carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi HP POCO Terbaik di Dunia (Mei 2024)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Artikel ini membahas daftar HP POCO terbaik yang dirilis berbagai negara alias global. Jika Anda ingin mengetahui HP POCO yang hanya dijual resmi di Indonesia, Anda bisa simak pada artikel HP POCO terbaru. Garansi resmi sangat penting karena ponsel yang bergaransi resmi terjamin layanan purnajualnya dan terbebas dari masalah IMEI.

Tanpa berlama-lama lagi, simak daftar HP POCO terbaik pada tabel berikut ini. Jika ingin mengetahui pembahasan HP lebih dalam, bisa simak pembahasannya setelah tabel.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. POCO F5 Pro

POCO F5 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Sejak peluncurannya pada Mei 2023, POCO F5 Pro menarik banyak perhatian. Pasalnya, terdapat beberapa hal yang baru kali pertama hadir buat jajaran HP POCO. Misalnya soal layar yang kini mengusung resolusi 2K. Belum pernah ada HP POCO yang punya layar dengan resolusi setinggi itu.

Layar dengan bentang 6,67 inci milik POCO F5 Pro diperkuat panel AMOLED, sehingga dapat memanjakan mata baik untuk main game ataupun mengonsumsi konten. Hal kedua yang baru ada di jajaran HP POCO adalah dukungan fast wireless charging 30W.

Dukungan tersebut membuat pengguna POCO F5 Pro punya opsi di luar fast charging 67 Watt untuk mengecas baterai sang ponsel. Di sisi lain, meskipun HP ini bukanlah HP gaming, kemampuannya menjalankan game berat jempolan. Alasannya adalah POCO F5 Pro digawangi SoC favorit Snapdragon 8+ Gen 1.

SoC tersebut lebih sip secara performa dan jauh lebih stabil ketimbang Snapdragon 8 Gen 1. Bahkan, konsumsi dayanya pun irit untuk ukuran SoC flagship. Dalam uji yang dilakukan GSM Arena, POCO F5 Pro bisa meraih skor ketahanan baterai 99 jam.

Speaker stereo yang lantang, kamera utama dengan OIS, serta paket penjualan yang masih disertai charger adalah hal selanjutnya yang membuat HP dengan IP53 ini menarik. Selain itu, harga HP ini relatif murah dibanding dengan para kompetitornya di kelas yang sama

POCO F5 Pro masih terlihat kurang mahal meskipun mengusung kekhasan ala flagship yang baru seperti resolusi 2K dan wireless charging. Pasalnya, USB display out belum dimilikinya. Selain itu, sertifikasi IP rating yang diemban baru menjamin ketahanan terhadap percikan air, belum kedap air.

Beberapa penguji menilai kemampuan kamera utama POCO F5 Pro sudah bagus. Namun, tangkapan kamera ultrawide-nya tidak. Bahkan hasilnya makin tak berkualitas di kondisi low light. Masih soal kamera, ketiadaan fitur autofokus membuat kamera depan HP ini kurang sip jika dipakai buat ngevlog.

Bagi saya, POCO F5 Pro sejatinya diciptakan sebagai flagship killer. HP ini bisa jadi alternatif buat Anda yang ingin rasakan performa menggunakan HP flagship dengan harga yang relatif terjangkau. Hanya saja, HP ini tidak tersedia secara resmi di pasar Indonesia.

2. POCO X6 Pro

POCO X6 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

POCO X6 Pro adalah HP Rp4 jutaan yang performanya mirip HP Rp10 jutaan. Sebab, dapur pacunya dibekali Dimensity 8300 Ultra yang meraih skor AnTuTu v10 hingga 1,4 jutaan poin. Ini membuat performanya setara dengan jajaran ponsel flagship keluaran tahun 2023.

Ponsel ini bahkan sudah dipadankan dengan storage jumbo 512 GB pada standar UFS 4.0 agar tidak ada lagi game yang gagal diinstal gara-gara memori penuh. Lalu, fitur kameranya pun sangat layak dengan sensor utama 64 MP OIS serta balutan sensor ultrawide 8 MP pada FOV 120 derajat. Hasil fotonya sungguh kece dengan rentang dinamis yang baik serta detail melimpah.

Pada sektor layar, smartphone juga akan memanjakan indra visual pengguna dengan panel AMOLED yang bisa tampilkan 68 miliar warna, berada dalam resolusi di atas rata-rata yaitu 1220 x 2712 piksel.

Melihat dari sisi-sisi positif di atas, POCO X6 Pro mampu berikan pengalaman hiburan yang maksimal di kelas mid-range, baik itu bermain game maupun sekadar menonton film. Namun sayangnya, POCO X6 Pro tidak menyediakan port audio 3.5 mm.

3. POCO F5

POCO F5
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

POCO F5 langsung jadi perbincangan sejak meluncur di Indonesia pada Juni 2023. Dengan harga mulai dari Rp4 jutaan, ia menawarkan kemampuan terbaik di kelas menengah, khususnya soal performa. Benar saja, dari semua HP kelas 4-5 jutaan yang dirilis pada 2023, POCO F5 adalah yang terkencang.

Ia dibekali SoC Snapdragon 7+ Gen 2 yang sejatinya menggunakan DNA Snapdragon 8+ Gen 1. Maka wajar bila POCO F5 mudah meraih skor AnTuTu 9 di angka 900 ribuan. Tak cuma bisa hasilkan skor AnTuTu tinggi, sebab POCO F5 punya sistem pendinginan yang baik sehingga dapat jalankan game berat dengan lancar.

Aspek di luar performa dari HP ini juga tak kalah menarik. Misalnya tampilan layar yang realistis berkat panel AMOLED 12 Hz. Untuk fotografi dan videografi, HP ini dibekali kamera belakang dan kamera depan yang oke. Hasil yang didapat tidak mengecewakan berkat bantuan ISP jempolan dari Snapdragon 7+ Gen 2.

Untuk keperluan kreasi konten pun cukup baik mengingat kamera utama dan kamera depannya dapat hasilkan video 1080 60 fps yang stabil. HP ini sudah dibekali dengan mikrofon ganda yang bisa menangkap suara lebih jelas.

Desainnya bodinya yang tipis, ringan, dan punya penampilan minimalis membuat penampilan HP dengan IP53 ini terlihat elegan. Selain itu, secara ergonomika juga nyaman dipegang. Beberapa fitur fungsional seperti OIS, infrared blaster, audio jack 3.5 mm, dan speaker stereo bikin orang bisa makin kepincut dengan POCO F5.

Akan sangat berlebihan jika menyebut bahwa POCO F5 merupakan HP yang sempurna. HP ini tentu saja memiliki beberapa catatan. Pertama, kemampuan HDR kamera depan HP ini biasa saja. Kamera kurang bisa mengatur secara imbang antara menyorot muka dan latar belakang, terutama ketika berada di situasi pencahayaan yang sulit.

Masih di kamera depan, fitur stabilisasi tidak aktif ketika frame rate rekaman video yang dipilih adalah 60 fps. Fitur autofokus juga belum ada buat kamera tersebut.

Hal lain yang menurut saya perlu jadi catatan bagi calon pembeli adalah HP ini belum mengusung sensor sidik jari di layar, speaker stereonya tak terlalu lantang jika dibandingkan dengan HP flagship, serta ada iklan dan bloatware sebagaimana HP dari keluarga Xiaomi lainnya.

POCO F5 adalah salah satu HP yang saya rekomendasikan jika Anda punya bujet 5 jutaan. Performa memang jadi poin yang paling diunggulkan dari HP ini. Namun, saya rasa POCO F5 juga cukup baik untuk aspek lain seperti desain, tampilan layar, kemampuan kamera, dan daya tahan baterai.

4. POCO F4 GT

POCO F4 GT
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Sebagai ponsel pintar untuk gaming, POCO F4 GT punya desain yang dirancang sedemikian rupa untuk mempertegas fungsinya. HP ini memiliki aksen berbentuk X di modul kameranya yang juga berfungsi sebagai lampu LED penanda notifikasi, charging, dan lain-lain.

Daya tarik utama POCO F4 GT tentu mencakup performa setinggi langit dengan sistem pendingin yang solid. Hal ini demi menjamin gim berjalan lancar dalam waktu yang lama. Nuansa gaming HP ini makin kentara dengan kehadiran tombol fisik bahu sebagai kontrol L1 dan R1 yang dapat di-mapping sesuka hati, pada gim apa pun yang diinginkan.

Layar AMOLED responsif dan punya akurasi warna tinggi, empat speaker stereo yang lantang, dan pengisian cepat 120 Watt merupakan beberapa fitur yang bikin POCO F4 GT tambah keren. HP yang punya IP53 ini pun dirilis dengan paket penjualan lengkap. Paket penjualannya termasuk kabel USB C dengan ujung "L" yang ramah buat gamers.

POCO F4 GT merupakan HP dengan orientasi gaming. Karena rancangannya seperti itu, ada beberapa fitur yang tidak disertakan buat HP ini. Misalnya, kemampuan berpindah kamera saat merekam video. Kemampuan videografi HP ini sebenarnya tidak jelek, walaupun resolusi 4K 60 fps-nya cuma bisa diraih kamera utama.

Di sisi lain, HP ini malah belum punya fitur by pass charging yang mestinya hadir buat HP gaming. Mengenai dimensi dan bobot, POCO F4 GT sebetulnya tidak terlalu berat dan tebal untuk ukuran HP gaming. Hanya saja, jika Anda terbiasa memakai HP tipis dan ringan, Anda mesti beradaptasi.

Secara pasti, POCO F4 GT adalah salah satu opsi HP gaming terbaik untuk pemain gim yang ingin tingkatkan skill ke jenjang selanjutnya. HP ini pun dapat menjadi alat tempur ganas untuk pemain eSport profesional.

5. POCO X6

POCO X6 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Walau performanya tidak memberikan impresi berlebih seperti versi Pro, namun POCO X6 masih sajikan kekuatan dapur pacu yang dahsyat di kelasnya. Ponsel ditopang dengan Snapdragon 7s Gen 2, chipset menengah yang raih skor AnTuTu v10 di angka 600 ribuan.

Layar smartphone mendukung AMOLED bersertifikasi Dolby Vision dan tampilan 68 miliar warna, sama seperti versi Pro-nya. Bedanya, POCO X6 justru tawarkan ketahanan layar lebih baik karena dilapisi Gorilla Glass Victus.

Sebagai informasi, Victus ini berada di tingkat selanjutnya dari Gorilla Glass 6. Sementara, POCO X6 Pro sendiri masih menggunakan Gorilla Glass 5. Versi Victus dapat menjaga HP dari kerusakan akibat terjatuh dari ketinggian 2 meter.

Spesifikasi kamera di HP ini juga tidak berbeda dengan Pro, karena memiliki resolusi yang sama. Juga, HP ini memiliki sensor ultrawide dan dukungan resolusi perekaman yang sama (4K 30 FPS dan 1080p 60 FPS).

Yang "disunat" dari HP ini dibanding Pro-nya adalah penyimpanan yang kini hanya berjenis UFS 2.0, serta konektivitas Wi-Fi yang menjadi 5 alih-alih 6. Adapun versi Bluetooth-nya menjadi 5.2, menurun dari Pro yang 5.4.

Namun di luar pemangkasan tadi, POCO X6 5G dikemas dengan port audio 3.5 mm agar dapat terhubung ke kabel earphone tanpa pakai konverter. Sebagai ponsel dengan harga rilis Rp3.999.000 di Indonesia, ponsel ini sajikan kualitas baik pada sisi performa, layar, dan juga kameranya.

6. POCO X4 GT

POCO X4 GT
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5080 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

POCO X4 GT adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari HP berperforma tinggi, cocok untuk produktivitas, serta penampilan bodi minimalis. Penerus dari POCO X3 GT ini jelas bisa jalankan fungsi sebagaimana HP gaming lantaran menggunakan SoC Dimensity 8100 yang kencang.

Untuk keperluan lain yang tak kalah serius seperti mengedit video, mengaransemen musik sederhana, membuat ilustrasi, bukanlah persoalan yang sulit. Lebih-lebih layar IPS 6,6 incinya punya akurasi warna yang apik. Layarnya 144 Hz-nya memang belum seperti OLED, tetapi tidak ada masalah soal kecerahan dan kontras.

HP yang punya speaker stereo dan audio jack 3.5 mm ini juga punya kamera yang oke. Setidaknya kamera utama dan kamera ultrawide-nya bisa hasilkan foto yang oke di kondisi cahaya cukup. Daya tahan baterai POCO X4 GT juga keren karena mampu meraih skor ketahanan di atas 100 jam menurut GSM Arena.

Kemampuan pengisian 67W yang tak sampai 50 menit, infrared blaster, dan harga yang relatif terjangkau membuat POCO X4 GT makin menarik untuk dipinang. Di Malaysia, POCO X4 GT dijual dengan harga mulai dari 1499 ringgit (sekitar Rp4,8 jutaan) untuk varian 8/128 GB. Harga itu berlaku saat si ponsel rilis pada Juni 2022.

Meskipun kemampuan kameranya cukup baik, POCO X4 GT belum punya OIS untuk menanggulangi guncangan. OIS padahal penting agar jepretan foto di malam hari minim blur. Lalu, tidak semua yang dibawa HP ini merupakan peningkatan dair POCO X3 GT.

Misalnya soal IP rating yang absen, padahal POCO X3 GT punya IP53. Kaca proteksinya pun turuh kasta dari Gorilla Glass Victus menjadi Gorilla Glass 5. Perihal layarnya yang belum menggunakan OLED saya pribadi tidak masalah. Namun, panel dengan basis OLED jelas jauh lebih cerah dan punya kontras lebih tinggi.

Siapa pun yang membutuhkan ponsel dengan refresh rate di atas rata-rata seperti pemain gim profesional, pelaku eSport, dan penggiat media sosial, akan sangat mengapresiasi layar POCO X4 GT. Performa tinggi dan desain minimalisnya pun mencuri perhatian. Hanya, HP ini tidak dijual secara resmi di Indonesia.

7. POCO F4

POCO F4 - Nebula Green
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Bentuk desain POCO F4 dibuat lebih "melebur" dengan tren desain HP di tahun 2022. Kini, POCO F4 dibuat lebih mirip seperti rata-rata HP flagship keluaran 2022, dengan elemen visual yang minim dan modul kamera persegi. Hal itu membuatnya semakin terlihat elegan.

Dalam beberapa sektor, POCO F4 terlihat sama dengan POCO F3. Mulai dari penggunaan chipset Snapdragon 870, konfigurasi memori hingga 8/256 GB, sertifikasi IP53, dan layar AMOLED dengan kecerahan 1300 nit. Deretan spesifikasi itu masih cukup aktual.

Walau demikian, ada beberapa peningkatan yang disertakan. Misalnya seperti OIS untuk meminimalkan guncangan di kamera utama, pengisian cepat yang naik dari 33 Watt ke 67 Watt, serta kemampuan perekaman video kamera utama yang sekarang bisa sampai resolusi 4K 60 fps dari yang sebelumnya 4K 30 fps.

Adapun paket penjualan yang disertakan HP ini cukup lengkap. Terdapat screen protector, softcase, SIM ejector, kabel USB C, kepala charger 67W, dan konverter USB C ke audio jack 3.5 mm.

Posisi POCO F5 di segmen kelas menengah sebenarnya cukup bagus. Hanya saja, ia belum cukup kuat untuk menggantikan POCO F3. Alasannya adalah peningkatan yang diberikan tidak terlalu signifikan.

Bahkan beberapa fitur bagus yang ada di POCO F3 malah tidak diteruskan POCO F4. Misalnya, kemampuan perekaman video 1080p 60 fps di kamera depan dan kamera makro 5 MP yang sudah autofokus. Pada POCO F4, kamera makro yang disematkan cuma 2 MP dan tak lagi punya autofokus.

Bagi Anda yang mendambakan ponsel bertenaga untuk bermain gim, aktivitas harian, pemotretan, dan produktivitas, POCO F4 akan menjawabnya. HP ini juga sesuai buat Anda yang tidak neko-neko, sebab desain bodinya cocok digunakan untuk segala situasi acara.

8. POCO F3

POCO F3
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4520 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

POCO memutuskan untuk memasang SoC Snapdragon 870 pada POCO F3, alih-alih Snapdragon 888 yang statusnya paling anyar pada 2021. Keputusan tersebut terbukti tepat karena POCO F3 malah bisa jalankan gim berat dengan kestabilan performa yang mantap.

Daya tahan baterai POCO F3 pun cukup baik meskipun kapasitasnya cuma 4500 mAh. Menurut pengujian Jagat Review, ia bisa bertahan 17 jam untuk memutar video lokal 1080p dalam setelan layar 120 Hz. Pengecasannya tidak butuh waktu lama.

Berkat dukungan fast charging 33W, baterai HP ini bisa terisi penuh kurang dari 1 jam. Kabar baiknya, charger 33W ada dalam paket penjualan. Perihal fotografi bukan masalah. Kamera utama 48 MP POCO F3 memakai sensor Sony IMX 582 yang hasilnya ciamik di berbagai kondisi pencahayaan.

Kemampuan kamera selfie-nya juga bagus. Bahkan kamera tersebut juga bisa merekam video 1080 60 fps, sama seperti kamera utama. Kemudian yang saya lihat dari berbagai video review, karakter warna antar kameranya cukup konsisten, termasuk kamera ultrawide.

Soal multimedia, POCO F3 juga tak perlu diragukan. HP dengan IP53 ini bisa tampilkan konten dengan baik berkat layar AMOLED 120 Hz dan speaker stereo. Sertifikasi Widevine L1 sudah dimilikinya sehingga Anda bisa menonton film Netflix dengan resolusi tertinggi.

Mengenai desain, POCO F3 menggunakan penutup belakang berbahan kaca yang solid. Area bodi samping yang memiliki lengkungan membuat pengalaman genggam HP ini masih nyaman. Ketebalan area itu pun cuma 7,8 mm.

Kemampuan fotografi dan videografi POCO F3 terbilang mumpuni. Hanya saja, fitur penstabilan video pada frame rate 60 fps absen untuk semua kamera. Lalu, ketika memutuskan beli HP ini, Anda harus menyadari bahwa audio jack dan slot microSD sudah tidak ada.

POCO sudah menyediakan konverter USB C ke audio jack jika Anda mau memakai earphone kabel. Namun, soal penyimpanan, tidak ada solusi lagi. Maka kalau Anda beli varian 6/128 GB, pastikan itu sudah sesuai kebutuhan.

Terakhir, sebagaimana HP keluarga Xiaomi pada umumnya, POCO F3 tidak lepas dari iklan. Keberadaan iklan adalah sebuah konsekuensi untuk memberikan subsidi harga produk. Iklan membuat harga POCO F3 jadi lebih murah.

POCO F3 saya pikir merupakan flagship killer yang cocok bagi banyak orang. HP ini memiliki tipe all rounder karena kemampuannya hampir merata di semua aspek. Ia cocok buat main game, mengabadikan momen, atau sekadar teman di saat bersantai.

9. POCO X5 Pro

POCO X5 Pro 5G
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Bujet mepet bukan penghalang untuk memiliki HP keren. Kalau uang Anda tak cukup buat beli POCO F5, saya merekomendasikan Anda mengambil POCO X5 Pro. Dengan harga mulai dari Rp3,7 jutaan (saat rilis, Juni 2023), HP ini sudah membawa SoC favorit Snapdragon 778G dari Qualcomm.

Berkat SoC itu, performa HP ini sudah cukup layak untuk memainkan gim berat populer seperti Genshin Impact dan PUBG Mobile tanpa kendala yang berarti. Snapdragon 778G juga punya prosesor pengolah gambar yang baik.

Ia membantu kamera utama 108 MP sang ponsel dan kamera lainnya untuk hadirkan foto dan video dengan detail tajam. Kemampuan fotografi di kondisi minim cahaya pun masih oke kendati POCO X5 Pro belum punya OIS.

Komponen layar pada POCO X5 Pro juga dirancang untuk kenyamanan indra visual. menyajikan kedalaman warna 10-bit dengan gamut DCI-P3 100%, sanggup tawarkan 1.07 miliar warna. Dengan kontras rasio 5 juta banding 1, adegan gelap pada gim dan film horor akan terasa lebih jelas dan memukau.

Daya tahan baterai yang baik, pengisian daya yang kencang, serta keluaran suara speaker stereo yang merupakan daya tarik dari HP dengan IP53 ini. HP yang punya bobot 181 gram ini pun punya infrared blaster dan audio jack. Dua fitur memang sederhana, tetapi fungsional.

Terkait desain, HP ini cukup ringan dan tipis. Ia enak digenggam. Penampilannya yang tegas dan berani sesuai dengan kepribadian anak muda, lebih-lebih varian warna kuning. Buat yang ingin tampil kalem bisa pilih varian warna hitam atau biru.

Di saat ponsel keluaran 2023 yang lain sudah mengadopsi Android 13, POCO X5 Pro masih memakai Android 12. Keputusan ini jelas akan mengurangi kesempatan pengguna untuk memperoleh sistem operasi yang terbaru.

Pasalnya, dengan jaminan 2 kali peningkatan dan 3 tahun pembaruan sistem keamanan, POCO X5 Pro hanya akan mencicipi Android 14. Sementara itu dukungan sistem keamanannya sampai 2026.

Hal lain yang perlu Anda ketahui dari HP ini adalah tidak punya radio FM dan slot microSD. Antarmuka MIUI yang dikenakannya disusupi oleh iklan, mirip seperti HP dari keluarga Xiaomi lainnya.

POCO X5 Pro saya rasa cocok untuk Anda yang mencari HP dengan harga relatif terjangkau untuk multifungsi. Kemampuan menangani game dari HP ini tak perlu diragukan lagi. Begitu juga dengan kepiawaiannya hasilkan foto dan video berkualitas.

10. POCO F3 GT

poco f3 gt
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5065 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

POCO F3 GT adalah HP gaming pertama dari POCO. HP yang dirilis pada Juli 2021 ini sejatinya merupakan rebrand dari Redmi K40 Gaming yang muncul duluan di pasar Tiongkok.

Karakter sebagai ponsel gaming tampak dari garis-garis tegas yang terpoles pada penutup belakangnya. Selain itu, POCO F3 GT mempunyai tombol trigger fisik layaknya HP Black Shark 4. Jeroan HP ini nyatanya memang mendukung untuk aktivitas gaming.

SoC yang dipakai adalah MediaTek Dimensity 1200. SoC ini menjadi jaminan bahwa POCO F3 GT siap menjalankan game berat dengan setelan grafis tertinggi. Pengalaman bermain game secara paripurna terwujud berkat adanya layar AMOLED 120 Hz berikut speaker stereo.

Baterainya yang sudah mencapai kapasitas 5065 mAh menjamin POCO F3 GT bisa digunakan untuk waktu yang lama. Dukungan pengisian 67 Watt membuat baterai tersebut bisa dicas sampai penuh dalam waktu 42 menit saja.

POCO F3 GT diplot sebagai HP gaming. Karena itu, ada hal yang dikorbankan karena bukan menjadi prioritas. Hal itu adalah kemampuan kameranya. Hasil foto dan videonya tidaklah jelek, tetapi kalau dibandingkan HP lain di kelas harga sama bisa jadi kurang memuaskan.

Di sisi lain, HP ini belum mendukung fitur bypass charging yang sebetulnya penting buat HP gaming. Bypass charging dapat menjaga suhu bodi ponsel karena listrik langsung dialirkan ke mainboard tanpa melalui baterai. Fitur USB display out sayangnya juga belum ada.

POCO F4 GT jelas cocok buat yang sehari-harinya menghabiskan waktu buat main game. Atlet eSport dengan bujet terbatas dapat mempertimbangkan HP yang satu ini. Hanya, POCO F3 GT tidak tersedia secara resmi di Indonesia. Di India, HP ini dijual mulai 27.999 rupee atau setara Rp5,7 juta pada saat rilis.

Nah, itu dia HP-HP terbaik bikinan POCO. Bagaimana, menarik bukan? Yang pasti Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam ketika menjatuhkan pilihan pada merek ini. Seluruh HP POCO sudah dirancang sebaik mungkin untuk mengisi masing-masing segmen harga. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda!

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram