20 HP Xiaomi Terbaru Beserta Harga & Speknya (September 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

HP Xiaomi terbaru yang rilis resmi di Indonesia hadir dengan berbagai varian yang menarik. Ada yang harga terjangkau, kelas menengah, ada juga yang kelas atas.

Yang menarik, kiprah Xiaomi di Indonesia kian mewarna dengan kehadiran sub brand POCO dan hadirnya HP khusus game, Black Shark. Bersama Xiaomi Series dan Redmi series, kedua merek tersebut, jika masuk ke Indonesia, masuk pada daftar berikut ini.

Khusus untuk seri POCO, Carisinyal juga membuat artikel daftar khusus HP POCO yang masuk resmi ke Indonesia. Sementara untuk mengetahui HP Xiaomi terbaru yang rilis global, bisa mengecek pada artikel "HP Xiaomi Terbaru yang Rilis Global".

Sekarang mari simak daftar HP Xiaomi yang resmi hadir di Indonesia berikut ini. Langung cek saja daftarnya pada tabel di bawah ini. Penjelasan tiap HP, bisa disimak setelah info tabel.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Redmi 12

Redmi 12
Layar IPS LCD 6.79 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Redmi 12 rilis di Indonesia pada 1 Agustus 2023. Ponsel ini membawakan RAM dan storage terbesar yang pernah ada di jajaran Redmi series, yakni 8 GB + 256 GB. Tidak heran, Redmi 12 punya tagline "Naik Level".

Di bagian dapur pacunya, Redmi 12 diperkuat chipset Helio G88 yang dibuat dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini bukan yang paling kencang untuk HP 2 jutaan, tetapi sudah mencukupi untuk penggunaan harian dan gaming ringan.

Redmi 12 pun tawarkan satu hal yang langka di kelas harganya, yakni keberadaan kamera ultrawide. Baterai awet, sertifikasi IP53, dan layar yang lebar jadi keunggulan lain dari HP ini. Lebih dari itu, Redmi 12 dikemas dengan bodi belakang berbahan kaca guna berikan nuansa premium yang lebih kentara.

Kekurangan:

Kekurangan Redmi 12 yakni belum menggunakan panel AMOLED yang lebih cerah. Kemampuan fast charging-nya pun hanya 18 Watt, dengan pengisian baterai yang memakan waktu lebih dari 90 menit. Selain itu, NFC dan speaker stereo absen.

Redmi 12 cocok untuk siapa?

Redmi 12 tetap cocok dimiliki bagi siapa saja yang mendambakan kenyamanan penggunaan dari segala sisi. Besarnya memori HP ini jadi alasan kuat mereka yang mendambakan HP untuk pemakaian jangka panjang. Selain itu, Redmi 12 jadi salah satu opsi terjangkau bagi yang mencari HP dengan konfigurasi kamera belakang fungsional.

2. POCO X5 Pro 5G

POCO X5 Pro 5G
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

POCO X5 Pro 5G menawarkan banyak hal yang menarik untuk mengguncang segmen 3 jutaan. HP yang dirilis di Indonesia pada Juni 2023 ini unggul dalam hal performa, kemampuan kamera, desain, tampilan layar, hingga daya tahan baterai.

Soal performa, HP ini ditenagai Snapdragon 778G yang sudah jadi SoC idola netizen. SoC ini tidak hanya dapat menangani game berat, tapi mampu hasilkan pemrosesan foto dan video yang baik. Berkat SoC ini juga, POCO X5 Pro 5G punya daya tahan baterai yang oke.

Perihal desain, POCO X5 Pro 5G tak lagi seperti POCO X Series sebelum-sebelumnya yang bodinya besar dan berat. HP ini cukup ringan dengan bobot 181 gram. Ia juga tipis dengan ketebalan 7,9 mm saja. Sebuah hal yang mengagumkan mengingat layar HP ini 6,67 inci dan baterai yang dibawanya 5000 mAh.

Satu hal keren lagi yang dipunyai HP dengan IP53 ini adalah audio jack 3.5 mm. Adanya colokan fungsional itu membuat POCO X5 Pro 5G terlihat lain daripada HP kelas menengah lain. Sudah jarang HP kelas menengah yang punya audio jack 3.5 mm

Kekurangan:

POCO X5 Pro 5G memang keren. Meski begitu, bukan berarti HP ini sempurna. Beberapa catatan dari HP ini adalah dirilis dengan Android 12, tak punya slot microSD, tidak mendukung Radio FM, serta ada iklan dan bloatware yang muncul.

Lalu, beberapa penguji bilang bahwa ada perbedaan performa antara varian RAM 6 GB dengan RAM 8 GB. Varian dengan RAM yang lebih besar otomatis lebih kencang. Selain itu, ada saatnya pengguna perlu kipas eksternal agar frame rate yang diperoleh saat main game lebih stabil.

POCO X5 Pro 5G cocok untuk siapa?

POCO X5 Pro 5G akan cocok bagi hampir seluruh jenis pengguna. Baik itu yang suka membuat konten video, main game, atau sekadar nonton film dan main sosmed. Saya bisa bilang bahwa HP ini adalah salah satu pilihan terbaik jika Anda punya bujet Rp3 jutaan.

3. POCO F5 5G

POCO F5
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Kedatangan POCO F5 ke Indonesia cukup mencengangkan buat saya. Bagaimana tidak? HP rilisan Juni 2023 ini punya performa monster ala flagship. Padahal harganya cuma lima jutaan!

Resep utama ada di chipset Snapdragon 7+ Gen 2 yang secara konstruksi mirip sekali dengan Snapdragon 8+ Gen 1. Game berat macam Genshin Impact bisa dilibas dengan baik oleh POCO F5 pada setelan "Highest 60 fps". Kalau secara benchmark, skor AnTuTu 9 HP ini nyaris 1 juta.

Kombinasi SoC Snapdragon 7+ Gen 2 dan sistem pendingin yang baru jadi alasan mengapa performa HP ini begitu baik. Di sisi lain, POCO F5 tak cuma modal kencang. Aspek lain seperti desain, kemampuan kamera dan mikrofon, dan daya tahan baterai juga oke.

Bahkan, HP yang beratnya 181 gram ini masih punya audio jack 3,55 mm. Sebuah colokan yang masih sangat diperlukan oleh banyak orang. Sertifikasi IP53, speaker stereo, dan charger dalam paket penjualan, tersedia pada HP yang enak digenggam ini.

Kekurangan:

Hal yang jadi kekurangan POCO F5 adalah update software yang belum sepanjang brand lain. POCO cuma menawarkan 2 kali upgrade Android dengan 3 tahun pembaruan sistem keamanan. Merek lain ada yang bisa sampai 5 tahun update software-nya.

Kekurangan lain di HP ini adalah belum ada fitur penstabilan video saat merekam dengan kamera depan di resolusi 1080p 60 fps. Alhasil, hasil rekamannya seperti gempa bumi. Selain itu, karena penjualannya cukup laris sejak awal rilis, HP ini rawan "gaib" dari toko online maupun offline.

POCO F5 cocok untuk siapa?

Saya menilai POCO F5 sukses jadi HP all rounder dengan performa paling meyakinkan untuk kelas 5 jutaan. HP ini cocok bagi banyak orang, termasuk gamers yang juga mementingkan estetika dan ergonomika.

4. Redmi Note 12 Pro

Redmi Note 12 Pro 4g
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Redmi Note 12 Pro versi 4G ini dirilis secara resmi di Indonesia pada 31 Mei 2023. HP ini sejatinya merupakan daur ulang dari Redmi Note 10 Pro rilisan 2021. Meski begitu, spesifikasinya masih cukup meyakinkan jika melihat kompetitor-kompetitor lain di kelas harga yang sama.

Redmi Note 12 Pro membawa banyak keunggulan yang menarik. Misalnya, varian warna yang anak muda banget, kemampuan perekaman video di resolusi 4K 30 fps, hingga punya kamera ultrawide.

Beberapa penguji mengapresiasi kualitas foto dan rekaman video HP ini, sekalipun di kondisi low light. Banyak yang sepakat bahwa ISP yang bagus dari SoC Snapdragon 732G memiliki peran yang besar, selain karena sensor yang bagus.

Di sisi performa, SoC tersebut membuat Redmi Note 12 Pro masih lincah untuk menangani tugas-tugas harian, dan dapat jalankan game berat dengan lancar. Aspek lain di HP ini seperti daya tahan baterai, konfigurasi memori, dukungan pengisian cepat, tak ada masalah. Paket penjualannya pun masih disertai softcase dan charger 67 Watt.

Kekurangan:

Yang jadi masalah dari HP ini adalah software-nya. Tak masalah kalaupun ini memang benar daur ulang Redmi Note 10 Pro. Namun, seharusnya Redmi Note 12 Pro 4G datang dengan Android 13, bukan Android 11.

Untuk sebuah HP yang dirilis pada 2023, Redmi Note 12 Pro 4G terlihat jadul dari segi software. Redmi menjanjikan update software selama 2 tahun. Entah itu untuk peningkatan generasi Android atau sekadar patch keamanan. Untuk kebenarannya, hanya waktu yang bisa menjawab.

Redmi Note 12 Pro 4G cocok untuk siapa?

Jika yang Anda perlukan hanya kualitas tangkapan foto dan video, Redmi Note 12 Pro 4G adalah jawabannya. HP ini bisa menjadi tolok ukur kamera yang bagus buat sebuah ponsel 3 jutaan.

Di sisi lain, jika Anda bukan seseorang yang terlalu suka mengabadikan momen, Redmi Note 12 Pro 4G tetap bisa dipertimbangkan untuk penggunaan sehari-hari. Terlebih karena kualitas tampilan layar dan performa HP ini masih mumpuni.

5. Redmi A2

Redmi A2
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G36
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Hal yang membuat Redmi A2 terlihat istimewa di kelas low end adalah bodinya. Penutup belakang HP rilisan Mei 2023 ini memiliki tekstur yang membuat pengalaman genggam jadi menyenangkan. Bercak sidik jari pun dijamin gagal menempel berkat tekstur itu.

Selanjutnya, Redmi A2 mendapat jaminan pembaruan sistem keamanan sampai 2 tahun. Masih jarang produsen yang memberi jaminan pembaruan software, terutama untuk HP 1 juta mepet. Sistem operasi yang dipakai HP ini adalah Android edisi Go yang ramah untuk ponsel berspesifikasi rendah.

Alhasil, HP ini masih cukup nyaman dipakai walau jeroannya tidak mewah. Hal menarik lain yang bisa Anda dapatkan dari Redmi A2 adalah layar yang luas, baterai awet untuk penggunaan sehari penuh, serta kualitas tangkapan kamera yang oke.

Kekurangan:

Karena ditujukan buat penggunaan ringan, Redmi A2 tidak memiliki SoC yang sip. MediaTek Helio G36 yang dipakainya tidak cocok buat jalankan game berat. Terlebih sokongan RAM 2 GB atau 3 GB juga kurang bisa mendongkrak performa HP secara keseluruhan.

Catatan lain yang perlu diperhatikan sebelum meminang HP ini adalah belum punya sensor pemindai sidik jari, masih pakai port microUSB, dan tak ada sensor kompas.

Redmi A2 cocok untuk siapa?

Redmi A2 cocok pengguna yang benar-benar baru belajar menggunakan smartphone. Profil pengguna seperti orang tua dan anak-anak sesuai dengan peruntukan HP ini. Redmi A2 dapat melayani penggunaan ringan seperti browsing, berkirim pesan, dan menonton video dengan lancar.

6. Redmi Note 12

Redmi Note 12 4G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 685
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Tidak banyak HP 2 jutaan yang pakai layar AMOLED dan punya kamera ultrawide. Namun, Xiaomi berhasil mendatangkannya lewat Redmi Note 12. Maka jelas HP ini cukup memuaskan untuk urusan visualisasi dan fotografi.

HP yang mengantongi sertifikasi IP53 ini dibekali baterai 5000 mAh yang sebenarnya umum buat smartphone masa kini. Namun, karena Redmi Note 12 didukung SoC Snapdragon 685, daya tahan baterainya jempolan. Ketahanannya disebut bisa sampai 29 jam 32 menit menurut uji pemutaran video lokal GSM Arena.

Baterai yang awet itu didukung pula fast charging 33 Watt. Mengecas baterai dengan charger bawaan cuma perlu waktu sekitar 1 jam 11 menit. Berbagai fitur tepat guna turut disematkan buat HP yang punya desain bodi flat ini.

Mulai dari infrared blaster, slot microSD, audio jack, dan NFC untuk transaksi non tunai. Sensor giroskop yang membantu menstabilkan perekaman video pun ada.

Kekurangan:

Performa Snapdragon 685 sebenarnya tidak lelet. Untuk penggunaan sehari-hari sudah mencukupi. Hanya, keberadaan SoC ini membuat Redmi Note 12 kurang cocok untuk main game berat.

Redmi Note 12 pun kurang cocok buat keperluan kreasi konten, mengingat kemampuan perekaman videonya cuma sampai resolusi 1080p 30 fps. Smartphone yang dibekali speaker mono ini juga hadir dengan antarmuka yang ada iklannya dan disusupi banyak bloatware.

Untungnya ada cara khusus untuk meminimalkan iklan, sedangkan beberapa bloatware ada yang bisa dihapus.

Redmi Note 12 cocok untuk siapa?

Menurut saya Redmi Note 12 hampir bisa disebut sebagai HP yang all-rounder. Alasannya karena fitur yang dipunyainya cukup berlimpah. Namun, karena performa gaming-nya kurang sip, saya rasa HP ini akan cocok buat pengguna kasual yang lebih mementingkan kualitas visual untuk multimedia.

7. Redmi Note 12 Pro 5G

Redmi Note 12 Pro 5G
Layar P-OLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1080
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Ketika Anda tidak berhasil memperoleh POCO X5 Pro, saya pikir Anda tak perlu berkecil hati. Sebab, Xiaomi masih punya Redmi Note 12 Pro 5G yang tak kalah ciamik. Kekuatan utama HP rilisan Maret 2023 ini ada di kameranya.

Ya, Redmi Note 12 Pro menggunakan kamera utama 50 MP dengan sensor legendaris Sony IMX766. Kamera ini mampu hasilkan foto dan video yang memuaskan di berbagai kondisi pencahayaan. Apalagi kamera ini juga dilengkapi dengan OIS.

Tak cuma kamera, kemampuan multimedia, performa, daya tahan baterai, dan konektivitas HP ini patut diapresiasi. Soal multimedia, Redmi Note 12 Pro 5G punya layar P-OLED yang cakupan warnanya mencapai 1,07 miliar. Anda bisa memutar video dengan standar HDR10+ di HP ini, tentu dengan dentuman suara speaker stereo.

Terkait performa, SoC Dimensity 1080 yang dipakai Redmi Note 12 Pro 5G mungkin tidak sekencang Snapdragon 778G. Namun, soal kestabilan performanya bisa diadu. Setidaknya HP dengan IP53 ini bisa jalankan Genshin Impact dengan rerata frame rate 30an fps.

Kekurangan:

Rekaman video kamera Redmi Note 12 Pro 5G sebenarnya cukup bagus. Sayangnya, fitur stabilisasi video hanya aktif pada resolusi 1080p 30 fps. Masalah ini semestinya bisa diperbaiki lewat update software, mengingat secara hardware HP ini memenuhi syarat karena ada sensor giroskop.

Catatan selanjutnya soal HP ini adalah membawa Android 12 ketika banyak HP keluaran awal 2023 yang sudah memakai Android 13. Selain itu, antarmuka MIUI sang ponsel ada iklan dan bloatware.

Redmi Note 12 Pro 5G cocok untuk siapa?

Orang yang suka foto-foto adalah calon konsumen pertama yang layak mempertimbangkan Redmi Note 12 Pro 5G. HP ini juga oke dipilih bagi Anda yang suka ponsel dengan kemampuan merata. Satu lagi, HP ini adalah alternatif dari POCO X5 Pro, jika Anda lebih condong desain bodi yang kalem.

8. Redmi 12C

Redmi 12C
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Redmi 12C membawa spesifikasi yang menarik untuk sebuah HP dengan harga 1 jutaan. Misalnya konfigurasi memori hingga 4 GB RAM dengan penyimpanan 128 GB. Penyimpanan HP ini masih bisa ditingkatkan via microSD, sedangkan RAM-nya dapat diperluas sampai 3 GB melalui fitur memory extension.

Performa harian dari HP ini mencukupi dengan SoC MediaTek Helio G85. Bahkan game-game populer seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan Call of Duty Mobile dapat dimainkan dengan lancar.

Hal-hal seperti adanya sensor pemindai sidik jari, layar yang luas, bodi yang nyaman digenggam, serta jaminan update software sampai 3 tahun adalah sisi menarik lain yang ada pada Redmi 12C.

Kekurangan:

Secara urutan nama Redmi 12C memang merupakan penerus dari Redmi 10C. Hanya, HP rilisan Maret 2023 ini malah mengalami banyak downgrade dibanding pendahulunya.

Misalnya, menggunakan microUSB dari yang semula USB C, pengisian daya cuma 10 Watt alias turun 8 Watt, dan menggunakan penyimpanan eMMC 5.1 yang lebih lambat dari UFS 2.1. Pengisian 10 Watt bikin lama mengecas HP ini tembus 3 jam lebih

Hal lain yang semestinya ada di HP ini adalah sensor kompas untuk menentukan arah, infrared blaster, dan NFC untuk transaksi non tunai.

Redmi 12C cocok untuk siapa?

Redmi 12C menargetkan target pasar konsumen yang butuh ponsel untuk penggunaan dasar. Profil pengguna yang seperti ini dapat ditemui pada anak sekolah, lansia, dan orang yang perlu HP kedua untuk mendampingi HP utama.

9. POCO X5 5G

POCO X5 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan:

Meluncur pada Februari 2023, POCO X5 menawarkan spesifikasi yang mumpuni untuk kebutuhan gaming. Ponsel dibekali dengan dapur pacu kencang Snapdragon 695 5G yang dibangun atas fabrikasi 6 nm. Bisa dipakai bermain gim berat dengan nyaman, seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Layar yang digunakan HP ini juga terbilang jempolan di kelas mid-range, menawarkan panel AMOLED berukuran 6,67 inci yang mengusung refresh rate 120 Hz. Reproduksi warna pada layar tersebut sangat vibrant dan cerah, menyuguhkan gamut DCI-P3 100% dengan kecerahan puncak mencapai 1200 nit.

Desain bodinya yang stylish membuatnya tampil gaya dengan bobot 189 gram dan tingkat ketebalan hanya 7,98 mm. Membuat penggunanya tetap nyaman meski harus gunakan HP seharian penuh.

Kapasitas baterainya tentu sudah 5.000 mAh. Digabungkan dengan chipset hemat daya dan layar berefisiensi tinggi, perangkat disinyalir dapat bertahan hingga 20 jam durasi telepon, 13 jam merekam video Full HD, 21 jam pemutaran video, hingga 192 jam mendengarkan musik.

Perangkat juga telah tersertifikasi IP53 sehingga dapat menekan kemungkinan risiko rusak saat terkena cipratan air hujan atau tetesan air minum.

Kekurangan:

Kekurangan dari HP ini adalah kemampuan videografinya yang terasa kurang, belum mendukung 4K recording dan tidak mendukung perekaman 60 FPS. Jadi, kurang ideal untuk sarana ngonten.

Selanjutnya, speaker POCO X5 5G masih mono. Keluaran suaranya tentu kurang mantap, apalagi ketika HP dipakai main game ataupun menonton film.

HP ini dirilis dengan Android 12 yang agak ketinggalan. Dengan janji upgrade OS sebanyak 2 kali, POCO X5 5G berpotensi tidak memperoleh Android 15. Artinya dukungan software-nya jadi lebih pendek.

POCO X5 5G cocok untuk siapa?

Kalau Anda butuh HP mid-range yang kuat untuk gaming berat, layar dengan kecerahan tinggi, dan baterai awet seharian, POCO X5 5G tidak akan mengecewakan. Saya pikir para driver ojol juga akan merasakan manfaat melimpah pakai HP ini karena sudah tahan percikan air.

10. Xiaomi 12T 5G

Xiaomi 12T
Layar AMOLED 6.66 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Xiaomi 12T dikumandangkan sebagai smartphone dengan kemampuan yang unggul pada aktivitas kreasi konten. Pasalnya, perangkat ini membawakan kamera utama beresolusi tinggi 108 MP, dan sudah disertai stabilisasi OIS agar terhindar dari efek guncangan saat merekam.

Kamera tersebut dikemas pula dengan fitur pemotretan malam terbaik sehingga Anda dapat menerima hasil foto redup dengan kualitas yang membanggakan. Yang terpenting, Xiaomi 12T sudah dapat merekam video hingga 1080p di kecepatan 60 FPS, serta 4K di 30 FPS. Ini dijamin dapat membuka peluang lebih lebar saat melakukan post-processing pada hasil rekaman video.

Xiaomi 12T yang berada di segmen mid-range ini juga membawakan sejumlah spesifikasi yang unggul di setiap sisi. Mulai dari layar yang memukau, performa gahar, efisien, dan disertai sistem pendingin terpadu, hingga kemampuan fast charging 120 W super ngebut.

Dari sisi software, Xiaomi 12T juga dijanjikan akan mendapatkan support pembaharuan versi OS selama 3 tahun serta 4 tahun pembaharuan keamanan. Cukup panjang untuk kalangan Android.

Kekurangan:

Performa gaming Xiaomi 12T sebenarnya sudah cukup tinggi. Hanya saja, jika dibandingkan dengan pendahulunya dua generasi, yakni Xiaomi 10T, HP ini masih sedikit dibawahnya. Dengan begitu, jika Anda sekarang masih memiliki Xiaomi 10T, berpindah ke Xiaomi 12T bukanlah sebuah upgrade besar.

Catatan lain dari HP ini adalah belum punya sertifikasi IP rating. Cukup disayangkan memang untuk sebuah HP yang dirilis dengan harga 6 jutaan. Padahal ada banyak HP dari keluarga Xiaomi yang sudah punya IP rating, meski harganya di bawah Xiaomi 12T.

Xiaomi 12T cocok untuk siapa?

Pada intinya, Xiaomi 12T adalah HP yang tidak hanya cocok untuk content creator, melainkan untuk segala jenis penggunaan seperti menonton film, bermain gim berat, rendering saat pengeditan video, dan sebagainya. Buat saya, HP ini adalah salah satu contoh ponsel yang all rounder.

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram