15 HP realme Terbaru dengan RAM 8 GB (Februari 2023)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Punya HP dengan RAM tinggi memang idaman semua orang. Sejauh ini, ukuran RAM yang terbilang paling tinggi tanpa membuat kantong jebol adalah 8 GB. Tapi kendati demikian, tetap saja beberapa brand masih menyuguhkan harga cukup tinggi untuk RAM sebesar ini.

Nah, mengapa tidak pakai HP realme saja? Ada banyak HP realme yang beredar resmi di Indonesia dan menawarkan RAM 8 GB. Bahkan, ada harganya yang cukup terjangkau?

Untuk mengetahui daftarnya, langsung saja simak pada tabel di bawah ini. Penjelasan tiap HP-nya sendiri bakal diulas setelah info tabel. Atau bisa juga cek pada link kelebihan kekurangan.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. realme 10 Pro Plus 5G

realme 10 Pro Plus_
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

realme 10 Pro Plus 5G ini menduduki posisi sebagai model paling tinggi di lini realme 10 Series, maka tidak heran jika spesifikasinya juga lebih tinggi dari yang lain. Bahkan, kapasitas RAM paling kecil yang ditawarkannya saja berada di angka 8 GB berjenis LPDDR4X. Sedangkan penyimpanan internalnya adalah 256 GB.

Memiliki kapasitas penyimpanan luas merupakan salah satu hal yang sering dicari oleh pengguna HP. Hal itu disebabkan karena pengaruh yang diberikannya terhadap kinerja HP. Anda akan bisa bebas melakukan aktivitas multi-tasking, membuka aplikasi sekaligus, dan sebagainya dengan optimal.

Untuk menghasilkan performa yang oke, realme 10 Pro Plus 5G ini mengandalkan chipset buatan MediaTek. Memiliki refresh rate 120 Hz dengan touch sampling rate hingga 360 Hz membuat HP ini memiliki respons yang cepat. Hal itu juga membuat aktivitas Anda semakin seru dan lancar.

Selain itu, HP ini juga memiliki layar yang mampu memanjakan dan memberikan kenyamanan yang baik. Panelnya sudah menggunakan AMOLED dengan luas 6,7 inci. Layar HP ini semakin terlihat luas karena memiliki desain curve atau melengkung dengan bezel yang cukup tipis. Dengan begitu, Anda bisa menikmati konten dengan lebih leluasa dan seru.

2. realme 10 Pro 5G

realme 10 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Rilis bersamaan dengan model tertingginya, realme 10 Pro 5G ini hadir pada 10 Januari 2023. Karena sama-sama memiliki nama "Pro" dengan jaringan 5G, HP ini memiliki kemampuan dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. HP ini juga sudah dibekali kapasitas penyimpanan yang cukup luas dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan internal 128 GB.

Berbeda dari model "Pro Plus"-nya, realme 10 Pro 5G ini ditenagai oleh chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 695 5G. Meski begitu, chipset dengan fabrikasi 6 nm ini memiliki performa yang mumpuni dan tangguh di kelasnya. Apalagi dipadukan dengan kapasitas penyimpanannya, aktivitas berat sekali pun bisa Anda lakukan dengan lancar dan stabil.

Tidak hanya performa, realme 10 Pro 5G ini juga menawarkan kenyamanan dalam penggunaannya. Meski tidak menggunakan panel AMOLED, layar berukuran 6,7 dengan panel IPS LCD ini cukup menarik. Sebab memiliki refresh rate sama yaitu 120 Hz, hingga resolusi Full HD+.

Secara tampilan, HP ini juga menawarkan keindahan yang cukup berkelas. Dengan mengusung desain bodi datar, bezel yang mengelilinginya hanya 1 mm saja. Cukup tipis untuk membuat tampilan layar semakin terlihat luas dan indah.

3. realme 10

realme 10
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Selain hadir dalam opsi RAM 4 GB, realme 10 yang dirilis di Indonesia sejak awal November 2022 juga tersedia dalam opsi RAM 8 GB (menggunakan standar LPDDR4x).

Dengan RAM besar, HP ini dapat menunjang aktivitas multi-tasking yang lancar. Membuka banyak aplikasi dalam sekali waktu juga tidak akan memicu isu forced close.

Ditambah lagi, ponsel dibekali dengan chipset gahar Helio G99. Sekadar info, chipset yang meraih skor AnTuTu v9 sebesar 350 ribuan tersebut merupakan anggota pertama di Helio G series yang bawakan fabrikasi 6 nm.

realme 10 juga dijamin akan memanjakan indra visual pengguna, baik saat navigasi, menikmati konten TikTok, menonton film di Netflix, hingga bermain gim. Ini lantaran penggunaan panel Super AMOLED dengan refresh rate 90 Hz, dengan kontras rasio optimal serta pergerakan visual yang 50% lebih mulus.

Meski unggul untuk bermain gim dan multimedia, sayangnya realme 10 punya sejumlah kekurangan yang perlu diketahui. Contohnya seperti absennya stereo speaker, kamera utama yang menurun jadi 50 MP dari 108 MP (realme 9), serta sensor pemindai sidik jari yang pindah ke samping.

Namun jika Anda sekadar mencari HP gaming di kelas menengah yang powerful dan punya ketahanan baterai awet (5.000 mAh + fast charging 33 W), maka realme 10 ini layak dijadikan pilihan.

4. realme GT Neo3

realme gt neo3 neo 3_
Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

realme memang belum memiliki lini ponsel yang ditujukan secara khusus untuk mengisi segmen HP gaming. Kendati demikian, mereka punya realme GT Series yang secara performa mumpuni untuk gaming kompetitif. Contohnya adalah realme GT Neo3 ini.

HP ini benar-benar terlihat kencang luar dan dalam. Penampilannya bak mobil balap sesuai dengan performa kelas atas yang tersaji berkat SoC MediaTek Dimensity 8100. Kesan kencang juga merembet ke teknologi pengisian dayanya. Ada dua varian yang tersedia: 80W dan 150W.

Khusus varian 80W, ia hadir dengan konfigurasi memori yang berbeda. Yakni 8 GB RAM yang dipadu dengan memori internal 256 GB. Varian ini jelas punya banderol harga lebih miring, yaitu Rp6 jutaan saja. Meski demikian, performa dan pengisian dayanya sudah masuk kategori jempolan.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram