10 Kelebihan dan Kekurangan HP Gaming Xiaomi Black Shark

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Benar kalau ada yang menyebut masa depan dunia gim itu adalah mobile gaming. Hal ini dikuatkan juga dengan maraknya vendor yang merilis HP khusus untuk bermain gim. Xiaomi salah satunya yang ikut meramaikan khazanah dunia ponsel pintar khusus untuk gim.

Adalah Black Shark Technology, perusahaan gim asal Tiongkok yang berperan besar dalam menciptakan ponsel gim yang dinamakan Black Shark. Perusahaan ini mendapatkan dana investasi dari Xiaomi untuk memproduksi apa yang kemudian kita kenal sebagai Xiaomi Black Shark.

Itu berarti ponsel gim besutan Xiaomi ini bukan merupakan murni produksi Xiaomi. Hal ini cukup wajar mengingat Xiaomi hanya punya dua unit seri di produksi ponsel mereka, seri Redmi dan seri Mi. Yah, cuman dua seri tapi kedua seri tersebut "beranak banyak" sehingga kita bisa banyak menemukan HP Xiaomi terbaru tiap tahunnya.

Xiaomi Black Shark sendiri hadir di pasaran dan cukup bagus diterima pasar. Bisa jadi Xiaomi dan Black Shark Technology (yang dipekirakan bakal jadi bagian dari ekosistem Xiaomi) bakal merilis seri ponsel gim lainnya di kemudian hari.

Tapi, sebelum bicara tentang masa depan, mari bicara dulu sekarang, saat Xiaomi Black Shark sudah hadir di pasaran. Anda pun bisa dengan mudah menemukannya di toko online. Harganya bisa mencapai belasan jutaan. Dan ingat bukan garansi resmi yang tentu memberi banyak jaminan.

Namanya juga Xiaomi, tidak masuk resmi pun banyak dicari, termasuk  Xiaomi Black Shark. Banyak orang Indonesia yang penasaran untuk punya HP ini. Jika Anda salah satunya, sebelum membeli pastikan kalau Anda membaca terlebih dulu 6 kelebihan dan 4 kekurangan dari Xiaomi Black Shark berikut ini.

Kelebihan Xiaomi Black Shark

1. Performa yang Kencang

ANTUTU XIAOMI BLACK SHARK
*

Perhatikan gambar di atas yang memperlihatkan angka 269.108. Angka tersebut adalah angka Antutu dari Xiaomi Black Shark. Angka Antutu ini sering jadi acuan pertama ketika orang ingin tahu performa sebuah HP dan jelas angka tersebut angka yang tinggi.

Angka tersebut didapatkan dari Xiaomi Black Shark dari varian RAM 6 GB dengan ROM 64 GB. Ada satu varian lagi dari Xiaomi Black Shark dengan memori lebih tinggi, yakni varian RAM 8 GB dengan ROM 128 GB. Untuk nilai Antutu varian RAM 8 GB bisa dilihat pada angka skor yang ada di gambar bawah ini.

Xiaomi BlackShark Benchmarks
*

Nilai Antutu 290.499 jelas menunjukan betapa tinggi performa HP ini. Smartphone dengan nilai Antutu 250 ribu ke atas bisa dikategorikan sebagai smartphone yang kencang. Dan hal itu sudah dibuktikan oleh Xiaomi Black Shark yang begitu tegas bahwa sebutan "smartphone gaming" bukan gimmick semata.

Performa Xiaomi Black Shark memang tergolong kencang. Hal ini berkat dapur pacu Snapdragon 845 yang merupakan chipset tercepat dari Snapdragon (saat artikel ini dibuat). Tak perlu diuji kemampuan chipset ini untuk menjalankan aplikasi populer, pasti lancar untuk sekadar buka aplikasi media sosial, Youtube, dan lainnya.

Yang pasti bikin penasaran adalah kemampuan menjalankan gim. Situs Beebom, mengetes beberapa permainan dengan grafis kelas atas seperti PUBG, Shadow Fight 3, PES, dan Asphalt 8. Keempat gim tersebut dijalankan dengan lancar, bahkan bisa berpindah-pindah gim, alias gim bisa berjalan di belakang (backgound).

Jelas performa Snapdragon 845 ini tergolong kencang. Prosesor Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 385 Silver) dan GPU Adreno 630 adalah jaminan HP ini bisa menjalankan banyak program dengan baik dan memainkan dengan lancar. Pokoknya, performa HP ini kencang, bro!

2. Desain Keren dan Sporty

xiaomi black shark

Logo mengilat dengan huruf "S" di bagian belakang HP ini tampak keren. Logonya mengacu pada "shark" alias ikan hiu yang kemudian tampak menyatu dan senada dengan bentuk desain Xiaomi Black Shark. Seolah-olah DNA ikan hiu jadi inpirasi terhadap desain HP ini.

Dengan 161,6 × 75,4 x 9,25mm dan berat 190 gram, HP ini memberi kesan garang. Sebagai entitas HP gaming jelas kesan itu harus ditonjolkan dan Xiaomi Black Shark berhasil melakukannya. Selain itu, kehadiran gamepad pada bagian kiri menegaskan kalau HP ini memang ditujukan untuk main gim. Berikut penampakan gamepad pada HP ini.

Desain yang garang dan konsep gamepad tampak menyatu dengan bodi desain HP ini. Hal ini membuat Xiaomi Black Shark tak sekadar HP gaming, melainkan HP gaming yang mengedapankan performa tinggi dan desain yang lebih sporty. Desain yang garang dan sporty ini tentunya jadi kelebihan tersendiri dari Xiaomi Black Shark.

3. Kamera Tergolong Baik

kamera xiaomi black share
*

Meskipun mengusung konsep HP gaming, Xiaomi Black Shark tidak menganaktirikan spesifikasi yang seringkali juga jadi acuan orang untuk beli, kamera. Kamera pada HP ini tergolong baik berkat dual kamera belakang 12 MP dan kamera 20 MP yang keduanya punya bukaan f/1.8.

Kamera belakang ini punya fitur seperti 2x optical zoom, dual pixel phase detection autofocus, dan dual-LED dual-tone flash. Bagaimana hasil jepretan memakai kamera ini? Berikut contoh hasil jepretan yang diambil dari channel Youtube Dhiarcom.

*
*
*
*

Foto-foto tersebut menunjukan kualitas foto kamera belakang HP ini yang tergolong baik. Meski ada beberapa kelemahan seperti blur yang tampak kurang alami dan noise, tapi itu tak begitu mengganggu. Bisa dibilang secara keseluruhan, kamera belakang HP ini terbilang oke.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram