Kenali Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Sudah jadi hal yang lazim bila produsen smartphone punya lebih dari satu ponsel flagship dalam satu tahun kalender. Seperti Xiaomi dengan delapan model Mi 11 series yang meluncur secara bergantian sepanjang 2021. Seperti produsen lain, Xiaomi pasti telah menentukan ponsel mana yang menduduki kasta tertinggi dari delapan model itu.

Kasta tertinggi dalam hal ini sebuah ponsel diposisikan sebagai flagship paripurna (ultimate) yang membawa keunggulan paling sip di berbagai sisi - tak ada lagi kompromi. Untuk edisi kali ini, Xiaomi memandatkan status flagship paripurna pada Xiaomi Mi 11 Ultra.

Mi 11 Ultra adalah upaya perdana Xiaomi dalam jorjoran spesifikasi buat pasar global. Generasi Mi Ultra pertama, Mi 10 Ultra, hanya terbatas untuk pasar Tiongkok. Satu hal yang membuat Mi 11 Ultra mencuri perhatian adalah konfigurasi kamera belakangnya yang disertai layar kecil, untuk mempermudah swafoto.

Hal menarik yang dimiliki Mi 11 Ultra tentu bukan cuma itu. Ada berbagai hal menarik yang menurut Carisinyal masuk dalam kategori kelebihan si ponsel. Itu semua dapat segera Anda simak dalam artikel ini.

Selain kelebihan, Anda juga bakal tahu apa saja kekurangannya. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda akan punya instrumen untuk memberi penilaian secara berimbang. Jika belum tahu betul Mi 11 Ultra, Anda bisa baca dulu spesifikasi singkatnya di bawah ini:

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Ultra

  • Rilis: Juni, 2021 (Indonesia)
  • Layar: AMOLED, 6,81 inci, 1440 x 3200 piksel
  • Chipset: Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 50 MP + 48 MP + 48 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi merancang Mi 11 Ultra dengan kekuatan berimbang baik di dalam maupun di luar. Beberapa poin kelebihan berikut bakal menjelaskan apa saja kekuatan yang dimiliki ponsel ini. Simak satu per satu!

1. Desain Atraktif dengan IP68

sumber: mi.com/global

Jika Anda pernah melihat atau memegang Xiaomi Mi 11, maka Anda sudah punya gambaran mengenai desain Mi 11 Ultra. Benar, Mi 11 Ultra memakai garis desain dan dimensi yang nyaris serupa dengan saudara kandungnya itu—tetap tipis dan elegan.

Mi 11 Ultra cukup tipis karena rangka aluminium yang dipakainya hanya memiliki ketebalan 8,4 mm. Adapun bentuk rangka yang melebar pada empat sudut berfungsi sebagai proteksi untuk meminimalkan risiko ketika ponsel mengalami benturan.

Sementara itu, kesan elegan nyata terlihat berkat pemakaian material keramik buat kover belakang, dan layar punch-hole ber-bezel tipis dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass Victus. Imbas dari pemakaian material keramik ini bikin bercak sidik jari tidak terlalu terlihat, walaupun polesan yang dipilih adalah glossy. Ini berlaku untuk varian warna putih.

Hal tersebut belum bisa Anda dapati pada Mi 11 karena penutup belakangnya terbuat dari kaca yang lebih mudah 'dekil'. Hanya saja, penutup belakang Mi 11 Ultra dibentuk tidak semelengkung Mi 11, sehingga kesan yang muncul adalah kekar.

Satu hal yang membuat Mi 11 Ultra terlihat mencolok tentu saja modul kamera belakangnya yang besar dan cukup atraktif. Modul dengan aksen hitam ini jadi tempat bernaung dua lensa kembar (lensa utama dan lensa ultrawide), lensa periskop yang berbentuk persegi panjang, dan sejumlah sensor kamera.

Ada juga barisan tiga lampu flash dan layar sekunder dengan bentang 1,1 inci. Layar sekunder ini menyimpan informasi seperti jam, tanggal, dan kapasitas baterai. Ia juga berfungsi sebagai viewfinder (tampilan pratinjau) saat Anda hendak swafoto memakai kamera belakang.

GSM Arena mencatat, modul kamera Mi 11 Ultra menimbulkan tonjolan sekitar 3,7 mm. Bentuk modul kamera di ponsel ini tak akan Anda temui di ponsel mana pun. Sisi positif dari bentuk modul ini membuat lensa kamera terhindar dari sentuhan jari, sehingga kualitas gambar bisa terjaga. Hal ini berbeda dari Mi 10 Ultra punya modul kamera vertikal.

sumber: mi.com/global

Tak ada apa-apa lagi di bagian belakang selain tulisan "Xiaomi" dan logo "5G". Maka dari itu, mari kita lanjutkan untuk melihat ada apa saja di bagian frame. Di sisi kanan frame, ada tombol power dan tombol pengaturan volume.

Menurut Eric Zeman dari Android Authority, kedua tombol itu enak ditekan dan punya feedback yang sip. Geser ke sisi bawah, ada laci dua kartu nano-SIM tanpa slot microSD, port USB C, mikrofon, dan speaker. Sisi kiri frame mulus tanpa kompartemen apa pun.

Kemudian, sisi atas jadi rumah buat speaker kedua yang diliputi logo Harman Kardon, mikrofon sekunder, IR Blaster, dan earpiece. Yang absen dari seluruh sisi frame Mi 11 Ultra adalah jack audio 3,55 mm. Bagian frame selesai, kita kembali ke bagian depan ponsel ini yang dilapisi kaca Gorilla Glass Victus.

Bentuk kacanya sama dengan Mi 11, melengkung di empat sisi. Namun, lengkungan di bagian atas dan bawah layar tidak terlalu kentara. Meski begitu, bentuk melengkung di bagian bawah layar membuat tangan jadi nyaman ketika melakukan swipe up, kata GSM Arena.

Hal terakhir yang tak kalah penting dari desain Mi 11 Ultra adalah adanya sertifikasi ketahanan debu dan air IP68. Angka 6 berarti ponsel ini sepenuhnya terproteksi dari debu. Sedangkan angka 8 menandakan bahwa si ponsel tahan dicelup air hingga kedalaman antara 1-3 meter selama 30 menit.

2. Tampilan Istimewa

sumber: mi.com/global

Ada dua hal yang dapat Anda sadari sejak smartphone memasuki era full-view display pada 2018. Pertama, ukuran layar makin membesar. Kedua, bezel (bingkai) layar kian mengecil.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram