carisinyal web banner retina

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Redmi Note 10!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 10 Juni 2021

Setelah dirilis secara global pada awal Maret 2021, akhirnya Redmi Note 10 akan memijak pasar Indonesia pada 30 Maret 2021. Suksesor dari Redmi Note 9 ini mengalami banyak peningkatan dalam berbagai aspek mulai dari penyematan teknologi penyimpanan yang lebih kencang, kehadiran stereo speakers yang lebih menggema, hingga tata letak sidik jari yang mudah diakses.

Adapun penurunan dari ponsel pintar ini seperti diafragma kamera depan yang besar sehingga memberikan efek blur yang minim dan ukuran layar yang sedikit agak sempit. Akan tetapi ada beberapa aspek yang dipertahankan seperti teknologi Bluetooth dan pengaturan kamera utama. Untuk berkenalan lebih dekat dengan Redmi Note 10, kamu bisa membaca spesifikasinya berikut ini:

Spesifikasi Redmi Note 10

Redmi Note 10
  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: Super AMOLED, 6.43 inches
  • Chipset: Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver)
  • GPU: Adreno 612
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 10

Dari spesifikasi Redmi Note 10 yang telah dikaji di atas, pastinya kamu sudah menemukan beberapa aspek kelebihan dari perangkat ini kan? Tapi buat kamu yang belum tahu kelebihan apa saja yang digendong oleh Redmi Note 10, berikut ini Carisinyal akan membeberkannya. Yuk, dibaca hingga rampung!

1. Sudah Mengantongi Sertifikasi IP53

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Redmi Note 10! 2

Selain melirik soal performa dan baterai, kini banyak pengguna ponsel pintar yang mulai memperhatikan aspek bodi. Beruntung Redmi Note 10 dirancang dengan bodi yang ringan berukuran 178.8 g dan dimensi 160.5 x 74.5 x 8.3 mm. Hal tersebut pastinya memberikan kemudahan bagi pengguna saat menggenggam bahkan memasukkan Redmi Note 10 ke saku.

Pada area depan, Redmi Note 10 mendapatkan lapisan pelindung dari Gorilla Glass 3 yang diklaim dapat mencegah goresan hingga 35% dan 3 kali lebih kuat dibandingkan dengan teknologi pelindung terdahulu. Mengusung konsep Punch Hole, di tengah atas layarnya telah disematkan kamera depan untuk dipakai pengguna berswafoto.

Diracik dari material plastik, untuk kawasan bingkainya menghadirkan beberapa slot atau port mulai dari tombol volume dan power yang dapat dialihfungsikan sebagai pemindai sidik jari. Tidak hanya itu, ditemani juga oleh port USB Type-C 2.0, 3.5mm jack, dan stereo speaker.

Sementara, bagian cangkangnya yang terbuat dari bahan plastik telah ditempelkan kamera utama bersensor Quad lengkap dengan LED Flash di sampingnya. Guna meningkatkan brand image, di cangkang bawah sisi kirinya ada tulisan "Redmi" berukuran minimalis memanjang ke atas. Redmi Note 10 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Onyx Gray, Pebble White, dan Lake Green.

Satu hal lain yang menarik dari bodi Redmi Note 10 adalah kemampuan untuk bertahan akan semburan air dan debu. Tidak heran, kalau perangkat garapan Redmi ini berhasil mengantongi sertifikat IP53. Namun, perlu diingat kalau Redmi Note 10 bisa padam jika masuk ke permukaan air karena belum punya sertifikat IP68.

2. Layar AMOLED yang Elegan

Redmi Note 10 Display

Kendati ukuran layar Redmi Note 10 mengalami kemunduran dari pendahulunya yakni menjadi 6,43 inci, tetapi secara keseluruhan pada aspek tampilan layar ponsel pintar ini mengalami peningkatan. Seperti penggunaan panel berteknologi AMOLED DotDisplay yang memiliki kontras lebih baik, kecerahan lebih tinggi, memakan daya lebih hemat, dan suguhan warna lebih jelas.

Berasio layar-ke-bodi 83.5%, Redmi Note 10 dibekali dengan tingkat kecerahan yang melambung tinggi yaitu HBM 700 nit (tipikal) dan 1100 nit (tipikal). Dengan demikian, perangkat Xiaomi ini apabila digunakan di luar ruangan dan layarnya terkena pancaran sinar matahari maka tidak akan silau.

Ponsel pintar ini memiliki rentang warna pada layar yang baik yaitu DCI-P3 8-bit, diklaim punya cakupan warna 25% lebih banyak. Berlapiskan pelindung Gorilla Glass 3, layar Redmi Note 10 mampu menghasilkan kualitas gambar yang tajam berkat kerapatan piksel mencapai 409 piksel-per-inci.

Selain itu, layar Redmi Note 10 memproduksi punya cahaya biru yang rendah dan telah mendapatkan sertifikat dari SGS, sehingga tidak akan membuat mata penggunanya cepat lelah. Kemudian, layarnya pula dilengkapi dengan fitur Sunlight mode 2.0 dan Reading mode 3.0.

3. Pelayanan Paripurna dari Sistem Kamera

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Redmi Note 10! 5

Saat ini banyak sekali ponsel pintar dari berbagai kelas disusupkan dengan sistem kamera yang mumpuni. Sebagai ponsel kelas menengah, Redmi Note 10 menghadirkan pengaturan yang tinggi lewat empat sensor pada kamera utamanya. Untuk sensor makro dan kedalamannya memiliki resolusi 2 MP dengan lensa bukaan f/2.4.

Dilanjutkan ke sensor ultrawide berkonfigurasi 8 MP dengan diafragma f/2.2 dan 1.12µm piksel yang menjanjikan bidang pandang 118 derajat. Dengan konfigurasi sensor ultrawide tersebut pengguna akan mendapatkan gambar yang tampak jauh lebih lembut. Lalu, ketika membidik objek secara dekat maka akan menghasilkan gambar yang jauh lebih jelas.

Beralih ke lensa utama yang resolusinya mencapai 48 MP dengan aperture f/1.8. Sensor itu sendiri berukuran 1/2.0" dan menawarkan 0.8µm piksel. Pada lensa ini pengguna bisa menajajal fitur Zoom digital yang bisa mencapai 10x, untuk pengaturan maksimum hasilnya masih mempertahankan beberapa detil.

Kamera belakang yang dipikul oleh Redmi Note 10 juga mendapatkan beberapa fitur seperti LED flash, HDR, dan Panorama. Kemudian, ada mode malam yang mengenalkan lebih banyak detail ke dalam scenes, menyeimbangkan bayangan, dan sorotan lebih jauh. Menurut Android Police, mode Malamnya bisa mencerahkan objek akan tetapi hasilnya kurang lembut dan cerah.

Selain didukung oleh AI mode Portrait dengan pengaturan bokeh dan kedalaman, kamera utama Redmi Note 10 juga menyelipkan fitur AI SkyScaping 3.0 yang berfungsi untuk mengubah atau mengedit hasil bidikan berlatarkan langit. Pengguna bisa menjalankan fitur ini di galeri foto dan akan disajikan berbagai filter seperti langit di kala malam, sore, dan langit yang cerah.

Pada kemampuan merekamnya, ponsel pintar ini bisa merekam video 4K pada 30 frame per detik. Untuk teknologi keseimbangan hanya tersedia untuk perekaman video 1080p dengan kecepatan 30fps. Berbeda untuk video Full HD dalam 60fps yang tidak didukung dengan teknologi EIS. Menurut GSM Arena, hasil rekamannya memberikan kontras dan kebisingan yang bagus, serta detail halus.

4. Performa SoC Lumayan

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Redmi Note 10! 7

Pengguna akan semakin betah dan asyik bermesraan dengan Redmi Note 10 berkat kemajuan sistem operasi dan sistem antarmuka terbarunya.

Untuk sistem operasinya sudah mengimplementasikan Android 11 yang menyuguhkan berbagai fitur menarik antara lain pengontrol Smart Home di tombol daya, mode 'Do Not Disturb', emoji baru, tema Dark, Screenshot panjang, dan masih banyak lagi. Sistem antarmukanya mengusung MIUI 12 yang tampil lebih segar dan lebih ramah pengguna.

Di interface terbaru ini dimeriahkan oleh beragam fitur mulai dari Dark Mode 2.0 yang bisa meredupkan layar secara perlahan berdasarkan jam, Floating screen yang memungkinkan membuka notifikasi tanpa harus menutup aplikasi lain, hingga Health Tracking yang peduli akan kesehatan tubuh penggunanya.

Kali ini Xiaomi menggandeng Qualcomm sebagai prosesor pada Redmi Note 10. Perangkat ini telah dipatri oleh Snapdragon 678 berfabrikasi 11 nanometer dengan Octa-core yang terdiri dari dua buah Kryo 460 Gold berkecepatan 2.2 GHz dan enam buah 460 Silver yang memiliki clock speed 1.7 GHz. Didukung oleh kartu grafis Adreno 612 untuk memaksimal tampilan yang lebih optimal.

Ponsel pintar ini semakin lantang saat beroperasi berkat keberadaan memori yang luas dalam beberapa pilihan kombinasi antara lain 4/64 GB, 4/128 GB, dan 6/128 GB RAM. Dengan bantuan teknologi UFS 2.2, pengguna Redmi Note 10 dapat dengan cepat menyimpan berkas yang banyak dan install aplikasi yang berat.

Dari jeroan yang dipasang, Redmi Note 10 berhasil mengumpulkan nilai AnTuTu v8 mencapai 556.137 dan GeekBench v5.1 sebesar 2860. Dengan kata lain, performa yang disuguhkan lumayan mengalami peningkatan dari suksesornya. Pengguna juga bisa memasang dan menjalankan berbagai aplikasi tanpa perlu khawatir perangkat mengalami gangguan alias lelet.

5. Subsidi Baterai Berlimpah

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Redmi Note 10! 9

Ponsel pintar produksi Tiongkok ini muncul dengan subsidi baterai yang melimpah. Baterai lithium polymer Redmi Note 10 mendapatkan suntikan daya sebesar 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 33W.

Teknologi pengisiannya mampu mengisi daya secara penuh dalam 74 menit. Penggunaan panel dengan laju penyegaran 60Hz, membantu ponsel ini bertahan lebih lama.

Berdasarkan hasil uji dari GSM Arena, baterai yang digendong Redmi Note 10 mendapatkan peringkat daya tahan hingga 110 jam. Menggunakan aplikasi viSerDevice, menunjukkan kalau perangkat ini bisa bertahan selama 41.21 jam untuk menelepon, 13.55 jam untuk berselancar di web browsing, dan 20.13 jam untuk menonton video.

Kekurangan Redmi Note 10

Rupanya Redmi Note 10 juga memiliki beberapa kekurangan atau ada beberapa aspek yang tidak dihadirkan pada perangkat ini. Nah, selanjutnya Carisinyal akan menjabarkan padamu apa saja kekurangan dari Redmi Note 10. Langsung, saja baca penjabarannya di bawah ini:

1. Tidak Mendukung NFC

5. NFC

Sangat disayangkan! Tidak seperti suksesornya, Redmi Note 10 tidak dilengkapi dengan teknologi komunikasi jarak dekat atau Near field communication (NFC). Padahal fitur konektivitas satu ini tengah ramah diimplementasikan pada ponsel menengah ke atas, bahkan ada beberapa brand yang memasang NFC untuk modelnya di kelas pemula.

Lantas apa keuntungan dengan adanya NFC? Pastinya pengguna akan dimudahkan dalam menunjang aktivitas harian mulai dari melakukan transfer file, menghubungkan perangkat ke perangkat lain, mengakses informasi kartu pintar (Smart card), membuka perangkat lunak secara otomatis, menandai tempat, sampai melakukan transaksi atau pembayaran digital.

2. Sensor Makro dan Kamera Selfie Mengalami Penurunan

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Redmi Note 10! 12

Bagi pengguna yang hobi memotret secara dekat, tampaknya sensor makro milik Redmi Note 10 menuntut penggunanya untuk memberikan usaha lebih. Pasalnya sensor makro 2 MP dengan bukaan f/2.4 belum disematkan fitur Auto Fokus atau AF, seperti yang ada pada pendahulunya. Jadi pengguna harus mendekatkan kamera ke objek dan menekan layar untuk mencari titik fokus.

Lalu, untuk kamera depannya juga ada sedikit penurunan kendati resolusinya tetap sama seperti Redmi Note 9 yakni 13 MP. Akan tetapi soal diafragma berbeda malah semakin membengkak ke f/2.5, sehingga efek bokehnya kemungkinan tidak sehalus pendahulunya. Selain itu, kamera depannya harus kehilangan fitur panorama. Jadi, fiturnya hanya terdiri dari HDR dan LED flash saja.

3. Belum Dibekali Pengisian Balik

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan dari Redmi Note 10! 14

Disuntikan oleh daya baterai besar, ponsel menengah dari Xiaomi ini belum mendukung atau menghilangkan fitur pengisian balik atau Reverse charging. Padahal senior dari Redmi Note 10 malah menyelipkan teknologi pengisian balik yang bertenaga 9W.

Jadi, keuntungan ponsel yang memiliki fitur pengisian balik salah satunya memungkinkan perangkat mampu mengisi atau melakukan proses transfer daya ke perangkat lain. Ponsel pintar dengan teknologi pengisian balik bisa dibilang seperti sebuah power bank.

Simpulan

Sebenarnya masih ada kelebihan lain dari Redmi Note 10 seperti tata letak sidik jari yang lebih mudah diakses, stereo speaker, dan fitur merekam radio. Sementara, untuk kekurangan ponsel pintar ini tidak terlalu kentara dan masih bisa dimaklumi. Terkecuali buat kamu yang kepingin fitur NFC dan pengisian balik sebaiknya untuk mempertimbangkan kembali beli ponsel ini.

Apabila kamu siap menerima keadaan Redmi Note 10 apa adanya, maka kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp2,8 jutaan untuk tipe terendahnya. Demikianlah pemaparan kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 10 semoga dapat memberikan pencerahan dan wawasan. Terus pantau Carisinyal agar kamu tidak ketinggalan mendapatkan informasi seputar teknologi dan gadget, yah!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram