carisinyal web banner retina

7 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Neo 5 (240 W dan 150 W)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

realme memiliki line up ponsel kelas menengah yang diberi tajuk "realme GT" series. Pada tahun 2023, realme kembali meluncurkan anggota terbarunya yaitu realme GT Neo5. Ponsel ini merupakan penerus dari realme GT Neo3 yang sudah hadir duluan ke pasaran pada setahun sebelumnya.

Salah satu daya tarik khas yang dimiliki seri ini adalah kemampuan fast charging-nya yang ngebut di luar nalar. Bahkan, realme GT Neo5 merupakan ponsel dengan salah satu kecepatan fast charging tertinggi di dunia, menggunakan daya 240 W.

Selain varian ponsel dengan daya pengecasan 240 W, realme GT Neo5 juga tersedia dalam varian lainnya yaitu 150 W. Yang berbeda dari dua versi ini hanya kapasitas baterai, harga, dan juga varian memorinya. Sekadar informasi, realme GT Neo3 yang jadi pendahulunya juga terbagi jadi dua varian berbeda, yaitu versi 80 W dan 150 W.

Anda bisa melihat tabel di bawah ini sebagai referensi singkat mengenai kelebihan dan kekurangannya. Melihat dari apa yang ia tawarkan secara keseluruhan realme GT Neo5 layak dianggap salah satu yang terbaik di dunia meski harganya yang terjangkau.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Performa terlampau gahar di harganya, punya Snapdragon 8+ Gen 1
Belum mendukung Wi-Fi 6
Hadir dengan opsi fast charging 150 W dan 240 W
Tanpa IP Rating
HP flagship killer pertama dengan penyimpanan 1 TB
Tanpa Gorilla Glass
Fitur kamera lengkap, bisa rekam 4K dan 1080p di 60 FPS
Desain bodi kece, ada lampu RGB
Resolusi layar 1,5K dengan refresh rate 144 Hz, tajam dan memukau
NFC dual side, bisa mendeteksi kartu dari segala arah

realme GT Neo5 juga dianggap punya value for money yang sangat baik, bahkan beberapa fiturnya sudah membuatnya setara dengan ponsel flagship. Mau tahu seluk-beluk selengkapnya? Langsung simak saja di bawah ini sampai tuntas, ya.

Spesifikasi realme GT Neo 5

realme GT Neo5 240W
Layar Super AMOLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan realme GT Neo 5

Memberikan vibe mobil balap yang berdesain keren dan performa cepat, tidak salah jika realme GT Neo5 dianggap sebagai HP gaming yang reliable. Berikut ini beberapa poin yang sebaiknya Anda simak sebelum membeli.

1. Performa Terlampau Gahar di Harganya, Punya Snapdragon 8+ Gen 1

snapdragon 8+ gen 1_

Chipset yang menjadi sumber kekuatan realme GT Neo5 adalah Snapdragon 8+ Gen 1, memiliki proses fabrikasi 4nm TSMC. Ini menjadi salah satu kasus pertama di mana chipset flagship dicadangkan pada ponsel kelas mid-range.

Sehingga, realme GT Neo5 bisa dikatakan menjadi salah satu ponsel dengan rasio price-to-performance terbaik di dunia. Cocok untuk yang ingin rasakan performa gahar khas flagship, tapi dengan potongan harga yang sangat drastis.

Snapdragon 8+ Gen 1 membawakan sejumlah peningkatan dibanding Snapdragon 8 Gen 1 reguler yang duluan hadir pada awal tahun 2022. Varian Plus ini umumnya punya clock speed yang meningkat, serta diketahui punya peningkatan kecepatan CPU dan GPU sebesar 10%, sekaligus bawakan penurunan power draw hingga 30%.

Meski begitu, SoC Snapdragon 8+ Gen 1 pada realme GT Neo5 mengalami underclock. Chipset terdiri atas konfigurasi prosesor delapan inti yang mencakup 1 unit Cortex X2 berkekuatan 3.19 GHz (prime core), tiga inti Cortex A710 dengan frekuensi 2.75 GHz (high performance core), serta empat unit Cortex A510 dengan kinerja hingga 1.8 GHz (efficiency core).

Konfigurasi di atas kontras dengan Snapdragon 8+ Gen 1 yang umumnya tawarkan clock speed 3.2 GHz (prime core), 2.8 GHz (high performance core), dan 2.0 GHz (efficiency core).

Kedelapan unit prosesor ini dibalut dengan kartu pengolah grafis Adreno 730 yang punya performa hingga 900 MHz, mendukung RAM LPDDR5 berfrekuensi 3200 MHz, hingga jenis penyimpanan internal UFS 3.1.

Snapdragon 8+ Gen 1 pada realme GT Neo5 mampu menjalankan permainan Genshin Impact dengan frame rate rata-rata 51,74 FPS pada pengaturan grafis Highest (dengan motion blur dimatikan), dilansir dari Gizmochina.

Selain itu smartphone juga diketahui punya kinerja yang baik dalam menangani throttling. Berdasarkan pengujian CPU Throttling Test dari sumber yang sama, realme GT Neo5 mampu mempertahankan hingga 91% dari total performa selama diberi beban berat selama 20 menit.

Ini berkat adanya sistem pendingin dengan ruang pendingin seluas 6580 mm persegi serta ruang uap 3D seluas 4500 mm persegi, dirancang untuk membuat suhu perangkat tetap stabil tanpa menyebabkan ponsel jadi overheating ataupun throttling.

Performa benchmark-nya juga mencetak skor yang tinggi, seperti AnTuTu v9 yang meraih angka 1.063.019 poin, serta Geekbench 5 yang mencapai skor 1269 poin (single core) dan 3901 poin (multi-core).

Meski telah mengalami penurunan clock speed, realme GT Neo5 tampak punya performa yang setara dengan Redmi K60 dengan chipset yang sama. Beberapa skor benchmark-nya diketahui hampir sama, bahkan beberapa ada yang di bawah realme GT Neo5.

2. Hadir dengan Opsi Fast Charging 150 W dan 240 W

realme gt neo5 fast charging_

Ini adalah sebuah kelebihan yang layak diapresiasi, terutama oleh mereka yang suka lupa mengecas HP sebelum tidur. Ya, realme GT Neo5 memiliki kecepatan pengisian daya yang sangat luar biasa.

Bahkan saat di pagi hari menemukan HP dalam kondisi mati, kita tinggal perlu mencolok charger dan menuju kamar mandi untuk buang air kecil. Saat keluar kamar mandi, realme GT Neo5 sudah dalam kondisi tercas full. Enak, bukan?

realme GT Neo5 memiliki dua varian berbeda, yaitu versi fast charging 150 W dan satunya lagi adalah 240 W. realme mengklaim dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk isi daya cari kosong hingga penuh.

Klaim ini terbukti benar berdasarkan pengujian gizmochina yang mengatakan ponsel bisa meraih full battery dalam waktu 9 menit. Lebih cepat dari yang diklaimkan. Akan tetapi, realme GT Neo5 varian 240 W memiliki kapasitas baterai lebih sedikit ketimbang 150 W, yaitu 4.600 mAh alih-alih 5.000 mAh.

Setelah melakukan pemutaran video 1080p selama 30 menit, menonton TikTok selama 30 menit, bermain Genshin Impact selama 20 menit, dan permainan PUBG Mobile selama 20 menit, baterai hanya berkurang 29%.

3. HP Flagship Killer Pertama dengan Penyimpanan 1 TB

realme gt neo5 1 tb_

realme GT Neo5 merupakan salah satu ponsel pertama dengan harga menengah, tapi sudah menawarkan kapasitas penyimpanan internal 1 TB. Sebagai informasi, biasanya hanya ponsel true flagship (Rp10 jutaan ke atas) yang menyediakan varian kapasitas sebesar itu.

Namun, versi 1TB hanya tersedia pada realme GT Neo5 yang hadirkan daya 240 W. Sedangkan varian 150 W hanya memiliki kapasitas memori internal tertinggi di angka 256 GB.

Untuk lebih lengkapnya, realme GT Neo5 varian 150 W memiliki varian kapasitas RAM 8 GB + 256 GB, RAM 12 GB + 256 GB, serta RAM 16 GB + 256 GB. Sementara pada varian 240 W, memiliki kapasitas RAM 16 GB + 256 GB, dan RAM 16 GB + 1 TB.

Penyimpanan internal ini menggunakan standar UFS 3.1, dengan RAM yang memiliki standar LPDDR5. Baik realme GT Neo5 berdaya 150 W maupun 240 W tidak memiliki slot memori eksternal. Dengan penyimpanan internal sebesar itu, Anda bisa menginstal berbagai macam gim dan aplikasi tanpa harus khawatir storage penuh.

4. Fitur Kamera Lengkap, Bisa Rekam 4K dan 1080p di 60 FPS

realme gt neo5 kamera_

realme GT Neo5 dibekali dengan konfigurasi triple camera yang layak untuk memenuhi kebutuhan fotograri harian maupun profesional. Sebagai kamera utamanya, terdapat sensor Sony IMX890 berkekuatan 50 MP. Sebagai informasi, ini merupakan sensor yang juga digunakan pada OPPO Find N2 Flip dan OPPO Find N2.

Kamera utama ini hadir dengan apertur f/1.9, focal length 24 mm, serta berukuran sensor 1/1.56 inci. Karena sudah disertai dengan PDAF dan OIS, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang terhindar dari blur.

Sebagai sensor keduanya, terdapat kamera ultrawide 8 MP dengan apertur f/2.2, focal length 16 mm, ukuran sensor 1/4.0 inci, serta field of view seluas 112 derajat. Anda pun bisa menggunakan sensor ketiganya untuk hasilkan detail tajam pada serat-serat permukaan benda, menggunakan kamera 2 MP mikroskop (f/3.3).

Fitur kameranya mencakup Hypershot 2.0 yang dapat memberikan kecepatan imaging yang tinggi, serta meningkatkan kualitas stabilisasi dan reproduksi warna. Pengguna juga akan lebih dimanjakan saat memotret malam hari, lantaran algoritma sensitif night scene dari ProLight 2.0, meningkatkan kualitas hasil pemotretan gelap sebanyak 9%.

Street Photography Mode 3.0 juga dapat membantu pemotret untuk dapatkan hasil foto maksimal pada objek-objek yang bergerak, memiliki fokus yang dapat mengunci dengan cepat untuk hasil foto yang tajam dan tidak blur. Cek di bawah ini untuk beberapa sampel fotonya.

realme gt neo5 camera comparison 2_Sumber: YouTube/Techy Artist
realme GT Neo5 (kiri), Samsung Galaxy S23 (kanan)
realme gt neo5 camera comparison_Sumber: YouTube/Techy Artist
realme GT Neo5 (kiri), Samsung Galaxy S23 (kanan)
realme gt neo5 kamera sampel_Sumber: Gizmochina
realme gt neo5 normal vs night mode_Sumber: Gizmochina

Berdasarkan hasil foto di atas, kita bisa simpulkan realme GT Neo5 memang punya kualitas kamera yang menarik. Hasil-hasil fotonya bahkan masih bisa dikomparasi dengan Samsung Galaxy S23 yang notabene adalah HP flagship.

Rentang dinamisnya terlihat begitu indah dan kontras, detail yang ditangkap begitu lengkap bahkan pada bagian sulit seperti dedaunan. Hasil foto malamnya pun menunjukkan gambar yang begitu terang dan detail.

Pada bagian kamera depan, perangkat ini juga sungguh menunjukkan kebolehannya dengan resolusi 16 MP wide angle berisikan apertur lensa f/2.5, ukuran sensor 1/3.09 inci, hingga focal length 25 mm.

realme GT Neo5 merupakan sarana kreasi konten ultimate dengan fitur perekaman lengkap. Pada bagian kamera belakangnya, mendukung hingga resolusi 4K di 60 FPS, sedangkan bagian kamera selfie mendukung resolusi 1080p di 30 FPS. Baik pada kamera belakang maupun depan sama-sama menawarkan stabilisasi gyro-EIS.

5. Desain Bodi Kece, Ada Lampu RGB

realme gt neo5 desain bodi_

Karena ini merupakan salah satu anggota realme GT series, tentu saja desain bodi belakangnya mengusung tema yang khas. Ya, nama GT di sini terinspirasi dari Gran Turismo yang merupakan franchise video game genre balapan mobil terkenal.

Ada nuansa double line yang menjuntai dari arah modul kamera menuju pojok bagian bawah. Modul kamera memiliki ukuran yang begitu besar, menampung LED Flash dan juga dua lingkaran besar berisikan tiga kamera. Di samping modul, terdapat jendela transparan sehingga pengguna dapat melihat chipset-nya secara gamblang.

Pada jendela tersebut, realme juga menyematkan lampu RGB yang dapat menyala ketika menerima notifikasi, saat proses charging berlangsung, dan menyala sebagai penanda berlangsungnya momen-momen istimewa pada gaming.

Pihak perusahaan menyebutkan bahwa sistem lampu RGB ini menawarkan sebanyak 25 warna yang berbeda, 5 tingkatan kecepatan yang bisa diatur, hingga pengaturan kustom lainnya.

realme GT Neo5 memiliki bobot yang tidak terlalu ringan, namun tidak bisa dikatakan berat juga. Dengan bobot 199 gram, ponsel ini terbilang pas di tangan mengingat berbagai fitur inovatif yang ia tawarkan. Sementara itu, ponsel mengusung dimensi panjang 164,9 mm dengan lebar 75,8 mm. Adapun untuk ketebalannya berada di kisaran angka 8,9 mm.

Anda bisa memilih salah satu dari tiga varian warna yang tersedia, yaitu ungu, hitam, dan juga putih. Versi warna ungu disebutkan menggunakan teknologi matte fusion process pada bahan material kaca dengan empat tekstur yang berbeda.

6. Resolusi Layar 1,5K dengan Refresh Rate 144 Hz, Tajam dan Memukau

realme gt neo5 layar_

Kelebihan lain yang begitu terasa adalah pada sisi layar. Ketika mayoritas HP di harganya hanya mengandalkan resolusi Full HD+, perangkat ini menggunakan resolusi 1.5K alias 1240 x 2772 piksel. Layar smartphone ini berada di ukuran 6,74 inci pada aspek rasio 20:9 serta memiliki kerapatan piksel sekitar 451 ppi (pixel per inch).

Memiliki ketajaman di atas rata-rata, layar HP dengan panel AMOLED ini juga berjalan pada refresh rate 144 Hz demi menawarkan pengalaman grafis lebih mulus saat navigasi dan bermain gim. Diketahui, perangkat ini memiliki tujuh tingkatan refresh rate yang dapat disesuaikan secara otomatis berdasarkan kegiatan yang ada di layar.

Dilansir dari Gizmochina, pengguna bisa memilih empat refresh rate yang berbeda. Bisa diasumsikan bahwa keempat refresh rate tersebut adalah 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, dan juga 144 Hz.

Selain punya pergerakan layar lebih mulus, HP ini juga dapat menerima sentuhan jari lebih cepat dari kebanyakan ponsel lain. Ini karena layar sudah mendukung e-sport control engine sebesar 1500 Hz.

Layar terbuat dari material T7 luminescent dengan frekuensi pulse width modulation (PWM) sebesar 2170 Hz. Untuk diketahui, layar yang berada pada kecerahan rendah biasanya menampilkan flicker yang dapat mengganggu indra visual.

Nah, frekuensi PWM yang tinggi dapat mencegah hal itu, supaya orang yang punya mata sensitif terhadap flicker bisa tetap menikmati isi layar meski dalam kondisi gelap. Keberadaan bezel yang setipis 2.31 mm di sekelilingnya juga bikin layar tampak lebih luas dari seharusnya.

Pengguna juga tidak akan mengalami kendala saat gunakan HP di siang hari, karena layar mendukung tingkat kecerahan local peak hingga 1400 nit. Tingkat kecerahan yang tinggi akan membuat keterbacaan tulisan tetap maksimal meski dilihat di bawah terik matahari.

Mengingat HP ini menggunakan panel layar AMOLED, reproduksi warna yang ditampilkan juga bukan kaleng-kaleng. Disebutkan pada laman resminya bahwa realme GT Neo5 mendukung tampilan sebanyak 10 miliar warna, sehingga meningkatkan kualitas tampilan film, series, ataupun gim dari segi variasi warna.

Untuk memberikan penekanan lebih terhadap fungsi gaming, layar juga mengusung fitur hyper anti-false touch system yang dapat mengenali hingga 11 teknik pengenggaman. Layar juga dapat mengurangi latensi sentuhan hingga lebih dari 8 milidetik.

7. NFC Dual Side, Bisa Mendeteksi Kartu dari Segala Arah

realme gt neo5 konektivitas_

Apakah Anda seorang pengendara mobil yang sering parkir di gedung atau melalui jalan tol? Jika iya, fitur konektivitas yang satu ini bisa membantu Anda. Ya, realme GT Neo5 memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna mengecek/mengisi saldo kartu eMoney, tanpa harus mengisinya melalui minimarket dan ATM.

Namun, realme GT Neo5 membawa pengalaman tersebut ke jenjang yang lebih tinggi lagi. HP ini tidak hanya dapat mengecek keberadaan kartu eMoney dari sisi belakang maupun dari sisi depan juga. Hal ini berkat fitur NFC Dual Side yang dapat mengenali kartu dari segala arah.

Fitur smartphone lain yang jarang ditemukan pada pesaingnya adalah port infrared. Konektivitas tersebut umumnya hanya dimiliki oleh HP dari brand POCO dan Xiaomi, namun realme GT Neo5 juga memilikinya. Dengan port infrared, ponsel bisa "disulap" menjadi remote TV dan AC universal.

Fungsi remote ini tidak hanya bekerja pada Smart TV saja melainkan juga pada TV lawas sekalipun. Soalnya, proses penghubungan HP ke TV ini tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

Adapun konektivitas lainnya yang layak dipuji adalah fingerprint scanner yang tertanam di dalam layar, yang juga merangkap sebagai pembaca detak jantung (heart rate monitoring).

Perangkat juga menghadirkan haptic feedback yang begitu terasa nyaman saat bermain gim, mengandalkan x-axis linear motor sehingga efek vibrasi bisa terasa lebih nyata.

Kekurangan realme GT Neo 5

Begitu banyak kelebihan yang ia tawarkan, bukan? Eits, tunggu dulu. Sebaiknya perhatikan juga sisi sebaliknya agar Anda punya informasi lebih lengkap mengenai HP ini.

1. Belum Mendukung Wi-Fi 6

realme GT Neo5

realme GT Neo5 merupakan ponsel yang sudah mendukung jaringan seluler Dual SIM 5G. Apabila melihat jumlah band yang didukung ponsel, semestinya 5G pada perangkat bisa digunakan di Indonesia karena mendukung band n1, n3, dan n40.

Perangkat menggunakan port USB Type-C 2.0 yang mendukung OTG, dan dibekali kemampuan Bluetooth 5.3 dengan kodek A2DP, LE, dan aptX HD. Sebagai fitur sensornya, tersedia akselerometer, gyro, proksimitas, dan juga kompas.

Kekurangan HP ini dari sisi konektivitas adalah protokol Wi-Fi yang "hanya" mendukung hingga protokol Wi-Fi 5 dual band. Sejumlah ponsel lain, meski tidak banyak, sudah menggunakan Wi-Fi 6 yang dapat meraih kecepatan maksimal lebih tinggi.

Dilansir dari TP Link, Wi-Fi 6 memiliki dukungan kecepatan hingga 9,6 Gb per detik sedangkan Wi-Fi 5 hanya dukung hingga 6,9 Gb per detik. Selain itu, Wi-Fi 6 lebih ideal digunakan pada area yang padat penduduk, misalnya seperti daerah perkantoran, apartemen, mal, dan lain-lain.

2. Tanpa IP Rating

realme gt neo5 ip rating_

Biasanya, produsen smartphone cenderung memberikan sertifikasi ketahanan air pada produk kelas menengah. Ini supaya memberikan peace of mind berlebih saat menggunakan ponsel di daerah dengan curah hujan tinggi.

Sejauh pengamatan, realme GT Neo5 tidak memiliki IP Rating dalam bentuk apa pun. Sehingga pengguna perlu lebih berhati-hati untuk tidak menjatuhkan smartphone ke kolam atau kubangan lumpur.

3. Tanpa Proteksi Gorilla Glass

realme gt neo5 tanpa gorilla glass_

Layar smartphone ini memang tidak dipungkiri memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari rata-rata mid-range lain. Sangat jarang ada layar dengan resolusi 1.5K serta laju penyegaran 144 Hz seperti realme GT Neo5.

Walaupun begitu, cukup disayangkan ponsel ini belum dibekali dengan lapisan kaca pelindung Gorilla Glass apa pun. Setidaknya, saya berharap adanya Gorilla Glass 5 supaya ada proteksi tambahan kalau-kalau layar ponsel terbentur. Padahal sudah ada loh HP Rp4 jutaan yang dibekali Gorilla Glass Victus, seperti POCO X3 GT.

Simpulan

Harga rilis yang dibanderol realme GT Neo5 terbagi menjadi dua varian, yaitu 150 W dan 240 W. Per Februari 2023, ponsel ini belum tersedia di Indonesia dan masih dirilis di pasar Cina saja. Berikut ini adalah daftar harganya.

Varian 150 W:

  • RAM 8 GB + 256 GB: 2.499 yuan (Rp5,6 jutaan)
  • RAM 12 GB + 512 GB: 2.699 yuan (Rp6 jutaan)
  • RAM 16 GB + 256 GB: 2.899 yuan (Rp6,4 jutaan)

Varian 240 W:

  • RAM 16 GB + 256 GB: 3.199 yuan (Rp7,1 jutaan)
  • RAM 16 GB + 1 TB: 3.499 yuan (Rp7,8 jutaan)

Bagaimana menurut Anda soal harga-harga di atas? Worth it sekali, bukan? Perlu diingat, ini adalah smartphone dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 serta kamera utama yang sama dengan OPPO Find N2 Flip. Hanya dengan Rp5 jutaan Anda sudah bisa mencicipi HP dengan kualitas setara flagship seperti ini. Varian mana yang Anda ingin beli?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram