Mari Simak Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Maret 2021 menjadi momen yang spesial buat Xiaomi. Pasalnya, pada bulan tersebut, salah satu seri ponsel andalan Xiaomi lahir ke dunia. Benar, ponsel yang dimaksud adalah Redmi Note 10 Pro. Ia lahir bersama empat ponsel lain yang masuk dalam keluarga Redmi Note 10 Series.

Xiaomi tentu sudah banyak makan asam garam dalam membesarkan Redmi Note, dari generasi pertama (2014) hingga generasi yang ke-10 ini. Mereka pun semakin tanggap dengan apa yang diminta publik, tidak asal membuat smartphone berlayar besar dan berspesifikasi mumpuni.

Terbukti dengan empat generasi terakhir, termasuk Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 9 Pro, yang selalu mendapat atensi dan respons positif dari masyarakat. Kali ini, kedewasaan Xiaomi kembali dibuktikan dengan lahirnya produk spesial bernama Redmi Note 10 Pro.

Seberapa spesial ponsel yang satu ini, dan apakah ada kekurangannya? Pertanyaan tersebut akan Carisinyal jawab dalam artikel ini. Jika Anda sama sekali belum mengenal Redmi Note 10 Pro, ada baiknya membaca spesifikasinya di bawah ini.

Spesifikasi Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro membuat penegasan seperti apa seharusnya sebuah smartphone kelas menengah premium. Beberapa poin berikut akan menjelaskan mengapa ponsel ini punya daya tarik lebih.

1. Desain Totalitas

Sumber: techradar.com
sumber: techradar.com | Andrew Williams

Cantik adalah satu kata yang mungkin bisa mewakili pekerjaan hebat Xiaomi dalam mendesain Redmi Note 10 Pro. Pasalnya, dalam kesempatan ini, mereka berhasil menggabungkan material premium dan murah menjadi satu. Benar, kaca berlabel Corning Gorilla Glass 5 di bagian layar dan kaca lengkung di kover belakang disatukan oleh frame plastik beraksen glossy.

Pekerjaan hebat selanjutnya bisa ditilik dari wujud si ponsel yang langsing. Redmi Note 10 punya ukuran 164 x 76,5 x 8,1 mm dengan bobot 193 g. Ukuran tersebut berarti bahwa Redmi Note 10 Pro lebih pendek, lebih singset, dan lebih tipis dari kakaknya, Redmi Note 9 Pro. Bahkan ia juga 16 gram lebih enteng daripada Redmi Note 9 Pro.

Ukuran layar kedua ponsel padahal sama-sama 6,67 inci. Lalu, apa yang membuat Redmi Note 10 Pro bisa menampung layar besar dengan dimensi ringkas. Alasan pertama adalah ukuran bezel yang sedikit lebih kecil, kecuali bagian dagu (bawah).

Kedua, diameter kamera depan bergaya punch-hole juga makin menciut. Menurut situs resmi Xiaomi, diameter kamera tersebut berukuran 2,96 mm. Xiaomi mengklaim, semakin kecil diameter kamera depan, semakin tidak terganggu pengalaman pengguna.

Selesai masalah material dan dimensi, mari berlanjut ke bagian belakang dan samping untuk menengok apa saja yang ada di sana. Bagian belakang ponsel ini tentu saja ada modul kamera di pojok kanan atas yang penataannya benar-benar berbeda dari Redmi Note 9 Pro.

Xiaomi merancang modul kamera belakang Redmi 10 Pro secara bertingkat. Tingkat pertama diisi lampu flash, laser autofocus, serta semacam sensor, yang didampingi oleh tulisan "ULTRA" dan "PREMIUM. Sementara itu, tingkat kedua jadi tempat bernaung empat lensa yang disusun dengan formasi 1-2-1 vertikal.

Lensa yang paling atas, yaitu lensa kamera utama, jadi sorotan karena dikelilingi oleh ring berwarna perak. Penataan kamera yang seperti ini membuat Redmi Note 10 Pro tampak canggih, bahkan mungkin terlihat lebih keren ketimbang Mi 11.

Hal keren selanjutnya tentu penutup belakang berbahan kaca yang melengkung ke arah frame dan bertuliskan "Redmi" di pojok kanan bawah. Penutup belakang ini menarik karena bisa menampilkan efek gradasi ketika mendapat terpaan cahaya atau dilihat dari sudut yang berbeda.

Macam warna penutup belakangnya ada tiga: Gradient Bronze, Onyx Gray (glossy), Glacier Blue. Lanjut ke bagian samping, ada tombol volume dan power yang menyatu dengan sensor sidik jari di frame bagian kanan. Anda mungkin akan bertanya, "Mengapa sensor fingerprint ponsel ini tidak dipasang di bawah permukaan layar saja mengingat sudah pakai panel AMOLED?"

Belum ada alasan tepat yang bisa menjawab pertanyaan itu selain strategi Xiaomi untuk menekan biaya produksi. Toh sensor sidik jari di samping ini nyaman, cepat, dan akurat, menurut GSM Arena dan Eric Zeman dari Android Authority.

Xiaomi pun memberi pilihan fleksibel buat Anda untuk membuka dan menutup kunci ponsel ini. Apakah hanya dengan sentuhan (membaca sidik jari sekaligus membuka kunci), atau sentuhan diikuti memencet tombol power. Pilihan kedua akan menghindarkan ponsel terkunci atau terbuka saat jari tak sengaja menyentuh tombol power.

Bergerak ke bagian bawah ada port USB tipe C, mikrofon, dan speaker. Di samping kiri ada slot dua nano-SIM plus satu microSD (tidak hybrid). Sedang di atas ada jack audio 3,5 mm, mikrofon, infrared blaster, dan speaker lagi (menyatu dengan earpice). Ya, ponsel ini punya dua speaker. Adapun bagian layarnya berupa kaca dengan tepi melengkung (2.5 D).

Secara ergonomi, GSM Arena menilai, menggenggam Redmi Note 10 Pro menimbulkan pengalaman yang menyenangkan. Kover belakangnya mungkin sedikit licin, lebih-lebih jika tangan Anda berkeringat. Namun, frame yang tipis disertai kaca lengkung di depan dan belakang membuat cengkeraman tangan terhadap si ponsel jadi oke.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram