carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Mari Ungkap Perbedaan dari HP realme 7 dan realme 8

Mari Ungkap Perbedaan dari HP realme 7 dan realme 8

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 15 April 2021

Keberhasilan realme 7 di industri perponselan, mendorong perusahaan ponsel pintar asal Tiongkok, realme untuk menciptakan produk anyar yang dinamai realme 8. Bila disandingkan kedua generasi ini memiliki kemiripan dalam hal tampilan yang mengusung konsep Punch Hole, di kiri atas layarnya menjadi tempat bermukimnya kamera depan.

Kekompakan kedua ponsel ini juga terlihat dalam sistem kamera utama yang berkonfigurasi 64 MP dengan bukaan f/1.8 untuk lensa utama, 8 MP beraperture f/2.3 pada lensa ultrawide, dan sejodoh 2 MP yang berdiafragma f/2.4 terpasang di lensa kedalaman juga makro. Sementara, untuk kemampuan merekam dibekali resolusi [email protected], [email protected]/60/120fps, dan gyro-EIS.

Adapun kesamaan lain antara realme 7 dan realme 8 pada bidang subsidi baterai, keduanya disuntikan daya 5.000 mAh yang disokong oleh teknologi pengisian cepat 30W. Teknologi fast charging tersebut menjanjikan baterai terisi secara penuh hanya kurun waktu 65 menit dan memuat 50% daya dalam rentang 26 menit. Untuk mengenal lebih dekat kamu bisa kaji spesifikasi keduanya berikut ini:

Spesifikasi realme 7

  • Layar: IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali G76 MC4
  • RAM: 4 GB, 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB | UFS 2.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi realme 8

  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 4 GB, 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB | UFS 2.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Tidak dapat dilepas, Li-Po 5000 mAh

Perbedaan realme 7 dan realme 8

Gimana, canggih bukan spesifikasi kedua perangkat dari realme ini? Lalu, apakah ada perbedaan antara realme 7 dengan realme 8? Pastinya ada, mulai dari bodi, layar, sistem operasi, dan masih banyak lagi. Nah, untuk itu Carisinyal akan mengajak kamu untuk menyibak perbedaan dari kedua ponsel ini. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

1. Keunikan dalam Tampilan Bodi

Realme-8 Bodi

Bagi sebagian orang aspek bodi mungkin jarang diperhatikan saat membandingkan dua buah ponsel. Namun, bagi kamu yang jeli menyandingkan dua perangkat di segi bodi akan memberikan keuntungan. Kita jadi tahu perangkat mana yang lebih berat dan ringan, tahan goresan atau tidak, dan mengenal material apa yang melapisi tubuh perangkat.

Kompakan punya slot Dual SIM, untuk urusan badan kedua ponsel realme ini sangat jomplang. Pada realme 7 pengguna akan mengangkat beban hingga 196.5 gram dengan dimensi 162.3 x 75.4 x 9.4 mm. Sementara, realme 8 dilahirkan dengan bobot yang jauh lebih ringan yakni 177 gram dengan dimensi 160.6 x 73.9 x 8 mm.

Tidak hanya itu untuk urusan material tubuh, realme 7 dilapisi pelindung Gorilla Glass 3 pada area depan yang mampu mencegah dari goresan hingga 35%. Lalu, untuk kawasan bingkai dan belakang diracik dari bahan plastik. Sementara, bagian depan realme 8 diramu dari kaca tanpa embel pelindung dan untuk area cangkang serta pinggirnya terbuat dari plastik.

2. Petarungan Sengit pada Layar

Realme-8-Display

Terdapat beberapa poin di segi layar kedua ponsel ini saling salip. Seperti ukuran layar yang dipasangkan pada realme 7 ternyata masih lebih besar dari realme 8. Dengan rasio layar-ke-bodi 83,4%, realme 7 memiliki ukuran 6,5 inci yang terbilang luas dan bisa lebih leluasa saat mengeksplorasi layar. Sementara itu, realme 8 dibentuk dengan ukuran 6,4 inci yang rasio layar-ke-bodi mencapai 83,3%.

Kedua perangkat garapan realme ini pula menerapkan teknologi panel yang berbeda. Pengguna realme 7 akan disuguhkan dengan tampilan layar berteknologi IPS LCD yang menjanjikan punya sudut pandang baik dan jelas. Didukung oleh laju penyegaran 90Hz dan tingkat kecerahan tipikal yang mencapai 480 nits, sehingga perangkat masih bisa dipantau meski terkena pantulan sinar matahari.

Di lain sisi, ada realme 8 yang mengalami pergantian tipe panel menjadi Super AMOLED. Teknologi panel yang dipasangkan tersebut mampu memberikan kontras warna yang lebih baik dan tingkat presisi layar sentuh lebih mumpuni dibandingkan tipe panel di bawahnya. Layarnya juga menggendong tingkat kecerahan maksimal hingga 1000 nits, pastinya mampu menghalau silau.

Selaras memiliki resolusi layar 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9, kedua model ini dianugerahi kerapatan piksel yang jumlahnya berbeda. Dalam hal ini realme 8 lebih unggul dengan angka yang diperoleh yakni 411 ppi, sedangkan realme 7 mentok dengan kepadatan piksel mencapai 405 ppi. Perangkat yang mendapatkan nilai lebih tinggi maka kualitas gambarnya akan semakin tajam.

Bila realme 7 punya tameng dari Corning Gorilla Glass 3 yang mampu menahan goresan lebih dalam, maka realme 8 diramaikan oleh fitur Always-on Display (AoD) yang membuat layar dapat menyala terus dengan menampilkan beberapa informasi mulai dari jam, notifikasi, hingga pemakaian baterai.

3. Adanya Celah di Sistem Operasi dan Sistem Antarmuka

2. Android 10 vs Android 11

Tampaknya realme masih betah untuk memasangkan prosesornya yang sama pada realme 8. Bukan tanpa alasan kedua ponsel ini diotaki oleh MediaTek Helio G95 berproseskan 12 nanometer terbuat dari CPU Octa-core dua buah Cortex-A76 melaju hingga 2.05 GHz dan enam buah Cortex-A55 yang memiliki clock speed 2.0 GHz.

Dalam menunjang tampilan visual yang optimal kedua ponsel ini mengusung GPU Mali-G76 MC4. Diperkuat dengan kehadiran teknologi penyimpanan yang kencang yakni UFS 2.1, meski kedua ponsel ini mempunyai konfigurasi memori berbeda dalam beberapa kombinasi. Pada realme 7 terdiri dari 6/64 GB dan 8/128, sementara realme 8 tersedia dalam 4/128 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB.

Pada sistem operasi rupanya realme 7 berseberangan dengan realme 8. Sistem operasi yang dijalankan oleh realme 8 telah mengalami peningkatan menjadi Android 11, menyuguhkan fitur menarik mulai dari emoji baru, tema gelap, screenshoot panjang, dan masih banyak lagi. Sedangkan, realme 7 harus terhenti di sistem operasi Android 10 dengan salah satu fitur uniknya adalah Live Caption.

Begitupun dengan sistem antarmuka kedua perangkat ini yang juga berbeda. Pada realme 7 mengandalkan realme UI yang salah satu fitur favoritnya ialah Dual Mode Music Share, mampu menyambungkan earphone Bluetooth dan earphone kabel secara serentak, menjalankan dan mendengarkan lagu dengan memakai realme yang sama.

Sementara, realme 8 memasangkan sistem antarmuka terbaru yaitu realme UI 2.0. Sistem interface ini menawarkan beragam fitur segar dan menarik seperti Dark Mode Galore yang memberikan tiga pilihan gaya mode gelap sesuai kenyamanan mata, Deep Sea Privacy mampu mencegah aplikasi lain mengakses informasi pribadi, dan masih banyak yang lain.

4. Gap Konfigurasi Kamera Selfie

Kendati konfigurasi kamera utama kedua ponsel ini seragam, tetapi tidak dengan kamera selfie-nya. Pada kamera utama realme 7 dibenamkan resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.1, 1/3.1", 1.0µm yang format sensornya mencapai 26mm. Dilengkapi dengan fitur panorama yang mampu menangkap foto lanskap sapuan.


Sementara, pengaturan kamera depan milik realme 8 memikul lensa beresolusi 16 MP yang diafragmanya f/2.5, 1/3.0", 1.0µm, didukung oleh fitur panorama dan satu fitur tambahan yaitu HDR. Dengan fitur HDR, memungkinkan pengguna mendapatkan gambar yang lebih terang dengan warna lebih rinci dan begitupun dengan latar belakang langit yang tambah detil.

Kedua ponsel pintar menyokong keahlian yang sama dalam hal merekam menggunakan kamera depan. Baik realme 7 maupun realme 8 mempersembahkan kualitas gambar dengan jumlah piksel 1080 dan jumlah bingkai setiap detiknya 30/120fps. Akan tetapi, pada realme 8 mendapatkan tambahan teknologi gyro-EIS, yang membuat proses perekaman menjadi stabil atau seimbang.

5. Diferensi Minor Lainnya

Sidik jari

Perbedaan kedua perangkat realme ini ternyata terlihat pada kategori konektivitas, warna, dan tawaran harga. Pada aspek konektivitas ada fitur Bluetooth yang rupanya berbeda versi, realme 7 mengandalkan Bluetooth versi 5.0 yang laju transfernya tidak melebihi 2 Mbps. Sedangkan, realme 8 berbangga hati dengan Bluetooth versi 5.1 yang kecepatan komunikasinya bisa lebih cepat dari 2 Mbps.

Bagi kamu yang sedang mencari ponsel berteknologi NFC, sepertinya kamu tidak bisa menemukan fitur ini pada realme 8. Akan tetapi, kamu bisa mencicipi fitur yang lagi tren di kalangan ponsel menengah ini di realme 7. Dengan begitu pengguna realme 7 dapat melakukan transaksi digital, mengirimkan data, membuka aplikasi dengan otomatis, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Sensor sidik jari bisa pengguna realme 7 gunakan di samping dekat tombol volume, bisa dikatakan penempatan di sisi bingkai sangat memudahkan pengguna dan masih jarang digunakan oleh kebanyakan ponsel. Sedangkan, untuk realme 8 telah memasangkan pemindai sidik jarinya di bawah layar dan sekaligus secara optik, penyematannya juga terbilang gampang diakses.

Kedua perangkat ini sama-sama menyediakan dua pilihan warna. Dua warna yang ditawarkan realme 7 adalah Mist Blue dan Mist White, yang membuat tampilannya tampak kontemporer. Sedangkan, realme 8 tersedia dalam balutan warna Cyber Silver dan Cyber Black yang menciptakan nuansa kekinian dan elegan.

Pada aspek harga pastinya realme 7 dan realme 8 memberikan patokan harga berbeda. Bagi yang berminat membungkus realme 7, maka setidaknya harus menyerahkan pundi-pundi hartanya sebesar Rp3,69 juta per perangkatnya. Lalu, realme 8 melayangkan harga di pasaran sekitar Rp3,3 juta hingga Rp3,8 juta untuk satu unitnya.

Simpulan

Dari pemaparan di atas dapat diambil kesimpulan kalau realme 7 ulung dalam bidang bodi yang tahan goresan, layar yang luas, pengaturan diafragma kamera depan lebih bokeh, dan kepemilikan fitur NFC. Sedangkan, realme 8 unggul pada aspek bodi yang lebih ringan, teknologi layar lebih baik, sistem operasi terkini, fitur kamera depan lebih bagus, dan teknologi bluetooth lebih kencang.

Itulah tadi perbedaan dari realme 7 dengan realme 8. Menurutmu mana yang paling canggih? Coba jelaskan alasannya di kolom komentar. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan yang baru, terlebih bagi kamu yang masih bimbang memilih realme 7 atau realme 8. Ingin mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan gadget? Pantau terus Carisinyal, yah!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram