carisinyal web banner retina

Simak 6 Perbedaan realme C21Y dan realme C25Y

Kabar gembira bagi fans realme yang sedang menunggu produk murah meriah dengan kualitas mumpuni. Pasalnya, telah hadir realme C25Y di bulan November 2021, membawakan sejumlah kebaikan untuk calon konsumen dengan budget minim.

realme C25Y cukup membawakan kontras yang kentara dengan realme C21Y yang sebelumnya hadir pada Juli 2021. Sama-sama anggota realme C series di tahun 2021, apa saja perbedaan di antara keduanya? Berikut Carisinyal tuturkan poin-poin perbedaan realme C21Y dengan realme C25Y yang wajib Anda ketahui sebelum membeli.

Spesifikasi realme C21Y

realme-c21y
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Unisoc T610
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme C25Y

realme C25y
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC T610
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme C21Y dan realme C25Y

realme C series memang umumnya punya beberapa kesamaan, seperti harganya yang murah dan menawarkan value for money untuk penggunaan sehari-hari. Lantas, apakah realme C21Y dan realme C25Y punya perbedaan yang worth it untuk diketahui? Simak poin-poin berikut.

1. Resolusi Kamera

realme-c25y-kamera_

Bagi Anda pengguna realme C21Y dan sungguh kecewa dengan kameranya, ada kabar baik. Pasalnya, realme C25Y mendapatkan peningkatan drastis dari segi resolusi lensa utama, dari yang semula hanya 13 MP kini menjadi 50 MP. Nyaris empat kali lipatnya!

Dengan resolusi kamera yang lebih tinggi, Anda pun dapat menghasilkan detail foto yang lebih baik pula. Meskipun resolusi megapiksel bukanlah satu-satunya patokan yang memengaruhi kualitas kamera, namun tetap saja lebih banyak opsi terbuka bagi Anda yang gunakan realme C25Y.

Hasil jepretan yang memiliki output 50 MP bisa di-zoom dan di-crop dengan kualitas ketajaman yang baik, alias tidak akan terlihat choppy yang terjadi karena piksel individualnya terlihat. Beda dengan ponsel yang punya kamera sederhana seperti realme C21Y, detail dan kadar noise tidak akan sebaik saudaranya.

Secara spesifikasi, realme C25Y ini dihadirkan dengan kamera wide-angle 50 MP (f/1.8) dengan focal length 26 mm serta mencakup fitur PDAF (Phase Detection Auto Focus). Lalu untuk kedua lensa pendampingnya, tersedia kamera 2 MP yang masing-masing fungsinya adalah sensor makro dan lensa depth.

Sedangkan untuk realme C21Y, HP pendahulu ini menyediakan lensa 13 MP (f/2.2) wide-angle dengan sensor berukuran 1/3.06 inci dan memiliki ukurna piksel 1.12µm. Tidak berbeda untuk lensa pendampingnya, masih sama seperti realme C25Y yakni dua lensa 2 MP (f/2.4) pada fungsi makro dan depth.

Perbedaan juga terletak pada resolusi kamera depan, di mana realme C25Y mengemas kamera 8 MP (f/2.0) berukuran sensor 1/4.0 inci sedangkan realme C21Y punya lensa depan 5 MP (f/2.2) dengan sensor berukuran 1/5.0 inci.

Kendati punya resolusi kamera depan lebih kecil, namun realme C21Y lebih unggul dari segi perekaman video selfie yang mendukung hingga 1080p, berbeda dengan realme C25Y yang hanya mendukung 720p saja.

2. Desain Bodi

realme-c25y-desain-bodi_

Meski keduanya masih sama-sama menghadirkan sensor pemindai sidik jari di belakang, namun realme C21Y dan C25Y mengusung tema desain yang berbeda. Pada realme C21Y, Anda akan menemukan bentuk bangun geometris yang membuatnya tampak seperti potongan berlian.

Sementara pada realme C25Y, desain yang dimilikinya merupakan corak garis-garis vertikal yang membuatnya tampak lebih sederhana. Belum lagi, modul kameranya punya warna yang selaras dengan varian warna bodi sehingga penampakan masing-masing lensa sungguh kentara. Mungkin akan sedikit mengganggu orang yang punya tripofobia akut.

Di sisi lain, modul kamera dan desain overall pada realme C21Y justru membuatnya jadi terlihat lebih mewah dan berkelas, dengan masing-masing lensanya yang tersamarkan karena warna modul berwarna hitam.

realme C25Y tersedia dalam warna Glacier Blue dan Metal Gray, sedangkan realme C21Y hadir dengan opsi warna Cross Black dan Cross Blue. Desain bodi mana yang paling membuat Anda tertarik?

3. Ketersediaan Fast Charging

realme-c25y-baterai_

Tampaknya kapasitas baterai 5000 mAh adalah standar HP yang dirilis pada tahun 2021, tidak terkecuali realme C21Y dan C25Y. Namun, kendati dua-duanya hadirkan baterai yang sama besar, hanya realme C25Y yang dibekali dengan fast charging 18 W.

Ini setidaknya membuat perangkat bisa dicas hingga penuh dalam waktu yang lebih cepat. Jika Anda pakai realme C21Y, tampaknya perlu rela menghabiskan waktu banyak untuk sekadar mengisi daya.

Kemampuan fast charging 18W disinyalir dapat mengisi baterai hingga penuh dalam waktu sekitar dua jam. Sedangkan untuk realme C21Y yang gunakan daya 10W, tampaknya butuh lebih dari dua jam.

Keduanya juga sama-sama menggunakan port microUSB 2.0 yang terbilang jadul. Mungkin masih bisa diwajarkan pada realme C21Y yang harganya lebih murah, namun tidak untuk realme C25Y di harga 2 jutaan.

4. Harga Rilis

realme c21y varian warna

Rupanya walau keduanya sama-sama HP budget, realme C21Y dan realme C25Y berada di rentang harga berbeda, lho. realme C25Y dibanderol dengan harga rilis Rp2.099.000,- pada November 2021. Sedangkan, realme C21Y ternyata lebih murah yakni mulai dari Rp1.599.000,-. Diketahui, realme C21Y telah tersedia di pasar smartphone Tanah Air sejak akhir Juli 2021.

5. Varian RAM dan Memori Internal

realme c21y

Ketersediaan RAM dan memori internal adalah hal cukup penting bagi sebuah smartphone. Pasalnya, mereka ini aspek-aspek yang akan memengaruhi seberapa banyak jumlah aplikasi yang bisa diinstal, dan seberapa baik ponsel menunjang pembukaan banyak aplikasi tanpa terjadi forced close.

Dalam hal ini realme C25Y keluar sebagai juara karena menghadirkan kombinasi RAM 4 GB + 64 GB yang juga dapat diperluas melalui memori eksternal di slot khusus (hingga 256 GB). Sementara itu, realme C21Y yang memang dihargai lebih murah punya varian RAM 3 GB + 32 GB untuk yang terendahnya.

Ada pula varian realme C21Y yang hadir dengan RAM 4 GB + 64 GB namun dengan harga yang sedikit lebih mahal lagi yakni Rp1.799.000,-. Sama seperti saudaranya, HP generasi pendahulu ini turut sediakan 3-card slot yang memungkinkan penggunaan dua kartu SIM dan microSD sekaligus, tanpa harus gantian.

6. Sistem Operasi saat Rilis

realme UI R edition

Mengingat keduanya dirilis di waktu yang berbeda, wajar saja jika realme C21Y dan C25Y dirilis dengan versi sistem operasi yang berbeda. Saat pertama kali masuk ke Indonesia, realme C21Y masih mengusung sistem operasi Android 10 dengan antarmuka realme UI R Edition.

Sementara itu, realme C25Y yang hadir pada November 2021 telah dibekali dengan Android 11. Walau berbeda, dipastikan realme C21Y juga akan mendapatkan update OTA ke Android 11, sehingga perbedaan ini tidak perlu menjadi faktor penentu.

Sekadar informasi, realme UI R Edition yang digunakan kedua ponsel ini akan memberikan pengalaman penggunaan yang mirip seperti stock Android. Oleh karena itu realme C25Y dan realme C21Y akan lebih terasa minim bloatware, memberikan kebebasan pada pengguna untuk lebih banyak menginstal aplikasi secara mandiri ketimbang aplikasi bawaan.

Simpulan

Baik realme C25Y maupun realme C21Y sama-sama menunjukkan taringnya dengan caranya masing-masing. Siapa pun tidak akan mengelak jika realm C25Y adalah pilihan yang lebih kentara jika kita melihat dari sisi kemampuan fotografi.

Namun bagi Anda yang terlalu picky soal tampilan, tentunya realme C21Y adalah opsi yang lebih tepat dengan desain geometrisnya yang begitu apik dan menawan. Pokoknya, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Secara fitur dan spesifikasi, realme C25Y tampaknya akan lebih cocok jika Anda mencari ponsel murah namun dengan kualitas yang tidak standar-standar banget.

Sedangkan realme C21Y lebih pas untuk Anda yang tidak begitu mempermasalahkan absennya fast charging ataupun kamera mewah. Asal performanya sudah cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, tidak masalah. Yang penting murah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram