Review Redmi Note 11 Pro, HP 108 MP di Harga 3 Jutaan

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Redmi Note 11 Pro menjadi ponsel kesekian yang memakai SoC atau chipset MediaTek Helio G96. Dalam keluarga HP Xiaomi, chipset yang satu ini juga dipakai oleh POCO M4 Pro. Bukan tanpa alasan Helio G96 banyak dipakai oleh para produsen smartphone.

Pasalnya, Helio G96 terbukti memiliki performa yang bisa diandalkan. Selain itu, chipset ini juga menjadi pilihan paling logis bagi sejumlah produsen ponsel, di tengah gejolak kenaikan harga dan kelangkaan chipset pasca pandemi Covid-19.

Namun, potensi yang dimiliki Redmi Note 11 Pro tentu bukan cuma di sektor performanya, bukan?

Carisinyal pun berkesempatan mengetes Redmi Note 11 Pro setelah Redmi Indonesia mengirimkan satu unit uji. Pengetesan kami lakukan untuk mencari tahu apa saja potensi yang dimiliki oleh penerus langsung Redmi Note 10 Pro ini.

Selain itu, kami juga akan mengulik beberapa hal yang perlu jadi catatan mengenai si ponsel. Simak pembahasan kami dalam artikel ini sampai tuntas!

Spesifikasi

Redmi Note 11 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Isi Kotak Penjualan

Redmi Note 11 Pro

Kotak penjualan Redmi Note 11 Pro memiliki warna dasar putih, khas ponsel Redmi. Kotaknya cukup kokoh dengan stiker bertuliskan "Garansi Resmi Xiaomi" dan "Kami Buatan Indonesia" di pojok kiri atas. Bagian depan kotak terdapat ilustrasi si ponsel, sedangkan bagian belakangnya menampung informasi fitur-fitur utama.

Ketika kali pertama membuka kotak tersebut, kami menjumpai kompartemen putih yang berisikan beberapa benda. Ada lembar panduan pemakaian dan garansi, softcase bening, serta ejektor kartu SIM.

Lalu tepat di bawah kompartemen terdapat unit ponsel yang masih terbungkus plastik pelindung. Kemudian di bagian dasar kotak, terdapat kabel USB C serta kepala charger dengan output daya 67W.

Dengan melihat apa yang ada dalam boks atau kotak penjualan Redmi Note 11 Pro, kami bisa bilang bahwa paket penjualannya terhitung lengkap. Di sisi lain, langkah Xiaomi untuk menyertakan charger dan softcase patut diapresiasi.

Pasalnya, beberapa produsen masa kini mulai menghilangkan charger dalam paket penjualan HP-nya, sekalipun itu HP kelas menengah.

Desain

Redmi Note 11 Pro

Unit Redmi Note 11 Pro yang dikirimkan ke kantor redaksi Carisinyal memiliki varian warna Graphite Gray. Warna abu-abu pada penutup belakangnya tampak jika dilihat dengan jeli dari jarak dekat. Namun, bila dilihat sudut yang berbeda, HP ini memancarkan warna kehitaman.

Varian warna ini memiliki finishing matte alias tidak mengilap, sehingga noda sidik jari dan minyak tidak mudah menempel. Sekalipun ada yang menempel, mudah untuk dibersihkan. Selain warna yang kami uji, Redmi Note 11 Pro juga tersedia dalam varian Polar White dan Star Blue.

Xiaomi tidak menjelaskan mengenai nama desain pada ponsel Redmi-nya yang satu ini. Namun, beberapa hal yang membuatnya berbeda ketimbang sang pendahulu, Redmi Note 10 Pro.

Pertama adalah bentuk rata (flat) pada penutup tepi penutup belakang dan bagian rangka. Bentuk rata telah menjadi tren berbagai smartphone rilisan 2022. Termasuk pula Redmi Note 11 dan Redmi Note 11 Pro 5G, ponsel lain dalam Redmi Note 11 Series.

Biasanya, ponsel dengan penutup belakang dan rangka flat membuat impresi genggam sedikit kurang nyaman. Namun, tidak dengan Redmi Note 11 Pro. Pasalnya, rangka ponsel ini tidak benar-benar flat. Ada sedikit kurva yang membuatnya berbeda, misalnya dibandingkan dengan rangka iPhone 5s.

Perbedaan kedua dibanding pendahulunya adalah modul kamera belakang. Modul kamera belakang Redmi Note 11 Pro tampil lebih minimalis ketimbang pendahulunya. Meski begitu, tonjolan yang ditimbulkan lebih besar.

Redmi Note 11 Pro

Terdapat dua tingkat tonjolan pada modul kamera belakangnya. Tingkat pertama adalah wadah untuk tiga lensa kamera dan satu lampu flash. Sedangkan tingkat kedua diisi satu lensa kamera utama.

Tonjolan akibat dua tingkat modul tersebut jelas membuat HP ini gampang goyang saat ditaruh di atas meja. Terutama ketika bagian penutup belakang ponsel menghadap ke arah bawah. Memasang softcase bawaan pun ternyata belum menyelesaikan masalah ini.

Sebab softcase hanya mengeliminasi tonjolan yang ada di tingkat pertama. Tonjolan tingkat kedua yang diakibatkan oleh kamera utama tetap nongol. Di luar tonjolan tersebut, kami tidak menjumpai masalah lain pada desain Redmi Note 11 Pro.

Secara build quality ponsel ini kokoh. Tidak ada sensasi kopong saat kami ketuk penutup belakangnya. Suara-suara aneh juga tidak muncul saat bodi si ponsel diremas.

Bahkan, ponsel ini tidak terasa begitu berat, walaupun bobotnya mencapai 202 gram. Adapun dimensi lengkap Redmi Note 11 Pro yakni 164,19 x 76,1 x 8,12 mm. Untuk tangan orang dewasa, HP ini masih cukup nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Redmi Note 11 Pro

Beberapa komponen yang bisa ditemui pada bagian rangka ponsel ini yakni tombol volume dan tombol power di sisi kanan. Tombol power tersebut merangkap fungsi sebagai pemindai sidik jari.

Lalu di sisi bawah terdapat slot SIM hybrid (2 kartu SIM atau 1 kartu SIM dan 1 microSD), port USB C, mikrofon, dan speaker utama. Sisi kiri kosong, kemudian di sisi atas ada jack audio 3,5 mm. lubang speaker sekunder yang tersambung dengan earpiece, mikrofon kedua, dan Infrared blaster.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram