carisinyal web banner retina

10 HP POCO Terbaik Beserta Harga & Speknya (Mei 2022)

Artikel ini membahas daftar HP POCO terbaik beserta harga dan spesifikasinya. Namun, sebelum mengetahui apa saja HP yang masuk ke dalam daftar, Anda perlu mengetahui sejarah terciptanya merek POCO dan seluk beluknya. POCO pertama kali muncul ke pasaran pada 2018.

Kala itu penyebutannya masih Pocophone, merujuk Pocophone F1 yang merupakan produk pertama mereka. Status POCO awalnya adalah submerek dari Xiaomi. Namun, mulai 2020, POCO mendeklarasikan diri sebagai merek alias jenama yang independen, lepas dari Xiaomi.

Keputusan untuk memisahkan diri dari Xiaomi ini telah dilakukan POCO untuk wilayah pemasaran India (2020), disusul Indonesia (2021). POCO pun secara mandiri merancang produk, menciptakan strategi penjualan, dan membentuk tim pemasaran. Mereka juga punya sosial media dan situs resmi sendiri. Namun, untuk proses manufaktur dan layanan purnajual, POCO berbagi sumber daya dengan Xiaomi dan Redmi.

Filosofi POCO dalam menciptakan produk kurang lebih sama seperti Xiaomi, yakni performa tinggi dan harga terjangkau. Bahkan harga HP POCO lebih terjangkau dari seri Mi (sekarang Xiaomi) dan bersaing dengan Redmi. Di sisi lain, POCO memang tidak selalu menghadirkan teknologi yang paling baru.

Hanya saja, mereka berupaya memberikan teknologi yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, bukan gimmick belaka. Sementara itu, POCO juga dikenal dengan desainnya yang unik dan berani. Sebagai contoh, mereka punya beberapa produk yang memakai warna khas POCO Yellow.

Adapun merek POCO mendapat atensi yang cukup baik dari konsumen. Pada 2020, mereka mencatat total pengiriman 9 juta unit. Hingga 2021, POCO telah menjual produknya ke 35 negara di seluruh dunia.

Di Indonesia, POCO menghadirkan beberapa seri ponsel. Seri-seri tersebut dirancang sebagai yang terbaik untuk masing-masing segmen. Apa saja seri dalam ponsel POCO? Berikut penjelasan singkatnya.

  • POCO F Series

POCO F adalah seri teratas dalam kasta ponsel POCO. Status tersebut membuat HP-HP dari seri ini punya spesifikasi layaknya ponsel premium. Misalnya, SoC yang dipasang adalah Qualcomm Snapdragon seri 8. Bisa juga sensor kamera yang dipakai merupakan sensor yang umumnya disematkan pada HP dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah.

Meski demikian, HP-HP POCO F Series tak pernah dijual dengan harga hingga dua digit. Maka dari itu, HP-HP POCO F Series kerap disebut sebagai ponsel flagship killer. Contoh HP seri ini adalah POCO F1, POCO F2 Pro, dan POCO F3.

  • POCO X Series

POCO X Series menduduki kasta kedua dalam jajaran HP POCO. Secara spesifikasi, HP dalam seri ini memang tidak setinggi ponsel-ponsel POCO F Series. Namun, hal ini juga diiringi dengan harga produk yang lebih terjangkau. Jajaran HP POCO X Series adalah pilihan yang aman buat sebagian besar orang.

Pasalnya, HP ini punya keunggulan yang merata di seluruh aspek. Baik performa, desain, ketahanan baterai, kemampuan kamera, dan fitur pendukung. Ponsel yang sudah dirilis dari seri ini adalah POCO X3 Pro dan POCO X3 GT.

  • POCO M Series

Lini ponsel POCO M Series memiliki banderol harga paling terjangkau dibanding POCO seri F dan X. Ponsel POCO seri M biasanya dihargai Rp1-2 jutaan. Seri ini menyasar mereka yang merupakan pengguna kasual dan membutuhkan HP tangguh untuk keperluan esensial sehari-hari.

Tak heran bila kualitas layar dan daya tahan baterai jadi hal yang diunggulkan POCO pada seri M. Contoh HP yang muncul melalui seri ini adalah POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G.

Anda kini telah mengetahui bagaimana merek POCO diciptakan dan apa saja serinya. Setelah itu, Anda bisa langsung simak daftar ponsel POCO terbaik seperti berikut. Sebagai catatan, tidak semua ponsel yang masuk dalam daftar ini dijual resmi di Indonesia.

Jika Anda ingin mengetahui HP POCO yang dijual resmi di Indonesia, Anda bisa simak pada artikel HP POCO terbaru. Garansi resmi sangat penting karena ponsel yang bergaransi resmi terjamin layanan purnajualnya dan terbebas dari masalah IMEI. Tanpa berlama-lama lagi, berikut daftar HP POCO terbaik.

1. POCO F3

POCO F3
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4520 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO F3 merupakan ponsel flagship killer. Penerus POCO F2 Pro ini mendapatkan pujian dari berbagai pengulas karena kemampuannya menjaga kestabilan performa. Khususnya ketika si ponsel menjalankan gim dengan kualitas grafis tinggi semacam Genshin Impact.


POCO terbukti tepat saat memutuskan untuk mengawinkan SoC Snapdragon 870 dengan sistem pendinginan LiquidCool1.0 Plus. Hasilnya, performa stabil dengan suhu yang tidak terlalu panas. Selain itu, daya tahan baterai POCO F3 juga apik, walaupun kapasitasnya tidak luar biasa besar.

Di luar performa, POCO F3 memiliki keunggulan di sektor desain. Bodi HP ini cukup tipis dengan ketebalan 7,8 mm. HP dengan layar AMOLED 120 Hz ini juga punya kamera mumpuni. Jangan lupa pula bahwa POCO F3 sudah mendukung konektivitas 5G, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Saat dirilis, POCO F3 dijual dengan harga Rp4,99 juta untuk varian memori 6/128 GB.

2. POCO F2 Pro

POCO F2 Pro
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 5 MP (macro) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.000.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO F2 Pro bisa dibilang merupakan salah satu HP POCO dengan desain terbaik. Alasannya tak lain karena layar HP ini nyaris tanpa gangguan notch atau lubang kamera. Hal itu bisa terjadi mengingat kamera depan HP ini menggunakan mekanisme pop-up.

Kamera depan HP ini ditanam di bagian rangka atas, dan hanya akan muncul ketika diakses. Selain itu, POCO F2 Pro adalah HP pertama POCO yang menggunakan pemindai sidik jari di bawah permukaan layar. Meski desain jadi sorotan utama, POCO F2 Pro tetap tak meninggalkan ciri khas seri POCO F.

Sebab, HP ini tetap disematkan SoC kelas atas bernama Snapdragon 865. Baterai POCO F2 Pro juga cukup awet dengan kapasitas 4700 mAh. Baterai tersebut didukung oleh teknologi pengisian cepat 30W. HP ini dijual dengan harga Rp7 juta (varian memori 6/128 GB) pada saat perilisannya.

3. POCO F3 GT

poco f3 gt
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5065 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO F3 GT adalah salah satu ponsel POCO yang dijual untuk pasar India. Ponsel ini sejatinya merupakan rebrand dari Redmi K40 Gaming yang muncul di pasar Tiongkok. Sebagai informasi, HP ini juga merupakan ponsel gaming pertama POCO.

Karakter sebagai ponsel gaming tampak dari garis-garis tegas yang terpoles pada penutup belakangnya. Selain itu, POCO F3 GT mempunyai tombol trigger fisik layaknya HP Black Shark 4. Jeroan HP ini nyatanya memang mendukung untuk aktivitas gaming.

SoC yang dipakai adalah MediaTek Dimensity 1200, sedangkan layarnya menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate 120 Hz. Ada juga speaker stereo, baterai 5065 mAh, dan teknologi pengisian cepat 67W. Di India, HP ini dijual mulai 27.999 rupee atau setara Rp5,7 juta.

4. POCO X3 Pro

POCO X3 Pro
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.449.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tidak semua gamers berkantong tebal. Kenyataan itu ternyata bukan penghalang bagi POCO untuk menghadirkan ponsel gaming yang terjangkau. Mereka pun meluncurkan POCO X3 Pro, salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin bermain gim secara kompetitif.

Performa POCO X3 Pro luar biasa di kelas harganya. HP ini bisa menjalankan gim super berat seperti Genshin Impact dengan stabil pada frame rate di kisaran 40-55 fps, menurut pengujian Jagat Review. Performa ajaib ini hadir berkat SoC yang dikandung, yaitu Snapdragon 860. SoC ini merupakan reinkarnasi dari Snapdragon 855+.

Pada dasarnya, POCO X3 Pro merupakan ponsel yang sama dengan POCO X3 NFC, kecuali soal performanya. Mengenai kamera, kualitas gambar yang dihasilkan sama bagusnya dengan POCO X3 NFC, walau resolusinya berbeda. Adapun POCO X3 Pro juga mendukung konektivitas 4G dan NFC.

5. POCO X3 GT

POCO X3 GT
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1100 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Keluarga POCO X3 Series tidak berhenti di POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro saja. Ada juga POCO X3 GT yang lebih keren ketimbang dua saudaranya itu. Ponsel yang meluncur pada 2021 ini posisinya sedikit di bawah POCO F3. Demikian juga harganya yang mencapai Rp4 jutaan pada saat dirilis.

Meski begitu, performa yang ditawarkan HP ini juga mantap. Sumbernya berasal dari SoC kelas atas MediaTek Dimensity 1100. SoC ini menggunakan arsitektur kencang Cortex A78 (seperti Snapdragon 888) dan mendukung konektivitas 5G. Maka tak heran jika POCO X3 GT layak dimasukkan dalam kategori HP gaming.

Selain dapur pacunya yang mumpuni, HP ini memiliki layar IPS dengan refresh rate dinamis hingga 120 Hz, speaker stereo dengan teknologi Dolby Atmos, dan baterao 5000 mAh. Yang keren lagi dari POCO X3 GT adalah lapisan proteksi Gorilla Glass Victus pada bagian layar, dan masih punya infrared blaster.

6. POCO X3 NFC

POCO X3 NFC
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Teknologi NFC memang penting buat transaksi nontunai di negara seperti Indonesia. Sayangnya, hal itu belum didukung oleh perangkat terjangkau yang punya dukungan konektivitas tersebut. POCO melihat fenomena itu sebagai peluang. Jadilah mereka meluncurkan POCO X3 NFC yang dirilis pada harga Rp3 jutaan.

Bukan cuma NFC yang jadi daya tarik HP ini. Sebab, performa harian HP dengan SoC Snapdragon 732G ini juga lancar tanpa kendala. Main gim-gim populer masa kini juga masih oke. Yang menarik, POCO X3 NFC dibekali layar dengan refresh rate 120 Hz. Pengalaman menggulir layarnya pun terasa amat mulus.

Tampilan animasi juga demikian. Adanya speaker stereo, baterai 5160 mAh, teknologi pengisian cepat 33W, membuat POCO X3 NFC layak jadi pilihan. Oh iya, kemampuan kameranya cukup oke baik saat digunakan untuk memfoto ataupun merekam video.

7. Pocophone F1 (POCO F1)

Pocophone F1
Layar IPS LCD 6.18 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 845
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 12 MP (wide) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.499.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO bikin geger ketika merilis Pocophone F1 (POCO F1) pada 2018. Benar saja, HP dengan SoC flagship Snapdragon 845 hanya dijual Rp4,5 juta untuk varian memori 6/64 GB. Banderol harga tersebut membuat POCO F1 jadi HP dengan SoC Snapdragon 845 paling murah pada saat itu.

Keberadaan SoC tersebut dipadu dengan RAM 6 GB dan memori internal UFS 2.1 memastikan POCO F1 punya performa yang kencang. Namun, bukan cuma itu yang bikin spesial HP dengan sistem pendinginan berbasis cairan ini. Sebab, kamera utama 12 MP yang dipakai si ponsel juga istimewa.

Kamera tersebut memakai sensor Sony IMX363, sensor yang juga dipakai Google Pixel, Pixel 2, hingga Pixel 5. Tidak heran bila kualitas foto POCO F1 masih bisa diadu dengan HP-HP kelas menengah terbaru, sekalipun di situasi pencahayaan sulit.

8. POCO M4 Pro 5G

POCO M4 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 810
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO meneruskan tren untuk menyediakan pilihan terjangkau buat mereka yang membutuhkan HP 5G terjangkau. Pada November 2021, POCO meluncurkan POCO M4 Pro 5G. Suksesor POCO M3 Pro 5G ini datang dengan peningkatan minor ketimbang pendahulunya.

Di sektor kamera, HP ini tak lagi memasang kamera gimmick bernama sensor kedalaman dan kamera makro. Praktis hanya ada dua kamera, kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 8 MP. Kamera depan POCO M4 Pro 5G punya resolusi 16 MP, dua kali lipat lebih besar ketimbang pendahulunya.

Geser ke sektor dapur pacu, SoC yang dipakai adalah MediaTek Dimensity 810. SoC tersebut sedikit lebih kencang dibanding Dimensity 700. Kemudian, POCO M4 Pro 5G mengembalikan konfigurasi speaker stereo yang sempat hilang dari POCO M3 Pro 5G. Terakhir, HP dengan kisaran harga Rp3 jutaan ini mendukung pengisian cepat 33W.

9. POCO M2 Pro

POCO M2 Pro
  • Rilis: 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,67 inci, Full HD+
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP, 8 MP, 5 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

POCO M2 Pro tidak masuk ke pasar Indonesia. Ponsel yang meluncur pada 2020 ini dirilis untuk pasar India dan sekitarnya. Harganya mulai dari 16.399 rupee atau sekitar Rp3,1 juta. Melihat banderol harganya, HP ini ditujukan untuk mengisi segmen kelas menengah.

HP ini memiliki keunggulan yang berimbang di berbagai sisi. Desainnya elegan dengan material kaca untuk bagian depan dan belakang. SoC yang dipakai pun cukup keren, Qualcomm Snapdragon 720G yang punya performa stabil. Di sisi lain, sektor tampilan HP ini memang masih menggunakan panel IPS LCD dan refresh rate-nya standar di 60 Hz.

Meski begitu, resolusi yang diusung sudah Full HD+ dan mendukung pemutaran video HDR10. Baterai HP ini cukup besar, 5000 mAh, dan didukung pengisian cepat 33W. Nah, karena dijual di pasar India, POCO M2 Pro tidak dibekali konektivitas NFC. Metode scan barcode lebih populer digunakan untuk transaksi nontunai di sana.

10. POCO M3 Pro 5G

POCO M3 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700 5G
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tahun 2021 menjadi sejarah bagi teknologi komunikasi di Indonesia. Pasalnya, tahun 2021 menandai pembukaan layanan 5G secara resmi di negeri ini. Momentum tersebut dimanfaatkan POCO untuk menyediakan perangkat pendukung dengan harga terjangkau.

Maka hadirlah POCO M3 Pro 5G, sebuah smartphone 5G paling murah pada 2021. Khususnya untuk varian memori 4/64 GB yang dijual Rp2,8 juta ketika dirilis. GSM Arena memiliki pujian pada banyak aspek yang dimiliki HP ini. Mulai dari layar IPS yang punya kontras bagus, kemampuan kamera yang unggul pada siang dan malam hari, hingga kelengkapan konektivitas dan port.

Keluaran suara dari speaker HP ini juga disebut bagus, meskipun konfigurasinya belum stereo. Pada dasarnya, POCO M3 Pro 5G tidak dirancang untuk kegiatan gaming berat. Namun, kemampuannya untuk menjalankan gim masih cukup oke.

Nah, itu dia HP-HP terbaik bikinan POCO. Bagaimana, menarik bukan? Yang pasti Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam ketika menjatuhkan pilihan pada merek ini. Seluruh HP POCO sudah dirancang sebaik mungkin untuk mengisi masing-masing segmen harga. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram