carisinyal web banner retina

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 23 September 2021

Produsen HP memanfaatkan kuartal pertama 2021 tidak hanya untuk mengumumkan ponsel kelas atas. Pasalnya, ada juga wajah-wajah baru ponsel kelas entri yang mereka rilis dan menggoda untuk dibeli. Salah satunya adalah realme C21 yang diluncurkan bersamaan dengan realme C25.

Ponsel ini resmi hadir di Indonesia per 23 Maret 2021. Kedatangan realme C21 menandai lembaran baru realme seri C yang memakai angka "2" dalam format angka dua digit.

Sebelumnya, huruf "C" selalu diikuti satu angka (1, 2, 3) dan dua angka yang digit pertamanya adalah "1" (11, 12, 15, 17). Ponsel ini mirip dengan realme C20 yang meluncur di Vietnam (Januari 2021), meski tampilan penutup belakangnya punya motif berbeda.

Salah satu hal yang membuat realme C21 menarik adalah sertifikasi ketahanan TÜV Rheinland High Reliability. Konon, realme C21 adalah ponsel termurah yang punya sertifikasi tersebut. Lantas, apa saja hal yang membuat ponsel ini bisa mencuri perhatian?

Selamat, karena Anda sudah datang di laman yang tepat untuk mengorek kelebihan dan kekurangan dari realme C21. Di artikel ini, rasa penasaran Anda akan terjawab. Akan tetapi, sebelum ke poin pembahasan, mari telisik spesifikasi kunci dari si ponsel.

Spesifikasi realme C21

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 1
  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: IPS 6,5 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB | eMMC 5.1
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus) hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan realme C21

Poin-poin kelebihan berisi hal menguntungkan yang bisa Anda dapat dari realme C21. Bisa jadi isinya tidak terlalu mengejutkan, tetapi jelas bisa memengaruhi keputusan Anda untuk membelinya atau tidak.

1. Baterai Besar

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 3

Baterai 5000 mAh adalah ukuran yang tergolong lapang buat ponsel masa kini. Sebab, paling minim--untuk standar sekarang - ponsel mesti punya baterai 4000 mAh. Ukuran baterai ini dinilai banyak orang bisa mengakomodasi pemakaian ponsel seharian.

Tentunya realme C21 juga bakal awet dengan ukuran baterai tersebut. Apalagi resolusi layar yang dipakai cuma HD+ (720 x 1600 piksel) dikombinasikan dengan chipset irit daya MediaTek Helio G35. Untuk diketahui, konsumsi daya Helio G35 bisa irit karena sudah didukung teknologi HyperEngine dari MediaTek.

Anda yang merasa kesulitan menghabiskan baterai di realme C21 bisa 'bersedekah' daya ke perangkat lain, seperti TWS (earphone nirkabel) smartwatch, hingga ponsel. Sebab, ponsel ini punya kemampuan pengisian balik (reverse charging). Seolah belum berhenti di situ, realme pun menyediakan fitur optimasi baterai bernama Super Power Saving Mode.

Fitur ini penting saat daya baterai tinggal sedikit, sedangkan Anda belum juga menemukan sumber listrik. realme C21 yang baterainya tinggal 5 persen masih bisa dipakai 1,43 jam untuk berkirim pesan WhatsApp berkat Super Saving Mode,

2. Desain Baru

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 5

realme C21 hadir dengan dua pilihan warna Cross Blue dan Cross Black. Untuk Cross Blue, biru jenis ini masih jarang diterapkan realme buat produk-produknya. Sejauh ini baru realme Narzo 30A yang punya warna mirip (Laser Blue) dengan jenis tersebut.

Karena itu, pilihan warna Cross Blue menyegarkan penampilan ponsel ini. Selain itu, desain penutup belakang yang dipakai pun juga ada penyegaran. Motifnya memang masih bergaya geometrik seperti realme C15. Namun, bentuk motifnya berbeda.

Penutup belakang realme C15 dipoles dengan motif segitiga tanpa sudut lancip yang membentang dari atas sampai bawah. Sedangkan kover polikarbonat realme C21 digambari dua segitiga horizontal yang sisi lancipnya saling bertemu di tengah.

3. Jaminan Umur Panjang

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 7

Setiap ponsel apa pun kelasnya pasti harus melewati serangkaian pengujian sebelum dilepas ke pasaran. Rangkaian pengujian ini umumnya disebut dengan quality control. Namun, hal yang membuat pengujian untuk realme C21 istimewa adalah sertifikasi ketahanan TÜV Rheinland High Reliability.

Seperti dijelaskan pada paragraf pembuka, realme C21 konon adalah ponsel termurah dengan sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability. Di sisi lain, sebagian dari Anda tentu tidak asing dengan TÜV Rheinland.

Sebab, firma inspeksi dari Jerman ini sudah sering nongol di deskripsi ponsel. Salah satunya dalam memberi sertifikasi keamanan layar yang bercahaya biru rendah. Sertifikasi TÜV Rheinland untuk durabilitas sebenarnya tidak baru-baru amat di ponsel realme.

Pasalnya, realme sudah menerapkannya buat realme 7. Lantas, bagaimana sih realme C21 bisa lolos sertifikasi ketahanan dari TÜV Rheinland? Singkatnya, ponsel ini telah melewati berbagai tes. Di antaranya, 10 tes dengan skenario pemakaian sehari-hari, 6 tes ketahanan komponen, dan 7 tes dengan skenario lingkungan ekstrem.

realme C21 pun mampu melewati tes-tes itu dengan selamat. TÜV Rheinland menilai, ponsel ini bisa berumur panjang, setidaknya tiga tahun masa pemakaian.

4. Slot MicroSD Terpisah

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 9

Memori yang dipasang di motherboard realme C21 tidak terlalu lapang buat ukuran sekarang. Varian terendahnya punya memori internal 32 GB dan didampingi RAM 3 GB. Kapasitas seperti ini bakal pas-pasan untuk menyimpan aplikasi, gim, dan media. Bisa-bisa Anda harus rela tak memasang aplikasi kesukaan di ponsel ini.

Untungnya, hal yang tidak diinginkan itu bisa dihindari. Sebab, ruang simpan realme C21 bisa diperluas pakai slot microSD yang terpisah dari kartu SIM. Anda bisa memakai ukuran microSD paling besar 256 GB.

Dengan begitu, memori internal 32 GB bisa Anda maksimalkan untuk menyimpan aplikasi dan gim. Sedangkan file seperti foto, video, lagu, dan dokumen lain bisa diamankan di microSD. Selain microSD, Anda juga bisa memakai flash disk karena ponsel ini mendukung USB On-The-Go. Adapun realme C21 juga tersedia dalam varian memori 4/64 GB.

5. Sensor Lengkap, Hiburan Mantap

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 11

Jarang-jarang ada ponsel murah yang dibekali sensor esensial lengkap. Sensor pun menjadi korban karena harus dipangkas jumlahnya demi menutup biaya produksi. Beruntung realme C21 tidak mengalami pemangkasan jumlah sensor esensial.

Sensor esensial yang dimaksud adalah proksimiti, akselerometer, cahaya, dan magnet (kompas). Keempatnya ada di realme C21. Bahkan, ponsel dengan layar 6,5 inci ini juga dibekali sensor pemindai sidik jari yang dipasang di kover belakang.

Adanya sensor ini bikin opsi pengamanan ponsel lebih variatif. Soalnya, fitur pemindaian wajah untuk membuka ponsel tidak selamanya bisa diandalkan. Terutama jika Anda berada di kondisi gelap.

Jika sensor adalah fitur serius, Radio FM adalah fitur buat seru-seruan. Anda tentu tidak akan memakai ponsel ini hanya untuk hal-hal yang serius. Ada kalanya Anda butuh hiburan, dan hiburan itu tidak mesti berbayar.

Nah, Radio FM adalah fitur hiburan yang bisa Anda manfaatkan untuk mendengar lagu, informasi, atau dagelan dari stasiun lokal. Fitur hiburan buat seru-seruan selain Radio FM di ponsel ini di antaranya menjepret foto malam hari dengan mode Super Nightscape, bikin foto berlatar belakang blur dengan mode portrait, dan bikin video slow motion.

Kekurangan realme C21

Tak mungkin suatu ponsel tidak punya kekurangan. Kekurangan adalah hal wajar, entah itu bisa menjadi kompromi, atau tidak sama sekali. Sehingga, mengetahui kekurangan juga bisa memengaruhi penilaian Anda terhadap suatu ponsel.

1. Belum USB Tipe C

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 13Sumber: Ahmad Tsalis
(sumber: AMX Gadgets | https://youtu.be/XIDqqEdYNtc)

Sayang seribu sayang colokan USB yang ada di bagian bawah realme C21 masih USB microB atau yang lazim disebut microUSB saja. Hal ini membuat realme C21 akan terlihat ketinggalan zaman dengan ponsel-ponsel sebayanya, bahkan dengan ponsel-ponsel terdahulu yang sudah pakai USB tipe C.

Tidak masalah sebetulnya jika ponsel ini masih mengadopsi microUSB. Hanya saja, saat lupa membawa charger atau kabel cas sendiri, Anda tentu akan kesulitan mencari bantuan. Soalnya ponsel teman-teman Anda sudah menggunakan USB tipe C.

Selain itu, transfer data microUSB tentu tidak secepat USB tipe C, dan tidak bisa dibolak balik. Untuk hal yang terakhir ini, Anda tentu mesti fokus saat hendak mencolokkan kabel ke port. Memaksa mencolokkan kabel secara terbalik bisa menimbulkan kerusakan pada port USB yang ada di ponsel.

2. Belum Fast Charging

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 15

Baterai berukuran 5000 mAh tergolong besar dan hal itu membuat realme C21 sangat awet dipakai. Hanya saja, mengisi baterai di ponsel ini lamanya bukan main. Hal itu lantaran tidak adanya protokol pengisian cepat.

Daya maksimal yang bisa dihantarkan pun cuma 10 W. Fenomena ini adalah sebuah kemunduran karena sang pendahulu, realme C15, sudah dibekali teknologi pengisian cepat 18 W. Secara teori, mengisi dengan daya dengan charger 10 W (5 Volt 2 Ampere) untuk baterai 5000 mAh butuh waktu paling cepat 3 jam.

3. Chipset Kurang Bertenaga

Mari Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan realme C21 17
(sumber: mediatek.com)

MediaTek Helio G35 yang terpasang di badan realme C21 tidak jelek-jelek amat buat ponsel kelas entri. Chipset 8 inti berarsitektur Cortex A53 ini masih bisa dipakai buat main gim-gim kasual. Skor Antutu 8-nya menyentuh angka 116.110.

Namun, Anda harus menurunkan ekspektasi ketika memainkan gim di realme C21. Anda mungkin masih bisa meraih 20 sampai 30-an fps (tergolong lancar) saat memainkan gim seperti Mobile Legend dan Free Fire. Tetapi saat pertarungan sedang seru-serunya, gambar sesekali akan tersendat yang membuat pergerakan tidak mulus.

Adapun keputusan memilih Helio G35 menjadikan realme C21 tidak lebih maju ketimbang realme C15 yang meluncur pada Juli 2020. Kelangkaan chipset yang terjadi di tengah pandemi bisa jadi membuat realme memutuskan memakai chipset ini.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan realme C21. Jika Anda bertanya untuk siapa sebenarnya ponsel ini, maka kami akan menjawab ponsel ini cocok buat mereka yang baru beralih ke ponsel pintar. Ponsel ini tentu saja lancar jaya untuk pemakaian kasual seperti browsing dan berkirim pesan.

Layarnya yang sebesar 6,5 inci pun disukai oleh orang tua. Selain itu, driver ojek online (ojol) juga cocok memakai ponsel ini berkat ukuran baterainya yang besar. Hanya saja, driver ojol tidak boleh lupa mengecas HP ini sebelum tidur karena pengisian dayanya yang cukup lama.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram