carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Realme C25 dan C21: Murah, Tangguh, dan Menang Banyak

Realme C25 dan C21: Murah, Tangguh, dan Menang Banyak

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 26 Maret 2021

Sudah saatnya realme mengeluarkan produk lanjutan dari seri C. Seperti yang kita semua tahu, realme memang sudah cukup banyak berjasa untuk para kaum muda-mudi di Indonesia, terlebih karena selalu menghadirkan ponsel terjangkau namun dengan kualitas juara yang selalu mampu membuat penggemarnya kegirangan.

Brand realme sendiri berdiri sebagai perpisahan dari OPPO, dan kini punya target audiens yang berbeda. Selain menghadirkan seri angka (contohnya seperti realme 7 series), hadir juga realme seri C yang lebih ditujukan untuk pasar harga Rp1-2 jutaan.

Pada tanggal 23 Maret 2021, realme mengadakan sebuah acara peluncuran yang memperkenalkan realme C25 dan realme C21 ke pasaran Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, Indonesia adalah negara pertama yang dimasuki oleh keduanya.

Artinya, Anda sudah bisa menduga kalau duo ponsel ini benar-benar telah disesuaikan dengan kebutuhan warga +62, terutama untuk anak muda-mudi yang super energetik dan melek dunia maya.

realme C25 dan realme C21 digadangkan mampu membawa gebrakkan yang tidak pernah dibawakan seri C sebelumnya. Apakah memang layak dinanti-nanti? Atau apakah realme C25 dan C21 ini berstatuskan skippable? Mari cari tahu jawabannya bersama-sama dengan baca yang berikut ini.

1. Bodi Super Tangguh dengan Sertifikasi TÜV Rheinland

"Ya wajar saja cepat rusak, namanya juga HP murah" adalah kalimat yang sering dilontarkan sebagian dari kita. Anggapan ada harga ada barang sudah cukup banyak melekat, dan memang bukan tanpa alasan.

Pasalnya, produsen umumnya perlu budget lebih agar produknya bisa tahan lama. Ini yang membuat kami cukup terheran-heran saat realme C25, sebuah HP entry level, dirilis dengan sertifikasi TUV Rheinland.

Itu berarti, HP ini sudah melalui berbagai macam tahapan uji coba yang ketat, terutama dari segi kualitas, standar, dan ketahanan. Tapi perlu diingat, HP ini tidak dibekali dengan sertifikasi IP apapun yang artinya, Anda pun tetap harus berhati-hati agar tidak mencemplungkannya ke dalam air.

Lalu, apa maksud dari sertifikasi TUV Rheinland ini sebenarnya? Well, perusahaan mengklaim kalau realme C25 dan C21 punya ketahanan komponen sangat baik, sudah diujikan pada beragam skenario uji siklus 3 tahun serta skenario suhu ekstrim.

2. Hadir dengan realme UI 2.0

realme ui

Konon katanya, sebuah kualitas HP tidak hanya bisa dilihat dari spesifikasi hardware tapi juga software-nya. Tentu saja, kami pun setuju dengan sentimentalitas ini. Karena bagaimanapun, pengguna butuh pengalaman yang baik saat menggunakannya, dan UI lah yang menjadi salah satu garda terdepan dalam memberikan user experience yang baik.

Nah, realme sendiri sudah punya UI sendiri yang dinamakan realme UI. Beberapa jajaran produk realme seri C juga sudah pakai realme UI, termasuk pada realme C15 yang jadi generasi pendahulunya.

Kalau untuk realme C25, pengguna diharapkan dapat experience lebih baik lagi dengan dukungan realme UI 2.0 berbasiskan Android 11. Bahkan, realme C25 adalah ponsel pertama di seri C yang dapat realme UI 2.0 tersebut.

Beragam fitur baru pun tentu bisa diekspektasikan, contohnya seperti stabilitas yang ditingkatkan, ataupun sistem keamanan privacy yang lebih unggul dari sebelumnya. realme UI 2.0 pada C25 juga semakin memudahkan pengguna untuk melakukan kustomasi semaunya. Anda pun bisa bebas mengekspresikan style dan ekspresi melalui UI yang intuitive dan kaya akan peningkatan.

Sementara untuk realme C21, kabar yang beredar dari situs resminya, masih menggunakan realme UI berbasiskan Android 10 saat rilis. Namun hal ini bukan jadi kekurangan signifikan karena lambat laun pasti akan dapat update OTA ke realme UI 2.0 juga.

3. Performa Tangguh Berkat Helio G70 dan Helio G35

Sebenarnya, realme C25 bukanlah ponsel yang benar-benar ditujukan untuk gaming. realme sudah punya seri narzo kalau Anda mencari ponsel gaming murah. Tapi, bukan berarti realme tega memberikan chipset abal-abal untuk HP seri C yang satu ini.

Sambutlah Helio G70, sebuah chipset andalan dari MediaTek yang punya efisiensi cukup tinggi dan juga performa yang andal dalam menunjang aktivitas berat seperti bermain game dan juga pengeditan foto maupun video.

Helio G70 ini merupakan gabungan dari dua klaster yang terdiri atas enam inti ARM Cortex A55 dan dua inti ARM Cortex A75. Sementara untuk pengolah grafisnya, perangkat ini mengandalkan Mali-G52 2EEMC2.


Salah satu sumber mengatakan kalau skor AnTuTu dari Helio G70 ini bisa mencapai 197K. Namun hal ini tentu bukan gambaran seutuhnya dari performa realme C25 di kondisi nyata. Tapi yang pasti, kami bisa bilang Helio G70 adalah salah satu chipset terbaik yang bisa didapatkan pada ponsel segmen harga murah.

Sedangkan kalau Anda melirik spek realme C21, ponsel tersebut dibekali dengan Helio G35 pada fabrikasi 12 nm. Helio G35 adalah chipset seri gaming dari MediaTek yang juga turut hadir pada ponsel realme C15, dan terbilang yang paling powerful untuk seukuran ponsel di harga Rp1 jutaan.

4. Baterai Sungguh Tahan Lama

Sudah sewajarnya sebuah ponsel dibekali dengan ketahanan baterai yang panjang. Tidak ada yang suka membawa casan ke mana-mana, belum lagi ketika sedang berada di lokasi yang minim colokan. realme C25 sudah selangkah lebih maju, menawarkan baterai 6.000 mAh yang didukung oleh fast charging 18 W demi kelancaran pengguna dalam beraktivitas.

Di bawah realme C25, ada C21 yang dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan kecepatan pengisian daya 10 W. Baik realme C25 maupun C21 juga bisa dimanfaatkan untuk mengisikan daya di HP teman, menggunakan fitur bernama reverse charging.

Tentu saja, pengisian daya realme C25 juga dirancang agar pengguna bisa mencolokkan kabel dengan mudah menggunakan konektivitas USB tipe-C yang unggul. realme C25 sudah membuktikan kalau harga murah tidak menghalangi ponsel dalam menyuguhkan konektivitas ini. Tapi memang, untuk ponsel sekelas harga realme C21 memang masih menggunakan microUSB.

Masih bicara soal baterai, realme adalah brand dengan fitur penghematan daya yang luar biasa. Super Power Saving Mode adalah mode penghematan daya tersebut, mampu menjaga kedua ponsel agar tetap bisa bertahan hingga berjam-jam sekalipun sisa dayanya cuman 5%. Lebih lama pakainya, lebih lama lagi hepi-hepinya.

5. AI Triple Camera, Bikin Memotret Makin Asyik

Zaman sekarang agak sulit cari HP yang tidak menyuguhkan kamera. Dengan maraknya Instagram dan TikTok, sebuah smartphone memang sudah wajib menyuguhkan kamera berkualitas agar pengguna tetap bisa menunjukkan ekspresinya dengan unik.

Hal ini sungguh dimengerti realme, terbukti dari penyematan Triple Camera 48 MP di realme C25 untuk menangkap gambar dan video pada berbagai kondisi. Lensa 48 MP ini mempunyai bukaan apertur f/1.8 dan tentunya dihadirkan juga dengan PDAF untuk penguncian fokus yang lebih cepat.

Kedua lensa lainnya juga turut hadir memeriahkan sesi berfoto, yakni lensa makro untuk mengambil foto dalam jarak dekat, dan lensa Black and White yang diklaim dapat membubuhkan sisi artistik ciamik pada foto. Keduanya sama-sama punya resolusi 2 MP.

Kamera dari realme C25 memang terbilang cukup handal, terlebih karena di harga entry level ini dia sudah dibekali juga dengan Super Night Mode untuk menghasilkan karya foto lebih jernih saat minim pencahayaan. Sedangkan bagi pengguna yang pecinta selfie, realme C25 juga menyediakan kamera depan 8 MP yang dirancang dalam bentuk bangun poni tetesan air.

Sebagai model produk yang lebih sederhana, realme C21 juga turut menawarkan AI Triple Camera namun dengan konfigurasi yang berbeda. Untuk lensa utamanya kini menjadi 13 MP, dan dua lensa lainnya tetap berada di resolusi yang sama yakni 2 MP.

realme C25 hadir bersamaan dengan realme C21 pada live event peluncuran yang berlangsung di akun YouTube resminya pada tanggal 23 Maret 2021. Sebagaimana selayaknya ponsel yang baru diluncurkan, tentu realme tidak lupa mengadakan momen flash sale untuk kedua ponsel tersebut.

Ya, realme C25 bisa didapatkan dengan harga khusus yang tadinya Rp2,3 juta menjadi Rp2,1 juta untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sementara untuk jadwalnya, flash sale realme C25 akan berlangsung pada tanggal 27 Maret 2021 pada pukul 12 dini hari.

Kalau Anda ingin varian lebih besar lagi, realme C25 juga tersedia dalam varian 4 GB RAM dan memori internal 128 GB seharga Rp2.499.000,-, namun baru tersedia saat Open Sale pada tanggal 2 April 2021.

realme C21 punya jadwal penjualan yang berbeda, di mana ponsel ini tersedia dalam program flash sale pada 24 Maret 2021 pukul 09.00 WIB seharga Rp1.549.000,- (varian 3 GB RAM/32 GB). Turun harga yang asalnya Rp1,7 jutaan.

Tidak lupa, bagi Anda yang membeli realme C25 dan C21 saat flash sale akan mendapatkan bonus kuota internet dari Smartfren sebesar 384 GB selama 2 tahun. Tunggu apalagi? Ayo pantengin Official Shop-nya realme di Lazada, situs realme.com, dan juga akulaku supaya tidak ketinggalan!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram