carisinyal web banner retina

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 50i Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 19 November 2021

Penjualan secara online adalah strategi yang diambil realme demi menekan biaya produksi (termasuk iklan) semaksimal mungkin. Dengan begitu, mereka bisa menciptakan HP yang mumpuni dan harga jualnya cukup terjangkau. Strategi ini mereka terapkan untuk seri narzo yang hadir sejak 2020.

Maka tidak heran bila banyak HP seri realme narzo yang dijual pada level harga satu jutaan. Contohnya adalah yang satu ini, realme narzo 50i. HP satu jutaan ini dirilis secara resmi di Indonesia pada November 2021.

HP ini bukan penerus dari ponsel narzo mana pun, karena penamaan dengan akhiran "i" pada seri ini belum pernah terjadi. Namun, jika ditilik lebih lanjut, narzo 50i adalah versi lite atau irit dari realme narzo 50A. Nah, pertanyaannya, apa saja yang bisa ditawarkan oleh si ponsel? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel ini.

Spesifikasi realme narzo 50i

realme narzo 50i
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Unisoc 9863
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme narzo 50i

Tanpa mengeluarkan uang dalam jumlah besar, Anda tetap bisa memperoleh smartphone berkualitas semacam realme narzo 50i. Beberapa poin di bawah ini bakal menjelaskan sisi menarik si ponsel yang membuatnya tampak berkualitas.

1. Desain Segar

realme narzo 50i

Desainer realme ternyata mampu membikin kreasi baru untuk mendandani penampilan realme narzo 50i. Hal ini tidak terjadi ketika Anda membeli seri realme C, sebab desainnya antara model satu dengan model yang lain mirip-mirip. Bagian depan HP ini memang masih pakai gaya ala tetesan air.

Namun, penampilan belakangnya benar-benar segar. Di situ Anda akan melihat penutup belakang dengan dua polesan berbeda. Sepertiga bagian atasnya polos saja, sedangkan dua pertiga bagian bawahnya memiliki garis-garis diagonal bertekstur.

Kedua polesan bersifat matte, tidak menimbulkan kilau ketika terkena paparan cahaya dan mampu meminimalkan noda sidik jari. Hal menarik selanjutnya ada di modul kamera belakangnya.

Bentuk modul yang seperti narzo 50i ini juga belum pernah dipakai di HP realme mana pun. Sama seperti penutup belakangnya, modul kamera ini juga punya kelir dualtone. Bagian atas modul punya warna hitam pekat, sedangkan bagian bawahnya punya warna yang selaras dengan penutup belakang.

Gaya modul kamera yang seperti ini membuat narzo 50i jadi istimewa, walaupun kamera belakang yang disematkan hanya berjumlah satu. Ada satu lagi yang tak boleh ketinggalan, yakni lubang speaker di bagian bawah penutup belakang si ponsel.

Penempatan speaker di posisi tersebut memang tidak lazim, sebab banyak produsen yang sekarang menaruh speaker pada rangka bagian bawah. Beberapa orang mungkin akan mengeluh karena lubang speaker di penutup belakang bakal menghambat pengeluaran suara ketika HP ditaruh di meja atau permukaan datar lainnya.

Untungnya, realme memperhatikan secara detail masalah tersebut. Mereka menyiasatinya dengan memberi tonjolan kecil di dekat lubang speaker narzo 50i. Tonjolan tersebut menciptakan ruang antara penutup belakang dengan permukaan meja, sehingga suara bisa keluar lebih maksimal.

Menurut Krida Patty, pemilik kanal YouTube TeknoLoGue, kualitas bodi realme narzo 50i masuk dalam kategori bagus. Sebab, menurutnya, bodi narzo 50i mampu memberikan kesan yang solid dan kokoh saat digenggam.

Adapun realme narzo 50i memiliki dimensi 165,2 x 76,4 x 8,9 dengan bobot 195 gram. HP yang diklaim tahan cipratan air ini dijual dengan dua varian warna: Mint Green dan Carbon Black. Dua-duanya menarik buat kami karena karakter warnanya kalem.

2. Tampilan

realme narzo 50i

realme narzo 50i punya layar 6,5 inci untuk mengisi sektor tampilannya. Layar tersebut menggunakan jenis panel IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Hasil bagi resolusi dengan bentang layar menciptakan angka kerapatan piksel 270 ppi.

Angka kerapatan piksel tersebut memang lebih rendah ketimbang HP dengan resolusi Full HD+. Namun, menurut kanal YouTube TeknoLoGue, layar HD+ narzo 50i tidak terlihat burik. Detailnya pun masih oke.

Masih menurut kanal YouTube TeknoLoGue, layar realme narzo 50i cukup responsif dan sudah dapat mengenali sentuhan hingga 10 jari sekaligus. Pemakaian di luar ruangan masih memungkinkan, asalkan tidak di tengah terik pada siang hari. Maklum, tingkat kecerahan layar HP ini baru mencapai 400 nit.

3. Performa

Unisoc SC9863A

realme memang tidak menjelaskan secara spesifik SoC (System on a Chip) apa yang dipakai oleh narzo 50i. Mereka hanya menyebut bahwa SoC yang dipakai punya prosesor octacore dengan frekuensi hingga 1,6 GHz. SoC tersebut juga memiliki GPU IMG 8322 dari PowerVR.

Setelah kami telusuri, SoC yang dipakai HP ini ternyata adalah Unisoc SC9863A yang dirilis pada 2018. SoC ini mengandung empat inti Cortex A55 1,6 Ghz dan empat inti Cortex A55 1,2 GHz. Unisoc SC9863A dibikin dengan proses fabrikasi 28 nm.

Benar bahwa SoC ini jadul. Namun, seperti apa performa yang dihasilkan ketika dikawinkan dengan RAM 4 GB dan sistem operasi Android 11 berlapis realme UI Go Edition yang ringan? Berdasarkan pengalaman pakai kanal YouTube TeknoLoGue, pemakaian harian HP ini sudah cukup enak.

Tidak ada kendala ketika HP dipakai untuk membuka banyak aplikasi dalam satu waktu (multitasking). realme narzo 50i juga masih oke saat digunakan untuk main gim, asalkan bukan gim yang berat. Dengan setelan grafis yang disesuaikan, HP ini masih cukup lancar menjalankan gim seperti Mobile Legends dan Free Fire.

4. Kamera Lumayan

Kamera realme narzo 50i

Sebagaimana yang sedikit dijelaskan pada poin desain, narzo 50i menggunakan kamera belakang tunggal. Kamera tersebut punya resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera ini dilengkapi satu lampu flash dan bisa merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Sementara itu di sisi depan ada kamera selfie 5 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera ini tidak dilengkapi lampu flash dan bisa merekam video sampai resolusi 720p (HD) pada 30 fps. Kami pribadi lebih suka HP dengan konfigurasi kamera yang sederhana tapi fungsional seperti narzo 50i ini.

Lantas seperti apa kualitas jepretannya? Menurut kami, foto yang dihasilkan lumayan bagus. Detailnya oke dan warnanya hidup. Hasil foto yang seperti itu berlaku untuk kamera depan maupun belakang.

Hanya saja, karena belum ada mode malam pada HP ini, foto-foto di kondisi low light terlihat gelap. Adapun kualitas videonya cukup oke. Kamera belakangnya bisa mengunci fokus dengan cukup cepat, warnanya juga lumayan pada siang hari. Namun, video cenderung goyang karena belum ada sistem penstabil.

Berikut contoh foto jepretan realme narzo 50i yang diambil dari kanal YouTube Gayafone Channel:

5. Baterai Awet

baterai realme narzo 50i

realme narzo 50i dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 5000 mAh. Secara teori, baterai ini punya daya tahan yang baik. Apalagi SoC yang dipakai si ponsel tidak terlalu kencang, dan resolusi layarnya hanya HD+.

Menurut klaim realme, narzo 50i mampu tembus pemakaian selama 23 jam saat memutar video di YouTube. Kalau dipakai untuk berkirim pesan di aplikasi WhatsApp, durasinya bisa mencapai 20 jam. Sementara itu, waktu pakai 43 jam diperoleh dalam skenario menelepon.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan kanal YouTube TeknoLoGue, narzo 50i mampu digunakan sehari penuh untuk pemakaian yang wajar. Dalam pengujian lain, memainkan gim PUBG Mobile selama satu jam hanya membuat baterainya berkurang 12%.

6. Sensor dan Slot SIM

memori eksternal realme narzo 50i

Tiga sensor esensial di HP ini ada, meliputi akselerometer, proksimitas, dan kompas. Sensor cahaya pun ada. Alhasil, fitur autobrightness di HP ini bisa bekerja dengan efektif. Yang menarik adalah sensor giroskop fisik sudah hadir.

Sensor ini membuat Anda yang sering memainkan gim pertarungan seperti PUBG Mobile, hanya tinggal mengayunkan HP untuk mengarahkan bidikan tembakan. Sementara itu, realme narzo 50i punya slot dua nano SIM plus satu microSD.

Ya, HP ini punya konfigurasi triple slot. Karena itu, jika memori internal 64 GB di HP ini terasa kurang, Anda bisa mengekspansi ruang simpan melalui slot microSD khusus. Kartu microSD paling besar yang bisa ditampung adalah yang berukuran 256 GB.

7. Uji Pengendalian Mutu

realme narzo 50i

realme tak mau produknya punya mutu yang rendah kendati harga jualnya murah. Sebagai bukti, mereka menerapkan uji kendali mutu (quality control) yang tinggi pada realme narzo 50i. Uji ini dilakukan demi memastikan produk yang dihasilkan benar-benar andal, sehingga punya daya tahan yang bagus dan bisa dipakai untuk jangka panjang.

Jenis pengujian yang dilakukan realme di antaranya: uji tombol daya, uji tombol volume, uji colok jack audio 3,5 mm, dan uji stabilisasi port pengecasan. Masing-masing pengujian dilakukan ribuan kali. Misalnya, untuk melakukan uji tombol daya, penguji harus memencet tombol daya hingga 200 ribu kali.

Kekurangan realme narzo 50i

Benar bahwa tidak ada smartphone yang sempurna. Namun, ketidaksempurnaan adalah persepsi yang relatif. Artinya, ada orang yang bisa menoleransi, ada juga yang tidak. Berikut ini adalah beberapa catatan yang mungkin saja masuk dalam kategori kekurangan dari realme narzo 50i.

1. Belum USB C, Pengecasan Lama

realme narzo 50i

Satu hal yang disayangkan dari desain realme narzo 50i adalah port USB yang dipakainya masih microUSB, belum USB C. Entah apa alasannya realme masih menggunakan port jenis ini. Padahal sudah banyak HP di kelas harga satu jutaan yang memakai port USB C.

Kemungkinan besar mengapa realme masing menyematkan port microUSB adalah demi menekan harga jual. Memakai port microUSB berati pengguna harus hati-hati saat akan mengecas HP ini. Pasalnya, mereka tak bisa sembarangan mengecas. Kerusakan port jelas akan terjadi jika pengguna mencolokannnya ke kabel dengan posisi terbalik.

Nah, selain mesti hati-hati, pengguna juga mesti sabar dalam menunggu proses pengisian beterai narzo 50i. Benar saja, daya maksimal yang bisa diterima si ponsel hanya 10 W, selaras dengan charger-nya yang 5 Volt 2 Ampere.

Mengecas selama 30 menit hanya akan membuat kapasitasnya bertambah 20%, menurut kanal YouTube TeknoLoGue. Sejam pengecasan, baterai terisi 42%. Pengisian sampai penuh butuh waktu sekitar 2,5 jam. Karena cukup lama, alangkah baiknya jika Anda mengecas HP ini saat menjelang tidur. Adapun HP ini mendukung fitur pengisian balik.

2. Penguncian Lokasi Kurang Akurat

Unisoc SC9863A

Sebetulnya ada cukup banyak sistem navigasi yang didukung realme narzo 50i. Mulai dari GPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan BDS. Kendati demikian, ada sedikit masalah yang dihadapi oleh si ponsel ketika diminta untuk menentukan titik koordinat.

Ya, menurut kanal YouTube TeknoLoGue, GPS (sistem navigasi) realme narzo 50i kurang akurat. Artinya, penguncian lokasi yang dilakukan si ponsel sedikit meleset. Kanal TeknoLoGue menduga, masalah ini disebabkan karena SoC Unisoc SC9863A. Ponsel lain dengan SoC yang sama juga mengalami masalah tersebut.

3. Belum Ada Pemindai Sidik Jari

 realme narzo 50i

Sensor-sensor yang dikandung realme narzo 50i memang cukup lengkap. Giroskop yang tak disangka-sangka ada justru dihadirkan. Sayangnya, masih ada satu sensor yang absen, yakni sensor pemindai sidik jari.

Sensor ini sebetulnya cukup krusial untuk fitur keamanan smartphone. Pasalnya, orang tak bisa selalu mengandalkan fitur pemindai wajah, khususnya ketika sedang memakai masker. Sementara itu, fitur keamanan lain seperti pola sandi jelas kalah efektif.

Simpulan

realme narzo 50i jelas bukan HP yang sembarangan untuk level harga satu jutaan, tepatnya Rp1.599.000. Desain HP ini keren, bahkan bisa diadu dengan HP dua jutaan. Tidak hanya itu, pemakaian sehari-hari HP ini juga sip berkat kualitas layar, performa, dan daya tahan baterai yang baik.

Kamera yang biasanya hanya sekadar pelengkap pun ternyata bisa diandalkan di HP ini. Anda bisa mengabadikan momen penting saat hang out bersama keluarga atau teman. realme juga menjamin narzo 50i bisa dipakai untuk jangka waktu panjang karena sudah melewati rangkaian uji pengendalian mutu yang baik.

Kendati demikian, saat benar-benar menjatuhkan pilihan pada HP ini, Anda mesti berdamai dengan catatan-catatan tertentu. Misalnya, soal port USB yang belum USB C, penguncian lokasi yang kurang akurat, dan belum ada fitur pemindai sidik jari.

Lantas siapa sih yang cocok menggunakan ponsel ini? Yang jelas adalah mereka yang memerlukan HP tangguh untuk fungsi-fungsi esensial. Pelajar, admin online shop, hingga orang tua yang baru beralih ke smartphone, cocok memakai narzo 50i.

Kalau menurut Anda, bagaimana mengenai HP ini? Apakah Anda adalah seseorang yang cocok menggunakannya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram