carisinyal web banner retina

Wajib Tahu, Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan realme C25Y!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 7 Desember 2021

realme tergolong salah satu brand yang tidak pernah lelah menelurkan produk-produk berkualitas, kendati dengan harganya yang terjangkau. Salah satu seri realme yang ditujukan untuk kelas entry-level adalah realme C series.

Dari waktu ke waktu, realme C series senantiasa kedatangan produk baru demi menjawab permintaan pasar yang dinamis, seperti realme C25Y yang hadir ke pasar Indonesia pada November 2021.

Mau tahu apa saja seluk-beluk realme C25Y yang merupakan ponsel 2 jutaan ini? Yuk, ketahui harga, spesifikasi, kelebihan, serta kekurangannya sebagai berikut!

Spesifikasi realme C25Y

realme C25y
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC T610
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme C25Y

Jangan remehkan realme C25Y hanya karena banderol harganya yang murah. Yuk, kenali HP ini lebih dekat dengan membaca poin-poin kelebihan di bawah ini!

1. Kinerja Unisoc Tiger T618 yang Handal di Kelasnya

UNISOC T618

realme C25Y diotaki dengan dapur pacu Unisoc, tidak lagi MediaTek ataupun Qualcomm yang lebih umum ditemui pada rival-rivalnya. Tapi jangan salah, yang digunakan adalah Unisoc Tiger T618 yang kinerjanya tidak kalah unggul dengan perusahaan chipset yang lebih terkenal.

Unisoc Tiger T618 hadir dengan proses fabrikasi 12nm FinFET, disusun atas konfigurasi delapan inti yang mencakup dua unit berkinerja kencang Cortex-A75 (2 GHz) serta enam unit hemat daya berupa Cortex-A55 (1.8 GHz).

Kedelapan prosesor ini turut ditemani oleh kartu pengolah grafis (GPU) berupa ARM Mali-G52 MP2 yang berlari pada frekuensi 850 MHz.

Menurut pengujian dari lctfix, realme C25Y bahkan masih kuat dalam menjalankan Genshin Impact dengan frame rate yang cukup stabil, kendati masih gunakan grafis Lowest - 30 FPS. Saat pengaturannya dicoba ke 60 FPS, sistem menunjukkan informasi muatan performa yang overclocked. Terlebih saat diubah ke pengaturan Highest.

Sementara itu, chipset Unisoc T618 ini juga mendapatkan skor benchmark AnTuTu v9 yang cukup besar di angka 251 ribuan, sekitar 30% lebih baik dibanding MediaTek Helio G70 dengan skor 192 ribuan. Begitulah yang dituturkan pada laman nanoreview.

Keunggulan Unisoc T618 ini bahkan mengalahkan Qualcomm Snapdragon 665 yang hanya meraih skor 195 ribuan pada pengujian benchmark AnTuTu v9. Jadi, terbukti sudah bahwa tingginya kinerja Unisoc T618 bukan sekadar isapan jempol belaka.

2. Hadir dengan RAM dan Memori Internal Besar + Slot Terpisah

realme c25y memori

Mau menginstal banyak aplikasi tanpa perlu worry? Gunakan saja realme C25Y yang menghadirkan kapasitas memori internal dan RAM yang lega. Dengan begitu, tidak perlu lagi hapus-hapusan aplikasi saat hendak menginstal aplikasi lain yang lebih penting.

DIketahui, realme C25Y tersedia pada satu kombinasi saja yakni RAM 4 GB + 64 GB. Ponsel ini mengemas jenis LPDDR4x Dual Channel untuk RAM-nya serta memori internal berjenis eMMC 5.1.

Memang, kapasitas ini bukanlah yang terbaik di kelas harga 2 jutaan (beberapa pesaingnya sudah hadirkan hingga 256 GB). Namun mengingat harganya yang hanya Rp2,1 jutaan, kami pribadi cukup mewajarkan.

Oh ya, kapasitas memori realme C25Y juga bisa diperluas lagi dengan menyelipkan microSD hingga kapasitas 256 GB pada slot terpisah yang disediakan, sehingga tidak mengganggu slot kartu SIM 2 sama sekali.

3. Kemampuan Triple Camera 50 MP dengan Hasil Oke

realme c25y kamera

Ini dia peningkatan drastis yang realme sembahkan pada seri C25Y. Dibilang drastis, karena sebelumnya realme C21Y hanya dibekali lensa utama berkekuatan 13 MP saja. Jauh lebih kecil ketimbang realme C25Y yang gunakan lensa utama 50 MP.

Lebih lanjut lagi, ponsel ini mengusung konfigurasi Triple camera yang tersusun atas lensa utama 50 MP (f/1.8) dengan focal length 26 mm dan fitur PDAF, lensa 2 MP (f/2.4) pada fungsi makro, serta sensor kedalaman 2 MP (f/2.4).

Sekadar informasi, kamera makro berfungsi untuk mengambil gambar close up pada subjek beukuran kecil seperti serangga dan tanaman. Sedangkan, kamera kedalaman (depth sensor) berguna untuk memberikan penekanan visual pada subjek utama dengan cara menjadikan latar belakang ngeblur atau hilang fokus.

4. Antarmuka realme UI R Edition yang "Bersih"

realme c25y antarmuka

realme C25Y hadir dengan sistem operasi Android 11 yang memiliki antarmuka realme UI R Edition. Bedanya dengan realme UI biasa, kini pengguna akan merasakan pengalaman seperti stock Android pada realme UI R Edition ini.

Hal ini karena realme C25Y hanya dibekali dengan memori internal 64 GB yang mungkin terasa kurang lega jika didasarkan dengan standar tahun 2021.

Oleh karena itu, realme UI R Edition ini hanya menawarkan sedikit bloatware saja dibandingkan realme UI reguler, demi memberi ruang lebih pada penyimpanan internal agar bisa diisi dengan aplikasi pilihan pengguna.

5. Baterai 5000 mAh yang Super Awet

realme c25y baterai

realme C25Y ditopang dengan baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh, tidak berbeda dengan realme C21Y. Kapasitas ini tergolong begitu besar, dan mampu memberikan pengalaman lebih panjang baik saat melakukan produktivitas maupun sekadar bermain game atau scrolling feed di Instagram.

HP ini diklaim perusahaan dapat bertahan selama 48 jam pada mode siaga. Sedangkan jika Anda melakukan beragam aktivitas mulai dari fotografi, straming, dan bermain game, realme C25Y bisa bertahan hingga seharian penuh.

Adapun kemampuan fast charging-nya bekerja pada daya 18W. Ini bukanlah daya tercepat yang bisa ditemukan pada ponsel 2 jutaan, namun tetap saja merupakan peningkatan yang layak diapresiasi mengingat realme C21Y tidak dibekali kemampuan pengisian daya cepat sama sekali. Dengan daya 18W, realme C25Y diperkirakan bisa dicas sampai penuh dalam waktu sekitar 2 jam.

6. Desain Bodi Tekstur Bergaris yang Apik

realme c25y desain bodi

Cukup berbeda dengan generasi pendahulunya, kini realme C25Y tampil dengan desain yang fresh, menampilkan tekstur bergaris dengan balutan warna-warna yang kece seperti Glacier Blue dan Metal Gray.

Modul kameranya masih dibuat sama seperti sebelumnya, disusun secara persegi yang membuatnya tampak memiliki Quad Camera. Padahal, kamera sesungguhnya hanya tiga dan satunya lagi merupakan lampu LED Flash.

Bodi belakangnya terbuat dari bahan plastik polikarbonat. realme C25Y juga memiliki bobot seberat 200 gram dengan dimensi panjang, lebar, dan ketebalan sebesar 164.5 x 76 x 9.1 mm.

Kekurangan realme C25Y

Agar tidak membeli kucing dalam karung, sebaiknya membaca terlebih dahulu beberapa kekurangan realme C25Y yang bisa Anda perhatikan sebagai referensi.

1. Hanya Andalkan Port MicroUSB

realme c25y microusb

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan ponsel dengan port pengisian USB Type-C, siap-siap kecewa, ya. Pasalnya, realme C25Y hanya dilengkapi dengan port microUSB 2.0 yang membuatnya ketinggalan zaman.

Padahal, mayoritas ponsel yang berada di rentang harga 2 jutaan sudah diracik dengan port USB Type-C yang superior. Karena pakai microUSB, realme C25Y pun akan lebih sulit dicolokkan dengan kabel karena bentuk ujungnya yang tidak simetris.

Bukan itu saja, USB-C 2.0 juga dipercaya memiliki tingkat kecepatan transfer data yang lebih tinggi ketimbang microUSB.

2. Tidak Mendukung WiFi Dual Band

wifi 5

realme C25Y mendukung jaringan Dual SIM 4G, serta memiliki koneksitivas Bluetooth 5.0 untuk kualitas pengalaman wireless audio yang menyenangkan. Namun sayangnya, perangkat ini hanya mengusung protokol WiFi 802.11 b/g/n sehingga ia hanya bisa dihubungkan pada WiFi di pita jaringan 2,4 GHz.

Jika Anda menggunakan router 5 GHz di rumah, maka realme C25Y sama sekali tidak dapat mendeteksi SSID WiFi tersebut.

3. Tanpa Dukungan Perekaman 4K

realme c25y

Ya, realme V25Y memang dibekali dengan kamera utama beresolusikan 50 MP yang tergolong besar di kelas harganya. Akan tetapi, perangkat ini nyatanya tidak mampu berikan pengalaman video recording sebaik beberapa rivalnya.

realme C25Y hanya mampu merekam hingga resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS sedangkan kamera selfienya hanya mendukung 720p pada frame rate yang sama. Tidak tersedia opsi 4K di pengaturan kameranya. Juga, tanpa adanya gyro-EIS, rekaman video yang dihasilkan akan cenderung tidak stabil.

4. Layar Masih Pakai Resolusi HD+

realme c25y layar

realme C25Y sebenarnya memiliki bentang layar cukup luas yakni 6,5 inci. Akan tetapi, kualitas ketajamannya terbilang kurang karena hanya memiliki resolusi HD+ (720p) alih-alih Full HD+ (1080p).

Layar yang mengusung panel IPS LCD ini juga hadir pada aspek rasio 20:9 dengan kerapatan piksel 270 ppi. Perusahaan turut mengklaim kalau layar ini mengusung rasio layar 88,7 persen dengan dukungan 16,7 juta warna.

Simpulan

Di pasar Indonesia, realme C25Y tersedia dalam banderol harga Rp2.099.000,-. Kini setelah Anda tahu kelebihan dan kekurangannya, tinggal Anda yang tentukan kelayakannya sebagai pengganti daily driver yang Anda miliki. Dilihat dari spesifikasinya, realme C25Y adalah HP terjangkau yang pas untuk bermain game dan berfoto-foto ria.

Di luar itu, realme C25Y tampaknya kurang ideal untuk dijadikan sarana belajar online karena belum mendukung pita jaringan 5 GHz. Adapun absennya USB Type-C Port membuat HP ini terasa agak kurang. Namun jika kelebihan HP ini memang sudah cukup buat Anda tertarik, Anda tinggal perlu membelinya pada marketplace kesayangan Anda.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram