Menilik 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12S Ultra

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Generasi ketiga ponsel "Ultra" dari Xiaomi melenggang pada Juli 2022. Ponsel yang dimaksud adalah Xiaomi 12S Ultra. Inilah ponsel ultimate flagship atau smartphone kelas atas paripurna Xiaomi untuk 2022.

Ia datang untuk meneruskan titah Xiaomi Mi 10 Ultra dan Xiaomi Mi 11 Ultra. Sebagai ponsel ultimate flagship, Xiaomi 12S Ultra membawa seluruh keistimewaan yang dapat disajikan Xiaomi. Tidak ada kompromi dalam hal apa pun, entah itu desain, kamera, ataupun performa.

Sorotan utama dari smartphone ini tentu saja ada di SoC-nya. Benar, Xiaomi 12S Ultra adalah ponsel pertama Xiaomi yang ditenagai SoC kelas kakap Snapdragon 8+ Gen 1 buatan Qualcomm. Namun, yang bikin banyak orang penasaran mengenai HP ini bisa jadi adalah kameranya.

Pasalnya, ada logo Leica yang tersemat di bodi belakang HP ini. Setelah "cerai" dengan Huawei, Leica kini menyambangi Xiaomi. Xiaomi 12S Ultra pun kebagian jatah pertama mendapat sentuhan teknologi kamera Leica.

Buat yang tak sabar ingin tahu seperti apa kemampuan kamera si ponsel, simak artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12S Ultra ini sampai habis! Akan tetapi, Anda tidak hanya akan mengetahui kemampuan kameranya, karena kami akan paparkan ponsel pada seluruh sisinya.

Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra

Xiaomi 12S Ultra
Layar LTPO2 AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50.3 MP (wide) 48 MP (periscope telephoto) 48 MP (ultrawide) MP (ToF)
Baterai Li-Po 4860 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Xiaomi 12S Ultra

Ponsel flagship kerap dijadikan parameter untuk menilai sejauh mana teknologi dan inovasi dari sebuah brand. Nah, berbagai kelebihan yang dimiliki Xiaomi 12S Ultra sepertinya dapat mewakili level teknologi dan inovasi Xiaomi. Simak satu per satu kelebihan si ponsel seperti berikut.

1. Desain Premium nan Elegan

xiaomi 12s Ultra

Xiaomi tampaknya mengambil pendekatan yang berbeda saat merancang desain Xiaomi 12S Ultra. Mereka kini ingin memberi impresi premium dan elegan kepada setiap orang yang melihat dan menyentuh si ponsel.

Xiaomi 12S Ultra memakai material kulit sintetis pada bagian belakangnya. Penampilannya pun mengingatkan pada kamera rangefinder Leica yang sebagian besar bodinya ditutupi bahan kulit. Pemilihan material ini, selain membuat penampilan terlihat elegan, menjamin daya cengkeram optimal.

Ponsel jadi tidak licin saat dipegang. Selain itu, pengguna tidak perlu repot-repot mengelap si ponsel karena bodinya bebas bekas sidik jari. GSM Arena bilang, material Xiaomi 12S Ultra adalah kulit sintetis smartphone terbaik yang pernah mereka usap.

Hal ini berbeda dari pendahulu si ponsel, Xiaomi Mi 11 Ultra, yang mencoba untuk standout berkat material keramik dan sebuah layar sekunder pada penutup belakangnya.

Perbedaan mencolok selanjutnya yang membuat Xiaomi 12S Ultra berbeda dari Mi 11 Ultra adalah modul kamera belakangnya. Ukuran modul kamera 12S Ultra kini jauh lebih besar, dengan kompartemen berbentuk lingkaran di dalamnya yang menonjol ke luar.

Kompartemen tersebut berisi beberapa kamera, sensor, dan lampu flash. Urutannya seperti ini, di kiri adalah kamera utama, tengah kamera ultrawide, bawah kamera telefoto, kanan lampu flash, dan di atas ada sensor ToF 3D.

Xiaomi 12S Ultra juga meninggalkan desain layar dengan lengkung di empat sisi. Lengkungannya kini hanya ada di sisi kiri dan kanan. Hal ini membuat bagian atas dan bawahnya datar, sehingga ponsel bisa diberdirikan.

Berbicara dari segi ukuran, ponsel ini tak terbantahkan lagi memiliki ukuran yang besar. Dimensinya ada di 163.2 x 75 x 9.1 mm dengan bobot 225. Sedikit lebih tebal ketimbang Mi 11 Ultra, tetapi lebih ringan.

Orang dengan tangan mungil mungkin perlu pembiasaan untuk memakainya. Namun, desain rangka aluminium yang melengkung membuat Xiaomi 12S Ultra relatif lebih mudah digenggam ketimbang ponsel-ponsel lain dengan rangka flat.

Beberapa hal yang bisa ditemukan di ponsel ini yakni tombol pengatur volume dan power di sisi kanan. Lalu ada speaker utama, mikrofon, port USB C, dan slot dual SIM, di sisi bawah. Sisi kiri kosong, sedangkan sisi kanan diisi speaker sekunder, mikrofon, dan Infrared Blaster.

Sementara itu, sisi depan HP ini diisi kamera selfie yang tempatnya di bagian tengah atas. Xiaomi 12S Ultra tersedia dalam dua varian warna: hijau gelap dan hitam.

Oh iya, HP ini memiliki sertifikasi IP68. Maknanya adalah, HP ini tahan terhadap debu. Ia juga kedap air ketika tak sengaja tercebur ke kolam hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit. Namun, penggunaan di dalam air tidak direkomendasikan bila tanpa kantong HP waterproof.

2. Tampilan Layar yang Mulus dan Cerah

xiaomi 12s Ultra

Bentang layar Xiaomi 12S Ultra turun jadi 6,73 inci dari yang semula 6,81 inci pada Xiaomi Mi 11 Ultra. Penurunan ini salah satunya disebabkan karena dimensi bodi Xiaomi 12S Ultra lebih pendek ketimbang saudaranya itu.

Meski turun, layar 6,73 inci termasuk lebar untuk standar masa kini. Layar tersebut menggunakan panel AMOLED dengan teknologi LTPO2 dan diproteksi kaca Gorilla Glass Victus. Karena sudah didukung LTPO2, layar dengan resolusi 2K (3200 x 1440 piksel) ini dapat melakukan penyesuaian refresh rate.

Secara teori, refresh rate atau laju penyegaran 120 Hz-nya bisa diturunkan sampai 1 Hz. Dampaknya tentu saja ada di konsumsi daya yang lebih irit, tanpa mengurangi kemulusan tampilan saat diperlukan. Adapun touch sampling rate layar ponsel ini mencapai 240 Hz.

Layar Xiaomi 12S Ultra diklaim Xiaomi dapat menampilkan warna 10 bit sesuai standar DCI-P3 dengan kontras 1:8 juta. Layar si ponsel juga disebut dapat meraih tingkat kecerahan 1500 nit. Tingkat kecerahan itu dapat diraih saat ponsel menampilkan konten HDR.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram