Cermati 11 Kelebihan dan Kekurangan HP POCO X3 GT Ini

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Berbagai produsen telah ramai-ramai berkompetisi untuk segmen HP 5G terjangkau. Sub-merek Xiaomi, POCO memanaskan persaingan itu dengan POCO M3 Pro. Ponsel berjulukan 5G killer itu resmi meluncur di Indonesia pada Juni 2021.

Namun, POCO M3 Pro bukan satu-satunya senjata POCO untuk mengguncang publik. Satu ponsel 5G lagi turut disiapkan buat mereka yang doyan performa tinggi. Ponsel yang dimaksud adalah POCO X3 GT. Untuk kawasan Asia Tenggara, HP ini nongol duluan di Malaysia dan Vietnam.

POCO X3 GT sejatinya adalah nama global dari Redmi Note 10 Pro 5G yang sudah dirilis di pasar Tiongkok pada Mei 2021. Salah satu keunggulan ponsel ini terletak pada chipset-nya, MediaTek Dimensity 1100 5G. Konon, chipset tersebut mampu menyuguhkan performa bertaraf flagship.

Chipset hanyalah satu dari sekian kelebihan yang dimiliki POCO X3 GT. Melalui artikel pendek ini, Carisinyal akan membabar apa saja kelebihan POCO X3 GT, berikut kekurangan yang perlu Anda cermati. Untuk memulai pembahasan, simak dulu spesifikasi singkat si ponsel di bawah ini.

Spesifikasi POCO X3 GT

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan POCO X3 GT

POCO selalu mencoba agar konsumen merasa memperoleh apa yang semestinya mereka dapat dari uang yang telah dibayar. Beberapa poin di bawah ini adalah alasan mengapa POCO X3 GT bisa disebut worth it.

1. Desain Elegan dengan Gorilla Glass Victus

Sumber: mi.com

Tidak akan ada yang menyangkal bahwa bentuk POCO X3 GT memang besar. Pengguna bertangan mungil bisa jadi agak kesulitan menggenggamnya dengan satu tangan. Hal itu adalah konsekuensi dari bentang layar si HP yang terbilang lebar, 6,6 inci.

Meski demikian, jika ditengok dari dimensi, ponsel ini sebenarnya tidak besar-besar amat. Ukuran 163,3 x 75,9 x 8,9 mm dengan bobot 193 gramnya tergolong wajar, bahkan impresi berat tidak akan Anda jumpai. Malah Anda mungkin akan heran karena dengan ketebalan yang minim tersebut HP ini mampu menggendong baterai 5000 mAh.

Jika ditilik lebih jauh, bahasa desain X3 GT mirip dengan Redmi Note 10 Pro. Hanya saja, material bodi ponsel ini memakai plastik seluruhnya. Kemudian, tonjolan modul kamera belakangnya dibuat rata (sekitar 3 milimeter) - tidak bertingkat seperti Redmi Note 10 Pro.

Perbedaan terhadap dua hal itu seakan tidak melunturkan kesan elegan ponsel ini, apa pun varian warna penutup belakangnya: Stargaze Black, Wave Blue, dan Cloud White. Varian Stargaze Black menyerupai langit dengan bintik-bintik bintang.

Sementara itu, varian Wave Blue dan Cloud White memiliki tekstur garis-garis vertikal yang enak dipegang dan menghindarkan ponsel dari bercak jari. Material plastik bahkan tetap membuat POCO X3 GT tetap terasa solid menurut penilaian Chris G. dalam kanal YouTube TechTablets.

Sumber: mi.com

Yang paling keren dari desain HP ini ada di bagian depannya. Ya, layarnya dilapisi kaca proteksi paling sip, yaitu Corning Gorilla Glass Victus. Inilah kali pertama HP POCO diperkuat Gorilla Glass Victus. Kaca ini diyakini 1,5 kali lebih tahan benturan dan 2 kali lebih tahan goresan ketimbang Gorilla Glass 6.

Selain itu, POCO X3 GT juga mempunyai sertifikasi IP53 yang membuatnya mampu beroperasi dengan baik meski kemasukan sedikit debu, serta tahan cipratan air dari satu sisi.

Hal selanjutnya yang mungkin perlu Anda ketahui soal desain ponsel ini adalah apa yang ada di keempat sisi rangkanya. Mulai dari sisi kanan, terdapat tombol volume dan power yang menyatu dengan sensor sidik jari. Geser ke bawah, ada lubang mikrofon, port USB C, dan speaker.

Ke samping kiri ada slot dua nano SIM tanpa microSD. Di atas ada lubang mikrofon dan speaker lagi, serta infrared blaster khas HP-HP Xiaomi.

2. Tampilan 120 Hz

Sumber: mi.com

Panel IPS memang bukan favorit sektor tampilan HP masa kini yang sudah condong ke OLED dan turunannya. Namun, dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan kerapatan piksel 399 ppi, layar 6,6 inci POCO X3 GT mampu menampilkan konten secara tajam. Penguji Pocket Lint, Mike Lowe, mengakui akan hal itu.

Chris Barraclough dalam kanal YouTube Tech Spurt menyebut bahwa warna yang keluar dari layar HP ini tetap cemerlang, kontrasnya pun baik. Layar dengan gamut warna DCI-P3 dan teknologi HDR10 ini mampu memancarkan kecerahan hingga level 465 nit menurut Chris G.

Satu hal yang mengangkat 'derajat' layar IPS HP ini adalah laju penyegaran tinggi dinamis 120 Hz. POCO mengklaim, produknya yang satu ini dapat dengan cerdas menyesuaikan setelan refresh rate (laju penyegaran) berdasarkan kebutuhan. Kemampuan tersebut diistilahkan dengan Dynamic Switch.

Dynamic Switch membuat sebuah konten terhindar dari setelan refresh rate yang tidak cocok, sehingga gambar yang ditampilkan tak terlihat patah-patah. Dalam hal ini, sistem Dynamic Switch akan otomatis memilih setelan 48 Hz saat HP memutar film; 50 Hz ketika pengguna menonton serial TV; 30 atau 60 Hz saat streaming video; dan 60, 90, atau 120 Hz kala bermain game.

Setelan yang sesuai juga berfungsi agar ponsel dapat menghemat konsumsi daya. Di samping itu, pengguna dapat menyetel secara manual di menu pengaturan. Setelan yang bisa dipilih adalah High 120 Hz dan Standard 60 Hz.

Adapun layar POCO X3 GT memiliki responsivitas cukup tinggi, yakni 240 Hz (touch sampling rate). Artinya, layar ponsel ini dapat memproses input sentuhan hanya dalam tempo 4,16 milidetik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram