carisinyal web banner retina

Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO X4 Pro 5G Berikut

Sebagai ponsel mid-range dari Xiaomi, POCO X4 Pro hadir dengan beberapa peningkatan yang membuatnya jauh terlihat seperti HP premium dibandingkan POCO X3 Pro.

Dengan desainnya yang terlihat lebih fresh, panel layar yang superior, serta kemampuan fotografi di atas rata-rata, seri POCO lagi-lagi telah menunjukkan taringnya pada persaingan ponsel pintar di segmen menengah.

Dirilis pada Q1 2022, POCO X4 Pro telah digemborkan sebagai ponsel flagship killer selanjutnya yang akan memberikan semua yang dibutuhkan konsumen tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. Seperti apakah jeroan dari HP POCO ini? Simak pada kelebihan dan kekurangan POCO X4 Pro berikut ini, ya!

Spesifikasi POCO X4 Pro

POCO X4 Pro 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan POCO X4 Pro

Sebagai penerus dari POCO X3 Pro, Xiaomi sungguh memiliki PR yang sulit untuk membuat POCO X4 Pro sesuai dengan ekspektasi para fans. Ketahui poin-poin kelebihan berikut ini.

1. Kamera 108 MP 

poco x4 pro kamera

Sajian utama yang disuguhkan pada POCO X4 Pro sudah pasti kameranya. Kamera ini hadir membawakan konfigurasi Quad Camera dengan fungsi lensa yang beragam dan juga melimpah, membuat siapapun mampu mengandalkan HP ini untuk segala kondisi pemotretan.

Bahkan, resolusi kamera utamanya sebesar 108 MP, resolusi tertinggi yang didukung oleh chipset Snapdragon 695 5G miliknya. Bahkan, resolusi 108 MP tersebut lebih dari dua kali lipat dibanding sensor 48 MP pada pendahulunya, POCO X3 Pro.

Secara detilnya, sensor 108 MP milik POCO X4 Pro ini berada pada bukaan diafragma f/1.9 dengan focal length 26 mm dan ukuran sensor 1/1.52 inci. Selain itu, hadir pula dua lensa pendamping berupa kamera ultra-wide 8 MP dengan FOV 118 derajat, serta kamera 2 MP makro untuk mengambil foto close-up dari jarak dekat.

Meskipun punya resolusi kamera utama segede gaban, nyatanya POCO X4 Pro hanya dapat merekam video dengan resolusi hingga 1080p saja. Tidak mendukung resolusi 4K. Adapun untuk lensa depannya, tersemat kamera dengan resolusi 16 MP (f/2.4) yang juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p saja.

Penggunaan SoC Snapdragon 695 5G disebut-sebut sebagai alasan POCO X4 Pro hanya mendukung resolusi perekaman video hingga 1080p saja pada kamera belakangnya. Ini karena chipset tersebut memang tidak suguhkan dukungan multimedia yang lebih terbatas dibanding chipset yang digunakan POCO X3 Pro.

Agar memuaskan rasa penasaran Anda mengenai kinerja fotografinya, berikut kami sajikan beberapa sampel foto dari kamera POCO X4 Pro.

sampel foto poco x4 proSumber: Tech Advisor
sampel foto poco x4 proSumber: Tech Advisor
Kamera ultra-wide POCO X4 Pro
sampel foto poco x4 proSumber: XDA-Developers.com
Pemotretan malam hari POCO X4 Pro

2. Layarnya Pakai Panel Super AMOLED

poco x4 pro layar

Untuk ponsel POCO yang satu ini, tampaknya Xiaomi memutuskan untuk hadirkan spek besar-besaran pada layarnya. Diketahui, POCO X4 Pro ini membawakan panel Super AMOLED dengan ukuran layar 6,67 inch. Layar ini tentunya sudah berada pada resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel.

Selain itu, layar ponsel juga dibekali dengan fitur refresh rate 120 Hz yang dua kali lipat lebih tinggi dari 60 Hz konvensional. Ini artinya, Anda akan merasakan pergerakkan tampilan layar yang jauh lebih mulus saat melakukan scrolling medsos, melakukan navigasi pada antarmuka sistem operasi, ataupun saat bermain game.

Tidak lupa, tersedia pula touch sampling rate sebesar 360 Hz yang membuat layar lebih responsif terhadap sentuhan yang Anda lakukan,. Faktor ini sangat penting pada aktivitas gaming, terlebih pada beberapa game yang bersifat kompetitif seperti PUBG Mobile.

Kalau Anda senang menonton konten pada platform video seperti YouTube, Anda juga akan merasakan pengalaman visual tiada dua berkat hadirnya sertifikasi HDR10+ yang dapat meningkatkan kontras dinamis pada konten. Malahan, peak brightness yang dapat Anda rasakan saat menonton konten HDR mencapai hingga 1.300 nit! Serasa layar HP flagship, bukan?

Sementara bagi Anda yang sering berpergian keluar rumah di siang hari, Anda tetap dapat menikmati keterbacaan yang layak di POCO X4 Pro. Sebab, layarnya menampilkan tingkat kecerahan tipikal hingga 700 nit dan kecerahan puncak hingga 1200 nit.

Tidak itu saja, Anda pun dapat menikmati akurasi warna optimal dengan gamut DCI-P3 serta kontras rasio 4.500.000:1.

3. Desain Bodi yang Semakin Fresh

poco x4 pro desain

POCO X4 Pro masih tetap mempertahankan tampilan yang unik dan khas dimiliki oleh ponsel POCO lainnya. Kendati begitu, dibandingkan dengan POCO X3 Pro, tampaknya Xiaomi memutuskan untuk kali ini memberikan tampilan yang lebih dapat diterima oleh masyarakat luas.

Sudah tidak ada lagi modul kamera segede gaban yang nongol di tengah-tengah bodi layaknya DSLR, seperti POCO X3 Pro. Kali ini, perangkat lebih mengusung tampilan yang mirip seperti POCO M3 Pro dan POCO M4 Pro, yakni dengan bilah yang memanjang sebagai housing badi modul kamera.

Tapi yang mencengangkannya, Xiaomi turut berikan sesuatu yang baru pada tampilannya, yakni lampu sorot cahaya yang memancar dari bawah bodi. Hal ini akan mengingatkan Anda terhadap lampu spotlight yang menyoroti seorang artis papan atas saat menaiki panggung.

Bodi dari POCO X4 Pro terbuat dari bahan plastik polikarbonat, jenis material yang umum dimiliki oleh ponsel di segmen harga entry-level dan juga mid-range. Ponsel ini memiliki dimensi panjang kali lebar sebesar 164,2 mm dan 76,1 mm, serta memiliki bodi yang cukup ringkas di ketebalan 8,1 mm.

Adapun untuk bobot bodinya, berada pada angka 205 gram yang meskipun masih terbilang berat untuk seukuran HP mid-range, namun masih lebih ringan dibandingkan POCO X3 Pro dengan bobot 215 gram.

4. Hadirkan Ketahanan Bodi yang Kuat

poco x4 pro ketahanan bodi

Rupanya, tampilan unik dan keren yang dimiliki desain bodi POCO X4 Pro juga turut diiringi dengan ketahanan yang baik pula. Bagaimana tidak? HP ini menawarkan Anda dengan kaca lapis pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang mampu menjaga layar dari kerusakkan akibat tergores ataupun terjatuh.

Bukan itu saja, Anda pun dapat mengandalkan HP ini agar tidak mudah rusak sekalipun terkena tetesan air minum ataupun saat gerimis. Sebab, ia sudah dibekali dengan sertifikasi IP53. Hal ini lantas membuat POCO X4 Pro tampil sebagai opsi yang menonjol, ketimbang beberapa rival di segmen mid-range lain yang belum dibekali IP Rating manapun.

5. Baterai Tahan Lama + Fast Charging 67 W

poco x4 pro baterai

Ponsel dengan layar yang berada pada refresh rate 120 Hz terus menerus akan menyedot baterai dengan begitu borosnya. Namun, POCO X4 Pro dirancang dengan kapasitas baterai besar dan kemampuan pengisian yang mumpuni untuk semakin memudahkan hari-hari Anda.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Tech Advisor, disebutkan bahwa baterai 5.000 mAh pada POCO X4 Pro mampu bertahan hingga satu setengah hari pada pengujian normal seperti TikTok-an, berkirim-kirim pesan SMS, dan juga melakukan pengeposan tweet. Durasi satu setengah hari ini didapat saat ponsel berada pada refresh rate 120 Hz. 

Adapun untuk pengujian fast charging-nya, POCO X4 Pro yang andalkan daya 67 W ini mampu meraih baterai 94% dalam waktu 30 menit, yakni sebuah durasi fast charging yang begitu ngebut untuk segmen harga menengah.

Yang menariknya lagi, ponsel dengan jenis port pengisian USB Type-C ini juga turut menyertakan casan 67 W di dalam paket penjualan, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli charger secara terpisah.

6. Kinerja Gaming yang Powerful

poco x4 pro gaming

Snapdragon 695 5G merupakan SoC (System-on-Chip) yang terbilang baru saat HP ini diluncurkan. Ia merupakan chipset Qualcomm yang juga turut dimiliki oleh realme 9 Pro. Chipet ini hadirkan konektivitas 5G di segmen harga mid-range dengan ukuran transistor kecil untuk efisiensi daya yang lebih baik.

Akan tetapi, Snapdragon 695 terasa kurang nendang untuk seri POCO yang terkenal akan price to performance yang unggul. Dengan begini, pengguna akan merasakan kinerja game yang tidak sebaik POCO X3 Pro yang sudah membawakan chipset Snapdragon 860.

Snapdragon 695 ini mengandalkan konfigurasi delapan inti yang mencakup klaster 2 + 2. Klaster pertama merupakan dua inti berkinerja tinggi berupa Kryo 660 Gold berbasiskan Cortex A78 (2.2 GHz), sementara klaster keduanya meliputi enam unit hemat daya Kryo 660 Silver berbasiskan Cortex A55 (1.7 GHz).

Secara face value, Snapdragon 695 5G bukanlah chipset yang performanya jelek-jelek amat. Ia pun dibangun atas proses fabrikasi 6 nanometer yang sedikit lebih unggul dari Snapdragon 860 pada POCO X3 Pro yang hadirkan transistor berukuran 7 nanometer. 

Dari sisi pengolahan grafisnya, Snapdragon 695 5G ini dibekali dengan GPU (Graphical Processing Unit) berupa Adreno 619. Dilansir dari Tech Advisor, POCO X4 Pro memiliki skor benchmark Geekbench 5 yang cukup memuaskan, dengan skor 2019 pada pengetesan multi-core.

Saat diujikan untuk bermain Genshin Impact di pengaturan grafis tertinggi (Highest) di 60 FPS, kinerja gaming terasa cukup lancar meskipun sesekali terjadi frame drop, seperti yang dipantau dari YouTuber Noveneil GP.

Ini wajar, karena Genshin Impact memang salah satu game yang paling demanding di Google Play Store. Jika perlu, memainkan game tersebut di pengaturan Medium akan membuat permainan semakin lancar.

7. Hadir dengan Konektivitas Lengkap

poco x4 pro hadir dengan konektivitas lengkap

Brand Xiaomi senantiasa berikan smartphone keluarannya dengan konektivitas lengkap, tidak terkecuali POCO X4 Pro yang sediakan fitur NFC (Near Field Communication) sehingga bisa mengecek saldo eMoney dan kartu eToll

Selain itu, POCO X4 Pro juga telah dibekali dengan fitur infrared port yang berguna untuk menyulap ponsel menjadi remote TV ataupun AC. Menariknya, Xiaomi menjadi salah satu dari segelintir brand yang masih sediakan infrared, sehingga fungsionalitasnya akan selalu lebih beragam dibanding brand pesaingnya.

Di luar itu, Anda juga dapat menikmati kemudahan mendengarkan lagu pakai earphone berkat adanya port audio jack 3.5 mm, serta dimanjakan dengan fitur FM Radio untuk mendengarkan stasiun radio kesayangan Anda.

8. Mendukung Jaringan 5G

poco x4 pro hadir dengan 5g

Jika ada sebuah peningkatan yang layak diapresiasi dari POCO X4 Pro dibandingkan POCO X3 Pro, hal itu sudah pasti dukungan terhadap jaringan 5G. Ya, POCO X3 Pro yang memang generasi lawas belum mendukung 5G, sehingga hadirnya sang next generation connectivity tersebut pada POCO X4 Pro mampu menjadi angin segar bagi fans seri POCO.

Jaringan 5G yang didukung POCO X4 Pro pun mendukung pita yang sudah tersedia pada infrastruktur Tanah Air, yakni salah satunya adalah n1, n3, dan juga n40. Artinya, secara teori, jaringan 5G POCO X4 Pro seharusnya sudah dapat beroperasi saat hadir di Indonesia.

Kekurangan POCO X4 Pro

Rupanya meski hadir dengan bejibun kelebihan, PCOO X4 Pro tetap tidak luput dari beberapa kekurangan yang mesti Anda ketahui sebelum membeli yakni di bawah ini.

1. Hanya Dirilis dengan Android 11

miui 13 oke_

Apabila Anda berharap POCO X4 Pro sudah hadir dengan Android 12 dari pabrikannya, tampaknya akan kecewa. Soalnya, ponsel segmen menengah tersebut memang hanya disertai dengan Android 11, sehingga pengguna harus lakukan update OTA (over the air) saat Android 12 sudah tersedia untuk perangkat ini.

Bukan itu saja, menurut ulasan dari Tech Advisor, skin antarmuka MIUI 13 yang terdapat di POCO X4 Pro juga tidak begitu intuitive dan akan sedikit menyulitkan pengguna. Pasalnya, beberapa penempatannya dianggap tidak lazim, berbeda dengan beberapa vendor lain yang mendekati antarmuka stock Android.

Hadir dengan versi Android yang lebih lawas bisa saja menandakan kalau dirinya hanya memiliki durasi upgrade versi Android yang lebih terbatas. Di mana para HP lain bisa mencapai upgrade OS yang lebih baru beberapa tahun ke depan, POCO X4 Pro kemungkinan akan stuck di versi Android yang lawas.

2. Pemilihan Chipset yang Kontroversial

dapur pacu poco x4 pro

Ya, kami memang menempatkan kinerja Snapdragon 695 5G sebagai kelebihan dari POCO X4 Pro. Akan tetapi, penggunaan chipset tersebut terlalu “normal” untuk seri POCO yang biasanya selalu hadirkan chipset yang jauh lebih gahar dibanding HP lain pada kelas harga yang sama.

Seperti pada POCO X3 Pro contohnya, yang sudah hadirkan Snapdragon seri 800. Terlepas berada di kelas harga menengah, POCO X3 Pro punya kinerja yang nyaris setara dengan HP flagship

Pengguna yang senantiasa menantikan gebrakan baru dari seri POCO mungkin akan kecewa dengan Snapdragon 695 5G.

Chipset ini, secara face value, punya kinerja yang cukup memuaskan di kelas harga menengah. But that’s it. Pemilihan SoC tersebut tetap tidak dapat dikatakan “seksi” atau dianggap sebagai wow factor seperti seri POCO lain pada umumnya.

Bukan itu saja, bahkan Snapdragon 695 5G ini memiliki dukungan multimedia yang terbatas karena tidak mendukung perekaman video 4K seperti POCO X3 Pro yang jadi pendahulunya. 

Satu-satunya alasan utama SoC ini dinilai lebih baik adalah karena menawarkan ukuran transistor lebih kecil, sehingga punya efisiensi daya yang lebih hemat dibanding Snapdragon 860. Calon konsumen yang memprioritaskan pilihannya pada performa chipset mungkin akan sedikit kecewa dengan POCO X4 Pro.

Simpulan

Sekian beberapa poin kelebihan dan kekurangan dari POCO X4 Pro, sebuah ponsel value for money dari induk perusahaan Xiaomi yang layak dinantikan oleh pencinta gadget.

Dengan hanya mengeluarkan budget sebesar 269 euro atau sekitar Rp4,2 jutaan, POCO X4 Pro dengan kamera 108 MP ini bisa Anda bawa pulang.

Tidak dipungkiri, audiens yang mendambakan sisi fotografi pada sebuah ponsel akan menerima lensa 108 MP di HP ini dengan lapang dada. Sementara bagi Anda yang sudah terbiasa dengan DNA POCO Series yang punya kinerja super powerful, mungkin akan menganggap HP ini sedikit mengecewakan.

Yang jelas, walau tidak tidak dapat menyaingi HP flagship, chipset Snapdragon 695 5G tetap merupakan pilihan yang berperforma tinggi di kelas mid range.

Ditambah, adanya jaringan 5G merupakan peningkatan yang menyegarkan ketimbang POCO X3 Pro yang hanya mentok di LTE. Jadi, buy or bye? Tinggalkan pendapat Anda di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram