Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP realme C21Y

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Maret 2021, smartphone kelas entri realme C21 meluncur. Ponsel murah meriah tersebut mengandalkan sertifikasi keandalan tinggi TUV Rheinland dan baterai besar sebagai nilai jual utamanya. Tak lama berselang, tepatnya pada Juni 2021, realme kembali memunculkan HP untuk mengisi segmen serupa.

Adalah realme C21Y yang nongol pertama kali di Vietnam. HP ini punya bentuk dan penampilan yang sama dengan realme C21. Bahkan spesifikasinya pun mirip-mirip. Lantas, apa sih yang menjadi daya tarik HP ini?

Pertanyaan itu bakal terjawab dalam artikel ini karena Carisinyal bakal menguraikan kelebihan yang dipunyai realme C21Y. Tak hanya itu, kamu juga akan menyertakan poin-poin yang mungkin saja bisa dinilai sebagai kekurangan dari ponsel ini.

Oleh sebab itu, nikmatilah dengan santai sajian kami kali ini. Kami berharap ulasan kelebihan realme C21Y ini bisa menjadi salah satu rujukan. Sebagai pembuka, silakan simak spesifikasi singkat si ponsel seperti di bawah ini.

Spesifikasi realme C21Y

Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme C21Y

Produsen semestinya sudah berupaya sedemikian rupa agar ponsel yang dijualnya mampu bersaing di kelas harga tertentu. Hal-hal yang membuat si ponsel bisa bersaing adalah kelebihannya. Nah, beberapa poin di bawah ini termasuk dalam kelebihan realme C21Y.

1. Ketahanan Tinggi dengan Sertifikasi TUV Rheinland

Sumber: realme.com

Singkat saja, bentuk dan bahasa desain yang dipunyai realme C21Y memang setali tiga uang dengan realme C21. Begitu juga dengan dua pilihan warnanya: Cross Black dan Cross Blue. realme menamai desain kedua ponsel dengan istilah Geometric Art Design.

Penutup belakang polikarbonat realme C21Y menampilkan dua segitiga yang saling berhadapan, dengan polesan anti-sidik jari. Walau bentuk dan desainnya sama, realme C21Y ternyata punya ukuran yang sedikit berbeda ketimbang realme C21.

Dimensinya terukur 164,5 x 76 x 9,1 mm dengan berat 200 g. Sedangkan realme C21 punya dimensi 165,2 x 76,4 x 8,9 mm dengan massa 190 g. Namun demikian, nilai jual utama bukan terletak di situ melainkan soal adanya sertifikasi keandalan dari firma inspeksi TUV Rheinland.

Setiap produk realme memang sudah lolos uji quality control oleh tim internal perusahaan. Meski begitu, pihak ketiga perlu ikut menguji supaya konsumen yakin bahwa produk yang dibelinya memang awet.

TUV Rheinland dan realme menjamin bahwa realme C21Y awet dipakai setidaknya untuk 3 tahun. Hasil itu didapat setelah si ponsel melewati 6 skenario uji ketahanan komponen, 10 skenario uji penggunaan harian, dan 7 skenario uji pemakaian di kondisi ekstrem.

2. Layar Lebar

Sumber: realme.com

Ukuran layar di atas 6 inci sudah menjadi standar ponsel masa kini. Seperti realme C21Y yang punya layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Ukuran ini tidak kecil, tapi juga tidak terlalu besar.

Sebagian orang mungkin akan merasa lega, terutama buat mereka yang lebih senang menonton film lewat ponsel. Kegiatan belajar dari rumah juga optimal dilakukan dengan HP berlayar 6,5 inci. Orang tua pun akan senang dengan lebar layar tersebut karena tulisan yang ada di HP bisa ditampilkan besar-besar.

Jenis panel IPS LCD yang dipakai realme C21Y memang wajar buat HP kelas entri. Meski begitu, beberapa orang mungkin akan lebih suka dengan karakter warnanya yang lebih alami. Tidak mencolok sebagaimana keluarga OLED.

Adapun level kecerahan khas layar realme C21Y ditaksir mencapai 400 nit. Level kecerahan ini masih bisa mengakomodasi penggunaan di luar ruangan. Meskipun begitu, Anda perlu sedikit usaha untuk melihat dengan jelas konten yang ditampilkan layar.

3. Chipset Oke

Sumber: unisoc.com

HP terbaru dari realme ini memakai chipset Unisoc T610. Chipset yang dibikin dengan fabrikasi 12 nm ini punya konfigurasi delapan inti. Jumlah inti dan proses fabrikasi chipset ini memang sama dengan MediaTek Helio G35 yang dipakai realme C21Y.

Namun, Unisoc T610 sudah memakai arsitektur yang lebih modern. Yakni 2 core Cortex A75 dan 6 core Cortex A55. Delapan inti Helio G35 masih memakai Cortex A53. realme C21Y pun berpotensi memiliki performa yang sedikit lebih tinggi, meskipun clock speed puncaknya hanya 1,8 GHz.

Kanal YouTube Infofull memperlihatkan bahwa HP ini punya skor AnTuTu 9: 163.604. Skor ini memang tidak mencerminkan seberapa tangguh performa realme C21Y di kondisi nyata. Namun, pengujian gaming yang dilakukan oleh beberapa kanal YouTube bisa menjadi gambaran.

Misalnya, Ictfix.net membuktikan bahwa realme C21Y mampu memainkan gim Call of Duty Mobile pada setelan grafik: medium, dengan frame rate: high. Gambar yang dihasilkan ada di kisaran 30-40-an fps. Sementara itu, kanal YouTube Ronald Facun mendemonstrasikan HP ini bisa menjalankan gim Mobile Legends pada setelan grafik tertinggi: ultra.

Adapun untuk pemakaian sehari-hari, realme C21Y sanggup memberi pengalaman pakai yang gegas, Dari pengujian cepat yang dilakukan Infofull, HP ini terlihat punya respon yang tangkas ketika dipakai untuk buka-tutup aplikasi.

4. Kamera Lumayan

Sumber: realme.com

Ada sejumlah lingkaran yang mengisi empat sudut di dalam modul hitam kamera belakang realme C21Y. Lingkaran-lingkaran itu adalah tiga lensa kamera belakang dan satu lampu flash. Lensa utama punya resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2.

Sementara dua lensa yang lain, makro dan kedalaman, sama-sama memiliki resolusi 2 MP dan bukaan f/2.4. Balik ke depan ada kamera selfie 5 MP dengan aperture f/2.2. Masalah perekaman, baik kamera belakang dan depan bisa menghasilkan video 1080p di 30 fps.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram