10 HP POCO Terbaik Beserta Harga & Speknya (Desember 2022)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Artikel ini membahas daftar HP POCO terbaik beserta harga dan spesifikasinya. Namun, sebelum mengetahui apa saja HP yang masuk ke dalam daftar, Anda perlu mengetahui sejarah terciptanya merek POCO dan seluk beluknya. POCO pertama kali muncul ke pasaran pada 2018.

Kala itu penyebutannya masih Pocophone, merujuk Pocophone F1 yang merupakan produk pertama mereka. Status POCO awalnya adalah submerek dari Xiaomi. Namun, mulai 2020, POCO mendeklarasikan diri sebagai merek alias jenama yang independen, lepas dari Xiaomi.

Keputusan untuk memisahkan diri dari Xiaomi ini telah dilakukan POCO untuk wilayah pemasaran India (2020), disusul Indonesia (2021). POCO pun secara mandiri merancang produk, menciptakan strategi penjualan, dan membentuk tim pemasaran. Mereka juga punya sosial media dan situs resmi sendiri. Namun, untuk proses manufaktur dan layanan purnajual, POCO berbagi sumber daya dengan Xiaomi dan Redmi.

Filosofi POCO dalam menciptakan produk kurang lebih sama seperti Xiaomi, yakni performa tinggi dan harga terjangkau. Bahkan harga HP POCO lebih terjangkau dari seri Mi (sekarang Xiaomi) dan bersaing dengan Redmi. Di sisi lain, POCO memang tidak selalu menghadirkan teknologi yang paling baru.

Hanya saja, mereka berupaya memberikan teknologi yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, bukan gimmick belaka. Sementara itu, POCO juga dikenal dengan desainnya yang unik dan berani. Sebagai contoh, mereka punya beberapa produk yang memakai warna khas POCO Yellow.

Adapun merek POCO mendapat atensi yang cukup baik dari konsumen. Pada 2020, mereka mencatat total pengiriman 9 juta unit. Hingga 2021, POCO telah menjual produknya ke 35 negara di seluruh dunia.

Di Indonesia, POCO menghadirkan beberapa seri ponsel. Seri-seri tersebut dirancang sebagai yang terbaik untuk masing-masing segmen. Apa saja seri dalam ponsel POCO? Berikut penjelasan singkatnya.

  • POCO F Series

POCO F adalah seri teratas dalam kasta ponsel POCO. Status tersebut membuat HP-HP dari seri ini punya spesifikasi layaknya ponsel premium. Misalnya, SoC yang dipasang adalah Qualcomm Snapdragon seri 8. Bisa juga sensor kamera yang dipakai merupakan sensor yang umumnya disematkan pada HP dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah.

Meski demikian, HP-HP POCO F Series tak pernah dijual dengan harga hingga dua digit. Maka dari itu, HP-HP POCO F Series kerap disebut sebagai ponsel flagship killer. Contoh HP seri ini adalah POCO F1, POCO F2 Pro, dan POCO F3.

  • POCO X Series

POCO X Series menduduki kasta kedua dalam jajaran HP POCO. Secara spesifikasi, HP dalam seri ini memang tidak setinggi ponsel-ponsel POCO F Series. Namun, hal ini juga diiringi dengan harga produk yang lebih terjangkau. Jajaran HP POCO X Series adalah pilihan yang aman buat sebagian besar orang.

Pasalnya, HP ini punya keunggulan yang merata di seluruh aspek. Baik performa, desain, ketahanan baterai, kemampuan kamera, dan fitur pendukung. Ponsel yang sudah dirilis dari seri ini adalah POCO X3 Pro dan POCO X3 GT.

  • POCO M Series

Lini ponsel POCO M Series memiliki banderol harga paling terjangkau dibanding POCO seri F dan X. Ponsel POCO seri M biasanya dihargai Rp1-2 jutaan. Seri ini menyasar mereka yang merupakan pengguna kasual dan membutuhkan HP tangguh untuk keperluan esensial sehari-hari.

Tak heran bila kualitas layar dan daya tahan baterai jadi hal yang diunggulkan POCO pada seri M. Contoh HP yang muncul melalui seri ini adalah POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G.

Anda kini telah mengetahui bagaimana merek POCO diciptakan dan apa saja serinya. Setelah itu, Anda bisa langsung simak daftar ponsel POCO terbaik seperti berikut. Sebagai catatan, tidak semua ponsel yang masuk dalam daftar ini dijual resmi di Indonesia.

Jika Anda ingin mengetahui HP POCO yang dijual resmi di Indonesia, Anda bisa simak pada artikel HP POCO terbaru. Garansi resmi sangat penting karena ponsel yang bergaransi resmi terjamin layanan purnajualnya dan terbebas dari masalah IMEI. Tanpa berlama-lama lagi, berikut daftar HP POCO terbaik.

1. POCO F4 GT

POCO F4 GT
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kalau Xiaomi punya seri Black Shark sebagai seri gaming-nya, maka POCO punya seri POCO F4 GT. Ini merupakan generasi selanjutnya dari POCO F3 GT yang lebih duluan hadir di pasaran.

Sebagai ponsel pintar untuk gaming, bentuk desainnya pun dirancang sedemikian rupa untuk mempertegas fungsi tersebut, yakni dengan aksen berbentuk X di modul kameranya yang juga berfungsi sebagai lampu LED penanda notifikasi, charging, dan lain-lain.

Daya tarik utamanya tentu mencakup performa setinggi langit dengan sistem pendingin yang solid untuk memainkan gim dalam waktu yang lama. Dan meskipun baterainya memiliki kapasitas di bawah rata-rata, namun kemampuan fast charging-nya patut diacungi jempol karena termasuk dalam salah satu pengisian daya tercepat di dunia.

Yang membuat HP ini semakin layak digunakan bermain gim adalah kehadiran tombol fisik bahu sebagai kontrol L1 dan R1 yang dapat di-mapping sesuka hati, pada gim apapun yang diinginkan.

Secara pasti, POCO F4 GT adalah salah satu opsi HP gaming terbaik untuk pemain gim yang ingin tingkatkan skill ke jenjang selanjutnya, sekaligus menjadi alat tempur ganas untuk pemain eSport profesional.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram