10 Rekomendasi HP Flagship Termurah di Bulan September 2022

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Banyak di antara kita yang sudah mengenal istilah "flagship". Namun, tidak semua mengerti apa maksudnya. Apa itu flagship? Menurut kamus Merriam-Webster, flagship berarti yang terbaik, yang terbesar, atau yang paling penting dari sekelompok hal, seperti produk, toko, dll. Singkatnya, flagship bisa diartikan sebagai unggulan.

Dalam dunia ponsel, kita juga mengenal istilah HP flagship yang merupakan produk ponsel terbaik yang pernah diproduksi oleh pabrikan tertentu. Tujuan dibuatnya ponsel flagship adalah agar perusahaan dapat mendorong bagi hasil (revenue share) pendapatan utama dan nilai merek (brand value) dengan ponsel flagship.

Ponsel flagship umumnya sangat identik dengan harga yang mahal, berkualitas tinggi, dan premium. Meskipun demikian, perusahaan biasanya menawarkan model paling rendah dari seri ponsel flagship yang dibuatnya, sehingga lebih menjangkau banyak calon pembeli. Nah, di bawah ini Carisinyal merekomendasikan 10 HP flagship termurah dari berbagai brand dunia.

1. Apple iPhone 13 mini

iPhone 13 mini
Layar Super Retina XDR OLED 5.4 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 2438 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Seperti generasi-generasi sebelumnya, iPhone 13 Series dirilis Apple dengan beragam model. Salah satunya adalah iPhone 13 mini ini. Dibanding seluruh lini iPhone 13 Series, HP ini memang yang paling mungil. Wajar saja karena bentang layarnya hanya 5,4 inci.

Ukurannya yang mungil juga jadi alasan mengapa HP ini jadi salah satu pilihan paling ergonomis untuk digenggam dengan satu tangan. Nah, selain karena ukurannya, iPhone 13 mini juga jadi pilihan buat pecinta HP Apple untuk bisa up-to-date dengan anggaran terbatas. Di retail resmi Indonesia yang menjual iPhone 13, ponsel dibanderol mulai Rp12.999.000

Ya, iPhone 13 mini memang paling murah dibanding seluruh anggota iPhone 13 Series. Kendati demikian, performa keseluruhan dan kemampuan kameranya tetap keren seperti saudara-saudaranya. Ingin tahu seperti apa kerennya HP ini? Baca saja artikel kelebihan dan kekurangan iPhone 13 mini.

2. Xiaomi 12

Xiaomi 12
Layar Super AMOLED 6.28 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi menghadirkan lini ponsel anyar ketika meluncurkan Xiaomi 12 Series di Indonesia. Satu lini anyar itu adalah ponsel flagship dengan bentuk kompak. Adalah Xiaomi 12 ponsel yang dimaksud. Ponsel ini tergolong kompak untuk standar masa kini karena ukuran layarnya hanya 6,28 inci.

Meski begitu, Xiaomi 12 kecil-kecil cabe rawit. Jeroan HP ini tidak kalah dari HP-HP kelas atas brand lain. Sebagai contoh, ia dibekali SoC Snapdragon 8 Gen 1, kamera utama 50 MP dengan OIS dan sensor Sony IMX 766, speaker stereo harman kardon, dan layar AMOLED 68 miliar warna.

Menariknya lagi, HP yang hadir dengan varian memori 8/256 GB ini dirilis dengan harga Rp9,9 juta. Harga tersebut cukup terjangkau mengingat banyak HP flagship masa kini yang harganya tembus belasan juta rupiah. Nah, apakah Anda tertarik membeli Xiaomi 12?

3. Samsung Galaxy S22

Samsung Galaxy S22 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung tampaknya makin sadar bahwa ada cukup banyak konsumen yang memerlukan HP kencang dengan ukuran wajar. Oleh sebab itu, mereka merancang Galaxy S22 dengan ukuran lebih ringkas ketimbang pendahulunya. Selain lebih ringkas, S22 juga tampak lebih minimalis berkat desain flat-nya.

Galaxy S22 yang dijual di Indonesia juga menarik karena dibekali SoC Snapdragon 8 Gen 1. Ketimbang versi Exynos 2200, yang satu ini punya performa lebih ngebut. Yang menarik lagi dari HP kompak ini adalah kemampuan kameranya. Fotografi di kondisi siang hari juara, kemampuan low light-nya pun demikian.

Namun, S22 juga menjadi ponsel Android dengan kualitas Instastory terbaik. Ini penting bagi Anda yang bekerja sebagai kreator konten. Dengan harga rilis Rp11 jutaan, rasanya Galaxy S22 bisa menjadi alternatif dari iPhone untuk keperluan content creation.

4. realme GT Neo2

realme GT Neo2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ketimbang memasang SoC Snapdragon 888, realme memilih untuk memaksimalkan potensi SoC Snapdragon 870. Caranya dengan menciptakan setelan yang bagus serta sistem pendinginan yang sip. Jadilah realme GT Neo2 yang punya kestabilan performa lebih baik daripada HP-HP lain dengan Snapdragon 888.

Beberapa penguji bahkan takjub dengan performa HP ini yang mampu menjaga kestabilan frame rate saat menjalankan gim berat Genshin Impact. Di luar performa, banyak aspek yang patut diacungi jempol dari GT Neo2. Salah satunya adalah desain, terutama varian warna Neo Green.

Kemudian, keluaran suara dari speaker stereo, tampilan layar AMOLED 120 Hz, dan daya tahan baterai HP ini juga mantap. Apalagi baterainya juga didukung pengisian cepat 65W. Untuk tahu lebih jauh soal HP Rp6 jutaan ini bisa klik artikel kelebihan dan kekurangan realme GT Neo2.

5. ASUS ROG Phone 5

Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Di kategori ponsel gaming, kami merekomendasikan ASUS ROG Phone 5 yang membawa banyak peningkatan dari generasi sebelumnya. Salah satu yang menjadi unggulan ponsel ini adalah performa speaker stereonya yang terdepan di industri, lengkap dengan penyesuaian khusus game.

Suaranya yang hebat disandingkan dengan tampilan AMOLED yang luar biasa cepat dengan laju penyegaran 144Hz. Di sisi lain, ROG Phone 5 dibekali dengan baterai dengan daya tahan yang sangat bagus, bahkan pada 144Hz penuh. Ini didukung oleh perangkat lunak yang mumpuni dan pengisian cepat yang sangat andal.

Performa ASUS ROG Phone 5 dibuat lebih kencang dengan Snapdragon 888, chipset Android tercepat yang ada. Dengan RAM hingga 16 GB, Anda bisa bermain game-game populer tanpa masalah sama sekali dan melakukan multitugas berat dengan lancar.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram