carisinyal web banner retina

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 27 September 2021

realme 8i sudah di depan mata. Ini jadi kabar yang cukup menggembirakan. Pasalnya, tambahan huruf "i" di namanya memang menandakan kalau HP tersebut adalah varian dengan spesifikasi yang lebih sederhana dan harga lebih bersahabat.

Tapi uniknya, justru ada beberapa hal yang membuat realme 8i terlihat lebih layak dibeli ketimbang versi regulernya realme 8, lho! Sebut saja penggunaan chipset anyar yang sedikit lebih gahar, serta hadirnya opsi laju penyegaran tinggi pada layar.

Lantas, apakah realme 8i akan jadi alternatif yang dapat mengalahkan realme 8 secara keseluruhan? Simak artikel perbedaan realme 8 dan realme 8i berikut ini agar tahu jawabannya.

Spesifikasi realme 8

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 1
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme 8i

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 3
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.699.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme 8 dan realme 8i

Apakah realme 8i dengan harganya yang lebih murah mampu menarik minat para penggemar smartphone? Simak perbedaannya dengan realme 8 berikut ini.

1. Super AMOLED vs IPS LCD

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 5

Entah mengapa, realme 8 hanya menyediakan opsi refresh rate 60 Hz saja. Tidak seperti para pesaingnya yang sudah berbondong-bondong bawakan mode 90 Hz atau bahkan 120 Hz. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh penggunaan panel Super AMOLED yang superior ketimbang IPS LCD, yang mampu tampilkan kualitas layar lebih terang dan cerah.

Ia pun hadir dengan tingkat kecerahan puncak di angka 1000 nit, jauh lebih tinggi dibandingkan realme 8i dengan angka 600 nit saja. Maklum, realme 8i kan mengusung panel IPS LCD. Tapi untungnya, realme membekalinya dengan refresh rate 120 Hz, lho!

Untuk diketahui, keduanya pun punya sedikit perbedaan di ukuran layar. realme 8 mengemas layar 6.4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel, dan sudah mendukung teknologi Always On Display. Sedangkan pada realme 8i, ukuran layar meningkat jadi 6.6 inci pada resolusi 1080 x 2412 piksel.

Kedua ponsel juga sama-sama mengusung desain layar punch hole sehingga memiliki layar yang terlihat lebar berkat bezelnya yang tipis. realme 8 sendiri mengklaim bahwa rasio layarnya mencapai 90,8 persen. Di sisi lain, realme 8i dianggap mampu menampilkan kualitas warna yang akurat berkat gamut 100% DCI-P3.

2. Helio G95 vs Helio G96

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 7

Soal performa, realme 8i punya keunggulan karena menyuguhkan chipset MediaTek Helio G96 yang dirilis pada kuartal ketiga tahun 2021. Di atas kertas, ini adalah chipset yang lebih baik ketimbang MediaTek Helio G95 yang mengotaki realme 8. Namun, seberapa jauhkan perbedaan performa keduanya?

Jika kita lihat dari spesifikasinya, kedua chipset ini rupanya punya arsitektur delapan inti yang sama. Baik Helio G95 maupun G96 memiliki fabrikasi 12 nm dengan dua inti ARM Cortex A76 berkekuatan 2.05 GHz dan enam inti ARM Cortex A55 dengan clock speed 2.0 GHz.

Namun, kedua chipset ini mengandalkan kartu pengolah grafis (GPU) yang berbeda. Seperti Helio G95 contohnya, yang andalkan Mali G76 MC4 dengan frekuensi 850 MHz. Berbeda dengan Helio G96 yang dibekali pengolah grafis Mali G57 MC2 berfrekuensi 900 MHz.

Hal yang cukup menarik, Helio G96 rupanya hadir dengan GPU yang punya frekuensi lebih rendah dibanding Helio G95. Namun Helio G96 sudah mendukung resolusi kamera maksimal hingga 108 MP dan juga mendukung refresh rate 120 Hz. Tampaknya alasan realme 8i dibubuhi G96 dan bukan G95 adalah untuk dapat mengusung opsi refresh rate tinggi tersebut.

Menurut nanoreview.net, Helio G96 meraih skor sebanyak 346.649 poin pada pengujian AnTuTu 9, lebih tinggi ketimbang Helio G95 dengan skor 336.760 poin. Perbedaan yang sangat tipis, bukan?

Pada pengujian Geekbench 5, perbedaan ini malahan semakin tipis lagi. Helio G95 hadir dengan skor single core lebih tinggi yakni 523, sedangkan Helio G96 hanya 509 poin. Berbeda dengan pengujian multi-core, Helio G96 mendapatkan skor 1657 poin sementara Helio G95 meraih angka 1608.

Intinya kalau dari segi kinerja ril, realme 8 dan 8i sama-sama unggul dalam memainkan game-game keluaran terkini, seperti Mobile Legends, Pokemon Unite, atau game seberat Genshin Impact.

3. Quad vs. Triple Camera

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 9

realme 8i memang hadir dengan chipset yang mendukung resolusi lensa 108 MP, tapi nyatanya ia hanya dibekali kamera utama dengan resolusi 50 MP saja. Hal ini tentu karena harganya yang lebih murah dibanding realme 8 dengan lensa 64 MP. Sehingga jika Anda mencari HP yang kinerja fotografinya lebih unggul, pilih saja realme 8.

Tidak hanya resolusi kamera utama yang berbeda, keduanya juga hadir dengan jumlah kamera belakang yang berbeda. realme 8 yang mendukung konfigurasi Quad Camera dengan kamera utama 64 MP dengan bukaan f/1.8 berukuran sensor 1/1.73 inci.

Sementara, ketiga lensa lainnya merupakan sensor ultrawide berkekuatan 8 MP (FOV 119 derajat), sensor 2 MP makro f/2.4 dan sensor 2 MP kedalaman f/2.4. realme 8 juga bisa Anda jadikan sarana penghasil konten video yang layak karena adanya dukungan resolusi [email protected] dan gyro-EIS.

Sedangkan pada realme 8i, ia hanya hadir dengan Triple Camera yang punya lensa utama 50 MP f/1.8 dengan ukuran sensor 1/1.31 inci. Sedangkan untuk dua lensa pendampingnya, merupakan sensor 2 MP f/2.4 yang mengusung fungsi makro dan kedalaman. realme 8i juga memiliki kekurangan, di mana ia hanya mentok merekam video hingga resolusi 1080p saja pada frame rate 30 FPS.

Sementara pada lensa selfie-nya, kedua ponsel tetap sama hadirkan sensor 16 MP. Bedanya hanya terletak pada bukaannya saja. realme 8 dengan f/2.5 dan realme 8i dengan f/2.1.

4. Lokasi Sensor Pemindai Sidik Jari

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 11

Ada sebuah kelebihan tersendiri yang dimiliki realme 8 dengan layarnya yang Super AMOLED. Yakni, ia mampu disematkan sensor sidik jari di dalam layar atau yang biasa disebut under-display fingerprint. Ini tentu jadi sebuah hal yang jadi keuntungan, karena sensor di dalam layar terbilang cukup jarang dimiliki pada segmen HP murah.

Maka dari itu, Anda akan merasakan fitur yang terasa premium saat gunakan realme 8 berkat sidik jarinya yang terkesan eksklusif. Beda halnya dengan realme 8i yang harus rela bersanding dengan ponsel-ponsel kebanyakan pada umumnya. Pasalnya, layarnya yang gunakan panel IPS LCD tidak mampu hadirkan underdisplay fingerprint.

Untungnya saja, ia meletakkan sensor tersebut di sisi samping bodi menyatu dengan tombol power. Ini adalah letak sensor yang lebih disukai konsumen ketimbang di belakang. Soalnya, sensor di punggung akan membuat tampilan bodi jadi kurang kece.

Sensor sidik jari keduanya diketahui berjalan dengan baik dan cepat dari segi kinerja. Tidak hanya hadirkan sensor sidik jari, keduanya juga menawarkan sensor biometrik berupa pengenali wajah.

5. Fast Charging 30W vs 18W

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 13

Baik realme 8 dan realme 8i sama-sama hadir dengan baterai yang berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh. Keduanya pun punya fitur perangkat lunak yang berguna untuk menghemat baterai saat besaran dayanya tinggal sedikit.

Dari sisi hardware, keduanya hadir dengan chipset yang punya proses manufaktur 12 nm. Sehingga, perbedaan chipset keduanya tampaknya tidak akan berpengaruh dalam ketahanan baterai.

Namun mengingat realme 8 punya layar Super AMOLED, semestinya ia lebih hemat baterai. Itu pun secara teori, ya. Apalagi mengingat realme 8i bisa beroperasi pada opsi refresh rate hingga 120 Hz yang dapat menguras baterai dalam jumlah lebih besar.

Perbedaan antara kedua HP ini terletak pada fitur pengisian dayanya. realme 8 jelas lebih unggul dengan Fast Charging 30 W yang diklaim dapat mengisikan baterai perangkat hingga 100 persen dalam waktu 65 menit.

Sedangkan pada realme 8i, durasi hingga mencapai 100 persen tentunya lebih lama karena hanya andalkan Fast Charging 18W. Akan dibutuhkan waktu sekitar sejam hingga dua jam untuk diisi dari nol hingga penuh.

6. Desain Bodi

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 15

Siapapun yang selalu memerhatikan seri realme terbaru, pasti tahu kalau desain bodi memukau adalah ciri khas dari perusahaan smartphone asal Negara Tirai Bambu ini. realme 8 dan realme 8i sama-sama terbuat dari bahan material plastik polikarbonat, dengan dimensi dan bobot yang berbeda.

realme 8 yang memang ukuran layarnya lebih kecil memiliki dimensi yang tidak begitu panjang. Ia berada pada ukuran panjang 160.6 mm dan lebar 73.9 mm. Sementara, tingkat ketebalan ponsel pun terbilang tipis di angka 8 mm.

Perangkat tersebut juga punya bobot yang sangat ringan, yakni hanya 177 gram saja. Ini jelas lebih ringan dibandingkan realme 8i dengan bobot 194 gram. Selain itu, realme 8i juga lebih bongsor dengan dimensi 164.1 mm x 75.5 mm x 8.5 mm.

Kedua ponsel ini juga punya tema desain bodi belakang yang unik. Anda akan melihat realme 8 dengan modul kamera berwarna hitam, menampilkan sebuah bilah panjang di tepian kanan yang mengandung tuilsan motto "Dare to Leap".

realme 8i memiliki bodi yang cenderung lebih minimalis, namun ia mampu tampilkan kilauan-kilauan cahaya yang menari-nari saat ponsel dilihat dari sisi-sisi yang berbeda. Tidak lupa, keduanya juga menampilkan tulisan "realme" secara vertikal di pojok kiri bawah sebagai salah satu trademark dari brand tersebut.

realme 8 hadir dengan varian warna Cyber Silver dan Cyber Black. Sedangkan, realme 8i memiliki varian warna sedikit berbeda yakni Black dan Purple.

7. Ketersediaan NFC

Ini Dia 7 Perbedaan Smartphone realme 8 dan realme 8i! 17

Kini, NFC bukanlah fitur yang hanya dihadirkan pada HP mahal saja. Bahkan di rentang harga 3 jutaan pun, realme 8 sudah dibekali dengan NFC atau Near Field Communication yang dapat digunakan sebagai sarana transfer data ataupun transaksi digital.

NFC tersebut juga berfungsi untuk menyalin kredensial kartu apartemen atau kantor, sehingga Anda bisa membuka akses kunci pintu tanpa gunakan kartu. Kehadiran NFC pada seri realme angka bukanlah yang pertama, sebelumnya juga sudah hadir pada realme 7.

Sayangnya, NFC belum tersedia pada realme 8i. Mungkin ke depannya kita akan mulai melihat lebih banyak lagi HP 2 jutaan seperti realme 8i yang sudah hadirkan NFC. Untuk sementara ini, jika Anda memang butuh fitur NFC pada HP, pilih saja realme 8, ya. Oh ya, kunjungi juga artikel HP termurah yang sudah hadirkan NFC.

Simpulan

Kini, Anda sudah tahu apa yang membedakan realme 8 sebagai HP di rentang harga 3 jutaan dan realme 8i di rentang 2 jutaan. realme 8 sendiri sudah tersedia di Indonesia sejak peluncurannya pada Juli 2021 di harga Rp3.599.000,- sedangkan realme 8i dibanderol dengan harga 17.899 rupee atau setara dengan Rp2,7 jutaan.

Dengan harga yang lebih murah rupanya realme 8i dihadirkan dengan chipset yang sedikit lebih gahar, juga dengan opsi refresh rate 120 Hz yang tidak dimiliki realme 8. Akan tetapi, realme 8i tidak memiliki fitur NFC dan pengisian daya cepatnya pun hanya 18W.

realme 8i juga tidak memiliki tampilan layar yang secerah realme 8 mengingat panelnya hanya IPS LCD alih-alih Super AMOLED. Ya, semua ponsel memang ada pro dan kontranya tersendiri. Jadi, mana di antara keduanya yang menarik perhatian Anda?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram