10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 9 yang Wajib Diketahui

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Selain Redmi Note 7, Xiaomi juga meluncurkan HP terbarunya yang termasuk kedalam jajaran HP kelas atas, Xiaomi Mi 9. HP ini tentu saja memiliki spesifikasi jempolan, sehingga amat sangat menarik untuk dibahas. Tetapi dibalik semua keunggulan yang dimilikinya, HP ini juga ternyata memiliki kekurangannya tersendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 9, agar Anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai HP yang satu ini. Penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi 9

[aps_product_specs id="39576"]

Kelebihan Xiaomi Mi 9

1. Desain Mewah

kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 9_techradar

* sumber: www.techradar.com

Xiaomi Mi 9 hadir dengan desain mewah dan kekinian ala HP flagship. Bagian belakang bodinya dilapisi kaca dan frame-nya sudah menggunakan aluminum berkualitas. Ya, karena terbuat dari kaca, otomatis harus ada proteksi tambahan bagi kover bagian belakang dari HP ini.

Beruntungnya, bodi belakang dari Xiaomi Mi 9 ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. HP Xiaomi Mi 9 ini tersedia dalam pilihan warna yang cantik, yakni Lavender Violet, Ocean Blue dan Piano Black.

2. Tampilan Layar Jernih

Xiaomi Mi 9_techradar2

* sumber: www.techradar.com

Beralih ke sektor layarnya. Xiaomi Mi 9 dibekali dengan layar berukuran 6.39 inci dengan panel Super AMOLED, sehingga tampilan layarnya lebih jernih, reproduksi warnanya bagus dan tentunya lebih nyaman saat digunakan di bawah terik sinar matahari, karena layarnya tetap enak dilihat dari sudut pandang manapun.

Layarnya sendiri memiliki rasio 19:5:9 dan resolusinya sudah Full HD+ 1080 x 2340 piksel. HP ini memiliki rasio layar ke bodi sebesar 85.2 %, sehingga  layarnya lebih luas dan bezelnya lebih tipis. Kehadiran notch alias poni berbentuk tetesan air di bagian atasnya juga menambah kesan modern bagi HP yang satu ini.

Oh ya, Anda tidak perlu takut layar dari HP Xiaomi Mi 9 ini mudah tergores atau retak. Mengapa? Karena layar dari HP ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass generasi keenam yang tentu ketahanan terhadap goresannya lebih baik ketimbang Gorilla Glass generasi kelima.

Untuk Anda yang hobi menonton Netflix dengan mode HDR, HP Xiaomi terbaru ini dapat Anda andalkan, karena layarnya sendiri mendukung HDR10. Oleh sebab itu, pengalaman menonton Anda akan terasa lebih nyata.

3. Performa Kencang

Xiaomi-Mi-9-phonearena

* sumber: www.phonearena.com

Beralih ke sektor dapur pacunya. HP Xiaomi Mi 9 ini diotaki dengan chipset tergahar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855. Berdasarkan penuturan dari Kompas, chipset ini memiliki banyak kelebihan tersendiri, baik dari segi konektivitas, (chipset ini  sudah mendukung jaringan 5G) kecerdasan buatan atau AI hingga performa kerja chipset itu sendiri.

Xiaomi Mi 9_geekbench single

* sumber: www.gsmarena.com

GSMArena melakukan geekbench test (single core) pada HP yang satu ini. Hasilnya, Xiaomi Mi 9 memperoleh skor sebanyak 3503 dan bisa dikatakan lebih unggul ketimbang Huawei Mate 20 Pro dan Huawei Mate 20 X dan Huawei Mate 20 yang menggunakan chipset Kirin 980.

Xiaomi Mi 9_geekbench multi

* sumber: www.gsmarena.com

Selain itu, GSMArena juga melakukan geekbench test lagi (multi core). Dan hasilnya, Xiaomi Mi 9 berhasil mengungguli geng Huawei Mate seri 20, dengan memperoleh skor sebanyak 11181, tidak beda jauh dari Apple iPhone XS Max yang memperoleh skor sebanyak 11432.

Xiaomi Mi 9_antutu

* sumber: www.gsmarena.com

Tak ketinggalan, GSMArena juga melakukan pengujian pada HP ini untuk mengetahui skor antutu-nya. Dan... voila! Xiaomi Mi 9 memperoleh skor tertinggi, yakni sebanyak 372006. Disusul oleh iPhone XS Max dan HP-HP Huawei seri 20 di bawahnya.

HP Xiaomi Mi 9 ini tentunya sangat cocok untuk digunakan bermain game. K2Gadgets bahkan menyampaikan, HP ini mampu melahap game PUBG dengan pengaturan grafis tertinggi. Nah, jika menjalankan game yang membutuhkan spesifikasi tertinggi saja sudah bukan tugas yang berat, maka menjalankan aplikasi ringan seperti sosial media saja merupakan santapan kecil bagi HP yang dibekali RAM berkapasitas 6 hingga 8 GB ini.

4. Kamera Mumpuni

Xiaomi Mi 9_techradar4

* sumber: www.techradar.com

Di sektor kamera, Xiaomi membekali HP ini dengan tiga lensa kamera di bagian belakang bodinya. Masing-masing lensa tersebut terdiri dari satu lensa utama beresolusi 48 MP yang merupakan lensa lebar dengan jangkauan foto lebih luas. Lensa primernya ini menggunakan sensor dari Sony, yakni Sony IMX586 yang menggunakan teknologi Quad Bayer. Dengan begitu, kameranya mampu memotret gambar dalam kondisi low-light dengan noise yang minim.

Selain lensa 48 MP, ada pula lensa telefoto 12 MP untuk memotret gambar dengan jarak dekat tanpa merusak kualitas gambar. Selain kedua lensa tadi, ada juga satu lensa ultra wide 16 MP untuk memotret foto dengan jangkauan yang lebih luas lagi ketimbang lensa wide. Ketiga lensanya ini sudah didukung phase detection auto focus alias PDAF untuk mengunci fokus pada objek foto dengan lebih baik.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram