10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Mungkin masih terngiang kehebatan realme 8 dan 8 Pro sebagai lini primer dari jajaran brand realme. Kali ini, realme ingin kembali memperkenalkan ponsel bernilai tinggi namun pada segmen harga yang jauh lebih terjangkau, yakni hanya 1 jutaan saja!

Inilah realme C20, hadir dengan spesifikasi cukup unggul. Malahan, bisa menyaingi HP dari brand lain di harga yang sama. Seperti layarnya yang besar, kehadiran chipset khusus gaming, baterai yang bisa mentenagai HP seharian penuh, dan masih banyak lagi.

Hp realme seri C memang terkenal banyak menyuguhkan keunggulan lebih walau murah. Nah, untuk realme C20 sendiri, kira-kira apa sajakah yang ditawarkannya? Langsung saja simak kelebihan dan kekurangan realme C20 berikut ini!

Spesifikasi realme C20

Realme C20
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci 720 x 1600 pixels
  • Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot memori terpisah)
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan realme C20

Harga murah tidak berarti realme C20 dirilis dengan kualitas yang seadanya. Poin-poin kelebihan realme C20 berikut membuktikan bahwa ponsel ini layak bersaing di pasar smartphone murah Tanah Air.

1. Chipset Bertenaga di Kelasnya

realme C20 bukanlah satu-satunya yang berada pada segmen harga 1 jutaan, masih banyak ponsel-ponsel lain seperti Advan yang diberikan banderol harga segini. Jika kita tilik, justru kebanyakan HP yang harganya sedikit di atas 1 juta hanya dilengkapi dengan chipset sederhana seperti Unisoc.

Salah satu pesaing dari realme C20 adalah Infinix Hot 10 Play karena punya banderol harga yang hampir sama persis. Namun, ponsel Infinix tersebut hanya dibekali chipset Helio A25, merupakan varian chipset "terlemah" di jajaran koleksi SoC MediaTek.

Setidaknya, realme C20 sudah dibekali dengan chipset seri gaming yakni Helio G35. Chipset tersebut juga yang menyambangi HP Redmi 9C. Walau bisa dibilang kurang bertenaga untuk standar zaman sekarang, namun pastinya sudah sangat oke di harganya yang Rp1.299.000,-.

Helio G35 sekalipun termasuk pada seri gaming, tapi nyatanya tidak cukup kuat untuk memainkan game berat pada pengaturan selain low. Helio G35 terdiri dari satu klaster saja, yakni 8 buah inti ARM Cortex A53 dengan clock speed maksimal 2,3 GHz.

Ya, memang belum memiliki klaster ARM Cortex A7X series yang menandakan kalau chipset ini belum begitu siap untuk bermain game secara serius. Perangkat disinyalir mampu menjalankan PUBG M, COD M, Mobile Legends, dan sebagainya. Namun, pastikan atur ke setting-an rendah agar bisa dijalankan pada frame rate yang playable.

2. Ukuran Layar Cukup Luas

Kami menjadikan angka 6,5 inci sebagai patokan apakah sebuah ponsel layak dianggap punya layar lebar atau tidak. Untungnya saja, realme tidak berpelit-pelit dalam menghadirkan ukuran layar sehingga C20 pun dilengkapi dengan layar seukuran 6,5 inci.

Tidak ada yang terlihat unik pada desain layar. Seperti HP entry level kebanyakan, ponsel ini mengantongi poni tetesan air atau yang biasa disebut dengan waterdrop notch alias Mini Drop Screen.

Rupanya layar ini menyisakan bezel yang begitu besar di bagian dagu. Kendati begitu, rasio layar yang diberikan adalah 89,5% yang sudah terbilang cukup besar di kelasnya. Rasio bodi ke layar adalah sebuah istilah yang mengacu bagian layar seluas apa yang benar-benar menampilkan layar alih-alih bodinya saja.

Sementara itu, resolusi layar yang diberikan adalah HD Plus alias 720 x 1600 piksel. Jangan langsung berkecil hati dulu, karena memang tidak masuk akal jika kita mengharapkan 1080p pada HP 1 jutaan tersebut.

Setidaknya, tingkat kecerahan tipikal yang ditawarkan masih terbilang cukup layak yakni 400 nit. Tidak gelap-gelap amat saat harus membaca tulisan di layar saat berada di bawah terik matahari. Informasi lain terkait layarnya adalah realme C20 mengusung aspek rasio 20:9 pada kerapatan piksel sekitar 270 ppi.

Kami menganggap realme C20 sebagai salah satu ponsel termurah yang mampu memberikan pengalaman menonton yang layak. Asal jangan bandingkan saja dengan HP lain yang layarnya lebih canggih dan lebih mahal.

3. Hadirkan Kapasitas Baterai Lega

HP murah juga harus memerhatikan bagian baterai. Nah, rata-rata HP 1 jutaan hanya dilengkapi dengan baterai yang kapasitasnya sedikit. Itu mengapa banyak yang enggan, karena baterai kapasitas kecil akan membatasi ruang gerak pengguna dalam kesehariannya, terutama mereka yang sibuk dan tak ada waktu untuk mejeng di dekat stop kontak.

realme untungnya mengerti sekali akan hal ini. Di harganya yang Rp1,2 jutaan saja, seri C20 ini sudah dilengkapi baterai Li-Po berkapasitas 5.000 mAh yang sudah memenuhi standar kebutuhan zaman sekarang. Sebuah video yang diunggah ke YouTube oleh TFix mengungkapkan kalau baterai ini punya ketahanan luar biasa.

Di video tersebut ditunjukkan ponsel berada pada baterai 80%, lalu dipakai bermain Free Fire selama 10 menit. Permainan pun berjalan dengan begitu lancar, menandakan kalau realme C20 rupanya cukup layak dianggap ponsel gaming. Setelah permainan berjalan 10 menit, baterai terlihat menyisakan baterai 77%.

4. Ketahanan Layar yang Oke

Punya harga murah tak mencegah realme dalam menghadirkan ketahanan yang baik terhadap layar C20. Ponsel ini tak hanya punya layar berukuran besar tapi juga dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya tahan terhadap bekas goresan.

Ya, memang belum tahan terhadap guncangan atau kejatuhan seperti versi-versi Gorilla Glass di atasnya. Tapi dengan menyuguhkan bentuk lapisan ketahanan manapun pada HP semurah ini, menandakan kalau realme C20 memang punya value for money yang tinggi.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram