carisinyal web banner retina

10 HP realme Terbaik & Tercanggih di Dunia (Mei 2024)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

realme merupakan salah satu brand smartphone ternama yang dulunya merupakan sub-brand dari merk OPPO. Semenjak menjadi merk independen pada 2018, realme telah banyak mendulang sukses secara signifikan dengan berbagai koleksi HP untuk setiap segmen harga.

Jika Anda tertarik dengan merk smartphone yang sedang naik daun ini, mungkin Anda penasaran seperti apa produk-produk HP terbaik dari realme.

Maka dari itu, berikut Carisinyal berikan daftar HP realme terbaik dengan spesifikasi tertinggi yang bisa Anda dapatkan. Langsung saja cek daftarnya berikut ini.

1. realme GT5 Pro

realme gt5 pro
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 50 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5400 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Penyebutan "flagship killer" pada realme GT5 Pro memang terasa pas. Sebab, ponsel ini membawakan fitur flagship di harga yang jauh lebih murah.

Misalnya saja dari segi layar, smartphone pakai panel AMOLED dengan resolusi 1,5K yang biasanya hanya dijumpai pada HP premium kelas atas. Adapun desain layarnya mengusung bodi melengkung agar mencapai bezel yang tipis. Dengan begitu, HP mampu meraih rasio bodi-ke-layar sebesar 92 persen.

Adapun pada sisi layarnya menggunakan panel LTPO guna memunculkan refresh rate adaptif antara 1 Hz hingga 144 Hz. Hal ini memungkinkan ponsel menyesuaikan laju dengan lebih pintar, menyalakan mode 1 Hz pada layar statis guna menghemat daya.

Smartphone juga telah dibekali Snapdragon 8 Gen 3, sehingga menjadikan realme GT5 Pro salah satu HP termurah dengan chipset gahar tersebut. Dengan performanya yang menawan, HP ini cocok digunakan sebagai sarana eSport lantaran sanggup berikan frame rate yang serba mulus.

Agar bisa dimainkan dalam waktu lama tanpa panas atau throttling (penurunan performa), realme mengerahkan teknologi pendingin terbarunya yakni 3VC Vapour Chamber. Sistem pendingin ini diklaim dapat menurunkan suhu hingga 21,8 derajat Celsius.

Saat pengguna bosan bermain, pergi keluar rumah dan menikmati pemandangan alam adalah ide yang bagus. Nah, realme GT5 Pro juga bisa digunakan untuk mengabadikan momen dengan ideal, karena memiliki sensor Sony LYT-808 dengan tangkapan gambar memuaskan.

Ingin memotret idola favorit saat konser? Dengan kamera periskop telefoto Sony IMX 890, ponsel dapat lakukan pembesaran optis hingga 2,7x. Alhasil foto idola pun tertangkap dengan detail dan menawan meski dipotret dari barisan belakang.

Nyaris mendekati sempurna untuk segala skenario, realme GT5 Pro tetap memiliki sejumlah kekurangan. Yaitu, minimnya sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan di kedalaman air. Ponsel ini hanya dibekali IP64 untuk membuatnya tahan terhadap tetesan air minum atau gerimis.

2. realme GT5

realme GT5
Layar AMOLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5240 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Cukup membayarkan sekitar 380 euro (Rp6 jutaan), realme GT5 sudah bisa Anda miliki. Ponsel ini memiliki performa yang sama dengan HP flagship keluaran tahun 2023, lantaran ditopang dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Spesifikasi layar mengalami penyusutan dari varian Pro, namun masih dibekali dengan refresh rate 144 Hz. Bedanya, kecerahan layar ini jadi mentok di 1.400 nit serta tidak dapat hadirkan refresh rate terendah di 1 Hz.

Ponsel ini pun tidak lagi dikemas dengan kamera periskop telefoto. Walau begitu, hasil foto sehari-hari tetap memukau dengan sensor utama 50 MP yang dibekali penstabil gambar OIS. Adapun fitur perekamannya disertai dengan 4K di 60 FPS, sehingga cocok untuk dipakai TikTok-an atau pembuatan konten video lainnya.

Salah satu keunikan dari HP ini adalah kapasitas baterai 5.240 mAh, lebih tinggi dari rata-rata HP lain yang mentok di 5.000 mAh. Bukan hanya lebih besar, fast charging-nya pun menggunakan daya 150 watt di saat versi Pro-nya malah tawarkan 100 watt saja. Disinyalir, realme GT5 hanya perlu waktu 7 menit untuk terisi setengah penuh.

Jadi, buat Anda yang super sibuk dan tidak ada waktu banyak di rumah untuk cas, HP ini akan terasa cocok. Belum lagi performanya yang ganas dengan kameranya yang menggiurkan akan membuat Anda tampil bersinar di setiap kondisi.

Satu kekurangannya, Anda mesti hati-hati bawa HP ini ke daerah perairan. Sebab, tidak ada sertifikasi tahan air sama sekali di HP ini. Bobotnya yang 205 gram juga bisa jadi terlampau berat untuk sebagian orang.

3. realme GT2 Explorer Master

realme GT2 Explorer Master
Layar OLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

realme GT2 Explorer Master memiliki desain yang dirancang khusus dengan melakukan kerja sama dengan fashion designer Jae-Jung yang pernah merancang busana untuk merek Ralph Lauren. HP ini memiliki desain yang diberi nama "Travel Trunk" atau koper travel dengan nuansa retro terbuat dari material kulit vegan sehingga bodi HP ini ramah terhadap lingkungan.

Beralih ke bagian depan, terdapat layar yang terlihat cukup luas karena memiliki bezel yang sangat tipis. Layar tersebut dibekali panel OLED berukuran 6,7 inci dan mampu mencapai resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Refresh rate yang dimilikinya juga cukup tinggi yaitu 120 Hz dan mampu memutar konten HDR10+ dan menghasilkan 1 miliar warna.

Tidak hanya memiliki tampilan yang menarik, realme GT2 Explorer Master juga memiliki performa yang tinggi karena telah menggunakan chipset terbaik milik Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1.

Chipset ini memiliki delapan inti CPU dengan dukungan pengolah grafis GPU Adreno 730. Untuk memaksimalkan performanya, chipset ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan 12 GB serta penyimpanan internal 256 GB.

4. realme GT3

realme GT Neo5
Layar Super AMOLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Biasanya sih anak muda zaman sekarang tidak punya banyak waktu untuk berdiam saja. Maka dari itu, realme GT3 ini dijamin pas untuk menunjang produktivitas lantaran performanya yang super ngebut.

Bagaimana tidak? Dapur pacunya sudah diisi dengan Snapdragon 8+ Gen 1 yang mencapai skor AnTuTu v9 menembus 1 juta poin. Ditambah lagi dengan kemampuan isi daya tercepat di dunia, menggunakan fast charging 240 W yang bisa cas HP dari 0-100% dalam waktu 10 menit!

Pada bagian desainnya pun dirancang agar menampilkan kesan unik dan canggih, menampilkan jendela transparan sehingga pengguna bisa "mengintip" chipset dan cip NFC di dalamnya. Jendela ini juga akan menampilkan efek pencahayaan yang berbeda, tergantung dari aktivitas yang dilakukan ponsel.

Hal yang menurut saya cukup disayangkan dari HP ini adalah absennya chipset Snapdragon 8 Gen 2. Soalnya, Anda hanya perlu tambah sedikit untuk bisa memiliki HP flagship dengan SoC lebih modern. Tapi kalau Anda tidak memedulikan hal itu dan lebih tertarik dengan pengalaman super ngebut, realme GT3 adalah opsi yang sulit dikalahkan.

5. realme GT Neo5 240 W

realme GT Neo5 240W
Layar Super AMOLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tidak sabar ingin dapat mengisi baterai sampai penuh? Jangan lewatkan realme GT Neo5 yang satu ini. Pasalnya, ia menggunakan daya pengisian 240 W yang diklaim hanya butuh waktu 10 menit untuk mencapai full charge.

Besaran daya 240 W ini membuatnya sebagai ponsel dengan predikat fast charging tercepat di dunia per Maret 2023. Sebelumnya rekor pengecasan tercepat dipegang oleh Redmi Note 12 Explorer dengan daya 210 W.

Terlepas dari durasi charging yang secepat kilat, realme GT Neo5 240 W memiliki kapasitas baterai di bawah rata-rata yaitu 4.600 mAh. Jika ingin baterai lebih besar (5.000 mAh), Anda bisa memilih varian realme GT Neo5 yang pakai daya 150 W.

Desain bodi HP ini juga sangat unik karena menampilkan aksen visual stripe yang umum ditemukan pada mobil balap. Adapun pada daya tarik lainnya, smartphone dengan Snapdragon 8+ Gen 1 ini juga punya NFC yang bekerja secara 360 derajat. Artinya, ponsel dapat mendeteksi kartu eMoney meski ditempel di bagian layar alih-alih belakang seperti biasanya.

Kembali bicara soal baterai, battery health di HP ini bisa bertahan cukup lama, loh. Menurut pengujian realme Lab, ponsel sanggup bertahan hingga siklus pengecasan 1600 kali (dari 0-100%) sembari mempertahankan 80% dari total kesehatan baterainya. Dengan begitu, baterai ponsel tetap berada dalam kondisi maksimal meski ponsel digunakan hingga 4 tahun.

6. realme GT2 Pro 

realme gt2 pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 3 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Ponsel flagship memang umumnya sekadar menggembor-gemborkan spesifkasi dewa pada hardware dan software-nya, namun hanya realme GT2 Pro lah yang sekaligus hadirkan bahan material terunik yang pernah ada. Ya, smartphone ini hadirkan bahan kertas daur ulang yang ramah lingkungan.

Meskipun terbuat dari bahan material berbasiskan kertas, namun Anda tetap dapat menikmati grip yang nyaman serta feel yang kokoh. Sisi ergonomisnya pun tetap dapat, ia bahkan tidak akan begitu menampilkan bekas noda sidik jari ataupun goresan, sehingga HP dapat terlihat baru dalam waktu yang cukup lama.

Ponsel dengan minim emisi jejak karbon ini juga punya keunggulan di bagian layar. Bagaimana tidak? Teknologi LTPO 2.0 AMOLED 6,7 yang diusungnya menghadirkan resolusi tajam 1440 x 3216 piksel pada kerapatan 509 ppi. Ia pun dapat menyesuaikan refresh rate antara 1 Hz hingga 120 Hz berdasarkan aktivitas yang ditampilkan di layar.

Ingin menggunakannya untuk bermain game berat? Tidak masalah, karena HP sudah ditopang dengan Snapdragon 8 Gen 1 berfabrikasi 4 nm yang tak kenal lelah dan senantiasa berikan performa kencang setiap saat (selama tidak terjadi overheating).

7. realme GT Neo5 SE

realme GT Neo5 SE
Layar OLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 1 TB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (microscope)
Baterai Li-Po 5500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Jika Anda mencari HP realme dengan kemampuan layar yang enak buat nonton atau bermain game, realme GT Neo5 SE jadi salah satu pilihan yang pas. HP ini tidak hanya menawarkan refresh rate 90 Hz atau 120 Hz saja, tetapi sudah mencapai 144 Hz. Angka tersebut cukup tinggi bahkan setara dengan HP yang dikhususkan untuk penggunaan gaming tingkat tinggi.

realme GT Neo5 SE dibekali layar berukuran luas yaitu 6,74 inci dengan panel OLED. Resolusi yang berhasil dicapainya adalah 1,5K atau 1240 x 2772 piksel. Spesifikasi tersebut tentu sudah cukup baik dalam menampilkan ketajaman dan kejernihan pada layar.

Sedangkan untuk performanya, realme GT Neo5 SE sudah dibekali chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2. Chipset ini bisa dipadukan dengan kapasitas memori yang sangat luas. Mulai dari RAM 8 GB hingga 16 GB dan memori internal 128 GB hingga 1 TB maksimal. Sebagai informasi, makin luas kapasitas memori yang dimilikinya, maka makin optimal juga performa yang dihasilkan.

Dengan spesifikasi dan kemampuan yang ditawarkan, Anda pasti ingin berlama-lama menggunakan realme GT Neo5 SE ini bukan? Jika iya, tidak usah khawatir. HP ini memiliki baterai yang awet hingga seharian dengan kapasitas hingga 5500 mAh. Fitur pengisian dayanya juga sudah cukup tinggi hingga 100 W.

8. realme GT2

realme gt2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Hadir tanpa embel-embel "Pro" bukan berarti ia hanya suguhkan spesfikasi yang receh. Teknologi layar yang dihadirkannya memang berkurang, tidak lagi LTPO2 AMOLED namun kini hanya AMOLED saja. Tandanya, refresh rate adaptifnya tidak akan berjalan sefleksibel Pro.

Ukuran dan resolusinya pun kini menurun menjadi 6,62 inci Full HD+. Tapi percaya deh, tampilan layarnya tetap jauh dari kata jelek. Toh, ia suguhkan standar HDR10+ dengan kecerahan puncak mencapai 1300 nit, memberikan Anda akses terhadap konten HDR pada YouTube.

Selain itu, kemampuan dapur pacunya pun kini hanya Snapdragon 888. Tapi jangan sepelekan performanya, ya. Dilansir dari GSM Arena, skor AnTuTu v9 yang berhasil diraih HP ini mencapai 810.512 poin.

9. realme 12 Pro+

realme 12 Pro plus
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 64 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Ingin rasakan pemotretan jarak jauh yang bagus namun terpentok dana? Mungkin realme 12 Pro+ akan menjadi solusi bagi permasalahan Anda. Sebab, HP ini sudah dilengkapi dengan kamera periskop telefoto.

Bahkan, realme 12 Pro+ pun layak dinobatkan sebagai salah satu HP termurah yang kantongi kamera periskop telefoto tersebut. Kamera ini dapat melakukan pembesaran optis hingga 3x serat sudah dibekali penstabil gambar OIS dan PDAF untuk hasil lebih maksimal.

Lalu, keunikan lain dari HP ini terletak pada sisi bodi belakang yang tampil mewah. realme telah jalin kerja sama dengan Ollivier Savéo selaku desainer jam tangan mewah ternama.

realme 12 Pro+ menyajikan desian Golden Fluted Bezel dengan 300 alur segitiga untuk berikan kesan presisi tinggi, menggabungkan efek memesona dari segala sudut.

Meski tampil cantik, sayangnya, bodi realme 12 Pro+ ini belum dibekali dengan sertifikasi tahan air IP68 yang mutakhir. Alih-alih bisa tahan di kedalaman air, ponsel ini hanya memiliki IP65 yang membuatnya tahan terhadap semprotan air bertekanan rendah.

10. realme 11 Pro+

realme 11 Pro+
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7050
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 200 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4999 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

realme 11 Pro+ hadir untuk melengkapi lini realme 11 Series yang beredar. Selain itu, HP ini juga menjadi model tertinggi di dalamnya. Hal itu bukan tanpa alasan, realme 11 Pro+ ini hadir membawa berbagai keunggulan di beberapa sektornya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah sektor desain dan layarnya.

Untuk desainnya, realme 11 Pro+ ini cukup unik dengan menggunakan material Premium Lychee Vegan Leather yang memiliki tekstur khas. Selain itu, tampilannya juga lebih mewah karena memiliki layar lengkung atau curved di kedua sisinya. Hal tersebut tentu menarik, apalagi bezel yang mengelilinginya sudah cukup tipis membuatnya terlihat lebih lebar dan mewah.

Untuk kemampuannya, layar realme 11 Pro+ ini mengusung panel AMOLED berukuran 6,7 inci. Resolusinya sudah mencapai Full HD Plus dengan dukungan refresh rate 120 Hz, HDR10+, dan mampu menghasilkan sekitar 1 miliar warna dengan gamut DCI-P3 100 persen.

Soal layar, realme 11 Pro+ ini memang bisa dibilang juara di kelasnya. Namun, keunggulan dari HP ini bukan di sektor itu saja. Untuk performanya, realme 11 Pro+ telah memercayakannya kepada chipset buatan MediaTek yaitu Dimensity 7050.

Selain itu, kamera utama yang disematkan pada HP ini tidak tanggung-tanggung. Resolusinya bahkan mencapai 200 MP (f/1.8) dengan autofocus dan OIS. Resolusi kamera yang dimilikinya ini menjadikan realme 11 Pro+ sebagai HP dengan resolusi kamera tertinggi. Hal ini menjadi nilai jual utama yang dimiliki oleh realme 11 Pro+.

Ketahanan baterainya juga bisa diandalkan dengan baterai 5000 mAh. Apalagi fitur pengisian dayanya yang terbilang cepat dengan 100 W. HP ini bisa mengisi daya hingga penuh dengan hanya 26 menit saja.

Nah, itu tadi deretan produk HP Realme terbaik dengan spesifikasi dan fitur tercanggih yang bisa kamu nikmati. Jadi, HP Realme mana yang membuatmu tertarik? Share preferensimu di kolom komentar ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram