10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 5 Plus

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Xiaomi Redmi 5 Plus adalah HP yang memiliki jenis layar modern alias layar kekinian. Maksud layar kekinian adalah layar dengan rasio 18:9. Sudah banyak vendor yang mengusung HP dengan rasio layar ini. Dan Xiaomi memulainya dengan Xiaomi Redmi 5 Plus dan saudaranya, Xiaomi Redmi 5.

Xiaomi Redmi 5 Plus sendiri menjadi HP dengan layar rasio kekinian yang menarik dan banyak diincar orang. Terbukti ketika flash sale Xiaomi Redmi 5 Plus berlangsung, banyak orang berebut HP ini. Yap, HP ini dijual secara flash sale di beberapa toko online.

Xiaomi Redmi 5 Plus yang beredar di Indonesia sendiri hadir dengan dua varian. Varian Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 3 GB dan 32 GB dijual dengan harga Rp. 2.199.000. Varian kedua adalah Xiaomi Redmi 5 dengan RAM 4 GB dan 64 GB yang dijual dengan harga Rp. 2.699.000.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan dibahas kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Redmi 5 Plus. Mari awali pembahasan ini dengan menilik terlebih dulu spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus

[aps_product_specs id="35042"]

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus

1. Kualitas Layar FullView FullHD+

Xiaomi Redmi 5 Plus

* sumber: www.unbox.ph

Hal menyenangkan dari Xiaomi Redmi 5 Plus adalah sektor layarnya yang meskipun berdimensi besar tapi cukup nyaman keitka digenggam atau saat digunakan menonton video. Hal ini berkat layarnya yang mengusung rasio 18:9.

Dengan rasio 18:9 itu berarti HP ini mengusung layar FullView Display. Dari namanya jelas kalau tampilan layarnya hampir memenuhi bodi secara keseluruhan. Terlebih layar HP ini mengusung resolusi FullHD+ yang membuat HP ini memiliki kecerahan layar yang baik. Suatu hal yang jadi nilai lebih dari HP ini.

2. Performa Keseluruhan yang Memadai

Redmi-5-Plus-

* sumber: www.gadgetmatch.com

Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali dengan chipset Snapdragon 625. Chipset ini adalah chipset yang sama yang tersemat di Xiaomi Mi A1. Itu berarti, secara performa memang tidak akan terlalu jauh dengan Mi A1. Terbukti HP ini bisa menjalankan game dengan baik. GSMArena bahkan menyebut performa HP ini terbilang memadai.

Snapdragon 625 sebenarnya adalah chipset umum yang digunakan di HP kelas menengah. Performanya tegolong baik dan efisien, tinggal bagaimana kombinasi spesifikasi lainnya, termasuk dengan sokongan MIUI yang diusung HP ini. Dan inilah hasil test Xiaomi Redmi 5 Plus memakai AnTutu 6.

AnTutu Redmi 5 Plus

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari hasil tersebut, skor yang didapatkan Xiaomi Redmi 5 Plus berada di atas Xiaomi Mi A1. Pada pengujian lain juga, skor yang didapatkan Xiaomi Redmi 5 Plus lebih unggul. Anda bisa cek pengujian performa HP ini di laman GSMArena. Berdasarkan skor tersebut, tak berlebihan menyebut Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki performa yang memadai.

3. Kamera Baik dan Mendukung Rekaman 2160p

* sumber: www.yugatech.com

Kamera pada Xiaomi Redmi 5 Plus bisa dibilang standar. Tidak luar biasa memang tapi masih cukup baik. Hal ini juga yang diungkapkan oleh Gadgetmatch yang menyatakan kalau kamera pada HP ini tergolong standar.

Lain cerita dengan GSMArena yang bisa dibilang cukup puas dengan hasil jepretan dari HP ini. Tapi tentu saja puas bukan berarti hasil jepretan dari HP ini tergolong baik. Yang membuat kamera HP ini menjadi punya nilai lebih adalah karena kamera belakangnya mendukung rekaman video sampai resolusi 2160p. Sesuatu yang tergolong istimewa tentunya.

4. Daya Tahan Baterai yang Bagus

endurance rating redmi 5 plus

* sumber: www.gsmarena.com

Baterai pada Xiaomi Redmi 5 Plus terbilang baik. Baterai HP ini punya kapasitas 4000 mAh dan sudah memiliki pengisian cepat berkat dukungan tegangan 5V/2A. Daya tahan baterai HP ini sendiri tergolong memiliki daya tahan yang baik. Terlihat dari gambar, hasil pengujian baterai Xiaomi Redmi 5 Plus oleh GSMArena mendapatkan raihan waktu yang baik.

Terlihat jika Xiaomi Redmi 5 Plus punya endurance rating atau peringkat daya tahan sampai 104 jam, waktu bicara meraih capaian waktu 22 jam 16 menit dan ntuk pengujian berselancar di dunia maya, raihan waktu yang diperoleh adalah 13 jam 36 menit. Raihan waktu 14 jam 13 menit diraih saat baterai HP ini diuji untuk memutar video.

Situs lain, yakni Gadgetmatch menguji baterai Xiaomi Redmi 5 Plus untuk pemakaian sehari-hari. Hasilnya, daya tahan baterai tergolong baik. Dengan penggunaan standar, baterai HP ini bisa menyala sampai 24 jam dengan 8 jam waktu on-screen time. Terkadang jika pemakaian agak lebih seperti di hari sibuk, Gadgetmatch menyatakan kalau daya tahannya jadi 20 jam.

5. Price to Performance

* sumber: www.unbox.ph

Secara umum, Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan HP yang punya price to performance yang baik. Hal ini juga diamini oleh Tabloid Pulsa yang menyatakan kalau HP ini layak dibawa pulang alias layak dibeli. Tabloid Pulsa juga menyebutkan kalau HP ini punya harga yang tergolong sepadan dengan performa.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram