carisinyal web banner retina

Yuk Cari Tahu Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c

Xiaomi memang terkenal sebagai salah satu produsen yang memiliki banyak produk dalam satu seri smartphone. Contohnya adalah hadirnya Redmi 10 yang rilis akhir tahun 2021. Kemudian ada Redmi 10 2022.

Di April 2022, Xiaomi kembali menghadirkan varian baru yakni Redmi 10c. Menariknya, ponsel Android terbaru ini dipasarkan dengan harga yang lebih murah dibanding versi lama.

Dengan selisih harga yang tipis, tentu membuat kamu sebagai pembeli ponsel baru bimbang menentukan pilihan. Pasalnya, Xiaomi membenamkan RAM 4 GB dan memori internal yang besar pada kedua ponsel Redmi series ini.

Selain itu, desain keduanya juga sama-sama tampak mewah meski dipasarkan dengan harga murah. Tidak heran, Xiaomi berharap Redmi 10 series diminati pecinta gadget dari kalangan muda.

Spesifikasi Redmi 10

Redmi 10
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Redmi 10c

redmi 10c_
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.049.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c

Meski menyasar pasar ponsel Android murah, produk buatan Xiaomi tidak dibekali spesifikasi kaleng-kaleng. Xiaomi bahkan menghadirkan layar dengan resolusi tinggi serta kamera resolusi besar untuk memanjakan pengguna setia hp Redmi. 

Masuknya Xiaomi Redmi 10c memang bukan bermaksud untuk menggantikan Redmi 10. Pasalnya, spesifikasi keduanya berbeda. Apalagi, harga jual Redmi 10c lebih murah. Maka, banyak anggapan bahwa Xiaomi Redmi 10c merupakan varian termurah dari seri Xiaomi Redmi 10. 

Biar tidak semakin penasaran, berikut perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam membeli.

1. Layar

Redmi 10C

Sebagai ponsel entry-level, kedua smartphone Xiaomi ini masih menggunakan layar dengan jenis panel IPS LCD. Layar IPS ini dianggap kuno namun masih mampu menampilkan detail foto dan video dengan baik.

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c muncul pada bagian layar. Redmi 10c menggunakan layar berukuran 6,71 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi HD+ 720 x 1650 pixel. Sayangnya, layar ini hanya dilindungi anti gores biasa dari Corning Gorilla Glass. 

Berbeda dengan layar Redmi 10 biasa. Ponsel Android ini hanya menggunakan layar berukuran 6,5 inci. Walaupun lebih kecil, layar ini sudah mendukung resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixel. Layar ponsel ini sudah mendukung refresh rate 90Hz. Dengan teknologi ini, kamu bisa menikmati sajian foto dan video lebih detail hingga bermain game lebih halus.

2. Baterai

Redmi 10C

Xiaomi menghadirkan baterai berkapasitas besar pada kedua hp Redmi ini. Redmi 10 dan Redmi 10c ditanami baterai berkapasitas 5000 mAh. Baterai besar ini diharapkan mampu mendukung kebutuhan pengguna saat ini. Xiaomi mengklaim, baterai ini bisa bertahan lama meski ponsel digunakan browsing, menonton video atau bermain game.

Xiaomi juga sudah membenamkan fitur fast charging 18W pada Xiaomi Redmi 10 dan Redmi 10c. Fitur ini membuat baterai pada ponsel Xiaomi terbaru bisa terisi lebih cepat. Yang membedakan keduanya ialah adanya fitur reverse charging 9W di Redmi 10. Fitur ini memungkinkan Redmi 10 menjadi powerbank dan mengisi perangkat lainnya.

3. Resolusi kamera

redmi 10

Meski dipasarkan dengan harga yang tidak terpaut jauh, Redmi 10 dan Redmi 10c memiliki sektor kamera yang berbeda. 

Untuk Xiaomi Redmi 10, terdapat empat kamera belakang mumpuni yang siap mengabadikan setiap momen kamu dengan jernih. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP. Tambahan kamera ultra-wide ini diklaim mampu membuat foto dan video lebih luas.

Beralih ke Xiaomi Redmi 10c, kamu hanya akan mendapat dua kamera belakang. Meski hanya dua, kamera ini mengusung teknologi terbaru. Kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera depth 2 MP. Kamera ini ditanami sensor yang membuat foto dan video lebih tajam meski diambil dalam kondisi minim cahaya.

Tidak hanya kamera belakang yang berbeda, kedua hp Xiaomi ini juga dibekali kamera depan berbeda resolusi yang mumpuni untuk foto dan video selfie. Redmi 10 dibekali kamera depan 8MP dan Redmi 10c masih menggunakan kamera depan 5MP. Tentu kamera depan Redmi 10 lebih jelas dan lebih detail.

4. Sektor Dapur Pacu

Ilustrasi chipset Helio G88

Ketika membedah bagian mesin, kamu akan menemukan dua mesin dengan karakter yang berbeda. Hal ini terjadi karena dalam Xiaomi Redmi 10 terpasang chipset Mediatek Helio G88 yang didalamnya tersemat GPU Mali G52. Sementara itu, Xiaomi Redmi 10c dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang punya pengolah grafis Adreno 610. 

Performa mesin Redmi 10 ini sangat mumpuni untuk gaming kelas ringan. Apalagi chipset ini disokong teknologi Hyperengine yang membuat game berjalan mulus. Sedangkan, performa mesin Redmi 10c diklaim lebih cepat dan tidak mudah lag karena prosesor yang digunakan berkecepatan tinggi. Untungnya, kedua ponsel sudah menggunakan RAM 4 GB, meski Redmi 10 juga memiliki pilihan RAM 6 GB.

Menyadari fungsi smartphone saat ini, Xiaomi menghadirkan memori penyimpanan 64 GB dan 128GB pada kedua seri Redmi. Bedanya, untuk memori tambahan, dalam Redmi 10 bisa menambahkan slot microSD hingga 512 GB. Sementara Redmi 10c bisa menambah slot microSD hingga 1 TB.

Pilihan memori internal ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel saat ini khususnya yang gemar menyimpan foto dan video.

5. Desain

Redmi 10

Desain menjadi perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c yang cukup menonjol. Saat melihat bagian layar dan kamera depan, Redmi 10 menghadirkan desain layar dengan tepian tipis dilengkapi kamera depan berbentuk lubang kecil. Di bodi belakang, terdapat modul kamera berbentuk persegi panjang. Modul ini menampung empat kamera. 

Untuk Redmi 10c, mengusung desain layar poni dengan kamera selfie berbentuk tetesan air atau waterdrop. Di area belakang, modul kamera berbentuk persegi dengan tepian membulat. Modul kamera ini berisi dua kamera.

Untuk sensor sidik jari, Xiaomi menempatkan lokasi yang berbeda. Redmi 10 memiliki pemindai sidik jari di sisi samping terintegrasi dengan tombol power. Sedangkan Redmi 10c memiliki pemindai yang letaknya dibagian belakang dekat kamera.

6. Harga

Harga Redmi 10C

Bicara harga, perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c memang mencolok. Pada September 2021, Redmi 10 dipasarkan dalam 2 versi yakni RAM 4 GB dan storage 64 GB seharga Rp1.999.000 serta RAM 6 GB dan storage 128 GB seharga Rp. 2.399.000,00

Untuk Redmi 10c dipasarkan dengan harga Rp1.899.000 untuk versi RAM 4 GB dan storage 64 GB. Ada juga versi RAM 4 Gb dan storage 128 GB seharga Rp2.099.000

Simpulan

Masuknya Xiaomi Redmi 10c ke pasar ponsel entry-level tanah air memang menarik perhatian. Ponsel Android murah ini diklaim sebagai ponsel Rp1 jutaan dengan chipset berkualitas serta kamera yang tajam. Apalagi, layar yang dihadirkan cukup besar dan luas sehingga bermain game di smartphone ini akan nyaman. 

Walaupun demikian, Redmi 10 masih memiliki beberapa keunggulan. Di bagian kamera, ponsel Android 4G ini dibekali sektor kamera yang lebih lengkap. Kamu bisa menghasilkan foto dan video yang menakjubkan di kamera belakang maupun kamera depan perangkat ini. Meski menggunakan layar yang lebih kecil, layar ponsel ini menggunakan resolusi yang tinggi sehingga detail foto dan video lebih baik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram