carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T yang Perlu Kamu Ketahui

10 Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 6 April 2021

Xiaomi hadirkan ponsel menarik dari keluarga Redmi 9 series, yakni Redmi 9T. Redmi 9T ini bisa diibilang alternatif menarik dibandingkan Redmi 9 yang cenderung biasa saja dari sisi spesifikasi secara keseluruhan. Terlebih kehadiran Redmi 9T ternyata berpengaruh pada penurunan harga Redmi 9.

Redmi 9T bisa dibilang variasi lain dari ponsel yang masih satu keluarga dengan Xiaomi, POCO M3. Pasalnya, spesifikasi POCO M3 hampir mirip dengan Redmi 9T, harga jualnya juga tidak terlalu jauh masih di kisaran Rp2 juta.

Lantas, apa yang membuat Redmi 9T menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Redmi 9T berikut ini!

Spesifikasi Redmi 9T

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi 9T

Siapa sangka ada ponsel murah dengan berbagai kelebihan unggul seperti  Redmi 9T? Simak poin-poin di bawah ini.

1. Performa Chipset Terbilang Oke

Redmi 9T hadir dengan chipset kencang bernama Qualcomm Snapdragon 662. Berbekal chipset ini, Redmi 9T tergolong  powerful di kelasnya untuk gaming menengah, aktivitas hiburan, dan multitasking lancar tanpa lag.

Qualcomm Snapdragon 662 sendiri merupakan chipset yang hadir dengan dua klaster octa core yang merupakan 4 buah Kryo 260 Gold dan 4 buah Kryo 260 Silver. Mereka ini merupakan turunan dari ARM Cortex A73 dan A53. Sementara untuk pengolah grafisnya adalah Adreno 610.

Untuk performa, Redmi 9T memiliki chipset serupa dengan POCO M3 yang tentu membuat performa ponsel ini tidak akan terlalu jauh berbeda. POCO M3 sendiri berhasil mendapatkan skor benchmark sebesar 177.904 di AnTuTu v8 berdasarkan pengujian dari GSMArena

Pada pengujian GeekBench 5, POCO M3 mendapatkan score sebesar 308 untuk tes single core  dan skor 1.398 untuk multi-core.

Hal yang tidak jauh berbeda ditunjukan Redmi 9T. Berdasarkan pengujian situs Unbox.ph, Red,o 9T  mendapatkan skor GeekBench 5 sebesar 314 untuk tes single core  dan skor 1.347 untuk multi-core. Perbedaan skornya tidak terlalu jauh yang memang menunjukan kemampuan dari Redmi 9T.

Berdasarkan pengujian situs Unbox.ph, Redmi 9T dapat menjalankan sebagian besar aplikasi Android tanpa masalah apa pun, dan mampu memainkan game Android populer dalam pengaturan yang layak.

Hal yang sama dikatakan situs Gamerbraves. Menurut mereka, Redmi 9T dapat menjalankan berbagai gim dengan baik dan lancar. Seperti contohnya Mobile Legends, League of Legends, dan Call of Dutys di pengaturan medium.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

4. Redmi 9T 6000 mAh

Redmi 9T jadi produk yang menarik lantaran untuk pertama kalainya, produk Redmi series hadir dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh. . Karena kapasitas baterai terbesar di seri Redmi ada di sekitaran 5.000 mAh.

Xiaomi sendiri mengklaim jika daya tahan bateria Redmi 9T dapat dipakai mendengarkan musik sampai 195 jam, menonton film selama 17 jam, bermain gim sampai 14 jam, dan menelpon selama 56 jam.

Dengan baterai yang besar plus chipset yang hemat daya, membuat ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang sangat lama. Hal tersebut juga sebenarnya terbukti dari tes POCO M3 di situs GSMArena yang menunjukan kalau POCO M3 mendapatkan endurance rating sebesar 154 jam, dengan durasi telepon mencapai 46 jam, browsing selama 21 jam, atau pemutaran video selama 17 jam.

Situs Unbox.ph sendiri mengatakan jika baterai Redmi 9T dapat bertahan sampai 2 harian. Sementara situs Gamerbraves mengatakan jika Redmi 9T hanya berkurang 10% saat memainkan gim Wild Rift selama 40 menit. Itu artinya, daya tahan ponsel tergolong bagus.

3. Fitur Pengisian Daya Cepat dan Reverse Charging

Selain dari kapasitas baterainya yang besar, Redmi 9T  juga telah menyediakan fitur pengisian cepat 18 W. Hal yang tentunya menarik mengingat di kelas harganya, paling banter dukungan pengisian cepat sampai 15 watt.

Yang mengejutkan, dalam kotak penjualan, Redmi 9T dibekali charger yang mendukung  daya 22,5 W. Dengan charger tersebut, Redmi 9T dapat terisi dayanya sampai penuh dengan kisaran waktu hampir 3 jam. Hal ini sangat wajar mengingat kapasitas baterainya yang mencapai 6.000 mAh.

Selain itu, Redmi 9T juga dapat difungsikan sebagai bank daya untuk mengisi ponsel lain.  Tergolong menarik bukan?

4. Kamera 48 MP dan Ultrawide yang Oke

Redmi 9T

Satu hal yang membuat Redmi 9t berbeda dengan POCO M3 ada di sektor kamera belakang. POCO M3 hadir dengan tiga kamera utama yang terdiri dari  lensa utama 48 MP Quad Bayer, lensa makro 2 MP, dan tidak lupa sensor 2 MP.

Redmi 9T juga memiliki kamera tersebut plus satu kamera tambahan, yakni kamera ultrawide atau kamera ultralebar. Ketidakhadiran kamera ultralebar di POCO M3 diperbaiki di Redmi 9T.

Kamera ultrawide yang ada di Redmi 9T sendiri menawarkan resolusi 8 MP. Kualitas kamera belkang ini tergolong bagus untuk keseluruhan. Kamera belakangnya hadirkan kualitas foto yang memukau di kelasnya sekalipun pada kondisi cuaca yang menyulitkan. Hasil fotonya juga dapat memberikan ketajaman yang baik. Berikut contoh hasil tangkapan kamera Redmi 9T.

Contoh hasil tangkapan kamera Redmi 9T
*

Sementara Unbox.ph sendiri berpendapat bahwa kamera dari Redmi 9T tergolong cukup bagus. Hanya saja kadang ada sedikit masalah dengan dynamic range, terutama ketika mengamfil foto dengan cahaya latar yang kuat. Namun hal ini tergolong masih bisa dimaklumi mengingat kelas harganya yang terjangkau.


Sementara untuk bagian kamera depan, Redmi 9T hadirkan kamera selfie 8 MP. Kamera ini dapat menangkap foto dengan hasil yang  cukup bagus, dan meskipun ada noise di lingkungan yang lebih gelap, hal itu tidak membebani gambar yang dihasilkan.

5. Sudah Pakai Dual Speaker

redmi 9t
*

Kualitas suara seringkali terabaikan produsen ponsel di kelas harga terjangkau. Namun, hal berbeda ditunjukan Xiaomi lewat Redmi 9T. Betapa tidak, ponsel yang satu ini Dual Stereo Speaker yang umumnya jarang hadir pada ponsel entry level,. Bahkan, beberapa ponsel kelas menengah jarang yang hadirkan speaker stereo.

Xiaomi sendiri menjanjikan bahwa kualitas audio yang keluar dari ponsel ini dapat menghasilkan irama dan sensasi imersif yang dapat ditingkatkan saat bermain gim maupun menonton video. bahkan, Xiaomi mengklaim bahwa kualitas audio ponsel ini bersertifikasi audio Hi-Res.

7. Desain Bodi yang Menarik

Hal yang harus diakui adalah tampilan desain POCO M3 lebih menggoda dibandingkan Redmi 9T. Namun, bukan berarti Redmi 9T punya desain yang jelek. Untuk kelas harganya, desain ponsel ini tergolong bagus berkat lapisan bertekstur pada bodinya.

Lapisan bertekstur ini membuat desain Redmi 9T menjadi nyaman ketika digenggam. Pilihan warna yang tersedia juga tergolong menarik seperti Carbon Grey, Ocean Green, dan Twilight Blue. Tetapi tergolong menarik dari sisi desain tetapi tentu tidak semenearik POCO M3.

8. Konektivitas Lengkap dan Tahan Cipratan Air.

5. Redmi 9T Warna

Jangan terlalu berharap NFC pada ponsel semurah ini. Di kelas harganya, tidak ada NFC masih bisa dimaklumi. Hal tersebut bisa ditutupi dengan dukungan fitur lain seperti konektivitas infrared yang tentunya bisa bermanfaat untuk jadi remote dadakan.

Jangan lupakan juga kalau ponsel ini sudah memakai USB Tipe, Bluetooth 5.0, FM Radio, dan port audio 3,5mm jack. Selain itu, Redmi 9T dilengkapi kemampuan tahan cipratan air yang membuat ponsel ini sebenarnya sedikit lebih unggul dibandingkan ponsel lain.

Bahkan, POCO M3 sendiri tidak memiliki fitur ini.

8. Sensor Sidik Jari di Samping

Sensor sidik jari tentunya merupakan sistem sensor keamanan yang banyak dipakai. Kehadirannya di ponsel ini tentu sangat dibutuhkan. Yang menarik, sensor sidik jari di Redmi 9T bukan ada di bagian belakang bodi.

Sensor sidik jari ponsel ini ada di bagian samping ponsel. Kehadiran sensor sidik jari ini menyatu dengan tombol power yang membuat ponsel ini semakin mudah digenggam.

Kehadiran Sensor sidik jari di samping ini jadi keunggulan tersendiri lantaran biasanya sensor sidik jari di samping ada di ponsel kelas menengah. Bisa jadi kedepannya nanti, ada banyak ponsel murah yang sudah memakai sensor sidik jari di samping.

Kekurangan Redmi 9T

Bagaimanapun juga, Redmi 9T tetap punya kekurangan. Berikut ini adalah poin-poin kekurangan dari Redmi 9T.

1. Tingkat Kecerahan Layar Bukan yang Terbaik

*

Layar jadi satu hal yang penting di Redmi 9T. Pasalnya, di kelas harganya, Redmi 9T sudah menawarkan layar IPS berukuran 6,53 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel, alias Full HD Plus. Dukungan resolusi tinggi ini menarik lantaran ponsel lain di kelas harga yang sama atau lebih mahal, masih banyak yang pakai HD Plus saja.

Selain itu, layar ponsel ini sudah mendukung widevine L1 sehingga bisa digunakan menonton Netflix di kualitas tinggi.

Sampai sini tentu tidak ada masalah. Hanya saja, Redmi 9T ternyata punya kekurangan dari sisi tingkat kecerahan layar. Ponsel ini punya tingkat kecerahan maksimal hingga 395 nits dengan rasio kontrasnya melebihi 1500:1.

Namun, menurut Unbox,ph, tampilan layar ponsel ini tidak terlalu bagus saat digunakan di luar ruangan. Itu berarti tingkat kecerahan layarnya belum begitu maksimal. Selain itu, ponsel ini belum mendukung laju penyegaran atau refresh rate 90 Hz, sesuatu yang sudah dimiliki beberapa ponsel di kelas harganya.

2. Masalah di MIUI 12

miui 12

Redmi 9T memakai tampilan antarmuka MIUI 12 berbasis Android 10. MIUI 12 ini menampilkan berbagai fitur menarik dan sangat relevan untuk pengguna. Hanya saja, menurut Unbox.ph, kehadiran MIUI 12 cukup memberatkan sistem. Menurutnya, MIUI 12 membuat performa ponsel jadi sedikit kurang nendang meskipun sebenarnya bukan masalah yang terlalu besar.

Simpulan

Redmi 9T bisa dibilang adalah versi peningkatan yang lebih baik dari POCO M3. Malah, beberapa fitur peningkatannya cukup bagus meski tidak terlalu banyak. Redmi 9T hanya kalah soal desain yang sebenarnya juga tidak jelek-jelek amat.

Sisanya? Redmi 9T mampu memberikan value terbaik untuk para konsumennya. Ponsel ini bisa dibilang bakal laris di pasaran, terlebih karena harganya yang terjangkau.

Dengan berbagai keunggulan yang sudah disebutkan, Redmi 9T hanya dijual sekitar Rp1,8 jutaan untuk varian RAM 4 GB dengan storage 64 GB dan Rp2,2 jutaan untuk varian RAM 6 GB dengan storage 128 GB. Di kelas harga tersebut, Redmi 9T bakal bersaing dengan realme Narzo 20, OPPO A15, dan vivo Y20s G.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram