Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 5

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 5

Xiaomi Redmi 5 bisa dibilang salah satu HP Xiaomi yang “merusak harga pasar.” Betapa tidak, dengan jeroan yang mengusung Snapdragon 450, HP ini justru dijual di bawah harga 2 jutaan. Sementara vendor lain dengan dapur pacu yang sama, umumnya menjual pada rentang harga 2 sampai 4 jutaan.

Tak ayal, Xiaomi Redmi 5 menjadi salah satu ponsel yang menarik dan banyak diincar. Terlebih karena HP ini juga sudah mengusung rasio layar terbaru 18:9. Selain itu, pilihan varian memorinya yang membuat HP ini punya rentang harga yang berbeda meski tetap di bawah 2 juta.

Varian Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 2 GB dan 16 GB dijual dengan harga Rp. 1.699.000. Varian kedua adalah Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 3 GB dan 32 GB yang dijual dengan harga Rp. 1.899.000. Keduanya adalah harga jual untuk flash sale di toko online. Harga bisa lebih mahal jika membeli di toko online yang tak bekrjasama dalam menyelanggarakan flash sale.

Lalu, apakah Xiaomi Redmi 5 layak untuk diincar? Jelas layak. Untuk digunakan keseharian sangat layak. Tapi, tentu selalu ada nilai kurang dan lebih dari sebuah HP. Karena itu, artikel ini ada untuk membahas soal kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 5. Tapi sebelumnya simak spesifikasi detail dari Xiaomi Redmi 5 berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5

xiaomi redmi 5

  • Rilis: Desember, 2017
  • Layar: IPS LCD 5.7 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1440 pixels 18:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 450
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM/ 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2, 1.25 μm), [email protected], phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
  • Kamera Depan: 5 MP, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3300 mAh

Kelebihan Xiaomi Redmi 5

1. Build Quality yang Baik

Xiaomi Redmi 5 tergolong HP yang memiliki build quality yang baik. Hal ini juga tampak terlihat dari bentuk desainnya yang memiliki bezel tipis pada bagian atas dan bawah. Pelindung Gorilla Glass 2,5D pada bagian layar berada di atas bagian aluminum. Namun, terdapat juga lapisan plastik terutama pada bagian pinggirnya yang membulat.

Bagian belakang HP ini didominasi dengan metal yang berpadu menonjolkan logo “Mi” pada bagian belakang bawah. Kehadiran kamera 12 MP dan sensor sidik jari yang mengapit LED flash membuat HP ini tampak cantik.

Secara keseluruhan, desian HP ini sebenarnya sederhana dan umum seperti HP Xiaomi lainnya. Hanya saja build quality HP ini tergolong baik.

2. Performa yang Bisa Diandalkan

* sumber: www.youtube.com

Snapdragon 450 adalah chipset yang punya performa tinggi di kelas low-end. Terlihat pada gambar di atas, nilai Antutu HP ini adalah 69035. Bahkan, berdasarkan Geekbench, performa prosesor yang tersemat di Snapdragon 450 mendekati Snapdragon 625. Hal ini dibuktikan juga berdasarkan pengujian Geekbench di halaman GSMArena seperti tertera pada gambar berikut ini.

Terlihat, kalau nilai yang didapat Redmi 5 sedikit di bawah Xiaomi Mi A1 yang punya chipset Snapdragon 625 untuk pengujian GeekBench 4.1 (mutlticore). Anda dapat melihat pengujian lainnya di situs GSMArena.

Bisa dibilang, Snapdragon 450 saja sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan aplikasi dan game zaman sekarang, meskipun tetap kalah dari Snapdargon 625. Sementara untuk kinerja multitasking, hal ini tergantung dari Redmi 5 varian RAM mana yang digunakan. Jika ingin performa dan multitasking yang baik, jelas Redmi 5 dengan RAM 3 GB sangat disarankan untuk dipilih.

3. Respon Fingerprint yang Baik

fingerprint Xiaomi Redmi 5

* sumber: www.youtube.com

Sensor sidik jari yang berada di bagian belakang, membuat HP ini tergolong nyaman untuk membuka home screen. Posisi telunjuk sangat nyaman ketika menyentuh bagian sensor sidik jari atau fingerprint. Dan juga, proses buka saat jari menyentuh sensor sidik jari tergolong cepat.

Hal ini diamin oleh GSMArena dan Trustedreviews yang menyatakan kalau pemindaian sidik jari atau fingerprint scanner pada HP ini tergolong cepat.

4. Daya Tahan Baterai yang Baik

Baterai pada Redmi 5 memiliki kapasitas 3300mAh. Kapasitas baterai ini tergolong standar untuk HP dengan layar yang memang lebar. Tapi baterainya juga sebenarnya tegolong awet terlebih Snapdragon 450 punya teknologi yang mampu mengefisiensikan daya.

Trustedreviews sendiri menyatkan kalau kinerja baterai HP ini tergolong baik dan bisa bertahan lebih dari 24 jam. Saat digunakan untuk berselancar, main game, dan mengambil foto, daya tahan baterainya masih tersisa saat dipakai seharian.

Mari bandingkan dengan hasil tes daya tahan dari GSMArena. Berdasarkan pengujian mereka, daya tahan baterai Xiaomi Redmi 5 adalah 83 jam seperti terlihat pada gambar berikut.

Saat digunakan untuk menonton video terus menerus, HP ini mampu bertahan selama 13 jam 37 menit. Saat test browsing, raihan waktu yang dicapai adalah 13 jam 21 menit. Sementara test waktu bicara mencapai 22 jam 8 menit. Merujuk data tersebut, bisa dibilang baterai pada Redmi 5 masih tergolong baik meskipun baterai yang dimiliki hanya 3300mAh saja.

5. Layar Memanjang 18:9

Layar Xiaomi Redmi 5

* sumber: www.youtube.com

Salah satu daya tarik dari Xiaomi Redmi 5 adalah layarnya yang memanjang. Layar HP ini yang mengusung resolusi 5,7 inch ini tidak terasa besar mengingat dimensi layarnya yang lebih panjang. Hal ini jadi kelebihan tersendiri mengingat di kelas harga 1 jutaan belum banyak HP yang mengusung rasio 18:9.

Kekurangan Xiaomi Redmi 5

1. Tidak Mendukung Fast Charging

Daya tahan baterai yang sebenarnya cukup baik tidak diimbangi dengan proses pengisian yang cepat. Proses pengisian Xiaomi Redmi 5 tergolong standar. Tidak ada fitur pengisian daya cepat alias fast charging pada HP ini.

Kalau menilik chipset yang digunakan pada HP ini, sebenarnya Redmi 5 bisa saja punya fitur pengisian daya cepat. Snapdragon 450 itu punya fitur fast charging. Tampaknya Xiaomi menonaktifkan fitur ini demi memotong ongkos produksi sehingga harga HP jadi lebih terjangkau. Tentu hal ini jadi kekurangan tersendiri.

2. Resolusi Layar Rendah

Meskipun rasio layar yang panjang jadi kelebihan, resolusi yang diusung tergolong rendah. Pasalnya, untuk HP dengan layar 5,7 inch mengusung resolusi yang hanya 720 x 1440 pixels membuat kerapatan pixel pada layarnya jadi sedikit. Tentu akan lain cerita jika resolusi layar yang diusung adalah resolusi layar Full HD.

3. Hasil Jepretan Kamera Depan yang Lebih Warm

* sumber: www.youtube.com

Kamera belakang HP ini tergolong baik dengan 12 MP dan dual-LED flash. Sayang kamera depannya hanya 5 MP. Kameranya masih tergolong lumayan untuk selfie. Apalagi kameranya sudah mendukung resolusi sampai 1080p. Tapi kamera depannya ini terasa lebih warm. Contohnya bisa dilihat pada hasil jepretan kamera depan berikut ini.

kamera depan Xiaomi Redmi 5

* sumber: www.youtube.com

Jika saja warnanya lebih natural, hasil fotonya bisa lumayan baik untuk dipamer di media sosial.

4. Slot SIM Hybrid

* sumber: www.youtube.com

Xiaomi Redmi 5 tidak dibekali dengan triple tray. HP ini hanya mengusung dual slot untuk SIM di mana slot SIM 2 bisa bertukar peran sebagai slot microSD. Artinya, Anda harus memilih apakah memakai dual SIM atau hanya satu slim dengan satu slot microSD.

Jika Anda memilih Xiaomi Redmi 5 dengan varian RAM 64 GB mungkin tidak akan terlalu masalah memakai dual SIM. Tapi, jika Anda menggunakan Xiaomi Redmi 5 varian RAM 32 GB, rasa-rasanya Anda harus mengaktifkan satu kartu SIM saja, sisanya digunakan untuk memori eksternal mengingat penyimpanan RAM 32 GB akan terasa kurang. Apalagi jika Anda memakai HP ini sebagai daily driver.

5. Unit yang Terbatas

Ini yang bisa jadi kelemahan dari Xiaomi Redmi 5. Xiaomi Redmi 5 dengan harga di bawah 2 jutaan unitnya terbatas karena dijual secara flash sale. Memang di toko lain ada yang menjualnya juga, tapi itu dengan beberapa kondisi berikut ini:

  • Harganya lebih tinggi karena penjual beli dari hasil flash sale.
  • Harganya bisa beragam karena yang dibeli adalah Xiaomi Redmi 5 yang bukan resmi.
  • Harganya lebih mahal karena membeli secara offline.

Dengan harga yang lebih mahal, tentu akan membuat HP terasa biasa saja. Sementara untuk mendapatkan harga murahnya harus berebut di gelaran flash sale.

Simpulan

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi 5 ini adalah HP yang bagus secara performa keseluruhan. Baterainya tergolong awet dan juga build quality HP ini tergolong solid. Nilai minus utamanya barangkali hanya soal faktor kerapatan layar dan tidak mendukung fast charging. Oh yah, dan untuk mendapatkan harga murah tergolong sulit karena harus berebut dengan pembeli lain.

Xiaomi Redmi 5 ini cocok untuk Anda yang butuh HP Xiaomi terjangkau yang sudah mendukung layar full display. HP ini juga untuk Anda yang butuh HP dengan performa baik di harga 1 jutaan.

Demikianlah pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 5, semoga artikel ini bisa jadi pertimbangan sebelum Anda membeli HP ini. Jika tertarik untuk membelinya, Anda dapat langsung mengunjungi Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

7 Comments

  1. oRiN at - Reply

    Sayang gak ada fast charging, karena sebenernya jaman sekarang butuh banget yang bisa ngisi cepet. Cuma ya itu resiko harga yang jadi lebih murah.

    • Hilman Mulya Nugraha
      Hilman Mulya Nugraha at - Reply

      iyah sayang nih gak ada fast charging nya

  2. MESI at - Reply

    Kok kayak punyaku ad fast charging nya cepat banget kalo buat ngeces 3jam udah penuh

    • Haidar ysr at - Reply

      Itu lama la bro.oppo a71 gua aja cumak 2 jam udh penuh bro

  3. ariel at - Reply

    saya punya bro redmi 5 kekuranganya cuma resolusi layar saja, saya dpt harga 1,9 garansi tam bonus screen guard

  4. Margilare at - Reply

    Saya pemakai Redmi 5. Nggak ada fitur fast charging kok menurutku gak begitu masalah ya, soalnya isi dayanya tergolong cepat untuk hp tanpa fitur fast charging. Saya cuma butuh waktu 1 jan lebih dikit udah 100 persen. Dan pemakaiannya bisa satu hari. Dari 100% ke 99% bisa 20menitan, padahal buat nonton film, game, medsos dll. Atau mungkin karena baru pakai satu minggu ya?

    • Hilman Mulya Nugraha
      Hilman Mulya Nugraha at - Reply

      Yap benar, tetapi kadang konsumen sekarang suka minta standar tinggi, Hp baru harus selalu ada fitur quick charge, dan fitur lain tapi harga pingin murah.

Leave A Comment