Cermati Baik-Baik Kelebihan dan Kekurangan realme 8 Pro!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Dua ponsel realme series terbaru diluncurkan secara resmi di Indonesia pada 7 April 2021. Adalah realme 8 Pro dan realme 8 yang ditujukan untuk mengisi segmen kelas menengah. Khusus realme 8 Pro, ponsel ini menjadi ujung tombak realme pada deretan smartphone realme series.

Kemunculan realme 8 Pro sekaligus untuk menggantikan realme 7 Pro yang diperkenalkan di pasar Indonesia pada Oktober 2020. Dilihat dari jarak peluncuran realme 8 Pro dan realme 7 Pro, Anda tentu akan menyadari bahwa realme telah mengambil pendekatan siklus pendek dalam meremajakan smartphone realme series.

Ya, jarak kelahiran kedua ponsel hanya enam bulan. Tidak seperti produsen lain yang biasanya mengumumkan model penerus tiap satu tahun sekali. Fakta tersebut bisa jadi membuat Anda penasaran tentang seberapa bagus realme 8 Pro yang dikerjakan dalam waktu singkat ini.

Rasa penasaran Anda itu akan coba Carisinyal redakan melalui artikel kelebihan dan kekurangan realme 8 Pro ini. Ulasan dalam artikel ini dapat Anda jadikan referensi untuk bisa memberi penilaian terhadap si ponsel. Sebelum beranjak ke inti pembahasan, mari simak terlebih dahulu spesifikasi singkat dari realme 8 Pro sebagai berikut:

Spesifikasi realme 8 Pro

  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inci, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 108 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan realme 8 Pro

Kekuatan dari sebuah smartphone terletak pada kelebihannya. Beberapa poin di bawah ini akan menjabarkan apa saja kelebihan realme 8 Pro ditilik dari berbagai sisi. Yuk, simak satu per satu!

1. Desain Ergonomis

Sumber: techradar.com
sumber: Future/techradar.com | Tom Bedford

realme telah membuat Anda pangling terhadap rupa dari realme 8 Pro. Khususnya jika Anda pernah memiliki atau tahu betul dengan realme 7 Pro. Pasalnya, perancang desain realme telah bekerja cukup keras untuk merombak wujud realme 8 Pro menjadi berbeda dari sang pendahulu.

Perbedaan itu baik yang tampak oleh mata maupun tidak. Kita mulai dari yang tampak dulu, yakni kover belakang, modul kamera belakang. Untuk kover belakang, bahan yang dipakai adalah polikarbonat yang dipoles bertekstur (sand-blasted) dengan proses teknologi AG-Crystal.

Menurut realme, proses ini menciptakan efek visualisasi seperti langit yang dipenuhi bintang-bintang. Karena itu, realme menamai desain ini dengan Infinite Starry Design. realme tampaknya ingin agar pengguna realme 8 Pro berani tampil beda dari yang lain dengan efek visualisasi tersebut.

Apalagi, adanya tagline "DARE TO LEAP" glossy - yang ditulis besar-besar secara vertikal - bisa jadi penegas status atas kebanggaan pengguna terhadap produk realme. Di realme 7 Pro, penutup belakang didesain kalem dengan dua finishing: berpola dan halus. Sisi yang halus jadi tempat logo "realme" di bagian bawah.

Lanjut ke soal modul kamera belakang yang susunan lensanya 2-2. Ya, berkat susunan seperti ini, modul kamera realme 8 Pro jadi mengotak. Berbeda dari realme 7 Pro yang modul kameranya memanjang.

Perbedaan desain dari sisi yang tampak selesai, saatnya membahas sisi yang tidak tampak. Yakni soal dimensi dan bobot yang hanya bisa diketahui setelah diukur. Dimensi realme 8 Pro yakni 160,6 x 73,9 x 8,1 mm dengan bobot 176 g.

Berbekal angka itu, ponsel ini punya ukuran yang menyusut di segala sisi ketimbang realme 7 Pro (162,3 x 75,4 x 9,4 mm; 196,5 g). Penyusutan ini ternyata berdampak pada peningkatan kenyamanan saat menggenggam. Terutama karena ketebalannya yang tergolong tipis dan bobotnya yang terbilang ringan.

Kenyamanan menggenggam ponsel ini pun diakui oleh Nitansh Rastogi dari 91 Mobiles dan Tom Bedford dari Tech Radar. Rastogi yakin bahwa ponsel ini akan membuat tangan nyaman ketika menentengnya lama-lama.

Sementara itu, Bedford bilang, realme 8 Pro memang bukan ponsel yang kompak. Namun, jika dibandingkan dengan para pesaingnya, ponsel ini jelas punya dimensi dan bobot yang lebih kecil, serta lebih tipis.

Uji bengkok realme 8 Pro yang dilakukan oleh Zack Nelson (Jerry Rig Everything | https://youtu.be/njJ7CwyLtOQ)

Ditambah dengan pemosisian power dan volume yang pas di sisi kanan, kata Bedford, pemakaian realme 8 Pro dengan satu tangan jadi lebih enak. Rasa nyaman yang ditimbulkan pun menjadi bukti bahwa desain realme 8 Pro memang ergonomis.

Selain berdesain ergonomis, struktur realme 8 Pro juga terbukti kuat kendati rangkanya terbuat dari plastik. Pemilik kanal YouTube Jerry Rig Everything, Zack Nelson, mencoba membengkokkannya dari arah depan dan belakang. Hasilnya, ponsel tetap kukuh dan masih menyala meski ada sedikit bengkok.

2. Tampilan

Panel keluarga OLED telah menjadi standar baru buat ponsel zaman sekarang. Itulah mengapa panel Super AMOLED dipercaya untuk memperkuat sektor tampilan dari realme 8 Pro. Berkat panel ini, secara teori layar punch-hole 6,4 inci realme 8 Pro bisa menampilkan konten dengan warna yang lebih hidup.

GSM Arena pun mengakui akan hal itu lantaran layar realme 8 Pro juga mendukung gamut warna DCI-P3 yang juga dipakai dalam standar bioskop modern. Menurut GSM Arena, akurasi warna layar Full HD+ ponsel ini terhadap standar DCI-P3 sangat oke pada setelan mode Vivid (default).

Maka tak heran bila Nitansh Rastogi mengaku sangat menikmati pengalaman yang bisa diberi ketika menonton film dengan ponsel ini. Selain punya akurasi warna yang baik, layar realme 8 Pro juga cukup terang saat dipakai di bawah terik mentari.

Kecerahan maksimumnya ada di angka 627 nit dalam mode Adaptive Brigtness, menurut pengujian GSM Arena. Angka ini agak meleset dari klaim realme yang menyebut kecerahan puncaknya 1000 nit. Sementara itu, kecerahan terendahnya 2 nit, cukup nyaman untuk dipakai di kondisi gelap.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram