Beginilah Kelebihan dan Kekurangan HP Redmi Note 10s

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, sempat mengatakan bahwa pihaknya hanya akan membawa dua ponsel Redmi Note 10 Series ke Indonesia. Dua ponsel Redmi Note 10 Series itu adalah Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10. Pada kenyataannya, ponsel Redmi Note 10 Series lain hadir pada momen Lebaran 2021.

Benar, ponsel yang dimaksud adalah Redmi Note 10s. Carisinyal meyakini bahwa HP ini dibawa serta ke Indonesia dengan maksud untuk menjembatani jarak yang agak lebar antara Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10. Hal itu terlihat dari adanya diferensiasi spesifikasi pada si ponsel dibandingkan dengan dua saudaranya.

Di sisi lain, Anda bisa jadi dibuat bingung karena pilihan ponsel kelas menengah kini bertambah. Namun, kami akan segera meredakan kebingungan Anda dengan artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10s ini.

Poin-poin yang bakal dijelaskan dalam artikel ini dapat Anda jadikan sebagai bahan untuk menilai apakah Redmi Note 10s layak dipinang atau tidak. Sebagai introduksi, mari simak dulu spesifikasi umum si ponsel di bawah ini sebelum beranjak ke pembahasan inti.

Spesifikasi Redmi Note 10s

Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Redmi Note 10s

Redmi Note 10s punya seluruh kelebihan yang dimiliki Redmi Note 10. Namun, ia juga melampaui Redmi Note 10 dalam beberapa sisi. Baca baik-baik penjabaran di bawah ini untuk mengetahui kelebihan si ponsel secara menyeluruh!

1. Desain Cantik dan Tahan Cipratan Air

sumber: mi.com/global

Redmi Note 10s punya bahasa desain yang sama dengan anggota Redmi Note 10 Series lainnya. Lebih jelasnya, ponsel ini bak pinang dibelah dua jika disandingkan dengan Redmi Note 10. Bentuknya lumayan tipis dengan dimensi 160,5 x 74,5 x 8,3 mm, dan bobotnya relatif ringan: 178,8 gram.

Material plastik untuk bagian frame dan penutup belakang (matte) tidak menjadi masalah. Malah, untuk kover belakang, material plastik jauh lebih tahan benturan ketimbang kaca. Redmi Note 10 Pro pun tetap terlihat cantik karena frame dan kover belakangnya dibentuk melengkung.

Modul kamera belakang yang trendi menambah estetika ponsel dengan opsi warna Onyx Gray, Pebble White, dan Ocean Blue ini. Kemudian, ponsel ini juga elegan karena tidak ada tulisan aneh-aneh selain "Redmi" yang menghiasi kover belakang ponsel.

Anda bisa jadi akan makin jatuh cinta dengan desain Redmi Note 10s karena ia cukup nyaman digenggam dan kokoh. Hal yang minus mungkin adalah lubang kamera depan yang lingkarannya tak sekecil Redmi Note 10 Pro. Buat sebagian orang, lubang lingkaran kamera depan yang besar akan mengganggu.

Namun, secara keseluruhan tidak ada hal yang bisa dikomplain dari desain ponsel ini. Malah ia unggul karena punya sensor sidik jari nyaman yang menyatu dengan tombol power. Keunggulan selanjutnya terletak pada bagian depan ponsel yang diproteksi Corning Gorilla Glass 3 dan sertifikasi ketahanan debu dan cipratan air IP53.

2. Tampilan Sip dengan DC Dimming

sumber: mi.com/global

Bersama Redmi Note 10, Redmi Note 10s adalah salah satu ponsel kelas menengah terjangkau yang sudah memakai layar berpanel AMOLED. Karena itu, ponsel ini di atas kertas unggul dalam hal tampilan, terutama soal reproduksi warna.

Layar 6,43 inci Full HD+ (1080 x 2400 piksel) Redmi Note 10S punya kedalaman warna luas. Hal itu tidak mengherankan lantaran kedalaman warnanya masuk dalam rentang DCI-P3. Kemudian, layarnya punya kontras warna 4,5 juta:1. Artinya, untuk mengungkap satu warna, misalnya biru, ada 4,5 juta pilihan warna biru.

Ershad Kaleebullah dari My Smart Price menilai, layar ponsel ini bisa mengeluarkan warna yang sip. Kendati demikian, ada beberapa warna yang berubah ketika layar dilihat dari sudut berbeda.

Soal kecerahan, layar Redmi Note 10s masih jadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Sebab, level kecerahan yang dijanjikan adalah 700 nit (di luar ruangan) dengan puncak 1100 nit (untuk konten HDR). Penguji Indian Express, Chetan Nayak, memandang bahwa keterbacaan layar ponsel ini di luar ruangan sangat baik.

Yang menarik dari layar Redmi Note 10s adalah fitur DC Dimming alias Anti Flicker. Fitur ini akan berguna bagi orang yang suka memakai ponsel menjelang tidur pada malam hari. Sebab, DC Dimming akan mengurangi kedipan layar ketika level kecerahan diturunkan. Dengan demikian, mata Anda tidak akan lelah menatap tampilan layar.

DC Dimming tergolong istimewa mengingat masih ada beberapa ponsel flagship yang belum punya fitur ini. Layar Redmi Note 10s pun makin bersahabat buat mata karena ia sudah mendapat sertifikasi rendah radiasi cahaya biru dari lembaga inspeksi asal Swiss SGS (Société Générale de Surveillance).

3. Kamera Cukup Oke

sumber: mi.com/global

Sektor kamera jadi faktor pembeda pertama Redmi Note 10s dengan Redmi Note 10. Perbedaan di antara keduanya ada pada kamera utama. Redmi Note 10s mendapat peningkatan karena resolusi kamera utamanya 64 MP, dengan ukuran sensor 1/1,97 inci. Redmi Note 10 memakai resolusi lebih kecil, 48 MP dengan ukuran sensor 1/2 inci.

Selebihnya, setup kamera yang dipakai sama. Mulai dari kamera ultrawide 8 MP, f/2.2; kamera makro 2 MP, f/2.4, sensor kedalaman 2 MP, f/2.4; dan kamera selfie 13 MP, f/2.45.

Peningkatan megapiksel memang tidak menjamin hasil kualitas gambar yang lebih baik. Namun, karena ponsel ini memakai chipset yang tidak sama dengan Redmi Note 10, bisa jadi hasilnya lain. Untuk membuktikannya, langsung saja kita rujuk pendapat dari beberapa penguji berikut contoh jepretannya.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram