Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5A

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5A

Xiaomi Redmi Note 5A adalah HP Xiaomi terjangkau yang punya banyak keunggulan, tapi tentu saja HP ini tidak luput dari yang namanya kelemahan. HP ini adalah seri Xiaomi dengan layar yang lebar. Layarnya mengusung 5,5 inches dengan resolusi HD. Layarnya ditopang dengan baterai Li-Ion 3080 mAh.

HP ini sudah dibekali Snapdragon 425 dengan sokongan RAM 2GB. Chipset yang digunakan pun tergolong umum untuk HP dengan harga 1-jutaan. Jadi, seharusnya memang tidak terlalu masalah untuk penggunaan media sosial, internet, bahkan untuk main game.

Seperti apa sebenarnya Xiaomi Redmi Note 5A ini? Untuk lebih jelasnya, mari simak pemaparan Carisinyal tentang kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5A yang diambil berdasarkan review dari berbagai sumber. Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5A simak dulu spesifikasi lengkap HP-nya berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A

  • Rilis:  November, 2017
  • Layar: IPS LCD 5.5 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1280 pixels
  • Chipset: Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • CPU: Quad Core Cortex-A53
  • GPU: Adreno 308
  • Memori Internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (non-hybrid)
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3080 mAh

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5A

1. Desain Nyaman dan Ergonomis

Xiaomi Redmi Note 5A

Xiaomi Redmi Note 5A adalah HP yang punya desain ergonomis. Desainnya sebenarnya tidak terlalu jauh beda dibanding seri Redmi Note lainnya. Hanya saja posisi kameranya berubah ke bagian kanan atas bersebelahan dengan LED flash.

Melansir dari Detik.com, desain Xiaomi Redmi Note 5A ini tergolong nyaman digenggam. Desain di bagian sudut yang simetris membuat HP dengan desain unibodi terlihat menarik. Sejauh mata memandang, memang tampilannya cukup simpel dan kasing berbahan metalnya menjadi kelebihan lain selain desain HP ini yang ergonomis.

2. Performa Bisa Diandalkan

Redmi Note 5A

Seperti yang sudah disebutkan, Redmi Note 5A memakai chipset Snapdragon 425. Perlu diketahui, di dalam chipset ini hanya tersemat prosesor quad core Cortex-A53. Prosesor ini ditopang dengan Adreno 308. Dengan spesifikasi ini, Redmi Note 5A tergolong mampu menjalankan berbagai aplikasi populer dengan lancar.

Untuk bermain game, HP ini tergolong masih mumpuni untuk main game. Seperti yang diungkap dari review yang dilakukan Dailysocial, beberapa game populer mampu dijalankan dengan baik.

Sebut saja Mobile Legends, Arena of Valor, Real Drum, Clash of Royale mampu berjalan dengan baik. Catatan khusus diberikan pada game Mobile Legends yang bisa tetap lancar dimainkan dengan pengaturan grafis rendah.

3. Kamera yang Baik di Kelasnya

hasil jepretan Xiaomi Redmi Note 5A

* sumber: dailysocial.id

Xiaomi Redmi Note 5A datang dengan kamera belakang 13 MP. Di kelas harga 1 jutaan, spesifikasi kamera ini tergolong standar mengingat beberapa HP di kelas harga yang sama sudah mengusung kamera ganda.

Terlepas dari itu, hasil jepret kameranya masih tergolong baik di kelasnya. Bisa dicek pada foto di atas yang merupakan hasil jepretan tim Dailysocial menggunakan kamera belakang Redmi Note 5A. Kamera belakang 13 MP pada HP ini mampu menangkap gambar dengan kualitas baik pada kondisi cahaya tertentu.

Yang menarik, kamera Xiaomi Redmi Note 5A bisa menghasilkan foto bokeh meski tidak terlalu sempurna. Salah satu contoh hasil foto bokeh Xiaomi Redmi Note 5A bisa dilihat pada foto berikut ini. Foto ini diambil oleh pemilik channel GontaGantiHP.

hasil kamera Redmi Note 5A

* sumber: www.youtube.com

Di bagian depan, Xiaomi membekali Redmi Note 5A dengan kamera 5 MP. Resolusi kameranya ini tergolong standar tapi menariknya kamera depannya punya fitur untuk menebak usia serta karakter wajah. Untuk hasil foto selfie tergolong lumayan. Bisa dilihat hasilnya dari foto berikut ini.

hasil jepret kamera depan Redmi Note 5A

* sumber: www.youtube.com

4. Daya Tahan Baterai

Baterai Xiaomi Redmi Note 5A bisa dibilang tergolong lumayan baik soal daya tahannya. Kapasitas baterai Xiaomi Redmi Note 5A yang hanya 3080 mAh memang tergolong kecil untuk layar 5 inch HD. Namun, Jagatreview telah menguji benchmark baterai HP ini dan hasilnya tergolong lumayan baik.

Xiaomi Redmi Note 5A

Dalam pengujian tersebut, Baterai Xiaomi Redmi Note 5A mampu memutar video kualitas 720p selama 10 jam 19 menit. Saat dilakukan uji coba berselancar di dunia maya dengan pergantian halaman setiap 10 detik tak berhenti alias nonstop, baterainya bisa bertahan selama 9 jam 50 menit.

Dengan hasil tersebut, bisa dikatakan baterai Xiaomi Redmi Note 5A mampu diandalkan untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari. Baik digunakan nonton video maupun browsing bahkan hiburan maupun kebutuhan kerja, HP ini masih tergolong bisa diandalkan.

5. Triple Tray: Slot Dual-SIM + microSD

sim tray xiaomi redmi note 5a

* sumber: vernonchan.com

Faktor ini sebenarnya sering disepelekan padahal cukup penting. Mengapa? Karena saat ini, rata-rata pengguna smartphone memakai dua kartu SIM bahkan lebih. Karena itu, sekarang banyak HP yang mendukung dual-SIM.

Permasalahannya adalah terkadang HP dual-SIM memakai sistem hybrid. Artinya, slot SIM kedua bisa digunakan untuk microSD. Jadi pengguna diharuskan memilih antara menggunakan dual-SIM atau satu SIM dengan microSD.

Nah, Xiaomi Redmi Note 5A tidak menggunakan sistem hybrid. HP ini punya 3 tray terpisah untuk SIM1/SIM2 + microSD card. Jadi, Anda yang pakai dual-SIM dan butuh memori tambahan, Xiaomi Redmi Note 5A menawarkan hal tersebut. Terlebih HP ini hanya punya penyimpanan internal 16 GB yang tentunya terasa kurang, sehingga penyimpanan tambahan memang sangat disarankan.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A

1. Tidak Adanya Fingerprint

Xiaomi Redmi Note 5A

Ketiadaan sensor fingerprint atau sensor sidik jari jadi kekurangan tersendiri dari Xiaomi Redmi Note 5A. Pasalnya, di harga 1 jutaan ada HP lain yang menghadirkan fitur ini. Sebenarnya, pengalaman memakai HP ini bisa mendapatkan nilai lebih baik jika Xiaomi Redmi Note 5A memiliki sensor sidik jari.

2. Proses Charging yang Lama

Xiaomi Redmi Note 5A

Daya tahan Xiaomi Redmi Note 5A memang lumayan baik tapi untuk proses charging atau pengisian daya tergolong lama. Banyak yang telah menguji kalau mengisi daya HP ini sampai 100% membutuhkan waktu sekitar 4 jam kurang atau bahkan mendekati 4 jam.

Sebenarnya, agar proses charging bisa lebih cepat, sangat disarankan penggunaan charger yang mendukung quick charge. Pengisian dayanya tidak secepat pada HP yang sudah mendukung fast charging dan sudah memakai charger fast charging. Tapi setidaknya, penggunaan cas-an bertipe quick charge bisa lebih cepat pengisian dayanya dibanding charger bawan.

3. Visibilitas Layar yang Kurang Baik

Xiaomi Redmi Note 5A display

Sebenarnya, akan lain cerita jika HP ini mengusung layar 5 inch HD. Tapi Xiaomi Redmi Note 5A datang dengan layar 5,5 inch dengan resolusi 1280 x 720 pixels. Spesifikasi layar ini membuat tampilan layarnya menjadi standar.

Seperti kata Detik.com, visibilitas layar Xiaomi Redmi Note 5A kurang baik, terlebih jika dioperasikan di bawah sinar matahari. Untuk bisa melihat jelas, kontras layar HP ini tentu perlu ditingkatkan. Bandingkan dengan HP lain di kelas yang sama, ada HP yang fitur layar tampak jelas meski di bawah sinar matahari.

4. RAM 2 GB yang Pas-pasan

Xiaomi Redmi Note 5A hadir dengan RAM 2 GB. Untuk kebutuhan penggunaan aplikasi dasar, RAM 2 GB ini sudah cukup. Terlebih HP ini mengusung MIUI yang memiliki peprindahan aplikasi yang smooth.

Hanya saja jika digunakan untuk aplikasi yang berat, seperti game, akan sedikit berat untuk proses perpindahan meskipun masih tahap wajar dan tidak mengganggu. Bisa dibilang RAM 2 GB ini masih tergolong pas-pasan.

5. Memori Internal yang Kecil

Xiaomi Redmi Note 5A hanya memiliki memori internal 16 GB. Untuk kebutuhan penggunaan HP Android zaman sekarang, RAM 16 GB ini kurang. Dengan asumsi, penggunaan aplikasi umum seperti media sosial dan chat serta aplikasi lainnya, memori internalnya akan terasa sesak. Terlebih jika Anda sering foto atau merekam video dan menyimpannya di HP ini.

Untuk yang suka main game juga perlu diingat bahwa banyak game yang populer dan memakan banyak ruang. Karena itu, pengguna yang memakai Redmi Note 5A memang sebaiknya menggunakan penyimpanan tambahan via microSD. Sementara untuk yang tidak mau memakai microSD, yah selamat saja menikmati ruang sempit 16 GB.

Simpulan

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi Note 5A ini adalah HP yang terbilang cukup pas performanya untuk HP seharga 1-jutaan. Ketiadaan fast charging memang jadi kekurangan sendiri, tapi masih bisa dimaklumi. Yang sangat disayangkan adalah soal ruang penyimpanan yang hanya 16 GB saja, hal tersebut seolah memaksa pengguna untuk menambah memori eksternal.

Xiaomi Redmi Note 5A lebih cocok digunakan bagi yang butuh HP 1,5 jutaan untuk kebutuhan penggunaan aplikasi dasar dan populer. Untuk para pemain game agak kurang cocok jika membeli HP ini, mengingat game umumnya memiliki ukuran file yang besar.

Demikianlah pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 5A. Semoga membantu Anda yang berencana membeli Xiaomi Redmi Note 5A dan sedang mencari referensi tentang kelebihan dan kelemahannya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

2 Comments

  1. Sheppuden at - Reply

    Spiker yg kiri kok udah mati?? Padahal baru 3 Minggu..tolong solusinya bagaimana gaes??

  2. Shippuden at - Reply

    Spiker yg kiri kok udah mati?? Padahal baru 3 Minggu..tolong solusinya bagaimana gaes??

Leave A Comment