Review POCO M4 Pro, HP yang Oke di Segala Sisi

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Pandemi Covid-19 memberi dampak yang begitu terasa pada industri smartphone. Gara-gara pandemi, komponen pembuat cip mengalami peningkatan harga, produksi chipset pun jadi langka. Inilah salah satu penyebab ponsel-ponsel yang meluncur pada semester pertama 2022 tak semenarik seperti pada 2021.

Produsen ponsel akhirnya dihadapkan pada keputusan sulit untuk tetap bisa menciptakan HP yang kompetitif. Mereka mesti menaikkan sedikit harga jual agar ponsel memiliki fitur lengkap, atau merancang ponsel dengan fokus fitur-fitur tertentu demi harga jual yang wajar.

Namun, POCO M4 Pro sepertinya agak berbeda. Sebab HP POCO terbaru yang meluncur Maret 2022 ini merupakan salah satu ponsel kelas menengah dengan fitur terlengkap. Satu-satunya fitur yang absen dari ponsel ini ialah dukungan konektivitas 5G.

Carisinyal pun berkesempatan menjajal POCO M4 Pro setelah POCO Indonesia mengirimkan satu unit uji. POCO Indonesia menyebut, HP ini bukanlah penerus dari POCO M3, bukan pula pengganti dari POCO M3 Pro 5G. POCO M4 Pro diposisikan sebagai alternatif dari POCO M3 Pro 5G.

Pemosisian ini mengindikasikan bahwa POCO M4 Pro ada di level yang sama dengan saudaranya itu, meskipun tidak memiliki dukungan 5G. Karena dianggap satu level, POCO M4 Pro mestinya memiliki keistimewaan lain sebagai ganti dari ketiadaan dukungan 5G.

Dalam artikel inilah keistimewaan POCO M4 Pro akan kami bahas. Maka dari itu, simak pembahasan kami dalam artikel ini sampai tuntas!

Spesifikasi

poco m4 pro
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Isi Kotak Penjualan

poco m4 pro

Kotak penjualan POCO M4 Pro masih khas seperti HP POCO pada umumnya. Ia dibentuk dengan kartas karton yang tebal dan kokoh, serta memiliki warna dasar kuning. Saat membuka kotak tersebut, kami langsung menjumpai unit ponsel yang layarnya sudah terpasang lapisan antigores.

Di bawah unit ponsel terdapat satu kompartemen khusus yang isinya ialah: ejektor kartu SIM, dokumen mengenai panduan pemakaian dan informasi garansi, softcase bening, kartu ucapan terima kasih dari Head of Marketing POCO Indonesia Andi Renreng, serta beberapa stiker POCO.

Tidak cuma itu, kotak penjualan HP ini juga memuat kabel USB A ke C dan kepala charger dengan output 33W. POCO M4 Pro pun bisa dibilang memiliki paket penjualan yang lengkap!

POCO tampaknya belum tertarik menghilangkan charger dalam paket penjualan dengan dalih menciptakan produk yang ramah lingkungan. Adapun deskripsi isi kotak penjualan ini setidaknya bisa memberi gambaran saat kelak Anda membeli POCO M4 Pro.

Desain

poco m4 pro

Unit yang kami uji adalah POCO M4 Pro dengan varian warna Cool Blue. Varian warna ini menurut kami adalah pilihan yang aman buat segala usia. Warna ini tidak terlalu mencolok seperti POCO Yellow, tapi masih terlihat trendi sebagaimana Power Black. Untuk desain POCO Yellow dan Power Black bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

POCO M4 Pro

Saat pertama kali melihat penampakan HP ini, kami teringat dengan desain POCO M3. Hal ini karena kedua ponsel sama-sama punya modul kamera yang besar. Meski begitu, modul kamera POCO M4 Pro memiliki penataan kamera yang lebih rapi.

Pasalnya, tidak ada lagi tonjolan selain yang diciptakan oleh modulnya sendiri. Kesan trendi juga tercipta karena HP ini sudah mengusung layar dengan lubang kamera di posisi tengah atas. Layar itu juga punya bezel (bingkai) yang tipis di sisi atas, kiri, dan kanan. Sementara itu, bezel bawahnya masih sedikit tebal.

Menggenggam POCO M4 Pro rasanya nyaman. Ia kokoh, tapi juga tipis dan cukup ringan. Ponsel ini benar-benar berbeda dibanding HP-HP POCO sebelumnya yang punya bodi tebal dan berat. Maklum dimensi ponsel ini hanya 159,87 x 73,87 x 8,09 mm dengan berat sekitar 179,5 g.

Ukuran itu menjadikan HP ini sebagai ponsel POCO seri M tertipis dan teringan yang pernah ada. Kenyamanan POCO M4 Pro juga ditunjang dari finishing bodinya. POCO memberi finishing bertekstur penutup belakangnya.

Finishing tersebut membuat ponsel terhindar dari noda sidik jari. Sementara itu, bagian rangka ponsel ini memiliki finishing atau polesan yang halus.

Sementara itu, meskipun rangka bodi ini rata (flat), bagian tepi penutup belakangnya masih memiliki lengkungan. Adanya lengkungan tersebut tentu menambah daya cengkeram karena mengikuti kontur tangan.

Satu-satunya hal yang kurang dari desain HP ini terletak pada tombol-tombolnya. Kami merasakan tombol pengatur volume ini kurang mantap karena terasa goyang saat disentuh. Kemudian, tombol power-nya memang cukup kokoh dan clicky.

poco m4 pro

Namun, akan lebih baik bila tombol power itu didesain dengan posisi agak cekung ke dalam, mengingat fungsinya juga sebagai pemindai sidik jari. Posisi yang cekung akan memudahkan ibu jari mencari tombol power, terlebih saat pengguna hendak membuka ponsel tanpa melihatnya.

poco m4 pro

Adapun selain tombol power dan volume (yang terdapat di sisi kanan), kami menemukan beberapa komponen lain pada bagian rangka HP ini. Di sisi bawah ada mikrofon, port USB C, dan speaker. Di bagian kiri ada slot dua kartu SIM plus satu kartu microSD (triple slot).

poco m4 pro

Di bagian atas ada jack audio 3,5 mm, earpiece yang menyatu dengan speaker sekunder, mikrofon kedua, dan infrared blaster. Oh iya, POCO M4 Pro memiliki sertifikasi IP53. Artinya, bodi HP ini tahan terhadap debu dan percikan air.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram