Carisinyal / Xiaomi 2018 / Yuk, Ketahui 8 Perbedaan Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, & Mi 8 Pro

Yuk, Ketahui 8 Perbedaan Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, & Mi 8 Pro

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Mei 2019

Xiaomi Mi 8 adalah HP Xiaomi yang memiliki banyak varian. Setidaknya HP ini memiliki 5 varian. Kelima varian tersebut adalah Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Lite, Xiaomi Mi 8 Pro, Xiaomi Mi 8 SE, dan Xiaomi Mi 8 Eksplor Edition. Kecuali Xiaomi Mi 8 Lite dan Mi 8 SE, ketiga HP Xiaomi Mi 8 lainnya cenderung memiliki jeroan yang mirip.

Di antara HP Xiaomi Mi 8 seri tersebut, ada tiga HP Xiaomi yang menarik untuk dibandingkan. Pertama adalah Xiaomi Mi 8 sebagai HP flagship utama, Xiaomi Mi 8 Lite sebagai HP Mi 8 seri murah, dan Xiaomi Mi 8 Pro yang tentu embel-embel “Pro”-nya bikin penasaran.

Lantas, bagaimana perbedaan antara ketiga HP tersebut? Tanpa berlama-lama lagi, langsung simak pembahasan soal perbedaan Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Lite, Xiaomi Mi 8 Pro berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi 8

Xiaomi Mi 8

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 64GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Po 3400 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 4.900.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: 3350 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.700.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Pro

Xiaomi-Mi-8-Pro-1

* sumber: www.xda-developers.com

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 12 MP
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 7.300.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi Mi 8, Mi 8 Lite, dan Mi 8 Pro

1. Desain Bodi Sedikit Berbeda

Xiaomi Mi 8 Lite

Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Lite, dan Xiaomi Mi 8 Pro pada dasarnya hadir dengan bentuk desain yang cenderung mirip satu sama lain. Ketiganya, hadir dengan desain bodi yang cantik dan mengilap, khas smartphone kekinian saat ini. Pilihan model warna dari ketiga HP ini juga cenderung menarik.

Biasanya, tipe HP dengan tampilan menarik seperti ini dilapisi bodi yang mirip glossy padahal sebenarnya polikarbonat. Sementara Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Lite, dan Xiaomi Mi 8 Pro tidak memakai polikarbonat sebagai lapisan bodinya. Ketiganya justru menggunakan bingkai aluminium yang dilapisi dengan kaca pada bagian belakang.

Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro disebutkan memiliki bodi aluminium seri 7000. Sayangnya, khusus Xiaomi Mi 8 Lite tidak disebutkan tipe aluminum yang digunakan. Yang jelas, ketiganya sudah dibekali dengan kaca di bagian depan maupun belakang. Khusus untuk Xiaomi Mi 8, bagian bodi kacanya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Untuk bobot, Xiaomi Mi 8 Pro memiliki bobot yang lebih berat yakni 177 gram dengan ketebalan bodinya hanya 7,6 mm. Xiaomi Mi 8 juga memiliki ketebalan 7,6 mm tetapi bobotnya 2 gram lebih ringan dari Xiaomi Mi 8 Pro. Sementara, Xiaomi 8 Lite memiliki bobot paling ringan yakni 169 gram dengan ketebalan bodi 7,5 mm.

2. Panel Super AMOLED vs IPS LCD

Mi 8 Serie

Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Lite, dan Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan bentukan layar yang hampir sama. Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan layar berdimensi 6,21 inci sementara Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan layar 6,26 inci. Bisa dibilang, ketiganya mengusung dimensi yang cenderung serupa yakni 6,2 inci.

Selain memiliki dimensi layar yang serupa, ketiga HP ini hadir dengan resolusi yang sama, yakni 1080 x 2280 piksel. Kerapatan layarnya juga sama yakni 402 ppi, khusus Xiaomi Mi 8 Lite kerapatan layarnya adalah 403 ppi.

Yang membedakan sektor layar pada ketiga HP tersebut adalah panel yang digunakan. Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan panel Super AMOLED khas Samsung yang tentu membuat tampilan layarnya lebih bagus. Sementara Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan panel layar IPS LCD.

3. Snapdragon 845 dan Snapdragon 660

Snapdragon

Qualcomm Snapdragon jadi “otak utama” yang tersemat di Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Lite, dan Xiaomi Mi 8 Pro. Bedanya, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan Snapdragon 660 sementara Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan Snapdragon 845.

Jelas performa Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro lebih baik. Nilai Antutu juga menunjukan kalau Snapdragon 845 di Xiaomi Mi 8 berada hampir dua kali lipatnya, yakni kisaran 270 ribuan. Sementara Xiaomi Mi 8 Lite ada di kisaran 140 ribuan.

Perbedaan performa juga dipengaruhi oleh faktor teknologi. Snapdragon 845 dibangun dengan fabrikasi 10nm sementara Snapdragon 660 berarsitektur 14nm. Selain itu, fakta kalau Xiaomi Mi 8 Lite ada di kelas menengah menunjukan satu hal yang wajar jika performanya kalah dari saudaranya yang ada di kelas flagship. 

4. Sektor Kamera yang Berbeda

mi 8 camera

Xiaomi Mi 8 adalah HP yang tergolong memiliki kamera baik. DxOMark saja memberikan nilai 99, nilai yang cukup bagus meski tidak mencapai angka 100. Hasil tangkapan kamera Xiaomi tergolong bagus ini karena HP ini hadir dengan kamera belakang ganda 12 MP  + 12 MP yang berfungsi sebagai telephoto.

Kamera telephoto tersebut memiliki kemampuan 2x optical zoom. Selain itu, kamera belakang ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti 4-axis OIS, dual pixel PDAF, ual-LED flash, HDR, dan panorama.

Fitur kamera dan spesifikasi yang ada di Xiaomi Mi 8 juga diterapkan di Xiaomi Mi 8 Pro. Semua spesifikasinya mirip, termasuk kamera depannya yang juga sama-sama mengusung 20 MP dengan fitur HDR. 

Xiaomi Mi 8 Lite memang tidak dibekali kamera canggih seperti Xiaomi Mi 8. Kamera utama pada HP ini hanya hadir dengan kamera 12 MP dan 5 MP yang berfungsi sebagai efek kedalaman alias untuk memberikan efek bokeh. Fitur yang dimiliki HP ini juga hanya sebatas dual pixel PDAF. Tidak ada axis OIS tetapi HP ini memiliki fitur gyro-EIS.

Di bagian depan, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan kamera depan 24 MP. Sensor kamera depan ini malah lebih besar dibandingkan saudaranya. Malah kamera depan ini sudah memiliki fitur Auto HDR.

5. Fingerprint dan Sensor Lainnya

Mi 8 Sensor

Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro sudah dilengkapi dengan sensor yang lengkap. Sensor kedua HP ini terdiri dari accelerometer, gyro, proximity, barometer, dan compass. Sementara, Xiaomi Mi 8 Lite hanya hadir dengan sensor accelerometer, gyro, proximity, dan compass. 

Di bagian keamanan atau security, Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro sudah mengusung pengenalan wajah dengan infrared atau disebut juga Infrared face recognition. Sementara Xiaomi Mi 8 Lite hanya menggunakan sensor pengenalan wajah biasa.

Untuk sensor sidik jari alias fingerprint, kali ini Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Lite kompak karena mengusung sensor sidik jari di bagian belakang. Sementara Xiaomi Mi 8 Pro mengusung sensor sidik jari di dalam layar alias under display. 

6. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

Xiaomi-Mi-8-Pro-UI-screenshot-battery-768x512

* sumber: www.trustedreviews.com

Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Lite, dan Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan kapasitas baterai yang berbeda-beda. Xiaomi Mi 8 hadir dengan baterai berkapasitas 3.400 mAh. Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan kapasitas 3.350 mAh dan Xiaomi Mi 8 Pro memiliki baterai berkapasitas paling kecil, yakni 3.000 mAh.

Meskipun ketiganya hadir dengan kapasitas baterai yang berbeda-beda. Ketiga HP ini sama-sama mendukung teknologi pengisian cepat 18W. Hanya saja Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro didukung dengan teknologi Quick Charge 4+ sementara Xiaomi Mi 8 Lite didukung dengan teknologi Quick Charge 3.0.

7. Varian RAM dan ROM

MI 8

Ketiga HP Xiaomi MI 8 seri ini hadir dengan varian RAM dan ROM yang berbeda-beda. Menilik data komparasi GSMArena, ketiga HP ini memiliki RAM paling 4 GB dan paling besar 8 GB. Sementara untuk ROM, paling besar adalah 256 GB dan paling kecil adalah 64 GB.

Di toko online, kebanyakan varian RAM yang hadir adalah RAM 6 GB dengan ROM 128 GB. Khusus Xiaomi Mi 8 Lite, HP ini memiliki varian RAM 4 GB ROM 64 GB yang peredarannya mendapat garansi resmi Xiaomi Indonesia.

Sementara, tidak sedikit juga Xiaomi Mi 8 Lite yang bukan resmi alias versi global dengan RAM yang besar. Xiaomi Mi 8 dan Mi 8 Pro jelas hadir tidak resmi alias garansi internasional. Hal ini karena keduanya tidak dibawa resmi oleh Xiaomi Indonesia.

8. Selisih Harga yang Jauh

harga mi 8

Xiaomi Mi 8 Lite dengan Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro memiliki perbedan harga yang cukup signifikan. Xiaomi Mi 8 Lite dijual kisaran harga Rp3 jutaan saja, baik yang versi garansi resmi maupun yang global.

Lantas bagaimana dengan Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro? Xiaomi Mi 8 dijual dengan kisaran harga Rp5 jutaan dan Xiaomi Mi 8 Pro dijual dengan harga Rp7 sampai Rp8 jutaan, hampir dua kali lipatnya dari Xiaomi Mi 8 Lite.

Simpulan

Setelah menilik perbedaan tersebut, tampak kalau Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro memang unggul dalam berbagai sektor. Harga yang mahal juga jadi bukti kalau kedua HP tersebut memang berada di kelas yang berbeda dengan Xiaomi Mi 8 Lite. Terlebih Xiaomi Mi 8 Pro hadir dengan sensor sidik jari di layar.

Satu hal yang menarik justru kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite malah lebih baik secara angka dan fitur jika dibandingkan Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi 8 Pro. Nilai plus juga karena Xiaomi Mi 8 Lite hadir resmi di Indonesia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar