carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Smartphone / Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X3 PRO

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X3 PRO

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 5 Juni 2021

Vendor ponsel pintar asal Tiongkok, OPPO akhirnya secara resmi meluncurkan seri Find X3 pada Maret 2021. Pada seri ini terdiri dari empat model yang salah satunya ialah Find X3 Pro, lahir dengan segudang kecanggihan dan peningkatan dari suksesornya atau Find X2 Pro. Penasaran dengan kecanggihan yang ditawarkan ponsel Pro ini?

Beberapa kecanggihan yang dapat kamu rasakan pada ponsel flagship dari OPPO ini mulai dari bodi yang kuat, layar yang tangguh, kamera yang fantastis, hingga fitur-fitur terbaru lainnya.

Sedikit bocoran kalau chipset yang diusung oleh OPPO Find X3 Pro adalah keluaran terbaru dari Qualcomm, sehingga soal performa sudah pasti perangkat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu dapat membaca spesifikasi dari OPPO Find X3 Pro di bawah ini:

Spesifikasi OPPO Find X3 Pro

  • Rilis: Maret, 2021
  • Layar: LTPO AMOLED, 6.7 inci
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 50 MP + 13 MP + 50 MP + 3 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan OPPO Find X3 Pro

Gimana sudah ada pencerahan setelah membaca spesifikasi dari OPPO Find X3 Pro di atas? Dari spesifikasi tersebut sudah mulai terkuak mengenai kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh perangkat besutan OPPO ini. Untuk lebih rincinya, kamu bisa membaca pembahasan dari kelebihan OPPO Find X3 Pro yang telah Carisinyal rangkum di bawah ini:

1. Membungkus Sertifikat IP68

Daya tarik pertama pada OPPO Find X3 Pro ialah pada aspek bodinya. Bukan tanpa alasan, ponsel kelas atas ini telah memperoleh sertifikat IP68 yang berarti mampu bertahan dari tiupan debu, cipratan, dan tumpahan air.

Untuk bobot OPPO Find X3 Pro memiliki ukuran standar di kelasnya yakni 193 gram, jadi ringan kala digenggam. Perangkat ini dirancang dengan dimensi badan berukuran 163.6 x 74 x 8.3 mm, yang terbilang cukup tipis dibandingkan pesaingnya di label lain.

Model Pro ini punya tubuh yang gagah berkat racikan beberapa material unggulan, mulai dari bagian depan yang terbuat dari kaca berteknologi Gorilla Glass, area bingkai dari aluminum, hingga kawasan cangkang dari kaca.

Perangkat yang tersedia dalam warna Gloss Black, Blue, dan White memiliki desain bodi yang terilhami dari pesawat luar angkasa, hal ini terlihat dari lengkungan di pojok kiri atas cangkang pada bagian kamera utamanya yang membuatnya tampak futuristis dan elegan.

2. Tampilan Layar Manjakan Mata

Dalam beberapa momen, mungkin kita bisa lebih intens menatap layar sebuah ponsel pintar seperti saat bemain gim, nonton film, hingga membuka aplikasi media sosial. Namun, apakah kamu tahu kalau layar pada setiap ponsel pintar itu berbeda dan memiliki keunikannya masing-masing?

Seperti OPPO Find X3 Pro tampil necis dengan layar berukuran 6.7 inci berpanel LTPO AMOLED yang mampu berjalan dengan kecepatan refresh rendah tanpa artefak yang terlihat.

Maksudnya, kecepatan refresh layar OPPO Find X3 Pro bisa beroperasi dengan lancar dari angka terendah yakni 5Hz hingga 120Hz yang tertinggi tergantung aktivitas yang dijalankan pengguna. Sistem kecepatan refresh ini akan mendorong perangkat lebih irit baterai dan lebih responsif saat menggulirkan berbagai aplikasi.

Kemewahan lain dari layar QHD+ milik OPPO Find X3 Pro adalah diiringi dengan tingkat kecerahan yang maksimal 1300 nits. Hal ini tentunya akan memanjakan mata pengguna menjadi lebih nyaman saat menatap layar, meski layar OPPO Find X3 Pro terkena pantulan cahaya matahari.

Tampaknya layar OPPO Find X3 perlu mendapatkan apresiasi lebih sebab telah didukung oleh sistem manajemen warna yang luar biasa. Layarnya yang berteknologi HDR10+ dan BT.2020 itu memiliki satu juta miliar warna yang lebih baik dari kebanyakan pesaing di kelasnya. Dengan demikian, layar akan menghasilkan akurasi warna yang apik dan profesional.

Selain itu, perangkat dengan rasio layar-ke-bodi 89.6 persen ini dimeriahkan oleh kerapatan piksel yang tinggi yakni 525 ppi diklaim dapat menyuguhkan kualitas tampilan layar yang lebih tajam.

Dilansir dari portal OPPO, ponsel yang berlapiskan Gorilla Glass 5 ini juga membawa sejumlah fitur keren lain pada layarnya seperti Ultra Vision Engine, Sync Display Hyper Response Engine, dan Level Natural Brightness.

3. Punya Jeroan Versi Tinggi

Sebagai model terbaru dengan kasta atas, OPPO Find X3 memiliki jeroan yang megah dan impresif. Hal ini karena dikendarai oleh prosesor besutan Qualcomm yakni Snapdragon 888 yang didasarkan pada proses 5 nanometer.

Dipatri pula dengan CPU Octa-core yang terdiri dari satu inti Kryo 680 berkecepatan 2.84 GHz, tiga inti Kryo 680 dengan clock speed hingga 2.42 GHz, dan empat inti Kryo 680 berukuran 1.80 GHz, membuat performa sang ponsel bak kecepatan kilat.


Untuk memaksimalkan pengolahan grafis pada ponsel flagship ini diberikan kartu grafis Adreno 660, yang diklaim dapat menghasilkan grafis 35% lebih cepat dan efisiensi daya 20% lebih banyak dari pendahulunya.

Tatkala OPPO Find X3 Pro lebih afdol dengan menghidangkan ruang penyimpanan yang lebar yakni RAM berkapasitas 8 GB dan 12 GB, serta memori internal 256 GB dengan demikian pengguna mampu menampung data yang banyak dan berukuran besar.

Ponsel berkinerja kuat ini telah diuji dengan tes benchmark Geekbench 5, hasilnya menunjukkan kalau OPPO Find X3 Pro berhasil mendapatkan nilai multi-core 3257. Sementara, untuk nilai AnTuTu v8-nya berhasil mengumpulkan skor sebanyak 727.448, mampu mengalahkan Xiaomi Mi 11 yang juga dibekali Snapdragon 888 tetapi hanya mendapat skor Antutu sebesar 710.889.

4. Suguhan Sistem Kamera Dahsyat

Selain poin yang disebutkan di atas, nilai jual lain dari OPPO Find X3 Pro adalah sistem kamera yang dipikulnya. Pada kamera belakang, ponsel ini membawa empat sensor yang terdiri dari 50 MP dengan aperture f/1.8 untuk sensor utama, 50 MP berdiafragma f/1.8 sebagai sensor ultrawide, 13 MP dengan bukaan f/2.4 pada sensor telefoto, dan 3 MP yang punya diafragma f/3.0 di sensor mikrolensanya.

Sumber: www.pocket-lint.com (Hasil bidikan lensa Ultrawide OPPO Find X3 Pro)

Menurut ulasan Techradar, sensor utama dan sensor ultrawide yang beresolusi sama besar pada OPPO FInd X3 Pro mampu menangkap cahaya dan warna dengan baik sehingga menghasilkan bidikan gambar yang jelas dan rinci.

Pada sensor telefotonya mendukung jepretan pembesaran optik gabungan 5X dan pembesaran digital 20X, menyuguhkan gambar dengan tingkat kecerahan yang cukup meski masih sedikit kabur pada zoom tertingginya.

Kamera OPPO Find X3 Makro
Sumber: www.pocket-lint.com (Hasil bidikan lensa utama dan mikro OPPO Find X3 Pro)

Beralih ke sensor mikro yang dibekali kehebatan pembesaran hingga 60X, mampu membidik gambar sangat dekat dari sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia seperti tekstur pada helaian kain atau LED komputer. Bisa dibilang kemunculan sensor ini menciptakan kamera OPPO Find X3 Pro menjadi lebih adaptif.

Hampir saja lupa, pada kamera utamanya juga dilengkapi dengan mode malam. Saat mode ini diaktifkan pada lensa utama atau lensa ultrawide, maka sistemnya akan bekerja dengan apik dalam keadaan minim penerangan yang mampu menangkap banyak cahaya sehingga hasil fotonya lebih hangat, berwarna, dan tidak buram.

Sumber: www.pocket-lint.com (Hasil bidikan menggunakan mode Malam OPPO Find X3 Pro)

Soal kemampuan video pada kamera belakang, ponsel ini dapat merekam hingga [email protected]/60fps dan [email protected]/60/240fps yang menjanjikan dapat mempersembahkan efek bokeh.

Dilengkapi dengan AI Highlight Video yang merangkul beberapa pengaturan menarik mulai dari gyro-EIS, mode malam, perekaman audio jarak jauh, hingga 8-bit untuk menghasilkan transisi warna lebih halus.

Tidak hanya itu, dibenamkan pula mode Film yang memungkinkan pengguna OPPO Find X3 Pro dapat mengatur ISO, white balance, nilai eksposur, dan lainnya sehingga proses perekaman video menjadi lebih optimal dan profesional.

Perangkat jagoan ini menghadirkan fitur teranyar yang dinamai RAW Plus, yang diklaim dapat menghasilkan foto HDR dalam format RAW. Berikutnya, ada kamera selfie yang muncul dengan konfigurasi jempolan berukuran 32 MP lewat diafragma f/2.4, mampu menghidangkan hasil yang cerah, jelas, dan tajam.

Ditambah dengan mode malam yang memberikan pencahayaan yang baik saat berswafoto di ruangan atau situasi minim cahaya. Pada kamera depan, ponsel ini juga dimeriahkan oleh fitur panorama dan resolusi video 1080p pada frame rate 30fps.

5. Penyematan NFC Dual Antenna

Bagi kamu yang belum tahu, saat ini banyak sekali ponsel pintar terutama di kelas andalan yang disematkan oleh teknologi NFC (Near Field Communication). Seperti Find X3 Pro, perangkat keluaran terbaru dari OPPO yang diberikan kesempatan menjajal teknologi dengan segudang faedah bagi para penggunanya.

Tidak tanggung, ponsel Pro ini mengusung NFC dengan Dual Antenna yang memungkinkan pengiriman data jauh lebih cepat.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan pengguna OPPO FInd X3 Pro lewat teknologi NFC mulai dari mengecek saldo dan mengisi saldo untuk e-money card (kartu uang elektronik), melakukan pembayaran non-tunai atau secara digital, mentransfer data, membuka aplikasi secara otomatis, hingga menandai suatu tempat atau lokasi. Keren bukan?

6. Sistem Antarmuka Teranyar

Sumber: www.techradar.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kalau OPPO Find X3 Pro bertaburkan teknologi terbaru tanpa terkecuali pada sistem antarmukanya yakni ColorOS 11.2. Punya fondasi sistem operasi Android 11, interface OPPO ini siap menyuguhkan penggunanya beragam pengalaman menakjubkan.

Melansir The Guardian, ColorOS 11.2 dapat dikatakan sebuah antarmuka yang fleksibel atau dapat disesuaikan baik dengan tema khusus atau penyesuaian manual.

Banyak fitur yang menarik untuk dijajal pada sistem antarmuka ini seperti fitur keamanan dan privasi yang lebih ketat dan tertata sehingga pengguna dapat mengendalikan atau mengelola informasi pribadinya.

Pengguna OPPO Find X3 Pro dapat menerapkan System Cloner untuk membangun dua ruang berbeda dalam satu perangkat, dengan begitu urusan pribadi dan pekerjaan tidak tercampur.

Adapun fitur Game Space yang menawarkan manfaat saat menjalankan aplikasi gim. Lewat fitur ini pengguna OPPO Find X3 Pro memungkinkan untuk meningkatkan kinerja perangkat, mengamati suhu ponsel, menyekat gangguan dari latar belakang, hingga mempercepat kecepatan jaringan di kala menggulirkan aplikasi gim.

Sistem ColorOS 11.2 juga turut diramaikan oleh aplikasi Quick Launch, menu Sidebar, hingga mode terang maupun mode gelap.

7. Dukungan Teknologi Pengisian Cepat

Bagi kamu yang suka gregetan ingin cepat-cepat mendapatkan baterai terisi penuh, tampaknya itu akan terwujud oleh teknologi pengisian cepat dari OPPO Find X3 Pro. Memakai teknologi SuperVOOC 2.0 fast charging 65W, dalam tempo 10 menit daya baterai dari OPPO Find X3 Pro bisa terisi sampai 40 persen.

Berkapasitas 4.500 mAh, perangkat pintar ini didukung oleh pengisian daya super kencang nirkabel AirCOOC 30W yang menjanjikan daya baterai dapat terpompa secara penuh atau 100 persen hanya dengan membutuhkan 80 menit saja. Tak heran, ponsel ini sangat cocok bagi kamu yang punya mobilitas tinggi atau yang lagi balapan dengan waktu.

Pemilik dari OPPO Find X3 Pro juga bisa berbagi daya pada pengguna perangkat yang sama berkat kehadiran teknologi pengisian balik cepat nirkabel berkecepatan 10W. Merujuk TÜV Rheinland Certified Safe Fast-Charge System, pengguna ponsel akan mendapatkan jaminan keamanan perangkat ketika proses pengisian cepat daya baterai berlangsung.

Kekurangan OPPO Find X3 Pro

Kendati mendapatkan julukan sebagai ponsel flagship, rupa-rupanya OPPO Find X3 Pro punya celah kekurangan dalam beberapa hal. Apa saja kekurangannya? Carinyal telah meringkas kekurangan dari ponsel pintar garapan OPPO ini untuk kamu. Yuk, baca pembahasannya sampai rampung!

1. Tidak Ada Lensa Telefoto Periskop

OPPO Find X3 Pro tidak disematkan lensa telefoto periskop pada kamera utamanya, sehingga ponsel terbaru ini tidak dapat membidik benda lebih jauh. Berbeda dengan pendahulunya yakni OPPO Find X2 Pro yang memiliki lensa telefoto periskop berkonfigurasi 13 MP, memungkinkan dapat menangkap gambar lebih jauh lewat kemampuan fitur pembesaran secara optik hingga 5X.

Namun, sebagai gantinya kamera utama pada OPPO Find X3 Pro membawa sensor telefoto yang punya kapabilitas memperbesar hanya sampai 2X (52mm) dengan diafragma f/2.4 serta didukung oleh PDAF, sebuah teknologi autofokus yang bisa memugas titik fokus secara tepat dan cepat.

2. Minimnya Variasi Memori

Bagi kamu yang tengah mencari ponsel flagship dengan variasi memori beragam, tampaknya hal ini tidak bisa kamu dapatkan pada OPPO Find X3 Pro. Pasalnya perangkat ini hanya menawarkan dua kombinasi ruang penyimpanan saja yakni 8/256 GB dan 12/256 GB.

Jadi, jika kamu ingin membeli ponsel Pro ini dengan ukuran RAM di bawah 8 GB atau ROM di bawah 256 GB maka kamu tidak bisa menemukannya. Begitupun bila kamu hendak membungkus OPPO Find X3 Pro yang memiliki kapasitas memori di atas angka yang ditawarkan, perangkat ini tidak menyediakannya.

Dalam hal ini OPPO Find X3 Pro mengalami kemunduran dibandingkan Kakaknya yang punya kapasitas ROM hingga 512 GB.

3. Ponsel Super Mahal Sejauh Ini

Berdasarkan ulasan Techradar, salah satu titik kontra dari ponsel pintar besutan OPPO ini ialah penawaran harga yang melambung tinggi. Untuk satu perangkatnya, OPPO Find X3 Pro berharga 1150 EUR atau bila dikonversikan sekitar Rp19,7 jutaan yang tatkala menjadi ponsel termahal di kuartal 1-2021.

Meski harga tersebut setimpal dengan spesifikasi yang dibawanya seperti kecanggihan prosesor, bodi yang perkasa, hingga layarnya yang menawan tetapi perlu diingat, terkhusus bagi kamu pencinta fotografi jarak jauh kalau perangkat ini tidak menyuguhkan sensor telefoto periskop pada kamera utamanya.

Hal ini sungguh sangat disayangkan untuk sebuah ponsel papan atas dengan harga selangit. OPPO Find X3 Pro juga menyalip harga Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang ditawarkan sebesar 1014 EUR atau Rp.17,4 jutaan, padahal sama-sama dipatri oleh prosesor serupa.

Begitu pun bila disandingkan dengan vivo X60 Pro+ yang punya prosesor sama dan bahkan menghadirkan sensor telefoto periskop tersedia di pasaran 640 EUR atau Rp10,9 jutaan.

Simpulan

Haruskah kamu membeli OPPO Find X3 Pro? Bagi kamu yang punya bujet lebih tentunya memiliki ponsel pintar flagship garapan OPPO ini sangat layak dengan suguhan berbagai teknologi yang futuristik. Terlebih jika kamu tidak terlalu mengkhawatirkan akan ketidakhadiran sensor telefoto periskop, OPPO Find X3 Pro akseptabel untuk dijadikan dambaan hati.

Demikianlah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari OPPO Find X3 Pro. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan manfaat, khususnya bagi kamu yang sedang merencanakan membeli ponsel pintar ini. Gimana berminat untuk memilikinya? Terus pantau berita terbaru dari Carisinyal untuk mendapatkan informasi seputar teknologi dan gadget, yah!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram