10 Kelebihan dan Kekurangan HP Gaming Black Shark 4

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tren mobile gaming yang muncul sejak era smartphone mendorong Xiaomi untuk turun tangan. Namun, perusahaan pimpinan Lei Jun ini tidak memproduksi ponsel gaming secara langsung. Mereka memilih berinvestasi pada perusahaan rintisan di Tiongkok yang dikenal dengan nama Black Shark.

Upaya Xiaomi di pasar smartphone gaming pun tampak serius. Pasalnya, mereka tak pernah absen meluncurkan produk saban tahun sejak 2018. Perjalanan mereka pun sampai pada tahun keempat, ketika HP Black Shark 4 melenggang ke pasaran. Ponsel ini tiba di Indonesia pada Juli 2021.

Dibanding Black Shark 3, Black Shark 4 terlihat memiliki desain kalem. Xiaomi tampaknya ingin agar sebuah ponsel gaming bisa cocok dipakai semua orang. Hal unik lagi dari Black Shark 4 adalah keberadaan dua tombol magnetik fisik di sisi kanan ponsel, layaknya sebuah joy stick.

Masih ada banyak hal unik yang dimiliki ponsel flagship ini, tentu saja. Carisinyal pun akan coba mengulasnya dalam artikel ini, disertai beberapa catatan yang harus Anda perhatikan.

Tujuan kami tidak lain untuk menyampaikan informasi secara menyeluruh sebelum Anda menilai HP ini. Serta menjadi salah satu referensi bagi Anda yang sedang mencari HP gaming terbaik. Baiklah, simak pembahasannya sampai habis, dimulai dari sajian spesifikasi singkat Black Shark 4 sebagai berikut.

Spesifikasi Black Shark 4

Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Black Shark 4

Ada hal baru yang dimunculkan produsen setiap kali melahirkan ponsel anyar. Hal baru itu umumnya merupakan sebuah kelebihan yang menjadi key selling point. Nah, beberapa poin di bawah ini adalah ragam kelebihan yang dimiliki Black Shark 4.

1. Desain Minimalis

Seperti dijelaskan pada paragraf pembuka, desain Black Shark 4 lebih kalem daripada pendahulunya, Black Shark 3. Tiada lagi aksen mencolok sebagaimana HP gaming pada umumnya. Nuansa gaming pada HP ini sebetulnya masih tercermin pada penutup belakangnya yang berbahan polikarbonat.

Hal itu terlihat dari adanya efek hologram yang muncul jika penutup belakangnya mendapatkan terpaan cahaya. Saking kalemnya desain Black Shark 4, lampu RGB dihilangkan. Di Black Shark 3, lampu RGB dipasang pada logo brand yang berbentuk "S".

Tidak ada apa-apa lagi di penutup belakang HP ini selain modul kamera memanjang dengan isi tiga lensa kamera dan satu lampu flash. Modul kamera ini sedikit menonjol keluar.

Geser ke bagian samping, HP ini memakai rangka aluminium. Sisi kanan rangka terdapat tombol power yang menyatu dengan pemindai sidik jari. Ada juga dua tombol magnetik fisik alias gaming triggers. Pembahasan khusus tombol magnetik fisik ada di poin berikutnya.

Lanjut ke sisi bawah, ada mikrofon, jack audio 3,5 mm, port USB C, dan lubang speaker. Di sisi kiri ada laci dua kartu nano-SIM tanpa microSD, mikrofon, serta tombol pengatur volume. Sementara itu, sisi atas HP ini ada mikrofon ketiga dan speaker sekunder.

Balik ke depan, Black Shark 4 punya layar bergaya punch hole, dengan lubang kamera depan di tengah-atas. Di atas kamera depan ada earpiece. Gaya layar HP ini memang tak seperti Black Shark 3 dan ponsel gaming lain pada umumnya yang mempertahankan bezel tebal.

Bezel tebal biasanya dimanfaatkan sebagai tempat kamera depan, speaker sekunder atau earpiece, serta agar layar tidak mengalami salah pencet akibat terkena sentuhan yang tak sengaja saat ponsel digenggam. Selain itu, adanya bezel membuat gamers akan lega jika tampilan yang dilihatnya tidak punya penghalang apa pun.

Namun demikian, GSM Arena menilai bahwa lubang kamera pada Black Shark 4 sangat kecil, berbeda dari kebanyakan ponsel. Hanya saja, jika gamers tetap terganggu, ada opsi untuk mengaktifkan notch virtual (poni) agar lubang kamera tak terlihat.

Ditinjau dari bentuknya, Black Shark 4 memang besar, tipikal HP gaming. Dimensi terukurnya 163.8 x 76.4 x 9.9 mm dengan bobot 210 gram. Penggunaan satu tangan memang sedikit lebih sulit.

Akan tetapi, HP gaming memang dirancang untuk lebih sering dipakai dengan mode horizontal memakai dua tangan. Terlepas dari itu, tim GSM Arena mengaku bahwa Black Shark 4 terasa kokoh saat digenggam.

Kemudian, penutup belakangnya yang varian Mirror Black tidak mudah untuk meninggalkan berkas sidik jari. Varian warna Mirror Black adalah satu-satunya yang dijual di Indonesia. Adapun bagian depan HP ini tidak dijelaskan memakai kaca proteksi jenis apa.

Namun, Zack Nelson meyakini bahwa ada lapisan tempered glass yang melapisi bagian depan si ponsel. Zack Nelson adalah pemilik kanal YouTube Jerry Rig Everything. Nelson mendapati layar Black Shark 4 tergores ketika digesek dengan pisau khusus dengan level ketajaman 6 skala Mohs.

2. Tombol Mekanik dan Fitur Gaming

Sisi kanan rangka Black Shark 4 cukup spesial dengan adanya dua tombol fisik magnetik. Black Shark menyebut tombol ini dengan istilah Magnetic Pop-up Triggers. Tombol ini bisa muncul setelah Anda membuka kunciannya. Letak kunciannya ada di samping tombol.

Black Shark 4 pun menjadi ponsel Black Shark pertama yang mengusung fitur ini. Fungsi dua tombol ini jelas untuk memunculkan aksi tertentu ketika Anda sedang bermain gim, mirip seperti L1 dan R1 pada joystick Play Station.

Tombol yang seperti ini bukanlah hal yang baru bagi sebuah HP gaming. Namun, sebagaian besar brand memakai jenis tombol virtual yang memanfaatkan sensor ultrasonik. Bukan tombol fisik seperti yang dipakai Black Shark 4. Tombol fisik jelas dapat menimbulkan sensasi tersendiri.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram