Inilah Kelebihan dan Kekurangan Black Shark 2 Pro!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Black Shark 2 Pro adalah HP penerus dari Black Shark 2. HP ini adalah HP untuk main gim dengan berbagai fitur yang menarik. HP ini sendiri dikeluarkan oleh perusahaan bernama Black Shark, yang mendapat pendanaan dari Xiaomi. Tidak aneh, jika kemudian seri Black Shark sering dibumbui dengan nama Xiaomi di depannya. Padahal Xiaomi hanya sebagai investor saja.

Karena itu, banyak yang menyebut HP ini juga sebagai Xiaomi Black Shark 2 Pro. Padahal nama resminya adalah Black Shark 2 Pro saja, sama seperti seri sebelumnya yang seharusnya tanpa embel-embel Xiaomi. Terlepas dari penamaannya, seperti apa sebenarnya HP ini? Simak langsung 10 poin kelebihan dan kekurangan Black Shark 2 Pro berikut ini.

Spesifikasi Black Shark 2 Pro

[aps_product_specs id="50234"]

Kelebihan Black Shark 2 Pro

Terdapat tujuh poin kelebihan yang ada di Black Shark 2 Pro. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain yang Agresif

Black Shark 2 Pro hadir dengan desain yang agresif dengan bodi berbahan metal. Bodi dan desainnya memang tergolong bagus, baik model warna silver maupun warna hitam. Terlebih untuk varian warna hitam, desain garangnya terlihat agresif. Berat bodi HP ini sendiri sekitar 205 gram dengan dimensi 163.6 x 75 x 8.8 mm yang tergolong pas digenggam.

2. Performa Luar Biasa

black shark 2 pro

Black Shark 2 Pro memiliki peningkatan yang signifikan dari sisi hardware. HP yang satu ini sudah dilengkapi dengan tipe penyimpanan UFS 3.0 yang membuat performanya jelas lebih bagus. Selain itu,  HP ini juga memiliki peningkatan di sektor dapur pacunya.

Betapa tidak, dapur pacu yang ada di Black Shark 2 Pro adalah Snapdragon 855+. Chipset ini adalah peningkatan dari Snapdragon 855. Untuk diketahui, Black Shark 2 dibekali Snapdragon 855 saja. Adapun perbedaan kedua chipset terletak pada clock speed CPU dan GPU-nya.

Snapdragon 855 hadir dengan konfigurasi CPU Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485) dengan GPU Adreno 640. Sementara Snapdragon 855+ hadir dengan konfigurasi CPU Octa-core (1x2.96 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640 yang memiliki clockspeed 700 Mhz. 

Terlihat kalau single core Kryo 485 yang ada di Snapdragon 855+ memiliki clockspeed 2,96 GHz. Bandingkan dengan single core Kryo 485 yang ada di Snapdragon 855 yang hanya 2.84 GHz. Nilai GPU dari Snapdragon 855+ juga lebih tinggi. Hal ini jelas membuat Snapdragon 855+ memiliki performa yang oke punya. Terlihat dari nilai Antutu yang sangat tinggi seperti bisa dilihat pada gambar berikut ini.

antutu black shark 2 pro

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=mbvlbuR-Fuc

Dengan angka 470 ribuan, jelas performa HP ini tergolong kencang. Youtuber Dhiarcom, menguji HP ini dengan PUBG Mobile. Hasilnya pengaturan grafis menunjukan kalau PUBG Mobile dapat berjalan di Black Shark 2 Pro dengan pengaturan grafis HDR dan framerates Extremes.

Tentu untuk penggunaan sehari-hari, performa dari HP ini tergolong bagus. Dipakai main gim berat saja oke, apalagi dipakai untuk kebutuhan sehari-hari seperti menjalankan banyak aplikasi.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

black shark 2 pro

Sama seperti pendahulunya, Xiaomi Black Shark 2 Pro juga menawarkan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dari mulai generasi pertama, Black Shark 1, Black Shark Helo, dan Black Shark 2, kapasitas baterai HP ini selalu ada di 4.000 mAh.

Karena kapasitas baterai yang sama dengan sebelumnya, daya tahan baterai HP ini juga hampir serupa. Karena itu bisa dibilang, performa baterai di HP ini serupa dengan Black Shark 2. Sebelumnya, di artikel kelebihan dan kekurangan Black Shark 2 disebutkan kalau daya tahan baterai jadi kelebihan tersendiri dengan ketahanan daya sampai 48 jam lamanya. Tentu hasil yang didapatkan oleh Black Shark 2 Pro tidak jauh berbeda.

4. Layar Super untuk Main Gim

black shark 2 pro

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=mbvlbuR-Fuc

Black Shark 2 Pro hadir dengan panel layar Samsung AMOLED yang membuat tampilan layar HP ini benar-benar bagus. Layarnya sendiri hadir dengan dimensi 6,39 inci dan resolusi 1080 x 2340 pixels. Layarnya sudah mendukung teknologi DCI-P3 100% dan teknologi sentuh 240 Hz.

Youtuber Techbeans, mengatakan kalau layar HP ini sudah mendukung teknologi HDR. Dan tampilan layar HP ini tergolong bagus dengan warna yang menonjol dengan warna hitam yang pekat. Warna yang dihasilkan dari layarnya tergolong vibrant sehingga membuat tampilan visual HP ini benar-benar bagus.

5. Kualitas Audio Stereo

performa black shark 2 pro

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=mbvlbuR-Fuc

Black Shark 2 Pro hadir dengan kualitas audio yang bagus. Seperti kata Techbeans, kualitas audio yang dihasilkan HP ini tergolong bagus. Suara speaker yang dihasilkan menghasilkan suara booming yang bagus dan suara bass yang bagus. Secara keseluruhan, untuk audio, kualitas suara dari Black Shark 2 Pro tergolong bagus.

6. Software Interface yang Bagus

interface xiaomi black shark 2 pro

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=m2agSAMMNt8

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram