10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 (Xiaomi Mi 9T)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Salah satu tipe HP dari Xiaomi yang membuat bingung dari penamaan adalah Redmi K20. Mengapa? Karena HP ini ada di bawah brand "Redmi" tetapi menariknya,di beberapa negara, HP ini memiliki nama lain, yakni Xiaomi Mi 9T.

Penamaan semakin rumit ketika ada kabar kalau HP ini tetap masuk ke Indonesia tetapi dengan nama lain, yakni Pocophone F2, brand yang tetap masih di bawah Xiaomi. Redmi K20 juga punya saudara yang dinamakan Redmi K20 Pro yang kabarnya di Indonesia bakal hadir dengan nama Pocophone F2 Pro.

Terlepas dari penamaannya yang berbeda-beda, Redmi K20 masih tetap HP yang menarik. Mengapa menarik? Karena spesifikasi yang ditawarkannya. Malah, meskipun memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan Xiaomi Mi 9, HP ini malah lebih menarik.

Lantas, seperti apa Redmi K20 ini? Ada dimana posisi HP ini? Untuk menjawabnya, silakan simak 8 poin kelebihan dan 2 poin kekurangan dari Redmi K20 berikut ini.

Spesifikasi Redmi K20 (Xiaomi Mi 9T)

[aps_product_specs id="48437"]

Kelebihan Redmi K20 (Xiaomi Mi 9T)

Redmi K20 ini termasuk HP yang memiliki banyak kelebihan di kelas harganya. Apa sajakah kelebihan dari Redmi K20 ini? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Unik

Redmi K20
*

Redmi K20 telah dibekali dengan desain bodi kaca yang dipadukan dengan frame aluminium. Hal ini membuat desain HP ini menjadi lebih unik dan menarik. Desain belakang juga tampak terlihat beda jika dibandingkan HP Xiaomi pada umumnya.

Jangan lupakan juga desain keseluruhan HP ini yang menarik dengan bezel tipis pada layar. Tidak ada tempat untuk kamera depan sehingga kamera depan "diakali" dengan sistem kamera pop-up alias kamera tersembunyi yang memang sedang jadi tren. Secara keseluruhan, desain bodi HP ini tergolong menarik, unik, dan berkelas.

2. Layar AMOLED HDR10

Redmi K20
*

Redmi K20 menawarkan layar 6,39 inci dengan panel AMOLED. Layarnya ini hadir dengan resolusi 2,340 x 1,080 piksel dengan kerapatan layar sebesar 403 ppi. Jangan lupakan juga, HP ini telah dibekali pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang tentu jadi nilai lebih lain dari layar HP ini.

GSMArena sendiri memuji kualitas tampilan layar HP ini yang memiliki tingkat kecerahan yang baik. Kecerahan layar ini juga berkat teknologi layar HDR10 dengan DCI-P3. Panel layar OLED nya memiliki 450 nits yang menariknya dapat ditingkatkan sampai 646 nits. Jelas ini jadi satu keunggulan tersendiri.

3. Performa Cepat dan Responsif

Redmi K20
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=SQ9Bx3BCQJo&t=382s

Channel Youtube Xiaomify mengatakan kalau Redmi K20 alias Xiaomi Mi 9T ini memiliki performa yang cepat dan responsif. Hal yang wajar mengingat HP ini dibekali chipset Snapdragon 730.

Penggunaan Snapdragon 730 ini memang spesial. Pasalnya, chipset ini memiliki kinerja yang bisa dibilang lebih baik dibandingkan Snapdragon 835. Hal ini terlihat dari nilai Antutu yang didapatkan HP ini yang mencapai angka 211.915.

Antutu Redmi K20
*

Nilai tersebut jelas mengindikasikan kalau Snapdragon 730 lebih baik dibandingkan Snapdragon 710. Maklum saja, Snapdragon 710 umumnya memiliki nilai Antutu di angka 160 ribuan saja. Lantas, bagaimana dengan benchmark Geekbench? Berikut hasilnya.

Geekbench Redmi K20
*
Geekbench Redmi K20
*

Menilik daya tersebut, skor yang didapatkan HP ini tergolong bagus di kelasnya. Kalau berdasarkan penuturan GSMArena, Snapdragon 730 yang ada di Redmi K20 ini berhasil menjembatani gap antara HP kelas atas dengan kelas menengah.

Istilahnya, Snapdragon 730 benar-benar menjadi pengisi perbedaan jauh antara Snapdragon 845 atau Snapdragon 855 dengan Snapdragon 600 series, seperti Snapdragon 660 atau Snapdragon 675 misalnya. Hal ini juga menegaskan kalau Redmi K20 tidak berada di kelas menengah tetapi juga bukan ada di kelas atas.

Berdasarkan data tersebut, tidak berlebihan menyebut kalau HP ini tergolong bagus untuk kelas harganya. Performa yang bagus ini juga dipuji oleh Ben Sin dari Forbes yang mengatakan kalau performa HP ini cenderung bagus dalam pemakaian hariannya.

4. Daya Tahan Baterai yang Lama

Redmi K20
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=SQ9Bx3BCQJo&t=382s

Redmi K20 dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini lebih tinggi dibandingkan Xiaomi Mi 9. Daya tahan baterai HP ini jelas lebih lama. Terbukti hasil pengujian GSMArena, menunjukan kalau endurance rating HP ini mencapai 100 jam, dengan tes penelusuran web mencapai 11 jam dan video playback mencapai 17 jam.

baterai Redmi K20
*

Yang menarik, HP ini memiliki waktu stand by yang lebih lama jika dibandingkan Xiaomi Mi 9. Penggunaan chipset Snapdragon 730 tampak jadi alasan yang membuat HP ini memiliki efisiensi daya yang lebih baik jika dibandingkan Xiaomi MI 9 yang memakai Snapdragon 855.

5. Teknologi Pengisian Cepat

Redmi K20
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=SQ9Bx3BCQJo&t=382s

Selain memiliki daya tahan baterai yang baik, HP ini juga sudah mendukung pengisian cepat. Hanya saja teknologi pengisian cepat yang didukung adalah 18W bukan 27w. Bukan berarti jelek tetapi tentu tidak spesial seperti teknologi pengisian cepat 27W.

Dalam pengujian yang dilakukan GSMArena, dengan teknologi Quick Charge 18W, HP ini dapat terisi dayanya mencapai 45% dalam waktu 30 menit. Untuk terisi penuh, dibutuhkan waktu 1 jam 40 menit alias 100 menit. Waktu yang dibutuhkan memang tidak terlalu cepat tetapi masih tergolong spesial, mengingat HP ini bukan ada di kelas harga flagship. 

6. Kamera Utama  Termasuk "Juara"

Redmi K20 ini menawarkan tiga kamera utama yang tentunya jadi mainstream karena kini banyak HP yang menawarkan kombinasi serupa. Kamera utama ini terdiri dari kombinasi 48 MP, 8 MP, dan 13 MP.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram