10 Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Xiaomi hadirkan ponsel menarik dari keluarga Redmi 9 series, yakni Redmi 9T. Redmi 9T ini bisa diibilang alternatif menarik dibandingkan Redmi 9 yang cenderung biasa saja dari sisi spesifikasi secara keseluruhan. Terlebih kehadiran Redmi 9T ternyata berpengaruh pada penurunan harga Redmi 9.

Redmi 9T bisa dibilang variasi lain dari ponsel yang masih satu keluarga dengan Xiaomi, POCO M3. Pasalnya, spesifikasi POCO M3 hampir mirip dengan Redmi 9T, harga jualnya juga tidak terlalu jauh masih di kisaran Rp2 juta.

Lantas, apa yang membuat Redmi 9T menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari salah satu HP Redmi terbaru berikut ini!

Spesifikasi Redmi 9T

Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Redmi 9T

Siapa sangka ada ponsel murah dengan berbagai kelebihan unggul seperti Redmi 9T? Simak poin-poin di bawah ini.

1. Performa Chipset Terbilang Oke

Redmi 9T hadir dengan chipset kencang bernama Qualcomm Snapdragon 662. Berbekal chipset ini, Redmi 9T tergolong  powerful di kelasnya untuk gaming menengah, aktivitas hiburan, dan multitasking lancar tanpa lag.

Qualcomm Snapdragon 662 sendiri merupakan chipset yang hadir dengan dua klaster octa core yang merupakan 4 buah Kryo 260 Gold dan 4 buah Kryo 260 Silver. Mereka ini merupakan turunan dari ARM Cortex A73 dan A53. Sementara untuk pengolah grafisnya adalah Adreno 610.

Untuk performa, Redmi 9T memiliki chipset serupa dengan POCO M3 yang tentu membuat performa ponsel ini tidak akan terlalu jauh berbeda. POCO M3 sendiri berhasil mendapatkan skor benchmark sebesar 177.904 di AnTuTu v8 berdasarkan pengujian dari GSMArena

Pada pengujian GeekBench 5, POCO M3 mendapatkan score sebesar 308 untuk tes single core  dan skor 1.398 untuk multi-core.

Hal yang tidak jauh berbeda ditunjukan Redmi 9T. Berdasarkan pengujian situs Unbox.ph, Red,o 9T  mendapatkan skor GeekBench 5 sebesar 314 untuk tes single core  dan skor 1.347 untuk multi-core. Perbedaan skornya tidak terlalu jauh yang memang menunjukan kemampuan dari Redmi 9T.

Berdasarkan pengujian situs Unbox.ph, Redmi 9T dapat menjalankan sebagian besar aplikasi Android tanpa masalah apa pun, dan mampu memainkan game Android populer dalam pengaturan yang layak.

Hal yang sama dikatakan situs Gamerbraves. Menurut mereka, Redmi 9T dapat menjalankan berbagai gim dengan baik dan lancar. Seperti contohnya Mobile Legends, League of Legends, dan Call of Dutys di pengaturan medium.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

4. Redmi 9T 6000 mAh

Redmi 9T jadi produk yang menarik lantaran untuk pertama kalainya, produk Redmi series hadir dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh. . Karena kapasitas baterai terbesar di seri Redmi ada di sekitaran 5.000 mAh.

Xiaomi sendiri mengklaim jika daya tahan bateria Redmi 9T dapat dipakai mendengarkan musik sampai 195 jam, menonton film selama 17 jam, bermain gim sampai 14 jam, dan menelpon selama 56 jam.

Dengan baterai yang besar plus chipset yang hemat daya, membuat ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang sangat lama. Hal tersebut juga sebenarnya terbukti dari tes POCO M3 di situs GSMArena yang menunjukan kalau POCO M3 mendapatkan endurance rating sebesar 154 jam, dengan durasi telepon mencapai 46 jam, browsing selama 21 jam, atau pemutaran video selama 17 jam.

Situs Unbox.ph sendiri mengatakan jika baterai Redmi 9T dapat bertahan sampai 2 harian. Sementara situs Gamerbraves mengatakan jika Redmi 9T hanya berkurang 10% saat memainkan gim Wild Rift selama 40 menit. Itu artinya, daya tahan ponsel tergolong bagus.

3. Fitur Pengisian Daya Cepat dan Reverse Charging

Selain dari kapasitas baterainya yang besar, Redmi 9T  juga telah menyediakan fitur pengisian cepat 18 W. Hal yang tentunya menarik mengingat di kelas harganya, paling banter dukungan pengisian cepat sampai 15 watt.

Yang mengejutkan, dalam kotak penjualan, Redmi 9T dibekali charger yang mendukung  daya 22,5 W. Dengan charger tersebut, Redmi 9T dapat terisi dayanya sampai penuh dengan kisaran waktu hampir 3 jam. Hal ini sangat wajar mengingat kapasitas baterainya yang mencapai 6.000 mAh.

Selain itu, Redmi 9T juga dapat difungsikan sebagai bank daya untuk mengisi ponsel lain.  Tergolong menarik bukan?

4. Kamera 48 MP dan Ultrawide yang Oke

Redmi 9T

Satu hal yang membuat Redmi 9t berbeda dengan POCO M3 ada di sektor kamera belakang. POCO M3 hadir dengan tiga kamera utama yang terdiri dari  lensa utama 48 MP Quad Bayer, lensa makro 2 MP, dan tidak lupa sensor 2 MP.

Redmi 9T juga memiliki kamera tersebut plus satu kamera tambahan, yakni kamera ultrawide atau kamera ultralebar. Ketidakhadiran kamera ultralebar di POCO M3 diperbaiki di Redmi 9T.

Kamera ultrawide yang ada di Redmi 9T sendiri menawarkan resolusi 8 MP. Kualitas kamera belkang ini tergolong bagus untuk keseluruhan. Kamera belakangnya hadirkan kualitas foto yang memukau di kelasnya sekalipun pada kondisi cuaca yang menyulitkan. Hasil fotonya juga dapat memberikan ketajaman yang baik. Berikut contoh hasil tangkapan kamera Redmi 9T.

Contoh hasil tangkapan kamera Redmi 9TSumber: unbox.ph
*

Sementara Unbox.ph sendiri berpendapat bahwa kamera dari Redmi 9T tergolong cukup bagus. Hanya saja kadang ada sedikit masalah dengan dynamic range, terutama ketika mengamfil foto dengan cahaya latar yang kuat. Namun hal ini tergolong masih bisa dimaklumi mengingat kelas harganya yang terjangkau.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram