carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Inilah 9 Perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 10

Inilah 9 Perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 10

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 15 April 2021

Sebagai produsen smartphone yang tak kenal lelah dalam menghadirkan produk murah berkualitas, Xiaomi kembali membuat kaget para penggemar gadget lewat Redmi Note 10 series. Pasalnya, di harganya yang sangat murah ini pengguna sungguh dimanjakan dengan kualitas dan fitur bak HP mahal.

Di lain sisi, Redmi Note 10 ini merupakan generasi lanjutan dari Redmi Note 9 yang dirilis pada tahun 2020, serta masih berada pada price range yang sama. Apakah Anda penasaran dengan perbedaan kedua ponsel ini? Tenang saja, Anda bisa simak 9 poin perbedaan Redmi Note 9 dan Note 10 berikut ini.

Spesifikasi Redmi Note 9

Redmi Note 9
  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Redmi Note 10

Redmi Note 10
  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: Super AMOLED, 6.43 inches
  • Chipset: Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver)
  • GPU: Adreno 612
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, tidak dapat dilepas

Perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 10

Tidak perlu lagi khawatirkan kualitas dari Redmi Note 9 dan Note 10. Keduanya sama-sama worthy akan status raja entry level. Namun jika ingin tahu persis mana yang lebih layak didapatkan dari keduanya, langsung simak saja beberapa poin perbedaan berikut.

1. IPS vs. Super AMOLED

Dengan menilik harga dari Redmi Note 9 dan Redmi Note 10, semua pasti menyangka kalau keduanya hanya dihadirkan dengan panel layar IPS. Soalnya, panel jenis ini memang paling umum di kalangan HP entry level. Namun rupanya, Redmi Note 10 sudah dibekali dengan Super AMOLED dengan tingkat kecerahan yang tajam dan kontras rasio yang tinggi.

Ini merupakan sebuah fitur yang sangat jarang ditemukan pada HP di harga Rp2 jutaan. Selain bisa memaksimalkan hasil tampilan layar, panel Super AMOLED ini juga dinilai lebih efisien dalam menghabiskan daya baterai. Sementara untuk Redmi Note 9, sayangnya HP ini hanya dibekali dengan panel IPS biasa.

Perbedaan layar tidak berhenti di situ saja. Redmi Note 10 yang hadir sebagai suksesor juga ternyata punya ukuran panel yang sedikit berkurang menjadi 6.43 inci. Padahal, Redmi Note 9 lebih besar di angka 6,53 inci.

2. MediaTek Helio G85 vs. Qualcomm Snapdragon 678

Kalau Redmi Note 9 dilengkapi dengan chipset dari MediaTek, kali ini Xiaomi menghadirkan SoC canggih dari Qualcomm. Tepatnya, Redmi Note 10 diotaki dengan Snapdragon 678 sedangkan Note 9 memakai Helio G85. Namun jangan salah, keberadaan Helio G85 pada Note 9 sudah terbilang gahar di kelas harganya.

Hanya saja, skor dari AnTuTu v8 yang ditampilkan pada laman GSM Arena menyatakan kalau Redmi Note 9 hanya mendapatkan skor 200414 poin dibandingkan Redmi Note 10 yang mencapai 218788 poin. Perbedaan ini tentu tidak begitu mencolok. Namun jika Anda bertanya-tanya siapa di antara dua HP ini yang lebih gahar, jawabannya tentu Redmi Note 10.

3. Versi Corning Gorilla Glass

Di awal-awal, lapisan pelindung Corning Gorilla Glass hanya tersedia untuk HP di kelas harga lebih mahal. Tapi namanya juga Xiaomi, tentu perusahaan asal Tiongkok ini juga berhasil menyediakan Gorilla Glass 5 pada layar Redmi Note 9, sekalipun harganya yang murah meriah.

Bagaimana dengan suksesornya, Redmi Note 10? Rupanya, justru malah terjadi penurunan yang awalnya GG5 menjadi Gorilla Glass 3 saja. Menurut laman Nextpit.com, Corning Gorilla Glass 3 pada Redmi Note 10 hanya mampu menjaga layar ponsel dari goresan saja. Sedangkan, Gorilla Glass 5 pada Redmi Note 9 mampu melindungi ponsel saat terjatuh pada ketinggian hingga 1,6 meter.

4. Lokasi Pemindai Sidik Jari

Redmi Note 10 memang punya layar Super AMOLED, namun rupanya perusahaan tidak meletakkan sensor pemindai sidik jarinya di dalam layar (under-display fingerprint). Justru, Redmi Note 10 dihadirkan dengan side-mounted fingerprint scanner, alias di samping bodi dan menyatu dengan tombol Power.

Setidaknya, ini masih lebih baik dibanding Redmi Note 9 yang masih menghadirkan sensor sidik jari di belakang bodi. Sebagian orang punya preferensi masing-masing, tapi tidak dapat dipungkiri kalau peletakkan sensor di samping akan terasa lebih natural di jari. Dan juga, sensor di samping membuat tampilan bodi belakang terlihat lebih clutter-free dan bersih.

5. Kapasitas Baterai & Fast Charging

Bukan Xiaomi namanya kalau tidak menghadirkan kapasitas baterai jumbo di setiap produknya. Termasuk pada Redmi Note 9 contohnya, yang dikemas dengan baterai LiPo non-removable berkapasitas 5020 mAh. Redmi Note 10 juga serupa, namun kapasitasnya sedikit menurun menjadi 5.000 mAh saja.

Perbedaan kapasitasnya memang bukan untuk dijadikan bahan renungan. Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan fast charging di kedua ponsel yang terpaut cukup jauh. Di saat Redmi Note 9 dibekali dengan fast charging 18 W serta dukungan reverse charging, Note 10 jauh lebih unggul dengan fast charging 33 W. Sayangnya, fitur reverse charging-nya jadi ditiadakan.

Xiaomi mengklaim kalau Redmi Note 10 bisa terisi hingga 50% hanya dalam waktu 25 menit saja. Kebolehan fast charging ini juga turut diamini oleh GSM Arena yang mengatakan bahwa perangkat hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mencapai 65%.

Sedangkan untuk terisi hingga penuh, Redmi Note 10 hanya butuh waktu 1 jam 13 menit sedangkan Redmi Note 9 butuh waktu sekitar 2 setengah jam.

6. Single vs. Stereo Speaker

Redmi Note 10 sungguh banyak menyita perhatian para gadget mania, gara-gara punya spesifikasi nyeleneh yang membuatnya terasa terlalu murah. Selain penggunaan layar Super AMOLED, sentimen tersebut juga berlaku pada fitur Stereo Speaker yang dihadirkannya.


Menurut GSM Arena, kualitas suara dari speaker stereonya terbilang bagus dengan loudness score yang mencapai -26,2 LUFS. Sumber juga menyatakan kalau kualitas suara speaker ini terasa agak terdistorsi saat mencapai volume maksimal. But hey, mengharapkan pakai speaker stereo di HP semurah ini saja sudah termasuk muluk-muluk, lho!

Kalau Redmi Note 9, ya seperti yang sudah bisa ditebak. Ponsel ini masih menggunakan speaker tunggal sebagaimana layaknya HP entry level pada umumnya. Tapi bukan berarti kualitas speakernya buruk, karena GSM Arena juga mengatakan kalau kualitas secara overall cukup memuaskan dengan suara vokal yang jelas. Walaupun suaranya terbilang datar.

7. Ketersediaan IP Rating

Redmi Note 9 dan Note 10 punya ketahanan bodi terhadap air, namun dengan cara yang berbeda. Redmi Note 9 misalnya, hanya dilapisi dengan water-repellent coating yang membuatnya cukup tahan terhadap air. Namun, hal ini tidak seberapa dibandingkan dengan Redmi Note 10 yang sudah dibekali rating IP53.

Rating IP53 ini sendiri tapi tidak bisa diartikan sebagai tahan genangan air, melainkan hanya membuatnya tahan terhadap water splash alias semburan air. Sungguh tidak terbayangkan HP seharga Rp2 jutaan sudah ada yang pakai IP rating, lagi-lagi jadi prestasi Xiaomi lainnya dalam meningkatkan standar perhapean harga miring.

8. Desain dan Bobot Bodi

Tahun yang baru, pastinya jadi waktu yang cocok dalam menyuguhkan desain bodi yang fresh dan berani. Redmi Note 10 juga turut dihadirkan dengan tampilan fresh, menggunakan desain modul kamera dengan efek timbul di sekelilingnya. Nampaknya hal ini dirancang agar ponsel tidak terlalu goyang-goyang saat ditaruh di meja.

Desain Redmi Note 9 tapi bukan berarti tidak bagus. Di kamera belakangnya, terdapat lensa yang diletakkan di tengah sehingga memberikan kesan simetris. Kendati begitu, pastinya akan lebih neat kalau seandainya tidak ada penampakkan sensor sidik jari di belakang.

Dari segi bobotnya juga, Redmi Note 9 terasa cukup berat dengan bobot yang mencapai 199 gram. Redmi Note 10 masih lebih ringan dengan berat 178,8 gram sehingga lebih nyaman digenggam sekalipun dalam waktu panjang.

9. Dukungan Resolusi Perekaman Video

Kalau Anda seorang videografer profesional, biasanya perlu mengambil rekaman video dengan resolusi tinggi agar tidak buram saat ditampilkan di layar laptop ataupun TV. Redmi Note 10 dalam hal ini lebih unggul karena mendukung resolusi perekaman video hingga 4K pada 30 FPS.

Hal ini tentunya berbeda dengan Redmi Note 9 yang hanya mendukung sampai resolusi 1080p saja. Sebagai informasi, kedua ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi Quad Camera yang sama yakni lensa utama 48 MP + 8 MP ultra lebar + 2 MP makro + 2 MP sensor kedalaman (depth).

Simpulan

Baiklah, itu tadi merupakan perbedaan utama yang bisa dirasakan pada Redmi Note 9 dan juga Redmi Note 10. Karena dirilis pada lini Redmi, jadi harganya memang sudah bisa dipastikan murah meriah. Hampir semua aspek pada Redmi Note 9 ditingkatkan jadi lebih baik lagi.

Terlihat dari Note 10 yang sudah membawakan layar Super AMOLED, stereo speaker, dan juga fitur pengisian daya yang lebih cepat. Redmi Note 10 sendiri sudah bisa Anda bawa pulang seharga Rp2.499.000,-. Sementara itu, Redmi Note 9 yang memang merupakan HP keluaran lama kini bisa dibeli seharga Rp2.099.000,-.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram