga menengah (4-5 jutaan), sekaligus tawarkan peningkatan cukup banyak dibanding pendahulunya.

POCO selaku subbrand dari Xiaomi memang seringkali suguhkan produk-produk ponsel pintar dengan spesifikasi dewa, meski mematok harga yang cukup terjangkau.

Daya tarik utama yang bisa diekspektasikan dari ponsel-ponsel POCO adalah konektivitas unggul, performa gegas untuk bermain gim, dan baterai dengan ketahanan memadai. Apakah semuanya ini masih bisa ditemukan pada POCO X4 GT? Mari simak jawabannya pada artikel kelebihan dan kekurangan POCO X4 GT ini.

Spesifikasi POCO X4 GT

POCO X4 GT
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5080 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan POCO X4 GT

Jika Anda seseorang yang memprioritaskan performa di atas segalanya, POCO X4 GT ini akan terasa begitu worth it setelah Anda memilikinya. Di bawah ini adalah sejumlah poin kelebihan yang perlu Anda ketahui.

1. Layar IPS Berkualitas dengan Refresh Rate 144 Hz

poco x4 gt layar_

Perangkat pintar dari POCO ini membawakan panel layar IPS LCD dengan ukuran 6,6 inci, tentunya sudah berada pada resolusi Full HD Plus untuk menawarkan ketajaman yang baik.

Beberapa fitur yang ditawarkan layar turut hadir dalam meningkatkan kualitas tampilan, baik saat menonton film, melakukan scrolling, ataupun bermain gim.

Contohnya seperti keberadaan seperti HDR10 dan Dolby Vision yang dapat meningkatkan rentang dinamis dan reproduksi warna pada konten yang Anda tonton.

Warna-warna yang ditampilkan akan lebih menyala dari mayoritas layar ponsel lainnya, berkat teknologi TrueColor dan gamut warna DCI-P3. Selanjutnya, layar juga memiliki kerapatan piksel sebesar 407 ppi (pixel-per-inch) yang sungguh menampilkan ketajaman baik.

Ponsel juga dimodali dengan kemampuan refresh rate di atas rata-rata yakni 144 Hz. Ini merupakan sebuah peningkatan dibanding POCO X3 GT yang pakai 120 Hz.

Refresh rate 144 Hz sendiri terbilang salah satu yang tertinggi di industri smartphone, hanya dikalahkan oleh segelintir ponsel gaming flagship yang sudah pakai 165 Hz.

Pengguna juga tidak perlu khawatir layar boros lantaran menggunakan refresh rate tinggi terus menerus, karena perangkat sudah menerapkan laju penyegaran adaptif sebanyak 7 tingkatan. Nantinya, perangkat bisa mendeteksi aktivitas yang dilakukan dan menyesuaikan refresh rate sesuai porsinya.

Misalnya ketika sedang scrolling medsos, layar akan berada dalam 50 Hz ketika statis dan mengusung 144 Hz ketika scrolling sedang berlangsung. Pun ketika bermain gim, refresh rate akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan frame rate yang diraih, yakni antara 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, dan 144 Hz.

Layar juga memiliki fitur bernama DC Dimming yang dapat mengurangi emisi cahaya biru guna melindungi mata dari kelelahan. Selain itu, tersedia juga fitur True Display yang dapat mengatur temperatur warna berdasarkan pencahayaan lingkungan di sekitarnya.

Untuk membuat layar sanggup melakukan respon terhadap sentuhan jari, perangkat ini membawakan touch sampling rate 270 Hz yang bisa diraih sekalipun refresh rate-nya bada di angka 90 Hz atau di bawahnya.

Pengujian dari GSM Arena menyatakan bahwa layar dapat meraih tingkat kecerahan hingga 470 nit pada mode manual, dan meraih 600 nit pada mode Auto.

2. Hadir dengan Chipset Super Kencang Dimensity 8100

Dimensity 8100

Pengalaman gaming yang ditawarkan POCO X4 GT terbilang sangat solid. Soalnya, perangkat hadir dengan dapur pacu terkuat di kelasnya yang sanggup memainkan gim berat dengan lancar tanpa terkendala lag.

Chipset yang mengotakinya adalah MediaTek Dimensity 8100 dengan fabrikasi 5 nm yang tenaganya bisa dianggap setara dengan Snapdragon 870 sekalipun. Menyuguhkan konfigurasi prosesor delapan inti, chipset mencakup 4 inti berperforma tinggi Cortex A78 (2.85 GHz) dengan 4 inti hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz).

Untuk mengolah rendering grafis saat pengeditan video ataupun bermain gim, chipset juga turut dibekali GPU Mali G10 MC6. Ini merupakan kartu pengolah grafis yang juga digunakan pada Dimensity 8000, namun yang satu ini menjanjikan performa performa yang 20% lebih baik.

Performa ponsel keseluruhan juga dipengaruhi oleh tipe RAM dan memori internal. Oleh karena itu, POCO X4 GT pun hanya dibekali dengan yang terbaik, yaitu RAM LPDDR5 dan storage UFS 3.1. Konfigurasi memori ponsel terbagi menjadi dua varian, yakni RAM 8 GB + 128 GB dan RAM 8 GB + 256 GB.

poco x4 gt antutu 9Sumber: GSM Arena
geekbench 5 poco x4 gtSumber: GSM Arena
poco x4 gt geekbench 5 multiSumber: GSM Arena

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari GSM Arena, terlihat bahwa POCO X4 GT sanggup meraih skor benchmark sinstetis yang terbilang tinggi.

Pada pengujian AnTuTu 9, skor yang tercatat adalah 747.817 poin, ketimbang generasi sebelumnya yang hadirkan skor 578.505 poin. Artinya, skor AnTuTu v9 POCO X4 GT hadirkan peningkatan sekitar 22,6% ketimbang POCO X3 GT.

Selanjutnya, POCO X4 GT juga dikatakan meraih skor Geekbench 5 single core sebesar 917 poin dan multi-core sebesar 3719 poin. Uniknya lagi, ternyata POCO X4 GT memiliki skor multi-core lebih tinggi ketimbang POCO F4 GT yang hanya sebesar 3710 poin. Padahal, POCO F4 GT memiliki spek dapur pacu lebih tinggi dibanding X4 GT.

Sebagai informasi, Dimensity 8100 dengan performa yang mengancam Snapdragon 800 series ini lebih umum dimiliki pada ponsel dengan rentang harga jauh di atasnya, contohnya seperti realme GT Neo3 di harga 7 jutaan. Dengan kata lain, POCO X4 GT memiliki rasio price-to-performance tertinggi di harganya yang cuman 4-5 jutaan.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram