Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO F3 GT di sini

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Di Tiongkok telah rilis ponsel Xiaomi bernama Redmi K40 Gaming. Setelah debut di negara Tirai Bambu tersebut, ponsel ini merambah pasar India dengan nama yang berbeda, yakni POCO F3 GT.

POCO F3 GT sejatinya merupakan hasil rebranding dari Redmi K40 Gaming sehingga Anda tidak akan menemukan perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Berada pada lini produk POCO, Anda pun dapat menemukan performa chipset yang gahar, melebihi para pesaingnya di kelas harga yang sama.

POCO F3 GT juga merupakan varian lain dari POCO F3 5G yang telah kami ulas sebelumnya. Akan tetapi, ada beberapa sentuhan unik yang dimiliki varian GT ini, membuatnya berbeda cukup jauh dengan versi regulernya. Penasaran? Silakan simak beberapa kelebihan dan kekurangan POCO F3 GT berikut ini.

Spesifikasi POCO F3 GT

  • Rilis: Juli 2021
  • Layar: AMOLED 6,67 inci 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: MediaTek Dimensity 1200 5G (6 nm)
  • GPU: Mali-G77 MC9
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5065 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan POCO F3 GT

POCO Series memang selalu hadirkan value for money yang tinggi, tak terkecuali POCO F3 GT ini. Kali in, apa saja ya kelebihan yang dibawakannya? Yuk, ketahui pada poin-poin berikut ini!

1. Layar Super AMOLED 120 Hz

Hadir sebagai ponsel gaming dengan harga terjangkau, layar pada POCO F3 GT adalah salah satu yang terbaik di kelas harga 5 jutaan. Ponsel ini dikemas dengan layar berpanel Super AMOLED pada ukuran 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. Soal ketajaman tampilan, layar ponsel ini sungguh layak diadu.

Layar mengusung aspek rasio 20:9 pada kerapatan piksel 405 ppi, serta memiliki desain punch hole di tengah atas sebagai rumah bagi kamera depan. Selain itu, layar ponsel juga menggunakan 10-bit panel yang mampu tampilkan 1024 nada bagi warna-warna primer, sehingga bisa menampilkan warna sebanyak 1 miliar.

Untuk semakin meningkatkan kualitas konten visual yang ditonton, POCO F3 GT juga membawakan sertifikasi HDR10+ dengan ruang warna DCI-P3. Layar POCO F3 GT juga punya sisi keterbacaan yang layak di bawah sinar matahari, mampu meraih brightness tipikal sebesar 500 nit dan peak brightness setinggi 1300 nit.

Anda yang suka bermain game juga akan turut merasakan mulusnya pergerakan transisi layar berkat hadirnya refresh rate 120 Hz. Dibandingkan ponsel kebanyakan yang masih tawarkan 60 Hz, opsi refresh rate 120 Hz ini dapat membuat layar bergerak 2x lipat lebih licin dan mulus.

Pengguna sungguh akan merasakan pengalaman yang smooth saat melakukan scrolling ataupun ketika memainkan game yang mendukung refresh rate tinggi.

Pun saat berusaha melakukan serangan pada game, Anda dijamin dapat menjadi karakter yang menyerang lawan duluan saat kalian berdua menembak di saat yang sama. Pasalnya, layar mendukung touch sampling rate sebesar 480 Hz yang tinggi, menghadirkan responsivitas super cepat setiap kali jari Anda menyentuh layar.

POCO F3 GT juga dirancang agar tidak menyakiti mata penggunanya, dikemas dengan TÜV Rheinland Eye Comfort Certification untuk mengurangi intensitas sinar biru yang dapat membuat mata tidak nyaman.

Kehadiran kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 pada layar juga merupakan sebuah sentuhan yang bagus, diklaim mampu membuat ponsel bertahan saat terjatuh ke permukaan keras dari ketinggian hingga 1,2 meter. Gadgets 360 juga turut mengamini kualitas layar dari POCO F3 GT, menyebutkan bahwa layarnya ini "great for content consumption".

Gadgets 360 juga turut memuji tingkat ketajaman dan kecerahan layar, serta menyebutnya sebagai salah satu layar terbaik di segmen harganya, statement yang juga diberikan oleh Tech Radar. Dengan layar yang berkualitas, POCO F3 GT merupakan pilihan paling solid di harga 5 jutaan bagi Anda yang hobi menonton film saat berpergian.

2. Hadir dengan Tombol Bahu untuk Gaming

Seri POCO dari Xiaomi memang selalu dikenal memiliki performa yang tinggi, sehingga setiap produknya memang cocok dipakai bermain game. Apalagi game-game kompetitif seperti PUBG Mobile, MLBB, dan sejenisnya. Pada POCO F3 GT, kesan gaming terasa lebih nyata dibanding seri POCO lainnya.

Pasalnya, ia sudah dibekali dengan Maglev Triggers, yakni tombol bahu di samping bodi yang perannya mirip seperti tombol L dan R pada kontroler konsol. Sebelumnya, fitur tombol bahu seperti ini hanya eksklusif pada ponsel gaming flagship 10 jutaan seperti seri ASUS ROG Phone, Lenovo Legion, dan Xiaomi BlackShark saja.

Kini, dengan hanya mengeluarkan kocek 5 jutaan, POCO F3 GT dengan tombol bahu sudah bisa Anda nikmati. Namun sayangnya, penggunaan tombol bahu di sini memang agak terbatas, di mana pengguna hanya dapat menggunakannya untuk keperluan gaming saja alih-alih untuk keperluan lainnya seperti memotret.

Tombol gaming ini bisa di-bind pada dua area tertentu pada layar dengan mudah melalui Game Turbo. Selain tampilkan konfigurasi tombol bahu, Game Turbo juga menyediakan shortcut dalam game untuk menonaktifkan notifikasi, melakukan screen recording, mengubah jaringan internet, dan sebagainya.

3. Bermain Game Lebih Menyenangkan Berkat Dimensity 1200 5G

Seperti yang bisa ditebak, dapur pacu adalah salah satu poin utama dari kekuatan POCO F3 GT. Ponsel ini menawarkan chipset berkinerja tinggi dari MediaTek berupa Dimensity 1200 5G yang mengusung proses manufaktur 6 nm. Di balik itu, ada kartu pengolah grafis Mali-G77 MC9 yang dibangun pada arsitektur Valhall dengan frekuensi 850 MHz.

Dimensity 1200 5G juga memiliki TDP sebesar 10 W saja, sehingga menjadikannya salah satu chipset yang efisien dalam hal pemakaian baterai. Chipset yang dihadirkan pada konfigurasi 8 inti ini mencakup satu inti prima Cortex A78 (3.0 GHz), tiga buah inti performa Cortex A78 (2.8 GHz) serta empat inti efisiensi daya Cortex A55 (2.0 GHz).

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram