10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

September 2018, Xiaomi meluncurkan anggota keluarga baru dari Mi 8 yang bernama Xiaomi Mi 8 Lite. Ponsel tersebut datang dengan layar yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya dan hadir dengan pilihan warna yang cocok untuk generasi muda masa kini.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel yang tampil cukup kece ini? Berikut ini Carisinyal akan membahas 10 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite untuk para pembaca. Sebelumnya simak dahulu spesifikasi singkat dari ponsel asal Tiongkok ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite

YouTube video

  • Rilis: September, 2018
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~403 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • CPU: Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260)
  • GPU: Adreno 512
  • Memori Internal: 64/128 GB, 6 GB RAM or 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: Tidak ada
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.9, 1/2.55", 1.4µm, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor
  • Kamera Depan: 24 MP, 0.9µm
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3350 mAh battery

Kelebihan Xiaomi Mi 8 Lite

1. Kinerja yang Cukup OK

Mi 8 Lite AnTuTu

* sumber: en.miui.com

Xiaomi Mi 8 Lite dipersenjatai dengan jeroan yang cukup baik. Chipset yang digunakannya adalah Qualcomm SDm 660 Snapdragon 660 dengan proses manufaktur 14 nm. Ponsel ini juga menggunakan CPU 4 inti (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260) dan GPU Adreno 512.

Mi 8 Lite mencetak angka yang cukup mengejutkan saat testing dengan AnTuTu, yaitu 143643. Hal itu sudah dicap cukup bagus untuk ponsel kategori menengah dan harga budget seperti Xiaomi Mi 8 Lite. Dengan skor seperti ponsel ini sudah cukup untuk bisa menemani penggunanya bermain game-game populer.

Ponsel ini juga didukung dua pilihan RAM yang besar, yaitu 4 GB dan 6 GB yang mampu untuk menunjang kegiatan multimedia. Untuk ruang penyimpanan yang diberikan yaitu sebesar 64 GB untuk RAM 4 GB, dan 64/128 GB untuk RAM 6 GB. Ruang penyimpanan sebesar itu sudah cukup untuk menyimpan banyak data.

2. Support Fast Charging

Fast Charge V3

* sumber: www.quora.com

 

Teknologi Quick Charge 3.0 telah dibenamkan dalam body Mi 8 Lite. Hal ini tentu saja keuntungan bagi pengguna karena mereka dapat menghemat waktu untuk pengisian ponsel pintar mereka. Dengan hadirnya fitur pengisian cepat ini, baterai Mi 8 Lite ini dapat terisi penuh dalam waktu beberapa kali lebih cepat dibanding ponsel sejenis yang tidak menggunakan fitur ini.

Menurut pengujian www.igeekphone.com, walau Mi 8 Lite datang dengan teknologi pengisian cepat versi 3.0, namun colokan yang diusung adalah yang 5V2A pada era teknologi QC versi 1.0. Karena itu, saat pengisian baterai mulai dari 1%, baterai Mi 8 Lite bertambah hingga 82% dalam waktu 140 menit. Adakah yang sudah menguji baterai Mi 8 Lite di sini?

3. Tampil untuk Kawula Muda

Mi 8 Lite

* sumber: en.miui.com

Panel belakang Mi 8 Lite diberi sentuhan gradasi warna yang kece. Pilihan warna yang tersedia untuk ponsel ini adalah Twilight Gold, Dream Blue, Deep Space Gray. Dengan desain warna yang demikian, ponsel Xiaomi Mi 8 Lite sepertinya cocok untuk dimiliki oleh kalangan muda.

Jadi, jika di sini ada yang merasa bosan dengan pilihan warna ponsel yang itu-itu saja, Xiaomi Mi 8 Lite bisa menjadi rekomendasi yang bagus untuk dimiliki.

4. Kapasitas Baterai Cukup Besar

Battery Draining Icon

* sumber: itechghana.com

Mi 8 Lite dipasarkan dengan kapasitas baterai 3.350 mAh yang tidak bisa dilepas. Daya yang diberikan baterai Mi 8 Lite cukup dapat menunjang kegiatan-kegiatan dasar seperti dalam waktu yang cukup lama.

Situs www.igeekphone.com telah melakukan pengujian pada baterai Mi 8 Lite ini. Pengujian pertama yaitu dengan menonton video online dengan pengaturan kecerahan 70%, volume 50%, sisa baterai 68%, dan durasi video yang ditonton adalah 60 menit.

Dari hasil tes tersebut didapat bahwa daya baterai hanya berkurang 16% yang artinya baterai Mi 8 Lite (dalam kondisi full) dapat digunakan untuk menonton video online lebih dari 6 jam.

Pengujian kedua adalah dengan memainkan game Jesus Survival: Stimulate the Battlefield. Kondisi baterai saat pengujian adalah 89% dan game dimainkan selama 30 menit. Hasil yang didapatkan yaitu daya baterai berkurang 13%.

Dari pengujian di atas bisa disimpulkan kalau baterai Mi 8 Lite bisa bertahan hingga berjam-jam untuk kegiatan berat dan sepertinya bisa bertahan lebih lama untuk kegiatan-kegiatan lain seperti menelpon, menonton video, atau berselancar di dunia maya.

5. Dual Camera Action

Dual Camera Mi 8 Lite

* sumber: en.miui.com

Terdapat dua kamera dengan sensor yang berbeda di belakang body Mi 8 Lite. Yang pertama beresolusi 12 MP ber-aperture 1.9 dengan PDAF dan yang kedua beresolusi 5 MP dengan aperture 2.0 dengan depth sensor.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram