Carisinyal / Xiaomi 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Gaming Xiaomi Black Shark 2

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Gaming Xiaomi Black Shark 2

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Black Shark Technology, perusahaan gim asal Tiongkok, menjadi banyak dikenal lantaran memiliki peran dalam menciptakan perangkat bernama Black Shark. Perusahaan ini mendapatkan dana investasi dari Xiaomi untuk memproduksi apa yang kemudian kita kenal sebagai Xiaomi Black Shark series.

Generasi pertama HP ini sudah lahir pada 2018, lewat Xiaomi Black Shark. Setelah itu, muncul Xiaomi Black Shark Helo yang merupakan minor upgrade dari Xiaomi Black Shark generasi pertama. Xiaomi Black Shark series kemudian menghadirkan generasi penerusnya atau generasi kedua yang disebut Xiaomi Black Shark 2 atau Xiaomi Black Shark 2 Skywalker.

Apa yang menarik dari Xiaomi Black Shark 2 ini? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari simak pembahasannya berikut ini. Tapi sebelum membaca, silakan simak juga artikel tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark, Black Shark series generasi pertama.

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 2

Xiaomi Black Shark 2 HP Xiaomi RAM 8 gb

  • Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 256 GB
  • Kamera: Dual 48 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 4000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 9.499.000

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Xiaomi Black Shark 2

Penasaran ingin tahu kelebihan dan kehebatan yang ditawarkan oleh Xiaomi Black Shark 2? Kalau begitu, Anda harus cari tahu sendiri di penjelasan berikut ini, ya.

1. Performa Super Kencang

Black Shark 2

* sumber: www.tomsguide.com

Sebagai sebuah HP Gaming, Xiaomi Black Shark 2 tentu harus memiliki performa yang kencang dan mumpuni. Terlebih Xiaomi Black Shark generasi pertama saja bisa mencapai nilai Antutu 290.499. Lantas, bagaimana dengan Xiaomi Black Shark 2?

Dengan dukungan chipset Snapdragon 855 dan sokongan RAM mencapai 12 GB, jelas kalau HP ini menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Seperti yang disampaikan oleh situs Trustedreviews yang menyatakan kalau performa HP ini kencang.

Nilai Antutu yang didapatkan oleh Xiaomi Black Shark 2 terbilang tinggi yakni mencapai 360 ribuan. Angka benchmark lainnya juga tinggi. Geekbench multicore saja memberi angka 11.295. Nilai benchmark dari Xiaomi Black Shark ini selengkapnya bisa disimak pada tabel berikut ini.

benchmark black shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Tomsguide, Xiaomi Black Shark 2 mendapatkan angka 11.174 ribu untuk Geekbench 4 multicore. Angka yang tidak berbeda jauh dengan apa yang didapatkan oleh Trustedreviews.

Angka ini juga memosisikan performa Xiaomi Black Shark 2 yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10 dan Apple iPhone XS. Samsung Galaxy S10 mendapat angka Geekbench 10.813 sementara iPhone XS mendapat skor 11.420.

Memperlihatkan angka benchmark Xiaomi Black Shark 2 saja tentu tidak cukup. Sebagai HP gaming, tentu HP ini harus lulus verifikasi pengujian bermain gim yang layak. Dan Tomsguide maupun Trustedreviews sudah membuktikan kalau Xiaomi Black Shark 2 benar-benar memiliki kemampuan dalam menjalankan gim yang baik.

Tomsguide menguji Xiaomi Black Shark 2 ini dengan memainkan gim PUBG Mobile dan Asphalt 9: Legends dengan bolak-balik. Dengan kondisi ini, Xiaomi Black Shark 2 mampu  menjalankan kedua gim tersebut dengan lancar tanpa membuat HP harus-harus ngos-ngosan kepanasan.

Trustedreviews bahkan menyatakan kepuasan dan memuji Xiaomi Black Shark 2 sebagai HP yang dapat memberi peningkatan yang signifikan. Ketika HP ini diajak bermain gim, tidak ada cerita frame rate mengalami penurunan drastis. Hal ini memberi pengaruh kalau Xiaomi Black Shark 2 dapat memberikan pengalaman bermain gim dengan tampilan visual yang super halus.

Selain itu, Xiaomi Black Shark 2 mampu mengatasi kondisi panas berlebih. Tidak akan ditemukan kondisi Xiaomi Black Shark 2 dengan permukaan bodi terasa panas. Hal ini karena Xiaomi Black Shark 2 memiliki sistem pendingin yang disebut liquid cooling system.

Sistem pendingin ini sudah ada sejak di Xiaomi Black Shark generasi pertama. Sistem ini tergolong ampuh dalam mendinginkan suhu panas prosesor ketika diajak ngebut-ngebutan bermain gim. Sesuatu yang tentu patut diapresiasi dari Xiaomi Black Shark 2.

2. Desain Modern dan Sporty

Black Shark 2 body

* sumber: www.trustedreviews.com

Xiaomi Black Shark 2 mempertahankan ciri khas sebagai HP gaming dengan membuat bodinya tampak memiliki desain yang lebih modern dan sporty.  Kali ini desainnya lebih memancarkan cahaya yang membuat Xiaomi Black Shark 2 tidak kalah dengan HP gaming lainnya.

Menariknya, cahaya yang keluar tidak hanya warna hijau. Ketika HP ini memainkan Spotify, lampu di bagian ligth bar akan terasa seperti menari mengikuti irama. Lampunya akan memancarkan berbagai warna. Kilatan warna ini jelas jadi ciri khas apa yang disebut sebagai RGB, warna lampu kebanggaan para gamer.

Xiaomi Black Shark 2 dibingkai dalam warna hijau zamrud metalik. Hal ini membuat desain HP ini terasa lebih kokoh. Selain itu, logo huruf “S” di bagian belakang HP  yang menyala masih tetap dipertahankan sama seperti seri sebelumnya.

Black Shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Yang menarik, bagian depan HP ini tampil lebih cantik. Xiaomi Black Shark 2 mengedepankan desain melengkung alias curved yang membuatnya tampak menarik di bagian depan. Pengambilan sisi desain ini terasa membuat Xiaomi Black Shark 2 berbeda jika dibandingkan HP lainnya.

Contohnya adalah Razer Phone 2 atau tampilan Asus ROG Phone yang cenderung memiliki sudut yang lebih tajam. Sementara dengan kesan melengkung alias curved, membuat Xiaomi Black Shark 2 tampak memiliki desain cantik seperti halnya desain yang diusung oleh Samsung Galaxy S9 Plus.

3. Layar AMOLED

Black Shark 2

* sumber: www.tomsguide.com

Keunggulan lainnya dari Xiaomi Black Shark 2 adalah layarnya. Layar pada HP ini mengusung resolusi Full HD+ 2340 x 1080 piksel dengan kerapatan layar mencapai 430ppi. Layarnya ini memakai panel AMOLED, panel layar yang tergolong bagus.

Penggunaan panel AMOLED tentu jadi suatu peningkatan yang baik. Pasalnya, Xiaomi Black Shark 2 generasi pertama hanya mengusung panel layar IPS LCD. Penggunaan AMOLED di HP ini jelas membuat layar Xiaomi Black Shark 2 memiliki kontras yang baik.

Penggunaan panel AMOLED ini membuat Xiaomi Black Shark 2 mampu menampilkan tampilan visual yang baik, bahkan ketika memutar video di adegan gelap. Tentu hal ini juga berpengaruh ketika memainkan gim dengan visual di kondisi yang kurang terang yang tentunya akan memberikan pengalaman visual yang baik.

Hal yang mungkin agak disayangkan, HP ini hanya mengusung resolusi Full HD. Penggunaan resolusi ini sebenarnya masih bisa dimaklumi. Alasannya biasanya karena pemangkasan biaya agar HP bisa dijual lebih murah. Meskipun efeknya jelas membuat tampilan tidak terlalu tajam.

4.  Daya Tahan Baterai yang Lama

Black Shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Sama seperti pendahulunya, Xiaomi Black Shark 2 menawarkan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai HP ini tergolong cukup besar dan bisa dibilang daya tahannya tergolong baik. Seperti yang diungkapkan oleh Tomsguide, kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik.

Pada pengujian yang dilakukan oleh Tomsguide, Xiaomi Black Shark 2 ini bisa mendapatkan waktu 13 jam 50 menit. dalam tes baterai. Hasil ini lebih baik jika dibandingkan ASUS ROG Phone yang hanya mencapai 8 jam pada pengujian yang sama.

AndroidAuthority, situs teknologi ternama, juga menguji Xiaomi Black Shark 2 Dalam pengujian penggunaan sehari-hari yang dilakukan AndroidAuthority, Xiaomi Black Shark 2 mampu bertahan sampai 48 jam dengan sisa sedikit. Tentu dengan kondisi penggunaan yang wajar.

Dalam pengujian gim seperti Fortnite atau Asphalt selama lebih dari satu atau dua jam, baterai ini masih bisa menyisakan banyak untuk digunakan seharian. Tentu ketika malam hari, Anda bisa melakukan pengisian ulang.

Sebenarnya, pengisian HP ini tergolong cepat. Jadi tidak perlu menunggu malam dan tidur sambil mengisi daya ponsel. Waktu pengisian daya di HP ini tergolong cepat karena bisa mengisi sampai 60% dalam waktu 30 menit saja. Sebagai contoh, jika baterai HP ini berada di kondisi 10%, maka cukup isi daya selama setengah jam, persentase baterai akan mencapai 70%.

Kecepatan pengisian daya ini tidak lepas dari hadirnya teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0 yang ditanamkan di HP ini. Berkat teknologi ini, Xiaomi Black Shark 2 dapat terisi daya dengan tegangan 27W. Jelas ini merupakan suatu peningkatan, mengingat Xiaomi Black Shark generasi pertama saja hanya dibekali teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0.

5. Android Murni dan Shark Space Black Shark 2

*Xiaomi Black Shark 2 hadir menawarkan sistem operasi Android murni alias Android Stock. Tidak ada kustomisasi apapun di bagian tampilan ini, semua fitur, tampilan dan ikon adalah khas Android Stock. OS Android yang digunakan sendiri adalah Android Pie. Berikut contoh tampilan UI Androidstock di Xiaomi Black Shark 2.

black shark 2 ui

* sumber: www.pocket-lint.com

Dengan penggunaan Android murni, jelas membuat Xiaomi Black Shark  2 tidak memerlukan banyak resource. Hal ini berpengaruh pada performa HP secara keseluruhan yang lebih optimal. Karena biasanya, penggunaan UI sendiri akan memakan resource. 

Mengusung OS Android murni bukan berarti HP ini tidak memiliki fitur menarik. Rasanya aneh bukan jika ada HP gaming tetapi tidak memiliki fitur untuk bermain gim. Nah, fitur untuk mendukung pengalaman bermain gim di HP ini disebut sebagai Shark Space.

Shark Space adalah sebuah fitur khusus untuk mendukung pengalaman bermain gim di Xiaomi Black Shark 2 menjadi lebih baik. Fitur ini memiliki tombol khusus berwarna hijau di sebelah kanan. Dengan fitur ini, pemakai Black Shark 2 akan dengan mudah mengakses berbagai gim.

Shark Space juga bisa jadi jalan pintas ketika pengguna fokus pada aplikasi lain. Misalnya, ketika sedang nonton Youtube dan bosan ingin main gim, cukup tekan tombol Shark Space, maka akan langsung diarahkan ke berbagai gim. Hal ini juga akan membuat sistem melakukan optimalisasi seperti membersihkan penggunaan RAM dan mematikan notifikasi.

Fitur ini jelas bagus dan bermanfaat. Terlebih jika para gamer lebih suka dengan fitur yang memudahkan mereka untuk mengakses langsung permainan yang mereka suka.

Secara keseluruhan, penggunaan Android murni jelas lebih bagus jika dibandingkan JoyUI, UI yang digunakna di Xiaomi Black Shark generasi pertama. Pasalnya, JoyUI ini boleh dibilang UI yang kurang maksimal dan banyak yang kecewa karena UI ini tidak semenyenangkan namanya.

6. Dukungan Controller

Black Shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Sebagai ponsel gaming, Xiaomi Black Shark 2  jelas harus memberi pengalaman bermain gim yang menyenangkan. Karena itu, Xiaomi Black Shark 2 memiliki dukungan penggunaan controller. 

Controller ini lebih menarik jika dibandingkan dengan controller yang ada di Xiaomi Black Shark generasi pertama. Xiaomi Black Shark 2 memiliki pengontrol untuk bermain gim yang mirip dengan JoyCons Nintendo Switch. Pengontrol ini bisa dipasang di kedua sisi dan membuat Xiaomi Black Shark 2 tampak sebagai perangkat konsol portable. 

Kehadiran controller ini jelas bakal membuat Xiaomi Black Shark 2 lebih menyenangkan. Terlebih jika memainkan gim-gim seperti FPS, gim tema Battle Royal, atau gim lainnya yang membutuhkan banyak tombol khusus yang perlu ditekan secara berbarengan.

Penggunaan controller jelas akan membuat layar tidak terhalang dan fokus memberikan pengalaman visual. Sayangnya, controller untuk Xiaomi Black Shark 2 ini dijual terpisah.

Kekurangan Xiaomi Black Shark 2

Meski terlihat sangat “WAH” namun Xiaomi Black Shark 2 ini ternyata masih punya beberapa kekurangan yang perlu jadi bahan pertimbangan Anda.

1. Layar Maksimal Framerates 60Hz

Black Shark 2 performance

* sumber: www.trustedreviews.com

Penggunaan panel AMOLED di Xiaomi Black Shark 2 harus diakui merupakan suatu peningkatan. Tetapi harus diakui juga ada kekurangan dari layar yang ditawarkan oleh Xiaomi Black Shark 2 ini. Salah satunya adalah framerate yang ditawarkan hanya mencapai 60Hz.

Bandingkan dengan HP gaming lain yang menawarkan framerate lebih baik seperti Razer Phone 2. HP yang satu ini malah menawarkan framerate sampai 120GHz. Dengan framerate yang tinggi, pengalaman bermain gim akan lebih smooth dan lebih lancar. Meskipun framerate 60Hz sebenarnya tidak terlalu buruk

Selain itu, layar di Xiaomi Black Shark 2 ini memiliki tingkat kecerahan yang kurang. Dari spesifikasinya, tingkat kecerahan layar di HP ini adalah 430 nits. Seperti yang diungkap oleh AndroidAuthority, kalau Xiaomi Black Shark 2 ini memiliki tingkat kecerahan yang tidak terlalu bagus.

Sebagai pembanding, Razer Phone 3 memiliki tingkat kecerahan mencapai 580 nits. Tentu ini jadi “pekerjaan rumah” bagi produsen Xiaomi Black Shark. Terlebih penggunaan resolusi Full HD membuat tampilan layar HP ini tidak terlalu tajam. Tapi kabarnya, HP ini bakal mengeluarkan punya versi Quad HD.

2. Kamera Biasa Saja

Black Shark 2

* sumber: www.tomsguide.com

Xiaomi Black Shark menawarkan dua kamera belakang. Kamera pertama adalah 12 MP yang sudah mendukung dual pixel PDAF. Kamera kedua adalah 20 MP yang sudah mendukung autofocus dan 2x optical zoom. Dari spesifikasinya, kedua kamera ini tampak menjanjikan. Tapi, mari langsung saja lihat hasil contoh tangkapan kameranya berikut ini.

Hasil Tangkapan Kamera Black Shark 2

* sumber: www.tomsguide.com

Hasil Tangkapan Kamera Black Shark 2

* sumber: www.tomsguide.com

Hasil Tangkapan Kamera Black Shark 2

* sumber: www.tomsguide.com

Hasil Tangkapan Kamera Black Shark 2

* sumber: www.androidauthority.com

Hasil Tangkapan Kamera Black Shark 2

* sumber: www.androidauthority.com

Hasil tangkapan kamera Xiaomi Black Shark 2 tidak bisa dikatakan istimewa. Hasilnya cenderung biasa. Hal wajar sebenarnya mengingat HP ini adalah HP gaming. Tetapi tentu sekarang HP pintar selalu tidak lepas dengan sokongan kamera yang baik, terlebih Xiaomi Black Shark 2 dibekali chipset Snapdragon 855 yang notabene memiliki ISP yang baik.

Hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Black Shark 2 ini memang tidak spesial. Seperti yang diungkapkan oleh Tomsguide, kamera pada Xiaomi Black Shark 2 tidaklah sempurna meskipun secara kualitas ada peningkatan.

AndroidAuthority menyatakan kalau hasil tangkapan kamera dari Xiaomi Black Shark 2 ini mediocre. Namun, kualitasnya lebih tajam dari apa yang diharapkan. Hal serupa juga diungkap oleh Trustredreviews yang menyatakan kalau hasil kamera HP ini bagus hanya saja tidak setara dengan HP lain yang fokus pada fotografi.

Trustredreviews malah menyatakan kalau hasil tangkapan kamera belakang dari HP ini cenderung mirip dengan Samsung Galaxy S9 Plus. Hasil warnanya akurat dan tajam tapi tidak memiliki detail yang baik.

Yang patut dipuji dari kamera Xiaomi Black Shark 2 adalah kamera depannya. Kamera depan HP ini mengusung kamera 20 MP. Dan banyak yang memuji kualitas kamera depan dari Xiaomi Black Shark 2.

Mengingat, Xiaomi Black Shark 2 adalah HP gaming, sebenarnya cukup wajar kalau dari sisi kamera, HP ini kurang begitu mengesankan. Tetapi sebagai HP kelas atas, tentu pasti banyak yang berekspektasi lebih dengan kualitas kamera dari HP ini.

3. Tidak Ada Audio Jack 3,5mm

black shark 2

* sumber: www.androidauthority.com

Xiaomi Black Shark 2 sudah memakai port USB Type-C. Sayangnya, seperti HP modern lainnya, HP ini menghilangkan jack audio. Artinya, tidak ada port 3,5mm di HP ini. Hal ini jelas jadi kekurangan sendiri mengingat tidak sedikit orang yang masih membutuhkan port ini.

Terlebih bermain gim memakai headset kabel lebih menyenangkan. Tampaknya, perkembangan ketidakhadiran jack audio di HP memaksa pengguna untuk beralih memakai headset tanpa kabel.

4. Bodi Bongsor

Black Shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Bodi yang solid dengan metal di Xiaomi Black Shark 2 memberi pengaruh pada bobot HP ini. Bobotnya mencapai 208 gram. Hal ini membuat Xiaomi Black Shark 2 terasa sedikit berat. Terlebih karena HP ini banyak memakai kasing metal di bagian bodinya.

Menurut AndroidAuthority, bobotnya yang berat membuat HP ini terasa kurang nyaman jika dipegang terlalu lama. Karena itu, penggunaan controller memang sangat disarankan agar bisa bermain gim di HP ini lebih nyaman.

5. Tidak Ada Fitur Kelas Atas

Black Shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Sebagai HP gaming dengan chipset kelas atas, jelas membuat Xiaomi Black Shark 2, mau tak mau akan dibandingkan dengan HP kelas atas lainnya. Karena itu, ketidakhadiran fitur kelas atas di HP ini bisa jadi fitur kekurangan.

Fitur kelas atas yang dimaksud seperti tidak mendukung wireless charging dan tidak memiliki sertifikasi anti-air. Selain itu, HP ini juga tidak mendukung penambahan memori eksternal.

Seharusnya, Xiaomi Black Shark 2 mengalami peningkatan fitur. Mengingat Xiaomi Black Shark tidak punya sertifikasi tahan air dan debu, jelas akan sangat menarik melihat Xiaomi Black Shark 2 memiliki sertifikasi IP67 atau IP68. Barangkali mungkin nanti di Xiaomi Black Shark generasi berikutnya.

Simpulan

Xiaomi Black Shark 2 sudah pantas memosisikan dirinya sebagai HP gaming menggantikan generasi sebelumnya. Banyak peningkatan yang hadir di HP dibandingkan generasi sebelumnya seperti performa, layar, dan dukungan controller yang lebih baik.

Selain itu, penggunaan Android murni dan kehadiran tombol Shark Space jadi sesuatu yang patut diapresiasi dari HP ini. Meskipun tetap ada kekurangan, tetapi secara keseluruhan, Xiaomi Black Shark 2 tergolong HP gaming yang layak dipilih. Tertarik? Anda bisa membeli Xiaomi Black Shark 2 melalui Bukalapak di link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Kelebihan dan Kekurangan HP Gaming Xiaomi Black Shark 2”

  1. Kayaknya Xiaomi black shark lebih fokus ke gaming, jadi kameranya resolusinya agak rendah.
    Tapi nggak apa-apa lah, saya sendiri jauh lebih suka dengan game daripada selfie, di HP saya aja hanya ada 1 foto saya.
    Jadi menurut saya pribadi sih, layak dibeli.

Tinggalkan komentar