10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 5

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Xiaomi Redmi 5 bisa dibilang salah satu HP Xiaomi yang “merusak harga pasar.” Betapa tidak, dengan jeroan yang mengusung Snapdragon 450, HP ini justru dijual di bawah harga 2 jutaan. Sementara vendor lain dengan dapur pacu yang sama, umumnya menjual pada rentang harga 2 sampai 4 jutaan.

Tak ayal, Xiaomi Redmi 5 menjadi salah satu ponsel yang menarik dan banyak diincar. Terlebih karena HP ini juga sudah mengusung rasio layar terbaru 18:9. Selain itu, pilihan varian memorinya yang membuat HP ini punya rentang harga yang berbeda meski tetap di bawah 2 juta.

Varian Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 2 GB dan 16 GB dijual dengan harga Rp. 1.699.000. Varian kedua adalah Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 3 GB dan 32 GB yang dijual dengan harga Rp. 1.899.000. Keduanya adalah harga jual untuk flash sale di toko online. Harga bisa lebih mahal jika membeli di toko online yang tak bekrjasama dalam menyelanggarakan flash sale.

Lalu, apakah Xiaomi Redmi 5 layak untuk diincar? Jelas layak. Untuk digunakan keseharian sangat layak. Tapi, tentu selalu ada nilai kurang dan lebih dari sebuah HP. Karena itu, artikel ini ada untuk membahas soal kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 5. Tapi sebelumnya simak spesifikasi detail dari Xiaomi Redmi 5 berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5

xiaomi redmi 5

[aps_product_specs id="35050"]

Kelebihan Xiaomi Redmi 5

1. Build Quality yang Baik

* sumber: www.trustedreviews.com

Xiaomi Redmi 5 tergolong HP yang memiliki build quality yang baik. Hal ini juga tampak terlihat dari bentuk desainnya yang memiliki bezel tipis pada bagian atas dan bawah. Pelindung Gorilla Glass 2,5D pada bagian layar berada di atas bagian aluminum. Namun, terdapat juga lapisan plastik terutama pada bagian pinggirnya yang membulat.

Bagian belakang HP ini didominasi dengan metal yang berpadu menonjolkan logo “Mi” pada bagian belakang bawah. Kehadiran kamera 12 MP dan sensor sidik jari yang mengapit LED flash membuat HP ini tampak cantik.

Secara keseluruhan, desian HP ini sebenarnya sederhana dan umum seperti HP Xiaomi lainnya. Hanya saja build quality HP ini tergolong baik.

2. Performa yang Bisa Diandalkan

* sumber: www.youtube.com

Snapdragon 450 adalah chipset yang punya performa tinggi di kelas low-end. Terlihat pada gambar di atas, nilai Antutu HP ini adalah 69035. Bahkan, berdasarkan Geekbench, performa prosesor yang tersemat di Snapdragon 450 mendekati Snapdragon 625. Hal ini dibuktikan juga berdasarkan pengujian Geekbench di halaman GSMArena seperti tertera pada gambar berikut ini.

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat, kalau nilai yang didapat Redmi 5 sedikit di bawah Xiaomi Mi A1 yang punya chipset Snapdragon 625 untuk pengujian GeekBench 4.1 (mutlticore). Anda dapat melihat pengujian lainnya di situs GSMArena.

Bisa dibilang, Snapdragon 450 saja sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan aplikasi dan game zaman sekarang, meskipun tetap kalah dari Snapdargon 625. Sementara untuk kinerja multitasking, hal ini tergantung dari Redmi 5 varian RAM mana yang digunakan. Jika ingin performa dan multitasking yang baik, jelas Redmi 5 dengan RAM 3 GB sangat disarankan untuk dipilih.

3. Respon Fingerprint yang Baik

fingerprint Xiaomi Redmi 5

* sumber: www.youtube.com

Sensor sidik jari yang berada di bagian belakang, membuat HP ini tergolong nyaman untuk membuka home screen. Posisi telunjuk sangat nyaman ketika menyentuh bagian sensor sidik jari atau fingerprint. Dan juga, proses buka saat jari menyentuh sensor sidik jari tergolong cepat.

Hal ini diamin oleh GSMArena dan Trustedreviews yang menyatakan kalau pemindaian sidik jari atau fingerprint scanner pada HP ini tergolong cepat.

4. Daya Tahan Baterai yang Baik

redmi 5

* sumber: www.trustedreviews.com

Baterai pada Redmi 5 memiliki kapasitas 3300mAh. Kapasitas baterai ini tergolong standar untuk HP dengan layar yang memang lebar. Tapi baterainya juga sebenarnya tegolong awet terlebih Snapdragon 450 punya teknologi yang mampu mengefisiensikan daya.

Trustedreviews sendiri menyatkan kalau kinerja baterai HP ini tergolong baik dan bisa bertahan lebih dari 24 jam. Saat digunakan untuk berselancar, main game, dan mengambil foto, daya tahan baterainya masih tersisa saat dipakai seharian.

Mari bandingkan dengan hasil tes daya tahan dari GSMArena. Berdasarkan pengujian mereka, daya tahan baterai Xiaomi Redmi 5 adalah 83 jam seperti terlihat pada gambar berikut.

* sumber: www.gsmarena.com

Saat digunakan untuk menonton video terus menerus, HP ini mampu bertahan selama 13 jam 37 menit. Saat test browsing, raihan waktu yang dicapai adalah 13 jam 21 menit. Sementara test waktu bicara mencapai 22 jam 8 menit. Merujuk data tersebut, bisa dibilang baterai pada Redmi 5 masih tergolong baik meskipun baterai yang dimiliki hanya 3300mAh saja.

5. Layar Memanjang 18:9

Layar Xiaomi Redmi 5

* sumber: www.youtube.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram