Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 5 Plus

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 5 Plus

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Oktober 2018

Xiaomi Redmi 5 Plus adalah HP yang memiliki jenis layar modern alias layar kekinian. Maksud layar kekinian adalah layar dengan rasio 18:9. Sudah banyak vendor yang mengusung HP dengan rasio layar ini. Dan Xiaomi memulainya dengan Xiaomi Redmi 5 Plus dan saudaranya, Xiaomi Redmi 5.

Xiaomi Redmi 5 Plus sendiri menjadi HP dengan layar rasio kekinian yang menarik dan banyak diincar orang. Terbukti ketika flash sale Xiaomi Redmi 5 Plus berlangsung, banyak orang berebut HP ini. Yap, HP ini dijual secara flash sale di beberapa toko online.

Xiaomi Redmi 5 Plus yang beredar di Indonesia sendiri hadir dengan dua varian. Varian Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 3 GB dan 32 GB dijual dengan harga Rp. 2.199.000. Varian kedua adalah Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 4 GB dan 64 GB yang dijual dengan harga Rp. 2.699.000.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan dibahas kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Redmi 5 Plus. Mari awali pembahasan ini dengan menilik terlebih dulu spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

  • Rilis: Desember, 2017
  • Layar: IPS LCD 5.99 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2160 pixels 18:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM / 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2, 1.25 μm), [email protected], phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
  • Kamera Depan: 5 MP, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus

1. Kualitas Layar FullView FullHD+

Xiaomi Redmi 5 Plus

* sumber: www.unbox.ph

Hal menyenangkan dari Xiaomi Redmi 5 Plus adalah sektor layarnya yang meskipun berdimensi besar tapi cukup nyaman keitka digenggam atau saat digunakan menonton video. Hal ini berkat layarnya yang mengusung rasio 18:9.

Dengan rasio 18:9 itu berarti HP ini mengusung layar FullView Display. Dari namanya jelas kalau tampilan layarnya hampir memenuhi bodi secara keseluruhan. Terlebih layar HP ini mengusung resolusi FullHD+ yang membuat HP ini memiliki kecerahan layar yang baik. Suatu hal yang jadi nilai lebih dari HP ini.

2. Performa Keseluruhan yang Memadai

Redmi-5-Plus-

* sumber: www.gadgetmatch.com

Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali dengan chipset Snapdragon 625. Chipset ini adalah chipset yang sama yang tersemat di Xiaomi Mi A1. Itu berarti, secara performa memang tidak akan terlalu jauh dengan Mi A1. Terbukti HP ini bisa menjalankan game dengan baik. GSMArena bahkan menyebut performa HP ini terbilang memadai.

Snapdragon 625 sebenarnya adalah chipset umum yang digunakan di HP kelas menengah. Performanya tegolong baik dan efisien, tinggal bagaimana kombinasi spesifikasi lainnya, termasuk dengan sokongan MIUI yang diusung HP ini. Dan inilah hasil test Xiaomi Redmi 5 Plus memakai AnTutu 6.

AnTutu Redmi 5 Plus

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari hasil tersebut, skor yang didapatkan Xiaomi Redmi 5 Plus berada di atas Xiaomi Mi A1. Pada pengujian lain juga, skor yang didapatkan Xiaomi Redmi 5 Plus lebih unggul. Anda bisa cek pengujian performa HP ini di laman GSMArena. Berdasarkan skor tersebut, tak berlebihan menyebut Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki performa yang memadai.

3. Kamera Baik dan Mendukung Rekaman 2160p

* sumber: www.yugatech.com

Kamera pada Xiaomi Redmi 5 Plus bisa dibilang standar. Tidak luar biasa memang tapi masih cukup baik. Hal ini juga yang diungkapkan oleh Gadgetmatch yang menyatakan kalau kamera pada HP ini tergolong standar.

Lain cerita dengan GSMArena yang bisa dibilang cukup puas dengan hasil jepretan dari HP ini. Tapi tentu saja puas bukan berarti hasil jepretan dari HP ini tergolong baik. Yang membuat kamera HP ini menjadi punya nilai lebih adalah karena kamera belakangnya mendukung rekaman video sampai resolusi 2160p. Sesuatu yang tergolong istimewa tentunya.

4. Daya Tahan Baterai yang Bagus

endurance rating redmi 5 plus

* sumber: www.gsmarena.com

Baterai pada Xiaomi Redmi 5 Plus terbilang baik. Baterai HP ini punya kapasitas 4000 mAh dan sudah memiliki pengisian cepat berkat dukungan tegangan 5V/2A. Daya tahan baterai HP ini sendiri tergolong memiliki daya tahan yang baik. Terlihat dari gambar, hasil pengujian baterai Xiaomi Redmi 5 Plus oleh GSMArena mendapatkan raihan waktu yang baik.

Terlihat jika Xiaomi Redmi 5 Plus punya endurance rating atau peringkat daya tahan sampai 104 jam, waktu bicara meraih capaian waktu 22 jam 16 menit dan ntuk pengujian berselancar di dunia maya, raihan waktu yang diperoleh adalah 13 jam 36 menit. Raihan waktu 14 jam 13 menit diraih saat baterai HP ini diuji untuk memutar video.

Situs lain, yakni Gadgetmatch menguji baterai Xiaomi Redmi 5 Plus untuk pemakaian sehari-hari. Hasilnya, daya tahan baterai tergolong baik. Dengan penggunaan standar, baterai HP ini bisa menyala sampai 24 jam dengan 8 jam waktu on-screen time. Terkadang jika pemakaian agak lebih seperti di hari sibuk, Gadgetmatch menyatakan kalau daya tahannya jadi 20 jam.

5. Price to Performance

* sumber: www.unbox.ph

Secara umum, Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan HP yang punya price to performance yang baik. Hal ini juga diamini oleh Tabloid Pulsa yang menyatakan kalau HP ini layak dibawa pulang alias layak dibeli. Tabloid Pulsa juga menyebutkan kalau HP ini punya harga yang tergolong sepadan dengan performa.

GSMArena menyatakan hal yang kurang lebih sama. Mereka menyebut Xiaomi Redmi 5 Plus punya kelebihan sebagai bargain price. Hal ini bisa dikatakan bawah Xiaomi Redmi 5 Plus adalah HP dengan rentang harga 2 jutaan terbaik.

Kekurangan Xiaomi Redmi 5

1. Desain yang Terlalu Biasa

* sumber: www.gadgetmatch.com

Meski bentuk dan desain layar HP ini terlihat ramping, tapi secara desain HP ini menerapkan bentuk yang masih yang sama seperti seri sebelumnya. Dan memang, HP ini punya desain yang hampir mirip dengan Redmi Note 4. Hanya karena layarnya lebih memanjang, jadi secara bentuk tampak agak beda.

Desain yang terlalu biasa ini membuat Xiaomi Redmi 5 Plus tampak biasa. Meski bodinya memang cukup solid dengan kombinasi aluminum dan plastik. Tapi secara keseluruhan, desain HP ini tergolong biasa.

2. Tidak Adanya Dual Kamera

* sumber: www.yugatech.com

Kamera belakang Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan dengan 12 MP yang mendukung fitur dual-LED flash. Kamera depannya hadir dengan resolusi 5 MP. Tidak ada yang terlalu istimewa dari kamera ini. Tapi Xiaomi sebenarnya bisa lebih memaksimalkan kamera dengan menghadirkan dual kamera seperti yang mereka lakukan pada Xiaomi Mi A1.

Harga Xiaomi Redmi 5 Plus yang sedikit mendekati Mi A1 jadi faktor lain, jika saja salah satu kameranya mengusung dual kamera akan membuat HP ini semakin tambah menarik. Kalau boleh ide, kehadiran dual kamera di bagian depan akan lebih menarik supaya jadi pembeda dengan Xiaomi Mi A1.

3. Tidak Mendukung NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Bagi beberapa orang mungkin fitur ini tidak begitu penting. Padahal fitur ini bisa menjadi salah satu fitur andalan. Pasalnya, jarang sekali HP di kelas harga 1 jutaan yang punya fitur NFC. Jika saja ada NFC, HP ini bisa jadi punya kelebihan lain dan punya nilai jual lebih.

Memang sepenting apa NFC? Di Indonesia, memang perannannya masih belum sigfnifikan. Penggunaan NFC masih dalam tahap berkembang. Umumnya untuk kebutuhan transfer data maupun untuk keperluan alat pembayaran.

NFC akan makin berkembang jika saja fitur ini hadir di HP harga 2 jutaan. Xiaomi sebenarnya punya potensi menghadirkan fitur NFC di Xiaomi Mi A1 tapi tak jadi. Hal yang sama juga berlaku di produk ini. Sayang, Xiaomi tampaknya belum melihat NFC sebagai fitur penting yang harus ada di HP kisaran 2 jutaan.

4. Hybrid Dual-SIM

Redmi 5 Plus slot tray sim

* sumber: www.gadgetmatch.com

Sama seperti Xiaomi Redmi 5, Xiaomi Redmi 5 Plus tidak mendukung triple tray slot. Kombinasi yang dipilih berarti SIM1+SIM2 atau SIM1+microSD. Buat yang memakai dua kartu SIM dan butuh penyimpanan tambahan, tentu hal ini jadi kekurangan.

Lain cerita jika penyimpanan 32 GB atau 64 GB sudah dirasa cukup. Bagi yang memakai satu kartu SIM juga tidak akan terlalu masalah sebenarnya. Tapi tetap saja, jika HP ini menawarkan triple tray tentu akan semakin menarik.

5. Unit Terbatas

Xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi 5 Plus hanya dijual secara flash sale. Karena itu, unit HP ini bisa dikatakan terbatas. Padahal permintaan terhadap kedua barang ini tergolong tinggi. Terbukti saat flash sale, banyak yang kecewa karena tak kebagian.

Sebenarnya, HP ini bisa juga ditemukan selain di flash sale seperti di marketplace atau toko offline. Sayangnya, harganya bisa lebih mahal karena biasanya yang menjual adalah reseller. Karena itu permintaan yang tergolong tinggi, tapi terbatasnya unit ini jadi kekurangan tersendiri.

Simpulan

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan ponsel yang punya keunggulan di sektor layar, baterai, dan performa yang tergolong mumpuni. HP ini tergolong cocok untuk yang suka main game, sering nonton video, dan juga butuh HP yang punya daya tahan baterai yang cukup baik.

Itulah tadi pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang berniat memboyong Xiaomi Redmi 5 Plus. Jika tertarik untuk membelinya, Anda bisa langsung mengunjungi Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

5 Comments

  1. Yusrizal Sakti Agustus 24, 2018 at 11:37 pm - Reply

    thank info nya
    akunews.net

  2. troy Desember 9, 2018 at 6:48 am - Reply

    agan, redmi 5 plus saya tercebur di bak mandi.
    saat tercebur, hp baru selesai saya pakai dan sudah saya matikan layarnya.
    tercebur sekitar 3 detik sudah saya angkat kembali
    ketika saya hidupkan sudah tidak mau kembali hidup.
    saya pikir nanti saja selesai mandi saya coba lagi tapi ternyata tidak mau hidup lagi.
    pada saat saya coba konek dengan charger di keluar blitz sebanyak 3 kali.
    saya pikir masih bisa hidup lagi, namun setelah saya diamkan selama 30 menit ternyata sudah benar2 tidak hidup lagi.
    saya baru pakai 2 hari belanja di online.
    ada soulusinya ndk ya….

    • Tory Desember 11, 2018 at 8:43 pm - Reply

      dijual brp??

  3. User Desember 11, 2018 at 9:07 pm - Reply

    Kekuranganya kalo udah lama pemakaian hp ini touchscreen non responsible sama suka nge freeze nggak jelas

  4. User xiomay juha Desember 11, 2018 at 9:08 pm - Reply

    Kekuranganya kalo udah lama pemakaian hp ini touchscreen non responsible sama suka nge freeze nggak jelas

Leave A Comment