carisinyal web banner retina

Yuk, Simak 7 Perbedaan realme 7i dan realme 8i!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Ada sebagian orang yang berpendapat, more option is always better. Kendati telah hadir realme 7 dan realme 8 series, namun tidak ada salahnya jika khalayak disuguhkan opsi varian lain yang mungkin punya fitur dan harga yang lebih ngena.

Dari situlah muncul realme 7i dan realme 8i sebagai pelengkap, hadir dengan spesifikasi yang lebih disederhanakan namun tetap bawakan berbagai keunggulan di kelasnya.

Berpegang pada sifat teknologi yang selalu meningkat seiring berjalannya waktu, maka realme 8i diasumsikan lebih bagus ketimbang realme 7i. Namun benarkah demikian?

Apakah pepatah "new is always better" berlaku kali ini? Atau justru realme 7i malah membawakan fitur tak terduga yang tidak bisa disaingi oleh "sang adik"? Simak poin-poin kelebihan realme 7i dan realme 8i berikut ini.

Spesifikasi realme 7i

realme 7i
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme 8i

realme 8i
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme 7i dan realme 8i

Daripada kebingungan pilih yang mana, nih Carisinyal beberkan poin-poin perbedaan yang setidaknya wajib Anda ketahui sebelum membeli.

1. Ukuran Layar dan Laju Penyegaran

layar realme 8iSumber: realme

Urusan layar, kedua HP ini cukup jomplang, lho. realme 7i memiliki ukuran layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel. Masih tergolong kurang layak dalam hal ketajaman layar, karena masih terlihat blurry ketimbang realme 8i yang menawarkan resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel).

Di luar resolusinya, realme 8i pun membawakan ukuran layar lebih besar yakni 6,6 inci. Memang bukan perbedaan yang signifikan, hanya beda 0,1 inci dengan realme 7i. Lebih lanjut lagi, realme 8i dan realme 7i juga menyediakan layar dengan aspek rasio 20:9.

Untuk dapat menampilkan ketajaman layar yang optimal, layar realme 8i memiliki kerapatan piksel 400 ppi. Jauh lebih tajam dibandingkan realme 7i dengan kerapatan 270 ppi. Bukan hanya itu saja, realme 7i pun hanya mengusung refresh rate 90 Hz yang 50% lebih mulus dibanding 60 Hz konvensional. Berbeda dengan realme 8i yang punya laju penyegaran 120 Hz.

Sebagai catatan, hadirnya refresh rate tinggi berfungsi untuk memperhalus gerakan transisi layar, contohnya saat melakukan navigasi di YouTube dan Instagram, ataupun saat bermain game.

Pun dengan touch sampling rate-nya, keduanya punya angka yang berbeda, yakni 120 Hz untuk realme 7i dan 180 Hz untuk realme 8i. Pastinya, realme 8i akan memberikan responsivitas sentuhan layar yang lebih cepat dibanding realme 7i.

Overall, realme 8i memang memenangkan sisi layar melawan realme 7i dari semua sisi. Dari segi resolusi layar, ukuran, kerapatan piksel, bahkan hingga laju penyegaran, realme 8i akan memberikan kenyamanan visual yang berlebih.

2. Snapdragon 662 vs Helio G96

helio g96Sumber: realme

Sebagai ponsel yang ditujukan untuk segala kebutuhan, realme 7i dan realme 8i tentunya dipersenjatai dengan chipset yang menunjang. realme 7i dibekali dengan SoC (System-on-Chip) dari kubu Qualcomm, sedangkan realme 8i mengandalkan dapur pacu yang berasal dari MediaTek.

Snapdragon 662 yang mengotaki realme 7i hadir sebagai SoC kelas menengah pada kuartal pertama tahun 2020. Dia dibuat pada proses fabrikasi 11 nanometer dengan TDP (Thermal Design Power) sebesar 9 W.

Mengusung kombinasi delapan inti, Snapdragon 662 terdiri dari empat inti berperforma tinggi Kryo 260 berbasiskan Cortex A73 (2 GHz) dan empat inti Kryo 260 Silver berbasiskan Cortex A52 (1.8 GHz). Sebagai kartu pengolah grafisnya, tersedia Adreno 610 berkekuatan 600 MHz yang menawarkan execution unit 2 buah serta shading unit sebanyak 96 buah.

Apakah Snapdragon 662 pada realme 7i ini bisa mengalahkan kinerja Helio G96 yang ditenagai realme 8i? Mari kita simak dulu spesifikasi dasar dari SoC MediaTek tersebut.

Helio G96 sebenarnya merupakan versi overclock dari Helio G95. Helio G96 sendiri juga berada di kelas menengah, seperti Snapdragon 662, namun merupakan chipset yang lebih terkini karena baru dirilis pada akhir kuartal kedua tahun 2021.

Kendati dinilai lebih unggul dari Helio G95, nyatanya Helio G96 tidak banyak memberikan peningkatan performa yang signifikan dari segi kinerja. Helio G96 dibekali dengan delapan inti yang tersusun atas dua unit performa Cortex A76 berkekuatan 2.05 GHz dan enam unit hemat daya Cortex A55 pada clock speed 2 GHz.

Lebih lanjut, Helio G96 dibuat pada proses fabrikasi 12 nanometer dan turut membawakan GPU berupa Mali G67 MC2, dengan clock speed lebih tinggi dibanding Adreno 610 (850 MHz vs. 600 MHz).

Kedua chipset sama-sama mendukung tipe memori RAM LPDDR4x, namun Helio G96 mendukung frekuensi RAM lebih tinggi yakni 2133 MHz dibanding Snadpragon 662 dengan frekuensi 1866 MHz.

Di antara kedua SoC, jelas Helio G96 pada realme 8i adalah pemenangnya. Menghadirkan skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 341.651 poin, adalah tanda bahwa ia lebih mampu berikan pengalaman gaming menyenangkan dibanding Snapdragon 662 dengan skor 205.517 saja.

3. 64 MP Quad Camera vs 50 MP Triple Camera

realme 7i quad camera

Pada bagian belakang realme 8i, tersemat konfigurasi Triple Camera yang terdiri atas lensa utama 50 MP (f/1.8) pada ukuran sensor 1/2.76 inci, serta dua kamera pendamping 2 MP yang masing-masing memiliki fungsi makro dan kedalaman.

Tidak disangka, rupanya realme 7i lebih unggul dari sektor kamera karena menyuguhkan konfigurasi Quad Camera dengan sensor utama lebih tinggi yaitu 64 MP. Sensor utama tersebut membawakan diafragma f/1.8 dengan ukuran sensor yang lebih baik pula yaitu 1/1.73 inci.

Adapun lensa keduanya merupakan sensor ultrawide berkekuatan 8 MP (f/2.3) yang mampu menangkap sudut keluasan lebih tinggi di angka 119 derajat, serta dibekali sensor berukuran 1/4.0 inci. Nah, barulah pada sisa kedua lensanya, punya konfigurasi yang sama dengan realme 8i yakni 2 MP (f/2.3) makro dan 2 MP (f/2.4) depth.

Jika Anda mengutamakan sisi fotografi, realme 7i akan lebih berguna karena memungkinkan pengguna untuk memuat lebih banyak orang pada satu frame saat lakukan foto grup. Ini berkat lensa ultrawide yang dihadirkannya. Ya, realme 8i memang tidak sebaik "kakak"-nya dalam urusan pemotretan, tapi resolusi lensa utama 50 MP tetap layak diacungi jempol mengingat harganya yang lebih murah.

4. Harga Rilis

harga realme 8i

Baiklah, sebelumnya disebutkan realme 8i punya harga lebih murah dibandingkan realme 7i. Memang sejauh apa sih selisihnya? Mulai dari harga realme 7i dulu, ya. Ponsel yang keluar pada Q4 2020 ini memang punya banderol harga Rp3.199.000,- untuk varian RAM 8 GB + 128 GB. Beberapa bulan setelah rilis, harga realme 7i justru mengalami penurunan di bawah Rp3 jutaan. Cukup murah, bukan?

Eits, tunggu dulu. Nyatanya ia tidak lebih murah dari realme 8i yang dilepas dengan harga Rp2.399.000,- untuk varian terkecil yakni RAM 4 GB + 64 GB. Sementara untuk yang varian RAM 6 GB + 128 GB, realme 8i dibanderol seharga Rp2.899.000,-.

Wah, terbayang 'kan seberapa worth it realme 8i dibandingkan realme 7i? Dengan harga lebih murah, Anda bisa dapatkan fitur 120 Hz Smooth Display serta dapur pacu Helio G96 yang lebih berkinerja.

5. Lokasi Pemindai Sidik jari

realme 8iSumber: realme

Jika dilihat secara sekilas siapa pun akan menebak perbedaan yang cukup kentara ini yakni lokasi fingerprint scanner. Pada mulanya, sensor pemindai yang terletak di belakang cukup modern untuk ponsel yang pakai panel IPS LCD. Seiring berkembangnya teknologi, sensor pemindai pun diletakkan di samping, terbenam di tombol daya seperti realme 8i.

Alhasil, tidak ditemukan indentation atau ceruk pada bodi belakang realme 8i. Cukup berbeda dengan realme 7i yang masih pede menampilkan sensor sidik jari di belakang, terlepas hal itu bisa berpengaruh "buruk" pada tampilan bodi belakang keseluruhan. Ini karena adanya ceruk di bodi membuatnya lebih sulit membaur dengan casing.

6. Dimensi Bodi

realme 7i desain bodi

Mengingat dua-duanya ditopang oleh baterai berkapasitas 5000 mAh, kami cukup heran mengapa realme 7i memiliki bobot lebih ringan dibandingkan realme 8i. Kemudian kami teringat, realme 7i 'kan memang punya layar lebih kecil 0,1 inci dibanding realme 8i.

Adalah 188 gram, bobot yang dimiliki realme 7i sehingga membuatnya jadi salah satu ponsel dengan kenyamanan pengguna ternyaman di kelas harganya, berbeda dengan realme 8i yang seberat 194 gram. Tampaknya pengguna akan lebih sering merasa capek saat menggenggam HP tersebut, terlebih pada durasi yang panjang.

Di sisi lain, keduanya ternyata punya dimensi panjang dan lebar yang sama yaitu 164,1 x 75,5 mm. Yang berbeda adalah ketebalan bodinya, dengan realme 7i yang lebih tebal di angka 8,9 mm dibanding realme 8i dengan ketebalan 8,5 mm.

7. Desain Bodi

desain realme 8iSumber: realme

Salah satu tren smartphone yang paling dinamis adalah bagian tampilan desain belakang. realme 8i yang memang tidak menampilkan ceruk sensor sidik jari terlihat lebih bersih, dengan modul kamera berbentuk persegi berformat 2 x 2.

realme 8i sendiri hadir dengan finishing yang membuatnya terlihat begitu "halus". Cukup beda dengan realme 7i yang masih pakai modul kamera persegi panjang dengan format 1 x 3, mengusung tema desain Stylish Mirror Design yang konon terinspirasi dari Kutub Utara (Polar Blue), serta dari indahnya kilauan cahaya aurora (Aurora Green).

Terdapat sebuah garis diagonal sebagai pemisah antar dua tone yang melintasi bulatan sensor sidik jari. Baik realme 8i dan 7i juga sama-sama hadirkan tulisan logo realme di kiri bawah.

Secara tren, realme 8i mungkin terbilang lebih "masuk", ya, tampak memperlihatkan desain yang lebih modern, terutama jika melihat dari modul kameranya yang membuatnya mirip seperti ponsel-ponsel flagship. Sedangkan untuk garis geometris pada realme 7i, membuatnya terlihat biasa-biasa saja karena filosofi desain HP ini sudah sering diterapkan pada ponsel realme lainnya.

Namun tetap saja, urusan desain tidak akan jauh dari perihal selera masing-masing. Mungkin Anda justru lebih suka realme 7i dengan desain yang tampak lebih "tegas" dibanding realme 8i yang terlihat agak lebih flashy dengan pilihan warna Space black dan Space Purple. To each their own, intinya.

Simpulan

Setelah melihat perbedaan realme 8i dan realme 7i di atas, kini Anda perlu memilih: lebih penting mana antara layar dan kamera? Karena, realme 8i memang memfokuskan pada sisi layar. Malah ponsel ini termasuk salah satu ponsel 2 jutaan pertama yang hadirkan laju penyegaran 120 Hz di resolusi layar 1080p.

Sedangkan untuk realme 7i, ia jelas punya sisi fotografi lebih kuat karena dibekali dengan lensa ultrawide yang begitu penting di zaman sekarang. Belum lagi, resolusi kamera utama beserta ukuran sensornya pun memang lebih mantap.

Lalu di luar kedua sektor tadi, ada juga masalah dapur pacu dan harga yang mesti dipertimbangkan. Dalam hal ini, realme 8i hadir dengan rasio price to performance lebih baik. Walau lebih murah, tapi justru tawarkan Helio G96 yang gahar ketimbang realme 7i dengan performa Snapdragon 662 yang tergolong biasa saja.

Jika ingin dikotakkan, safe to say bahwa realme 8i lebih cocok untuk hal-hal yang berkaitan dengan multimedia seperti aktivitas menonton dan bermain game, sedangkan realme 7i lebih cocok untuk Anda yang lebih adventurous dan ingin senantiasa mengabadikan momen. So, which one are you?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram