Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO X4 Pro 5G Berikut

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Sebagai ponsel mid-range dari Xiaomi, POCO X4 Pro hadir dengan beberapa peningkatan yang membuatnya jauh terlihat seperti HP premium dibandingkan POCO X3 Pro.

Dengan desainnya yang terlihat lebih fresh, panel layar yang superior, serta kemampuan fotografi di atas rata-rata, seri POCO lagi-lagi telah menunjukkan taringnya pada persaingan ponsel pintar di segmen menengah.

Dirilis pada Q1 2022, POCO X4 Pro telah digemborkan sebagai ponsel flagship killer selanjutnya yang akan memberikan semua yang dibutuhkan konsumen tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. Seperti apakah jeroan dari HP POCO ini? Simak pada kelebihan dan kekurangan POCO X4 Pro berikut ini, ya!

Spesifikasi POCO X4 Pro

POCO X4 Pro 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan POCO X4 Pro

Sebagai penerus dari POCO X3 Pro, Xiaomi sungguh memiliki PR yang sulit untuk membuat POCO X4 Pro sesuai dengan ekspektasi para fans. Ketahui poin-poin kelebihan berikut ini.

1. Kamera 108 MP 

poco x4 pro kamera

Sajian utama yang disuguhkan pada POCO X4 Pro sudah pasti kameranya. Kamera ini hadir membawakan konfigurasi Quad Camera dengan fungsi lensa yang beragam dan juga melimpah, membuat siapapun mampu mengandalkan HP ini untuk segala kondisi pemotretan.

Bahkan, resolusi kamera utamanya sebesar 108 MP, resolusi tertinggi yang didukung oleh chipset Snapdragon 695 5G miliknya. Bahkan, resolusi 108 MP tersebut lebih dari dua kali lipat dibanding sensor 48 MP pada pendahulunya, POCO X3 Pro.

Secara detilnya, sensor 108 MP milik POCO X4 Pro ini berada pada bukaan diafragma f/1.9 dengan focal length 26 mm dan ukuran sensor 1/1.52 inci. Selain itu, hadir pula dua lensa pendamping berupa kamera ultra-wide 8 MP dengan FOV 118 derajat, serta kamera 2 MP makro untuk mengambil foto close-up dari jarak dekat.

Meskipun punya resolusi kamera utama segede gaban, nyatanya POCO X4 Pro hanya dapat merekam video dengan resolusi hingga 1080p saja. Tidak mendukung resolusi 4K. Adapun untuk lensa depannya, tersemat kamera dengan resolusi 16 MP (f/2.4) yang juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p saja.

Penggunaan SoC Snapdragon 695 5G disebut-sebut sebagai alasan POCO X4 Pro hanya mendukung resolusi perekaman video hingga 1080p saja pada kamera belakangnya. Ini karena chipset tersebut memang tidak suguhkan dukungan multimedia yang lebih terbatas dibanding chipset yang digunakan POCO X3 Pro.

Agar memuaskan rasa penasaran Anda mengenai kinerja fotografinya, berikut kami sajikan beberapa sampel foto dari kamera POCO X4 Pro.

sampel foto poco x4 proSumber: Tech Advisor
sampel foto poco x4 proSumber: Tech Advisor
Kamera ultra-wide POCO X4 Pro
sampel foto poco x4 proSumber: XDA-Developers.com
Pemotretan malam hari POCO X4 Pro

2. Layarnya Pakai Panel Super AMOLED

poco x4 pro layar

Untuk ponsel POCO yang satu ini, tampaknya Xiaomi memutuskan untuk hadirkan spek besar-besaran pada layarnya. Diketahui, POCO X4 Pro ini membawakan panel Super AMOLED dengan ukuran layar 6,67 inch. Layar ini tentunya sudah berada pada resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel.

Selain itu, layar ponsel juga dibekali dengan fitur refresh rate 120 Hz yang dua kali lipat lebih tinggi dari 60 Hz konvensional. Ini artinya, Anda akan merasakan pergerakkan tampilan layar yang jauh lebih mulus saat melakukan scrolling medsos, melakukan navigasi pada antarmuka sistem operasi, ataupun saat bermain game.

Tidak lupa, tersedia pula touch sampling rate sebesar 360 Hz yang membuat layar lebih responsif terhadap sentuhan yang Anda lakukan,. Faktor ini sangat penting pada aktivitas gaming, terlebih pada beberapa game yang bersifat kompetitif seperti PUBG Mobile.

Kalau Anda senang menonton konten pada platform video seperti YouTube, Anda juga akan merasakan pengalaman visual tiada dua berkat hadirnya sertifikasi HDR10+ yang dapat meningkatkan kontras dinamis pada konten. Malahan, peak brightness yang dapat Anda rasakan saat menonton konten HDR mencapai hingga 1.300 nit! Serasa layar HP flagship, bukan?

Sementara bagi Anda yang sering berpergian keluar rumah di siang hari, Anda tetap dapat menikmati keterbacaan yang layak di POCO X4 Pro. Sebab, layarnya menampilkan tingkat kecerahan tipikal hingga 700 nit dan kecerahan puncak hingga 1200 nit.

Tidak itu saja, Anda pun dapat menikmati akurasi warna optimal dengan gamut DCI-P3 serta kontras rasio 4.500.000:1.

3. Desain Bodi yang Semakin Fresh

poco x4 pro desain

POCO X4 Pro masih tetap mempertahankan tampilan yang unik dan khas dimiliki oleh ponsel POCO lainnya. Kendati begitu, dibandingkan dengan POCO X3 Pro, tampaknya Xiaomi memutuskan untuk kali ini memberikan tampilan yang lebih dapat diterima oleh masyarakat luas.

Sudah tidak ada lagi modul kamera segede gaban yang nongol di tengah-tengah bodi layaknya DSLR, seperti POCO X3 Pro. Kali ini, perangkat lebih mengusung tampilan yang mirip seperti POCO M3 Pro dan POCO M4 Pro, yakni dengan bilah yang memanjang sebagai housing badi modul kamera.

Tapi yang mencengangkannya, Xiaomi turut berikan sesuatu yang baru pada tampilannya, yakni lampu sorot cahaya yang memancar dari bawah bodi. Hal ini akan mengingatkan Anda terhadap lampu spotlight yang menyoroti seorang artis papan atas saat menaiki panggung.

Bodi dari POCO X4 Pro terbuat dari bahan plastik polikarbonat, jenis material yang umum dimiliki oleh ponsel di segmen harga entry-level dan juga mid-range. Ponsel ini memiliki dimensi panjang kali lebar sebesar 164,2 mm dan 76,1 mm, serta memiliki bodi yang cukup ringkas di ketebalan 8,1 mm.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram