carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 23 September 2021

Mungkin masih terngiang kehebatan realme 8 dan 8 Pro sebagai lini primer dari jajaran brand realme. Kali ini, realme ingin kembali memperkenalkan ponsel bernilai tinggi namun pada segmen harga yang jauh lebih terjangkau, yakni hanya 1 jutaan saja!

Inilah realme C20, hadir dengan spesifikasi cukup unggul. Malahan, bisa menyaingi HP dari brand lain di harga yang sama. Seperti layarnya yang besar, kehadiran chipset khusus gaming, baterai yang bisa mentenagai HP seharian penuh, dan masih banyak lagi.

Hp realme seri C memang terkenal banyak menyuguhkan keunggulan lebih walau murah. Nah, untuk realme C20 sendiri, kira-kira apa sajakah yang ditawarkannya? Langsung saja simak kelebihan dan kekurangan realme C20 berikut ini!

Spesifikasi realme C20

Realme C20
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci 720 x 1600 pixels
  • Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot memori terpisah)
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan realme C20

Harga murah tidak berarti realme C20 dirilis dengan kualitas yang seadanya. Poin-poin kelebihan realme C20 berikut membuktikan bahwa ponsel ini layak bersaing di pasar smartphone murah Tanah Air.

1. Chipset Bertenaga di Kelasnya

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 2

realme C20 bukanlah satu-satunya yang berada pada segmen harga 1 jutaan, masih banyak ponsel-ponsel lain seperti Advan yang diberikan banderol harga segini. Jika kita tilik, justru kebanyakan HP yang harganya sedikit di atas 1 juta hanya dilengkapi dengan chipset sederhana seperti Unisoc.

Salah satu pesaing dari realme C20 adalah Infinix Hot 10 Play karena punya banderol harga yang hampir sama persis. Namun, ponsel Infinix tersebut hanya dibekali chipset Helio A25, merupakan varian chipset "terlemah" di jajaran koleksi SoC MediaTek.

Setidaknya, realme C20 sudah dibekali dengan chipset seri gaming yakni Helio G35. Chipset tersebut juga yang menyambangi HP Redmi 9C. Walau bisa dibilang kurang bertenaga untuk standar zaman sekarang, namun pastinya sudah sangat oke di harganya yang Rp1.299.000,-.

Helio G35 sekalipun termasuk pada seri gaming, tapi nyatanya tidak cukup kuat untuk memainkan game berat pada pengaturan selain low. Helio G35 terdiri dari satu klaster saja, yakni 8 buah inti ARM Cortex A53 dengan clock speed maksimal 2,3 GHz.

Ya, memang belum memiliki klaster ARM Cortex A7X series yang menandakan kalau chipset ini belum begitu siap untuk bermain game secara serius. Perangkat disinyalir mampu menjalankan PUBG M, COD M, Mobile Legends, dan sebagainya. Namun, pastikan atur ke setting-an rendah agar bisa dijalankan pada frame rate yang playable.

2. Ukuran Layar Cukup Luas

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 4

Kami menjadikan angka 6,5 inci sebagai patokan apakah sebuah ponsel layak dianggap punya layar lebar atau tidak. Untungnya saja, realme tidak berpelit-pelit dalam menghadirkan ukuran layar sehingga C20 pun dilengkapi dengan layar seukuran 6,5 inci.

Tidak ada yang terlihat unik pada desain layar. Seperti HP entry level kebanyakan, ponsel ini mengantongi poni tetesan air atau yang biasa disebut dengan waterdrop notch alias Mini Drop Screen.

Rupanya layar ini menyisakan bezel yang begitu besar di bagian dagu. Kendati begitu, rasio layar yang diberikan adalah 89,5% yang sudah terbilang cukup besar di kelasnya. Rasio bodi ke layar adalah sebuah istilah yang mengacu bagian layar seluas apa yang benar-benar menampilkan layar alih-alih bodinya saja.

Sementara itu, resolusi layar yang diberikan adalah HD Plus alias 720 x 1600 piksel. Jangan langsung berkecil hati dulu, karena memang tidak masuk akal jika kita mengharapkan 1080p pada HP 1 jutaan tersebut.

Setidaknya, tingkat kecerahan tipikal yang ditawarkan masih terbilang cukup layak yakni 400 nit. Tidak gelap-gelap amat saat harus membaca tulisan di layar saat berada di bawah terik matahari. Informasi lain terkait layarnya adalah realme C20 mengusung aspek rasio 20:9 pada kerapatan piksel sekitar 270 ppi.

Kami menganggap realme C20 sebagai salah satu ponsel termurah yang mampu memberikan pengalaman menonton yang layak. Asal jangan bandingkan saja dengan HP lain yang layarnya lebih canggih dan lebih mahal.

3. Hadirkan Kapasitas Baterai Lega

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 6

HP murah juga harus memerhatikan bagian baterai. Nah, rata-rata HP 1 jutaan hanya dilengkapi dengan baterai yang kapasitasnya sedikit. Itu mengapa banyak yang enggan, karena baterai kapasitas kecil akan membatasi ruang gerak pengguna dalam kesehariannya, terutama mereka yang sibuk dan tak ada waktu untuk mejeng di dekat stop kontak.

realme untungnya mengerti sekali akan hal ini. Di harganya yang Rp1,2 jutaan saja, seri C20 ini sudah dilengkapi baterai Li-Po berkapasitas 5.000 mAh yang sudah memenuhi standar kebutuhan zaman sekarang. Sebuah video yang diunggah ke YouTube oleh TFix mengungkapkan kalau baterai ini punya ketahanan luar biasa.

Di video tersebut ditunjukkan ponsel berada pada baterai 80%, lalu dipakai bermain Free Fire selama 10 menit. Permainan pun berjalan dengan begitu lancar, menandakan kalau realme C20 rupanya cukup layak dianggap ponsel gaming. Setelah permainan berjalan 10 menit, baterai terlihat menyisakan baterai 77%.

4. Ketahanan Layar yang Oke

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 8

Punya harga murah tak mencegah realme dalam menghadirkan ketahanan yang baik terhadap layar C20. Ponsel ini tak hanya punya layar berukuran besar tapi juga dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya tahan terhadap bekas goresan.

Ya, memang belum tahan terhadap guncangan atau kejatuhan seperti versi-versi Gorilla Glass di atasnya. Tapi dengan menyuguhkan bentuk lapisan ketahanan manapun pada HP semurah ini, menandakan kalau realme C20 memang punya value for money yang tinggi.

Selain itu, perangkat juga digarap dengan ketahanan bodi yang baik terhadap cipratan air, dan telah melalui proses Quality Control yang begitu panjang seperti tes penekanan tombol Power 200.000 kali, stabilitas port pengisian 100.000 kali, pengujian cabut dan colok kabel headset 10.000 kali, serta tombol volume 200.000 kali.

5. Tampilan Bodi kekinian

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 10

Bila kita melihat pada jajaran HP murah, umumnya hanya dibekali dengan desain seadanya. Tidak seperti realme C20, yang bodi belakangnya mengingatkan kita akan varian flagship seperti realme GT. Dengan berbahan plastik polikarbonat dan finishing touch berupa glossy, HP ini tampak berkilau jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Di tampilannya, terlihat adanya bilah persegi panjang yang menurun dari modul kamera hingga ke bawah, menampilkan tulisan "realme". Pihak perusahaan menyebut desain bodi ini dengan istilah Geometric Art Design yang disinyalir sesuai dengan tren masa kini.

Cukup sayang, hanya tersedia dua varian warna yakni Lake Blue dengan warna biru laut dan juga Iron Grey, warna keabuan yang agak condong ke warna gelap. Tertarik yang mana, nih?

6. Memiliki Bluetooth 5.1

2. Bluetooth 5

Menyoal koneksi, HP ini sudah mendukung dual SIM Nano stand by, FM Radio, GPS, serta WiFi Dual Band. Untuk versi Bluetooth yang digunakan, realme C20 mendukung versi 5.1 dengan fitur A2DP.

Ini termasuk pada versi Bluetooth tertinggi (walau di pasaran ada yang lebih tinggi lagi yakni 5.2). Namun jika dibandingkan dengan HP 1 jutaan lainnya, mereka masih dilengkapi dengan versi 4.

Bluetooth versi tinggi ini juga dipastikan punya range yang tinggi serta kecepatan transfer data lebih baik. Tidak itu saja, Bluetooth 5.1 juga telah mendukung pairing satu perangkat ke dua speaker atau earphone sekaligus.

Berkat jangkauan yang luas Anda pun memungkinkan untuk memperdengarkan lagu dari HP ke dua speaker nirkabel yang terletak di dua ruangan berbeda.

Kekurangan realme C20

Kalau HP dengan harga mahal saja tidak luput dari kesalahan, maka hal ini tentu saja berlaku bagi realme C20 yang tergolong pada segmen entry level. Berikut kekurangannya.

1. Tidak Hadirkan Sensor Pendeteksi Sidik Jari

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 13

Banyak yang menganggap sensor sidik jari lebih aman dibandingkan Face Unlock. Walau begitu, realme C20 sayangnya tidak menghadirkan sensor tersebut, baik itu di belakang ataupun di samping. Itu mengapa, bodi belakangnya terlihat begitu bersih tanpa ada penampakkan sensor sidik jari.

Ketiadaan sensor ini sebenarnya terbilang wajar mengingat harganya yang begitu murah. Walau begitu, jika Anda memang mencari HP 1 jutaan yang pakai sensor sidik jari, masih ada beberapa pesaing yang menyuguhkannya seperti Infinix Smart 4 dan Infinix Smart 5. Bahkan Advan G1 yang HP lokal saja sudah dibekali dengan fingerprint scanner, lho!

2. Hanya Mengusung Single Camera

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 15

Dari segi pemotretan memang tak banyak yang bisa diharapkan dari realme C20. Harganya yang begitu murah membuat perusahaan harus rela hanya menyelipkan konfigurasi Single Camera saja sebagai persenjataan kamera belakang.

Yakni, lensa beresolusikan 8 MP yang mempunyai aperture f/2.0 (lebar) dengan ukuran sensor 1/4.0 inci dan unit piksel 1.12µm. Tentunya, Anda bisa mendapatkan foto yang tidak buram berkat penggunaan fitur autofokus.

Fitur kameranya juga terdiri dari pemotretan HDR untuk hasil dengan kontras dinamis tinggi, serta mode panorama. Ada juga mode Chroma Boost yang bisa memaksimalkan warna pada foto. Berikut ini beberapa contoh sampel fotonya.

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 17
Source: YouTube/MySmartPrice
10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 19
realme C20, Chroma Boost (Source: YouTube/MySmartPrice)
10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 21
realme C20 Night Mode (Source: YouTube/MySmartPrice)
10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 23
Source: YouTube/Vy Vo Xuan
10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme C20 25
Source: YouTube/Vy Vo Xuan

Rupanya realme C20 dihadirkan dengan Night Mode juga. Namun seperti yang sudah bisa ditebak, kualitas mode malamnya masih jauh dari kata sempurna. Terlalu banyak noise yang terlihat dan bagian-bagian gelap yang underexposed.

Jika Chroma Boost dinyalakan, rupanya membuat gambar lumayan pudar warnanya. Tapi secara overall, di harganya yang segini kamera masih tetap berjalan sebagaimana fungsinya. Asal jangan harapkan detil yang tajam, maka kekurangan realme C20 yang satu ini masih bisa ditoleransi.

Tak lupa di bagian depannya juga tersemat kamera depan 5 MP yang ditampilkan secara waterdrop notch, untuk Anda yang tak henti-hentinya ingin tampilkan diri pada jagat Instagram.

3. Dirilis dengan Sistem Operasi Lawas

realme ui

Kami menyebut realme UI lawas karena kini sebenarnya sudah ada realme UI 2.0 dengan basis Android 11, namun realme C20 nampaknya belum begitu dianggap penting untuk dihadirkan sistem operasi tersebut. Alih-alih, perangkat masih dirilis menggunakan Android 10 saja.

Apabila ponsel dirilis pada tahun 2020, tentu kami bisa maklumi namun di tahun 2021 yang jadi waktu perilisannya, semestinya sudah andalkan Android 11 yang lebih relevan. Nampaknya Anda harus menunggu agar Android 11 mendukung ponsel ini.

Dan sekalipun mendukung, perangkat dikhawatirkan tidak akan mendapatkan support update berupa OTA dengan durasi yang panjang. Alias, saat HP-HP lain sudah dapat OS terbaru baik itu 2 atau 3 tahun lagi, realme C20 tidak akan kebagian.

Yang jadi persoalan lagi, HP ini hadir dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. RAM sekecil ini dijamin akan menjadi kendala bagi penggunaan sehari-hari, pasti akan banyak aplikasi yang force close yang artinya tidak cocok digunakan untuk kegiatan multitugas.

Umumnya, ponsel dengan RAM 2 GB harusnya hadir dengan Android Go Edition yang diyakini punya efisiensi navigasi yang lebih cepat. Ekosistemnya juga sudah terbentuk agar pengguna lebih terdorong pakai aplikasi-aplikasi yang versi Lite-nya.

4. Penggunaan Port microUSB

microUSB 2.0

Nampaknya sudah jadi hal yang membedakan HP murah dan mahal, lagi-lagi realme C20 hadir sebagai ponsel yang hanya menggunakan microUSB sebagai port pengisian dayanya.

Kami pun sebenarnya cenderung agak nitpicky soal ini, karena memang tidak adil mengharapkan ponsel USB Type C pada ponsel semurah ini. Namun tetap saja, microUSB sudah terbilang kuno dan obsolete karena pemakaiannya yang lebih ribet dan tingkat kecepatan transfer data yang kurang baik.

Simpulan

Itulah tadi sekilas info mengenai realme C20, terlihat jelas kalau HP ini masih mampu memberikan berbagai kelebihan walaupun kekurangannya juga cukup banyak.

Yang pasti realme C20 tetap layak jadi salah satu HP pilihan terbaik bagi yang terpentok budget. Mulai dari layarnya yang cukup lebar, baterai yang tahan lama hingga chipset yang cukup unggul untuk memainkan game berat.

realme C20 sudah tersedia di Indonesia dan dapat dibeli melalui beragam marketplace ataupun toko offline seharga Rp1.299.000,-. Apakah Anda tertarik membeli ponsel ini? Jangan lupa kunjungi artikel HP 1 jutaan terbaik untuk referensi ponsel lainnya ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram