10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Mi 11 Lite

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Keluarga HP Mi 11 Series bertambah setelah Xiaomi Mi 11 Lite hadir. Ya, HP dengan nomor model M2101K9AG ini dipastikan masuk ke Indonesia setelah dinyatakan lolos uji TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 30,6%. Sebagai catatan, Mi 11 Lite ini adalah ponsel 4G.

Xiaomi memang meluncurkan ponsel ini dalam dua varian, 4G dan 5G. Namun, yang masuk ke Indonesia adalah versi 4G. Hal itu terlihat dari chipset Snapdragon 732G yang disematkan buat si ponsel. Chipset keluaran Agustus 2020 tersebut dibekali modem internal 4G, yaitu X15 LTE.

Kendati belum mendukung 5G, Mi 11 Lite bukanlah smartphone yang ecek-ecek. Sebab, ia mengusung desain indah yang terinspirasi dari flagship Xiaomi Mi 11. Bahkan, Anda mungkin bisa jatuh hati pada desain Mi 11 Lite yang alasannya bakal Carisinyal ungkap dalam artikel ini.

Desain hanyalah satu dari sekian kelebihan Mi 11 Lite. Baca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui seluruh kelebihan dan kekurangan si ponsel. Sebagai introduksi, silakan menyimak spesifikasi utama Mi 11 Lite sebagai berikut.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Xiaomi Mi 11 Lite

Setiap ponsel yang diciptakan sudah pasti membawa daya tarik. Daya tarik tersebut merupakan bagian dari kelebihan sebuah ponsel yang mampu menggoda konsumen. Beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan daya tarik yang dimiliki Mi 11 Lite.

1. Desain Stylish, Tipis, dan Ringan

sumber: mi.com

Sejak dunia ponsel mengenal istilah flagship atau unggulan, produsen HP berbondong-bondong menciptakan produk dengan kualitas terbaik. Seluruh bagian produk diperhatikan secara detail, tak terkecuali soal desainnya. Hanya, produk flagship tidak diciptakan buat semua orang.

Alasannya banyak, seperti harganya yang relatif tinggi, serta tidak semua kelebihan yang dimiliki ponsel flagship dibutuhkan oleh orang. Karena itu, muncullah ponsel kelas menengah yang punya harga lebih terjangkau dan membawa beberapa kelebihan dari ponsel flagship.

Dalam kasus Xiaomi Mi 11 Lite, ia membawa kelebihan desain dari saudaranya yang ada di kasta flagship, Xiaomi Mi 11. Hal ini terlihat dari penempatan lubang kamera depan yang ada di pojok kiri atas dari pandangan kita. Kemudian, bentuk modul kamera belakangnya pun sama.

Desain modul kamera yang dinamai Dazzling halo ring ini menempatkan tiga lensa plus lampu flash secara bertingkat. Pada tingkat pertama modul, lampu flash dan lensa makro ditata segaris. Modul tingkat pertama ini mempunyai kelir (warna) yang selaras dengan penutup belakangnya.

Pada tingkat kedua modul, ada lensa utama dan lensa ultrawide yang juga ditata segaris. Modul tingkat kedua ini punya bentuk oval dan berkelir hitam. Khusus untuk lensa utama, ia dilengkapi ring berwarna perak.

Xiaomi bilang, modul kamera ini hanya punya ketebalan 1,77 mm. Hal ini dapat memberi kesan bahwa Mi 11 Lite adalah ponsel yang ringkas dan tidak menciptakan ganjalan. Menurut GSM Arena, modul kamera yang tipis ini membuat si ponsel jadi lebih anteng ketimbang ponsel lain saat ditaruh di atas meja.

Kemiripan antara Mi 11 Lite dan Mi 11 berhenti pada kover belakang. Sebab, Xiaomi memilih kover belakang dengan bentuk datar, tidak melengkung. Nah, inilah alasan mengapa Mi 11 Lite juga tidak kalah menarik. Malah ponsel ini terlihat lebih stylish menurut kami.

sumber: mi.com

Kover belakang flat ini pun jadi faktor pembeda Mi 11 Lite dengan HP kelas menengah lain dalam keluarga Xiaomi. Kita tahu bahwa Redmi Note 10 Pro, POCO X3 NFC, dan POCO X3 Pro sama-sama memakai penutup belakang dengan tepi melengkung.

Menurut pengakuan Xiaomi, penutup belakang ini memakai bahan kaca antisilau untuk varian warna Bubblegum Blue dan Peach Pink. Sementara varian warna Boba Black memakai bahan smooth glass.

Varian warna yang terakhir disebut adalah yang paling menawan. Sebab, karena dipoles secara glossy, ia bisa memantulkan objek yang ada di depannya. Artinya, varian warna Boba Black bisa dipakai buat bercermin.

Bagian belakang cukup, kita lanjutkan ke bagian frame untuk melihat apa saja yang ada di situ. Frame Mi 11 Lite punya bentuk agak melengkung dan terbuat dari material plastik. Di sisi atas frame ponsel ini tidak ada apa-apa kecuali infrared blaster dan mikrofon.

Di sisi kanan ada tombol volume dan tombol power yang menyatu dengan sensor pemindai sidik jari. Di sisi bawah terdapat slot dua SIM hybrid (2 nano SIM atau 1 nano SIM + 1 microSD), port USB C, mikrofon, dan speaker utama. Di sisi kiri bersih tidak ada apa-apa.

Sisi atas terdapat layar punch-hole yang bingkainya cukup tipis (1,88 mm) di bagian kiri, kanan, dan atas. Layar ini dilapisi kaca 2,5D Gorilla Glass 5, tetapi sisi-sisinya tidak semelengkung Mi 11. Di atas layar ini terdapat earpiece yang merangkap sebagai speaker sekunder.

Sisi menarik dari desain Mi 11 Lite tidak berhenti di situ. Sebab, kata "Lite" yang tersemat pada namanya bukan cuma bermakna bahwa ponsel ini adalah varian murah dari Mi 11. Akan tetapi, kata tersebut juga merepresentasikan bahwa ponsel dengan sertifikasi tahan debu dan cipratan air (IP53) ini memang ringan.

Ya, dengan bobot yang cuma 157 gram, Mi 11 Lite menyandang status sebagai salah satu smartphone paling ringan yang muncul pada 2021. Bobot ini juga lebih enteng daripada rata-rata berat tas clutch atau yang juga dikenal sebagai small purse.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram