Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X5 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Setelah kemunculan OPPO Find X3 Pro di tahun 2021, kini saatnya pengguna merasakan sensasi menggunakan HP flagship dari OPPO selanjutnya. Ya, apalagi kalau bukan OPPO Find X5 Pro yang dirilis pada Maret 2022?

Tidak begitu banyak peningkatan yang ia bawakan, ini karena Find X3 Pro-nya sendiri saja sudah termasuk jajaran HP paling canggih sedunia. Anda tetap akan merasakan layar yang sama kerennya (bahkan lebih keren lagi), juga dengan balutan chipset flagship dengan lonjakan performa cukup tinggi dari sebelumnya.

Akan tetapi, PR OPPO di segmen flagship memang senantiasa sulit, karena harus melawan sejumlah rival yang tidak kalah bagusnya. Sebut saja seri Galaxy S, iPhone, dan juga Xiaomi seri angka (dulu, seri ini disebut seri Mi).

Jadi, sanggupkah OPPO Find X5 Pro menjadi flagship yang layak dipertimbangkan ketimbang para pesaingnya di luar sana? Untuk menjawabnya, mari simak beberapa poin kelebihan dan kekurangan yang telah carisinyal persiapkan berikut ini.

Spesifikasi OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO Find X5 Pro

Di antara seri HP flagship lainnya, OPPO Find X series termasuk salah satu yang sering dipertimbangkan. Yuk, cari tahu kelebihan Find X5 pro melalui poin-poin di bawah!

1. Menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 yang Powerful

Snapdragon-8-Gen-1-1_

Seperti kebanyakan HP flagship lainnya, OPPO Find X5 Pro juga ditopang dengan chipset premium dari Qualcomm yang powerful, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Ini tentu merupakan peningkatan yang layak diapresiasi dibanding Snapdragon 888 yang mentenagai OPPO Find X3 Pro.

OPPO Find X5 Pro hadir dengan RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas 12 GB dengan memori internal berstandar UFS 3.1 berukuran 256 GB. Tidak ada slot memori eksternal yang tersedia di HP ini.

Snapdragon 8 Gen 1 mengandalkan konfigurasi prosesor octa-core berformasi 1 + 3 + 4 yang terdiri atas satu unit Kryo Prime berbasiskan Cortex X2 (3 GHz), tiga inti kinerja tinggi Kryo Gold berbasiskan Cortex A710 (2.5 GHz), serta empat inti hemat daya Kryo Silver berbasiskan Cortex A510 (1.8 GHz).

Dibandingkan Snapdragon 888 yang hadir di OPPO Find X3 Pro, kekuatan CPU Snapdragon 8 Gen 1 mengalami peningkatan performa sebesar 20 persen dan efisiensi daya sebesar 30 persen.

Snapdragon 8 Gen 1 juga menghadirkan kartu pengolah grafis powerful berupa Adreno 730, sanggup beroperasi hingga frekuensi 818 MHz.

oppo find x5 pro antutu_Sumber: GSM Arena

Jika dilihat dari perbandingan skor AnTuTu v9 di atas, OPPO Find X5 Pro merupakan yang terbaik di antara para rivalnya. Bagaimana tidak? HP ini menembus skor 1 juta untuk pengujian AnTuTu v9. Jauh lebih tinggi dibanding OPPO Find X3 Pro dengan skor 745.653 poin.

Ponsel ini bahkan terlihat lebih unggul ketimbang Xiaomi 12 Pro dan realme GT2 Pro, terlepas kedua ponsel rival tersebut menggunakan chipset yang sama.

oppo find x5 pro geekbench single_Sumber: GSM Arena
oppo find x5 pro geekbench multi_Sumber: GSM Arena

Meski AnTuTu v9-nya menampilkan skor yang begitu tinggi, rupanya skor pengujian Geekbench 5 pada OPPO Find X5 Pro tidak setinggi beberapa rivalnya. Smartphone ini hadirkan skor 1002 untuk pengujian single core dan 3433 untuk multi-core.

Performa OPPO Find X5 Pro memang tidak perlu diragukan lagi setelah melihat hasil pengujian benchmark-nya, namun bagaimana dengan performa real-time saat bermain gim?

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan kanal YouTube lctfix.net, OPPO Find X5 Pro sanggup memainkan Genshin Impact, sebuah gim open-world paling berat di Android.

Saat diujikan pada pengaturan Medium di 60 FPS, permainan sungguh berjalan lancar dengan frame drop yang jarang terjadi. Pun pada adegan sengit seperti saat bertarung, gameplay tetap terasa fluid dan lancar.

Permainan akhirnya diujikan dengan pengaturan grafis lebih tinggi, yakni Highest - 60 FPS. Memang terlihat adanya frame drop yang lebih sering. Namun, most of the time, pengalaman gaming yang dirasakan tetap memuaskan.

Setelah pengujian gim, suhu OPPO Find X5 Pro tidak begitu mengalami peningkatan drastis. Di bagian layarnya, suhu hanya meningkat jadi sekitar 42 hingga 43 derajat celsius.

Range suhu ini masih terbilang normal dan tidak terlalu panas, karena belum mencapai lebih dari 44 derajat celsius. Saran kami sih jika ingin mainkan Genshin Impact hingga seharian lamanya, sebaiknya gunakan kipas pendingin eksternal.

GSM Arena pun turut mengujikan apakah performa OPPO Find X5 Pro menurun begitu drastis setelah menangani beban dalam waktu lama. Seperti yang diduga, ternyata tidak.

Performa menurun secara perlahan saat pengujian CPU Throttling pada 20 menit pertama. Setelah itu, performa smartphone hanya mentok di 70 persen saja, namun tetap stabil pada durasi-durasi pengujian setelahnya.

Bisa disimpulkan bahwa OPPO Find X5 Pro tidak hanya sekadar powerful, tapi juga mampu menjaga performa tersebut agar tetap sustained. Ini berkat kehadiran sistem pendingin next-gen, mencakup ruang uap (vapor chamber) yang 75 persen lebih luas ketimbang Find X3 Pro.

2. Tampilan Layar Memukau dengan Refresh Rate Dinamis

oppo find x5 pro layar_

Jika Anda sering membandingkan layar ponsel di kelas flagship, mungkin akan merasa spesifikasi layar OPPO Find X5 Pro ini tergolong biasa-biasa saja. Sama seperti sejumlah flagship lainnya, layar panel menggunakan AMOLED dengan kualitas tampilan, kejernihan, resolusi, dan warna yang luar biasa memukau.

Ketimbang generasi sebelumnya, OPPO Find X5 Pro mengalami peningkatan yang semula gunakan LTPO AMOLED kini menjadi LTPO 2.0 AMOLED. Karenanya, ponsel dapat menyesuaikan refresh rate antara 1 Hz hingga 120 Hz secara lebih akurat lagi.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram