Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Hadirnya Redmi 10 pada kuartal ketiga tahun 2021 sudah jelas mengundang banyak perhatian pencinta gadget. Berkaca pada beragam ponsel Redmi Series sebelumnya, para konsumen yang punya budget terbatas tentu berharap banyak pada seri yang murah meriah ini.

Redmi 9 punya harga mulai dari Rp1,8 jutaan saat rilis. Apakah Redmi 10 akan dirilis dengan harga yang serupa? Dan, seberapa jauh peningkatan yang dibawanya dibanding generasi sebelumnya?

Nah, Carisinyal akan membeberkan harga, spesifikasi, pro, dan kontra dari Redmi 10 yang akan sangat berguna untuk diketahui sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membawa pulang HP Redmi terbaru ini. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Spesifikasi Redmi 10

Redmi 10
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Redmi 10

Setelah melihat spesifikasi singkat Redmi 10 di atas, kini waktunya Anda mengetahui poin-poin apa saja yang membuat Redmi 10 begitu layak dilirik.

1. Desain Bodi yang Lebih Mewah dan Terasa Premium

Dibandingkan dengan Redmi 9 yang flashy, Redmi 10 dirancang dengan filosofi desain minimalis dan elegan. Jika Redmi 9 memberikan vibe ponsel murah saat dilihat, Redmi 10 justru mengambil inspirasi dari HP-HP Xiaomi di kelas harga lebih tinggi seperti Xiaomi Mi 11 Series ataupun POCO X3 GT.

Bump kameranya kini dibuat di pojok kiri atas dan terlihat seperti digital camera. Jumlah kameranya pun tampak seperti ada lima jika dilihat dari jauh, meski sebenarnya hanya ada empat lensa. Satu bulatannya lagi merupakan LED flash.

Maka dari itu, tampilan keseluruhan Redmi 10 terlihat premium. Jauh lebih memukau dibanding Redmi 9 dengan modul kamera vertikal di tengah. Tapi, ini sebenarnya kembali lagi ke selera masing-masing.

Ditambah lagi, kamera depannya sudah dibuat pada bentuk punch hole dan tidak lagi waterdrop notch. Ini artinya Xiaomi mulai ingin mengangkat derajat Redmi Series, membuatnya stand out di antara ponsel murah lainnya.

Sebagai perlindungan layar, Xiaomi hadirkan Corning Gorilla Glass 3. Dukungan kaca pelindung ini selalu bisa jadi tambahan menarik. Meski bukan Gorilla Glass Victus seperti POCO X3 GT, tapi hadirnya Gorilla Glass 3 setidaknya dapat menjaga layar agar tidak cepat baret.

2. Ponsel Pertama yang Gunakan Helio G88

Redmi 10 kini tak lagi gunakan Helio G80 seperti generasi pendahulunya, namun sudah dipersenjatai chipset MediaTek yang lebih segar yakni Helio G88. Bahkan, Redmi 10 merupakan ponsel pertama yang menggunakan chipset tersebut. Namun perlu diketahui, keduanya memiliki perbedaan arsitektur yang cukup sedikit.

Baik Helio G80 maupun G88 sama-sama dibuat dengan manufaktur 12 nm FFC pada set instruksi ARMv8.2-A (64-bit). Di keduanya, terdapat konfigurasi octa-core yang mencakup dua inti high performance ARM Cortex A75 dengan frekuensi 2.0 GHz, serta enam biji hemat daya berupa ARM Cortex A55 berkekuatan 1,8 GHz.

Kedua chipset ini bahkan memiliki kartu pengolah grafis yang sama, yakni Mali-G52 MC2. Namun, kedua GPU ini punya frekuensi berbeda. Helio G80 hanya punya frekuensi GPU sebesar 950 MHz, sedangkan Helio G88 memiliki kekuatan GPU sebesar 1 GHz.

Adapun perbedaan-perbedaan lainnya berhubungan dengan kompatibilitas komponen di sektor lain, seperti kamera dan layar. Pada Helio G85, hanya sediakan dukungan terhadap kamera utama beresolusi 48 MP, sedangkan Helio G88 mendukung resolusi kamera hingga 64 MP.

Berbeda dengan Helio G85, Helio G88 juga kini mendukung layar Full HD+ yang telah dipadankan dengan refresh rate 90 Hz. Itu mengapa, dengan beragam spesifikasi yang dimiliki Redmi 10 seperti kamera 50 MP dan laju penyegaran tinggi, tidak masuk akal jika masih gunakan Helio G85.

Adapun tipe memori RAM yang ia miliki merupakan LPDDR4x Dual Channel pada opsi kapasitas 4 GB dan 6 GB yang dipadankan pada memori internal 64 GB dan 128 GB pada standar eMMC 5.1. Tidak seperti Redmi Note 10 yang gunakan tipe memori UFS 2.2.

Berdasarkan hasil benchmark Geekbench 5 yang dilakukan GSM Arena di atas, terlihat bahwa Redmi 10 berhasil dapatkan skor 1294 pada multi-core dan 361 pada pengujian single core. Meskipun Redmi 10 menggunakan chipset Helio G88 yang baru, rupanya kinerjanya tidak beda jauh dengan Helio G80 pada Redmi 9.

3. Punya Stereo Speaker yang Handal

Urusan suara, Anda bisa serahkan pada Redmi 10 yang kini dibekali dengan stereo speaker. Bisa dibilang, ini adalah salah satu peningkatan yang ditunggu-tunggu penggemar seri Redmi yang tidak ada pada Redmi 9. Di tahun 2021, memang sudah banyak ponsel-ponsel Xiaomi 2 jutaan yang hadirkan stereo speaker.

Nampaknya brand raksasa asal Tiongkok tersebut ingin memberikan pengalaman yang lebih imersif pada penggunanya, baik itu saat menonton film, dengarkan lagu, ataupun bermain game.

Lokasi dual speaker stereo Redmi 10 adalah di bagian atas dan bawah bodi saat mode potret. Sehingga saat digunakan bermain game, Anda akan mendengar suara dari arah kiri dan kanan. GSM Arena telah menguji kebolehan suara dari stereo speaker tersebut.

Disebutkan bahwa speaker ponsel ini lebih condong diarahkan untuk pengalaman menonton film, karena suara-suara aktor dan efek suara terdengar begitu jelas pada beragam skenario. Dari segi kelantangan suara, Redmi 10 mendapatkan skor -26.3 LUFS yang terbilang cukup bagus di harganya.

Walau begitu, Redmi 10 nampaknya punya kualitas suara yang sedikit di bawah Redmi 9T. Soalnya, Redmi 9T yang harganya mirip-mirip tapi punya baterai lebih besar ini punya skor -25.6 LUFS.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram